Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya

61
Mengenal Domain ID
9 min read

Saat ini, kebutuhan akan keberadaan digital tidak dapat dielakan. Tidak sedikit individu atau bisnis yang memilih dunia digital untuk berbagai kebutuhan, terutama pemasaran dan penjualan. Ini juga menjadi waktu yang tepat untuk menjangkau semua target pasar. Namun, pastikan kamu juga memiliki website, dimana kamu harus terlebih dahulu memiliki domain yang terdaftar di Whois Record. Apakah kamu akan mempertimbangkan domain ID untuk kebutuhan semacam ini?

Jika sebelumnya kamu sering mendengar istilah domain ID, namun belum begitu tahu lebih jauh, sekarang saatnya mencari tahu agar kamu tahu betul jenis domain apa yang cocok untuk toko online atau kebutuhan bisnismu.

Pengertian Domain ID

Jika mengacu ke Wikipedia maka domain ID bisa kita sebut sebagai domain dengan top level domain ID. Dimana id itu sendiri merupakan kode negara Internet untuk Indonesia.

Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya - 2021
Contoh Ekstensi Domain (Sumber Gambar: Pixabay – Tumisu)

Sejak awal September 2005, Domain.id dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia yang sebelumnya dikelola melalui kerjasama PJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia dengan pengelola domain di Indonesia.

Salah satu contoh dari penggunaan domain ID adalah www.exabytes.co.id. Domain yang satu ini berbasis di Indonesia yang juga menandakan bahwa domain tersebut berlokasi di Indonesia.

Lalu, apa yang membedakan Domain.ID dengan Domain.COM? Baik ID maupun COM merupakan ekstensi domain yang ada dan bisa digunakan. Com adalah kependekan dari commercial yang ditujukkan untuk para pelaku bisnis. Eksistensi ini menjadi domain pertama yang pernah ada. Juga, paling populer digunakan bahkan di seluruh dunia.

Sedangkan domain ID adalah ekstensi domain yang diresmikan sebagai domain website yang ada di Indonesia. Perbedaan dari keduanya ada pada hak kepemilikan dan jangkauan. Jika ID hanya bisa dimiliki dan digunakan hanya oleh mereka yang tinggal dan menjadi warga negara Indonesia, Domain Com bisa digunakan secara internasional.

Jika dibandingkan dengan ID, jangkauan Domain Com tentu lebih luas. Hal ini bisa dilihat dari kebebasan penggunaannya, yaitu di seluruh dunia. Meskipun ID hanya untuk skala Indonesia, keamanannya terjaga sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Macam-Macam Domain ID Beserta Fungsinya

Jika dibandingkan dengan domain lainnya, domain ID tentu memiliki ciri khasnya tersendiri. Sudah cek domain yang akan kamu gunakan? Berikut adalah macam-macam domain ID beserta fungsinya.

domain id
Domain ID (Sumber: Shutterstock Photo)

Ac.id

Biasanya, top level domain yang satu ini digunakan oleh perguruan tinggi. Kita sering menjumpainya di website resmi universitas atau sejenisnya yang menggunakan ac.id. Akan tetapi, kamu tidak bisa menggunakan ekstensi ini secara individu. Salah satu contoh dari penggunaan ac.id adalah https://www.ui.ac.id/.

Co.id

Co.id tentu tidak asing lagi karena sering dijumpai. Biasanya, ini digunakan oleh badan usaha, UMKM, atau sejenisnya. Namun, tidak jarang pula startup dan e-commerce menggunakan ekstensi yang satu ini. Karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, maka co.id juga tidak bisa digunakan secara individu. Satu dari sekian banyak contoh penggunaan co.id adalah https://www.exabytes.co.id/.

Biz.id


Tidak hanya sering digunakan untuk keperluan bisnis para penggunanya, biz.id juga bisa kamu gunakan secara personal jika ingin memulai bisnis online.

My.id


Bagi sebagian orang, my.id terdengar asing. Ekstensi yang satu ini bisa digunakan untuk kebutuhan personal baik untuk website maupun blog pribadi.

Or.id

Or.id adalah jenis eksistensi id yang banyak digunakan oleh website yang dikelola oleh organisasi atau komunitas. Dengan keberadaan id sebagai eksistensi, kita bisa mengenali jika website yang menggunakannya adalah website yang dikelola di Indonesia.

Sch.id

Sch itu sendiri merupakan singkatan dari school atau sekolah. Ekstensi domain yang satu ini menunjukkan bahwa pengelola atau pemilik website adalah lembaga pendidikan baik itu sekolah resmi maupun pendidikan non-formal. Dengan demikian, kamu tidak bisa memiliki domain dengan ekstensi sch.id secara individu.

Web.id


Penggunaan website yang satu ini lebih umum dan juga bisa kamu daftarkan secara personal. Tidak hanya itu, kategorinya juga lebih luas. Dengan pendaftaran yang sangat mudah yaitu hanya dengan melampirkan fotokopi KTP, kamu sudah bisa mendapatkan domain ini.

Desa.id


Desa.id mungkin sekilas mirip dengan go.id. Mereka yang ingin membangun website desa harus mendaftarkan langsung ke website domain.go.id sesuai peraturan dari Kominfo.

Net.id


Tidak semua orang bisa memiliki website dengan eksistensi domain net.id. Eksistensi ini dikhususkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang layanan telekomunikasi dan internet. Selain KTP, kamu juga harus menyerahkan dokumen lain seperti Surat Izin Usaha Telekomunikasi.

Pesantren.id


Seperti namanya, ponpes.id ini diperuntukkan bagi pondok pesantren. Karena tidak semua orang bisa menggunakannya, maka untuk membuatnya, ada persyaratan yang harus dilengkapi termasuk surat keterangan pimpinan pondok pesantren atau pimpinan lembaga.

Mil.id


Mil.id adalah ekstensi yang bisa digunakan oleh TNI karena merupakan domain internet Tentara Nasional Indonesia.

Manfaat Domain ID


Saat memilih top level domain untuk website bisnis, setiap orang punya kebebasan. Akan tetapi jika memutuskan untuk memilih id sebagai top level domain, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat domain ID tersebut.

Lalu, apa saja kelebihan domain ID dibandingkan dengan top level domain lainnya? Untuk kalian yang berada di Indonesia dan ingin memilih domain ID, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan, seperti.

Menunjukkan Rasa Cinta pada Negara Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya - 2021
Ilustrasi Indonesia (Sumber: Pixabay – GDJ)

Tahukah kamu jika domain.id hanya bisa digunakan dan dimiliki oleh warga negara Indonesia? Dengan kata lain, hanya badan usaha yang bergerak di Indonesia yang bisa menggunakan top level domain yang satu ini. Ini berarti bahwa Indonesia bisa memperkenalkan kepada dunia bahwa negara kita ini memiliki domain sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan kebanggan dan kecintaan pada Indonesia. Ini juga bisa membantu membuat negara kita tercinta lebih baik di mata dunia.

Meningkatkan Keuntungan

Target bisnis kamu adalah pasar di Indonesia, bukan? Jika memang iya, memiliki website dengan domain ID adalah pilihan yang tepat karena bisa sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Website kamu akan lebih mudah ditemukan konsumen saat mereka mencari informasi menggunakan mesin pencari.

Istilah dari domain ID ini adalah Country-code Top Level Domain atau cc-TLD. Oleh karena itu, website kamu secara otomatis memiliki sasaran spesifik secara geografis. Mesin pencari atau search engine akan mencocokkan website milikimu dengan konsumen yang sedang melakukan pencarian di Internet.

Keamanan dan Kecepatan


Dari id saja, kamu pasti sudah bisa tahu kalau bahkan seluruh domain ID berada di bawah otoritas negara Indonesia. Jadi, saat ada sesuatu yang tidak diinginkan atau ketika ada masalah yang berhubungan dengan kejahatan siber, negara bisa berperan aktif dalam menanganinya.

Karena lokasi Domain Name Server atau DNS dari domain ID berada di Indonesia, halaman website dari Indonesia akan lebih cepat terbuka saat seseorang mengaksesnya dari perangkat desktop maupun mobile.

Menghemat Bandwidth Internasional

Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya - 2021
Ilustrasi Traffic Bandwidth (Sumber: Unsplash – Campaign Creators)

Yang mengakses website kamu tentu tidak selalu tinggal atau berada di Indonesia. Inilah yang juga tidak kalah penting untuk selalu diingat. Orang-orang di luar negeri yang hendak mengakses website dalam negeri masih menggunakan bandwidth internasional.

Keuntungan dari penggunaan domain ID adalah mayoritas transaksi terjadi di Indonesia meski pengunjung website berasal dari negara luar Indonesia. Penghematan bandwidth bisa terjadi saat resolving Domain Name Server atau DNS. Ini terjadi saat sistem melakukan pencarian lokasi yang sesungguhnya dari website tersebut.

Ramah SEO

Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya - 2021
Manfaat dari domain ID adalah ramah SEO (Sumber: Pixabay – Tumisu)

Keberadaan bisnis di dunia digital tidak bisa lepas dari peran penting SEO atau Search Engine Optimization. SEO itu sendiri merupakan upaya untuk mengoptimasi website agar bisa berada di ranking tertinggi di hasil pencarian Search Engine. Bahkan, sangat mungkin untuk sebuah website untuk selalu berada di halaman pertama.

Penggunaan domain ID sejatinya ramah SEO dan hal ini telah diuji oleh PANDI atau Pengelola Domain Internet Indonesia. Website dengan domain ID berada di peringkat atas untuk berbagai keyword atau kata kunci. Akan tetapi, ini juga bergantung pada pengelola website dalam melakukan pengoptimalan SEO.

Terhindar dari Konten Negatif

Saat menggunakan domain ID, kamu juga bisa mengurangi penggunaan konten negatif. Data para penggunanya sudah tercatat. Saat ada konten-konten negatif yang dimuat di website, maka pengelola domain akan segera menghubungi pihak pengelola atau pemilik website.

Akan tetapi, jika konten negatif tersebut tidak ada unsur pornografi dan perjudian pengelola domain bisa memberikan waktu kurang lebih selama 5 hari agar pemilik website menghapus konten yang bermasalah tersebut.

Meningkatkan Kepercayaan dan Keamanan

Pendaftaran domain ID juga tidak mudah karena harus memenuhi syarat dan ketentuan yang dirasa cukup ketat. Itulah mengapa kepercayaan dan keamanan dalam bisnis bisa terjaga dan bahkan meningkat. Dengan penggunaan domain ID, kita juga bisa meminimalisir atau bahkan menghindari kasus penipuan yang bisa mencemarkan nama baik satu pihak tertentu.

Beragam Pilihan

Dengan memilih top level domain atau ekstensi id, kamu tentu memiliki beragam pilihan. Ada banyak jenis domain ID yang tersedia untuk digunakan oleh website yang dikelola dan dijalankan di Indonesia, mulai dari .id hingga .mil.id.

Itu dia informasi seputar domain ID. Jika masih butuh waktu untuk memilih jenis eksistensi id mana yang akan digunakan, kamu bisa terlebih dahulu mencari contoh domain ID melalui riset online.

Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya - 2021
Exabytes adalah Penyedia Domain ID

Saat ini, domain ID bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi website Exabytes, penyedia domain ID murah yang terpercaya di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Semoga bisnis online kamu memberikan ROI yang tinggi dengan penjualan yang selalu meningkat.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments