Ini 5+ Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

65

Website bisnis yang sedang Anda kelola saat ini ternyata tidak bisa di akses, bahkan banyak pengguna website komplain karena websitenya tidak bisa diakses.

Apa yang akan Anda lakukan? Segera mengatasinya adalah jawaban terbaik, karena jika tidak segera diatasi akan berpengaruh kepada kredibilitas bisnis dan performa penjualan Anda juga akan menurun.

Kabar baiknya, melalui artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda apa yang menjadi penyebab website down lengkap dengan cara mengatasinya.

Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

Berbicara website down penyebabnya ada banyak, hanya saja dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab website down yang umum terjadi. 

penyabab website down

Trafik Membludak

Penyebab umum website down yang mungkin terjadi yaitu banyak trafik yang masuk. Trafik yang membludak ini biasanya terjadi pada website bisnis seperti toko online yang sedang menggelar promo besar-besaran.

Event promo tersebut adalah salah satu penyebab banyak pengguna yang mengakses website secara bersamaan. Banyaknya pengguna yang mengakses dalam waktu bersamaan, akan membuat trafik membludak.

Dan jika server yang Anda gunakan tidak bisa menampungnya, maka website down tidak bisa dihindari. Tahapan menuju website down biasanya dimulai dari website  lambat ketika diakses sampai akhirnya tidak bisa diakses sama sekali.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Solusi satu-satunya adalah updgrade web hosting yang Anda gunakan saat ini ke spesifikasi hosting yang lebih tinggi. 

Baca juga: Cara Memilih Hosting untuk Website Anda.

Layanan Hosting yang Digunakan Kurang Bagus

pengertian hosting dan cara memilih hosting yang tepat

Selain karena trafik yang membludak, penyebab website mengalami downtime adalah karena layanan hosting yang Anda gunakan kurang optimal. 

Salah satu contoh cirinya ketika Anda sudah upgrade layanan hosting ke spesifikasi yang lebih tinggi, tapi website down masih saja terjadi. Perlu Anda ketahui, bahwa server website memiliki peran penting terhadap website, jadi Anda perlu menggunakan layanan hosting yang tepat.

Layanan hosting yang memiliki kualitas bagus harus bisa bekerja tanpa henti selama 24 jam penuh. Jika website Anda sering down, bisa jadi karena kualitas hosting yang Anda gunakan kurang bagus dari mulai maintenancenya dan teknologi yang digunakannya.

Idealnya, sebuah layanan web hosting harus memiliki uptime yang tinggi, yang berarti server yang digunakan harus selalu tersedia dan tidak down atau error dan Exabytes Indonesia adalah salah satu penyedia layanan hosting yang memiliki jaminan uptime sampai dengan 99,99%.

Masalah di WordPress yang Digunakan

Penyebab website down lainnya bisa saja karena ada masalah di WordPress. Jenis kendala yang bisa saja muncul di WordPress ada banyak misalnya plugin, karena terkadang beberapa plugin WordPress dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dengan versi lain dari plugin atau dengan versi WordPress yang digunakan.

Jenis masalah lain misalnya website tiba-tiba tidak bisa diakses dan muncul kode error 521 web server is down, Anda bisa mempelajari lebih jauh melalui artikel tentang kode error 521 web server is down dan cara mengatasinya.

Ada Masalah di DNS

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang digunakan untuk menentukan alamat IP dari nama domain. Jika DNS website Anda bermasalah, ini dapat menyebabkan website Anda tidak dapat diakses.

Salah satu penyebab umum DNS bermasalah ada pada konfigurasi DNS yang salah. Oleh karena itu Anda perlu memeriksa konfigurasi DNS website Anda dan memastikan bahwa alamat IP yang ditunjuk benar dan dapat diakses. 

Mengenal Apa Itu DNSSEC, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengatur DNS, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk ke cPanel Anda melalui browser web.

Langkah 2: Klik tombol “DNS Zone Editor”.

Langkah 3: Pilih domain yang ingin Anda atur DNS-nya dari daftar drop-down.

Langkah 4: Klik tombol “Add Record” di sebelah kanan.

Langkah 5: Pilih jenis record DNS yang ingin Anda tambahkan (seperti A, MX, atau CNAME).

Langkah 6: Masukkan informasi yang diperlukan untuk record yang dipilih, seperti hostname, alamat IP, atau domain lainnya yang terkait.

Langkah 7: Klik tombol “Add Record” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 8: Ulangi langkah 5-7 untuk setiap record DNS yang ingin Anda tambahkan.

Langkah 9: Setelah selesai, periksa kembali konfigurasi DNS Anda untuk memastikan bahwa semuanya benar dan dapat diakses.

Ingat bahwa perubahan pada konfigurasi DNS bisa saja butuh beberapa jam untuk propagation DNS.

Kesalahan Code

Kesalahan code adalah salah satu penyebab website down lainnya. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini:

  • Periksa log error

Cek file log error di server Anda untuk mencari tahu di mana kesalahan terjadi. Log error biasanya dapat ditemukan di folder “logs” dalam direktori web atau dalam cPanel.

  • Periksa kode

Cek kode sumber website Anda untuk mencari tahu di mana kesalahan pengkodean terjadi. Jika Anda menemukan kesalahan, perbaiki atau ganti dengan kode yang benar.

  • Gunakan bantuan debugging tools

Beberapa bahasa pemrograman memiliki tools debugging yang dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan pengkodean. Misalnya, PHP menyediakan fungsi “error_reporting ()” yang dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pemberitahuan error pada saat runtime.

  • Meminta bantuan

Jika Anda masih kesulitan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan pengkodean, mintalah bantuan dari developer yang berpengalaman atau dukungan teknis dari provider hosting.

Kesalahan kode dapat membuat website Anda menjadi tidak stabil, bahkan bisa menjadi penyebab masalah keamanan jika tidak diperbaiki. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan pengkodean secepat mungkin.

Maintenance Website

Jika server sedang maintenance, website Anda mungkin akan sementara tidak dapat diakses. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti server sedang ada perbaikan atau ada komponen yang sedang diganti.

Maintenance website juga bisa berupa pemeliharaan preventif agar server tetap stabil dalam jangka panjang, sehingga sementara website tidak bisa di akses. Jika Anda menggunakan layanan hosting dari Exabytes, Anda bisa cek status server apakah sedang ada maintenance, masalah dan lainnya melalui situs status.exabytes.co.id.

Di halaman tersebut, Anda akan mendapatkan informasi tentang semua kondisi layanan Exabytes Indonesia, seperti WordPress Hosting, cPanel hosting dan lainnya termasuk informasi maintenance.

Kami juga akan memberikan informasi terkait maintenance server melalui email yang terdaftar di layanan hosting Exabytes Indonesia.

Website Anda Diserang Hacker

Serangan hacker dapat menyebabkan website Anda down atau tidak dapat diakses. Ada beberapa jenis serangan yang dapat digunakan oleh hacker untuk menyebabkan website Anda down, seperti DDoS Attack, Injection Attack, Malware Attack, Phishing Attack dan Brute-force attack.

Pelajari jenis serangan cyber lainnya di artikel tentang 20 Jenis Cyber Attack yang Umum digunakan.

Jika website Anda sudah di-hack atau di-serang, segera kontak provider hosting atau administrator jaringan untuk bantuan dalam mengatasi masalah tersebut dan melakukan investigasi.

Segera Atasi Website Down dengan Cara yang Tepat!

Itulah beberapa penyebab website down, mulai dari karena trafik yang membludak, layanan hosting bermasalah sampai karena disebabkan oleh serangan hacker. 

Penjelasan diatas juga sudah kami lengkapi dengan cara mengatasinya, karena sangat penting untuk segera mengatasi masalah website down agar pelanggan Anda tetap dapat mengakses website dan Anda dapat terus menjalankan bisnis Anda dengan baik.

Oleh karena itu, segera terapkan cara mengatasi penyebab website down di atas agar website Anda tetap bisa eksis di dunia online.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments