Cloudflare Adalah Sebuah Content Delivery Network, Berikut Penjelasannya!

48
blog exabytes
6 min read

Keamanan dan kecepatan adalah faktor kunci dalam menjalankan situs web. Untungnya, ada beberapa langkah sederhana untuk memastikan situs web yang cepat dan aman. Salah satunya, menggunakan Cloudflare. Apa itu Cloudflare? Cloudflare adalah salah satu DNS yang sering digunakan saat ini.

Pada artikel ini selanjutnya akan menjelaskan alat yang banyak digunakan dalam Content Delivery Network ini. Plus, kami akan menjelaskan fitur yang ada pada Cloudflare dan cara membuat akun Cloudflare dengan mudah.

Tanpa basa-basi lagi, simak penjelasan lengkapnya, yuk!

Apa Itu Cloudflare?

apa itu cloudflare

Cloudflare adalah Content Delivery Network (biasa disebut sebagai CDN) dan juga layanan keamanan web. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan layanan ini dari Cloudflare dan harganya gratis.

Dapat dikatakan bahwa Cloudflare adalah CDN yang lebih unggul dibandingkan dengan CDN pada umumnya. Memang Cloudflare bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Cloudflare sendiri menawarkan paket yang berbeda, yaitu Pro, Business, dan Enterprise.

Tapi apa itu CDN itu sendiri? CDN adalah sistem yang akan dengan cepat mengirimkan konten ke pengguna akhir dan ada di berbagai pusat data di internet. Konten yang disampaikan melalui CDN ini biasanya berupa konten statis.

Jadi ini bekerja dengan mengirimkan konten web statis ke beberapa pusat data yang ada. Ketika konten statis dimuat dari web (js, gambar, css, video, dan lainnya) pengguna akan segera mendapatkan konten dari lokasi terdekat dengan CDN, bukan melalui server web.

Dalam hal ini, keuntungan dari Cloudflare adalah website kamu sebagai pengguna dapat dimuat lebih cepat oleh pengguna akhir di mana pun mereka berada. Memang CDN sebenarnya tidak ditawarkan secara gratis, namun Cloudflare bersedia memberikan CDN gratis dengan fitur tambahan.

CDN ini dapat menghemat bandwidth Cloudflare dan menyajikannya ke semua konten statis di web, kemudian mendistribusikannya ke semua pusat data Cloudflare.

Cloudflare mengklaim bahwa ada lebih dari 20 pusat data Cloudflare terdistribusi, terutama di Asia Tenggara, yang terletak di Singapura. CDN populer di kalangan developer karena dapat menghemat bandwidth hingga 50%.

Dengan demikian, website bisa 2x lebih cepat. Bahkan jika situs kamu sudah menggunakan plugin W3 Total Cache, itu tidak akan lebih cepat daripada situs yang menggunakan CDN Cloudflare.

Fungsi Dari Cloudflare

Setelah mengetahui pengertian dan fitur-fiturnya, berikut beberapa fitur penting dari Cloudflare yang diaktifkan pada website:

  • Memberikan kecepatan akses bagi pengunjung website
  • Pantau lalu lintas berbahaya di situs web
  • Tingkatkan kinerja situs web karena memiliki server proxy yang tersebar di beberapa negara
  • Cloudflare dapat digunakan sebagai cache konten statis untuk halaman web misalnya gambar, CSS, Javascript, dll.
  • Cloudflare dapat mengurangi penggunaan sumber daya server

Fitur Yang Ada di Cloudflare

Sebagian besar fitur premium Cloudflare tersedia secara gratis. Namun, masih ada batasan untuk penggunaannya. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah:

CDN

CDN adalah layanan yang dapat menyimpan situs web kamu dan melayani situs web kamu dari server terdekat secara geografis. Ini dapat meningkatkan kecepatan memuat situs kamu.

Mirroring

Konten website kamu nantinya akan menjadi replika untuk setiap data center Cloudflare. Inilah yang memungkinkan situs kamu lebih cepat dioptimalkan sebagai pengguna ketika pengunjung tidak memiliki server utama.

Caching

Artinya Cloudflare melakukan caching pada waktu-waktu tertentu dan dalam kondisi tertentu. Fitur ini sendiri akan menghemat bandwidth hosting kamu terutama jika web hosting memiliki batasan bandwidth.

Jadi koneksi kamu hanya akan berjalan dua arah, yaitu ke pengunjung web dan ke server.

Hosting DNS

DNS bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Cloudflare menyediakan hosting DNS untuk mengelola catatan DNS dan catatan dapat dieksekusi dengan sangat cepat.

Firewall

Fitur ini dapat melindungi website kamu dari ancaman keamanan. Selain itu, kamu dapat memblokir alamat IP dari negara lain untuk menentukan pengunjung mana yang dapat mengkases situs kamu.

Analytics

Fitur ini berarti kamu melacak semua aktivitas di situs web kamu. Kegiatan apa yang dipantau? Misalnya, jumlah permintaan yang dikirim dalam 24 jam terakhir, jumlah pengunjung, asal pengunjung, serta bandwidth yang tersedia selama 24 jam penuh.

Railgun

Fitur ini juga dapat mempengaruhi kecepatan situs kamu. Bahkan Cloudflare dengan fitur ini mengklaim bahwa website kamu dapat meningkatkan kecepatan hingga 300%. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna versi berbayar atau jika hosting murah Indonesia yang kamu gunakan memiliki kemitraan Cloudflare.

SSL/TLS

Cloudflare menawarkan SSL gratis untuk domain tingkat 3 generik dan subdomain yang dihosting gratis.

Page Rules

Fitur page rules untuk pengalihan HTTPS, penulisan ulang, dan lainnya. Namun, itu hanya dibatasi oleh tiga rules.

Aplikasi

Aplikasi Cloudflare yang dibuat oleh pengembang menyediakan berbagai fungsi hanya dengan satu klik.

Worker

Fungsi tanpa server berjalan pada bahasa misalnya JavaScript, C, C++, dan Rust.

Analisis

Menyediakan analitik sederhana untuk situs web kamu.

Pencatat

Pendaftaran nama domain tersedia dengan biaya rendah (tentu saja grosir).

cloudflare adalah

Kelebihan Dari Cloudflare

Selain memiliki banyak fitur, layanan Cloudflare memiliki berbagai keunggulan, yaitu:

  • Cloudflare dapat menyembunyikan alamat IP sebenarnya dari host web kamu. Apa saja dampaknya? Peretas merasa sulit dan tidak mungkin untuk menyerang server yang mereka jalankan.
  • Cloudflare juga membuat cache web sehingga sumber daya dapat memuat situs web lebih cepat dan mengurangi beban server.
  • Cloudflare juga memberikan perlindungan tertinggi terhadap semua serangan DDoS dengan memodifikasi aspek keamanan web kamu. Jika situs kamu sedang down, Cloudflare menyatakan komitmennya untuk terus menyediakan data cache sampai situs tersebut kembali dan berjalan.
  • Jika pencatat kamu tidak memberi kamu opsi untuk menambahkan catatan DNS, kami dapat menggunakan server nama Cloudflare dan menambahkan catatan DNS server di sana.
  • Cloudflare adalah layanan yang menawarkan fitur gratis jika kamu ingin menambahkan beberapa domain sekaligus.
  • Kami dapat memblokir akses ke situs web dari wilayah/negara tertentu. Pengaturan ini dapat diinginkan oleh pengguna jika sewaktu-waktu menerima banyak serangan dari negara tertentu.

Cara Untuk Membuat Akun Cloudflare dan Menambahkan Website

Buka situs web Cloudflare

Sebagai langkah pertama, kunjungi halaman Cloudflare dan klik tautan “Under Attack?” di sudut kanan atas beranda Cloudflare.

Buat akun Cloudflare

Selanjutnya, buat akun Cloudflare dengan memasukkan alamat email dan kata sandi kamu. Klik “Buat akun sekarang” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Sebaiknya gunakan email resmi perusahaan. Contoh: [email protected] Mengapa? Karena pemberitahuan email pembayaran dan informasi terkait layanan apa pun akan dikirimkan ke alamat email ini.

Masukkan nama domain untuk situs web

Kemudian masukkan nama domain situs web kamu dan kemudian klik “Tambah Situs”. Kamu tidak perlu menambahkan “www” ke domain. Misalnya, jika situs kamu adalah www.name.com, ketik saja name.com. Kemudian, Cloudflare akan menganalisis catatan DNS domain kamu. Ini akan memakan waktu sekitar 60 detik untuk menyelesaikannya. Ketika pemindaian DNS selesai, klik Berikutnya.

Pilih Plan

Langkah selanjutnya, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu, lalu klik “Konfirmasi Paket”.

Daftar semua catatan DNS

Daftar semua catatan DNS yang ditemukan akan ditampilkan, termasuk subdomain kamu. Pada langkah ini, kamu dapat memutuskan subdomain mana yang ingin kamu aktifkan dengan Cloudflare. Jika ada catatan tambahan yang ingin kamu tambahkan ke Cloudflare, kamu dapat menambahkannya di sini. Setelah kamu meninjau catatan DNS kamu, klik “Berikutnya”.

Verifikasi

Kamu akan diberikan server nama Cloudflare untuk domain kamu. Nameserver Cloudflare ditugaskan ke domain kamu dan terdaftar di halaman ini. Klik Lanjutkan.

Kamu sekarang perlu beralih ke tab Crypto akun Cloudflare baru kamu untuk memverifikasi bahwa catatan SSL Universal Cloudflare telah ditetapkan untuk domain kamu. Mereka akan muncul sebagai dua catatan di bagian Edge Certificates: satu untuk domain root kamu (example.com) dan satu lagi untuk subdomain generik (*.example.com).

Menunggu konfirmasi

Tunggu hingga 72 jam hingga informasi nameserver dibagikan. Kamu kemudian akan menerima email konfirmasi dari Cloudflare ketika pembaruan nameserver selesai. Situs kamu tidak akan mengalami downtime selama waktu ini.

cloudflare indonesia

Jadi Kesimpulan Dari Cloudflare Adalah …

Cloudflare adalah solusi bagi mereka yang menginginkan kinerja situs web terkelola terbaik. Kami telah menjelaskan secara rinci apa itu Cloudflare dan cara membuatnya sehingga kamu memahami berbagai keunggulannya.

Salah satu manfaat Cloudflare adalah kemudahan integrasi di berbagai platform situs web yang kamu gunakan. Bahkan untuk pengguna Exabytes, integrasi Cloudflare dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah dengan mengikuti petunjuk di atas.

Kami berharap informasi yang kami berikan akan membantu dalam membuat situs web kamu cepat dan aman. Ingatlah untuk menggunakan hosting yang handal dengan fitur lengkap seperti yang ditawarkan Exabytes.

Tertarik? Ayo, daftar hosting integrasi Cloudflare yang mudah sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments