Pengertian Virtualisasi: Manfaat, Tipe dan Sistem Kerjanya

625
Pengertian Virtualisasi
6 min read

Seiring kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang pesat, muncul berbagai terobosan baru yang tidak saja unik namun juga mampu memberi kemudahan. Salah satunya adalah virtualisasi. Pada masa sekarang, makin banyak yang menggunakan teknologi tersebut untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Dalam dunia komputer, sebenarnya teknologi ini bukan merupakan hal yang baru. Bahkan istilah ini telah ada sejak sekitar tahun 1960. Ketika itu sudah ada beberapa lembaga dan institusi maupun individu yang menerapkan teknologi tersebut terhadap komputer miliknya. Lalu untuk saat ini, pemakaiannya menjadi semakin populer.

Ilustrasi Virtualisasi
Ilustrasi virtualisasi (sumber : openclipart.org)

Pengertian Virtualisasi 

Virtualisasi adalah suatu usaha untuk menghasilkan sebuah bentuk virtual dari suatu material yang sebelumnya bersifat fisik. Banyak praktisi teknologi informasi yang menganggap bahwa cara ini merupakan metode terbaik untuk meningkatkan efisiensi dalam urusan kerja dan kegiatan lainnya.  

Misalnya dalam suatu ruang terdapat tiga server berbentuk fisik dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Server pertama kalian gunakan untuk mail server, server kedua untuk web server dan server terakhir berperan sebagai aplikasi internal.

Setiap server tersebut mempunyai kapasitas sekitar 30%. Sementara itu server aplikasi merupakan server terpenting untuk menjalankan operasional server lainnya. Sehingga performanya harus kalian jaga karena punya peran untuk melakukan hosting.

Melalui teknologi tersebut, masing-masing dari server ini bisa melakukan tugasnya sendiri-sendiri tanpa bergantung lagi pada server aplikasi. Selain itu kalian juga bisa meningkatkan kapasitas server tersebut dari 30% menjadi 60% atau 90%. Lalu untuk server ketiga yang telah kosong, dapat dipakai untuk menjalankan tugas yang lain.

Manfaat Virtualisasi

Pengertian Virtualisasi: Manfaat, Tipe dan Sistem Kerjanya - 2021
Virtualisasi memberi banyak manfaat. (Ilustrasi : pixahive.com)

Pemanfaatan virtualisasi merupakan sebuah langkah tepat bagi perusahaan atau organisasi. Banyak manfaat yang bisa kalian dapat, baik dari segi ekonomi maupun teknologi.  

Kemudahan backup dan recovery

Penggunaan virtualisasi akan memberi kemudahan terhadap kegiatan perlindungan dan backup data. Kalian hanya perlu menyiapkan satu perangkat komputer saja untuk menjalankan tugas tersebut. Demikian pula ketika melakukan recovery, juga menjadi lebih praktis.

Baca Juga  Penting! Apa Itu VMware: Pengertian, Kegunaan, dan Kelebihannya

Menghemat biaya hardware

Teknologi virtualisasi adalah teknologi yang akan bekerja dengan cara memunculkan beberapa fungsi utama dan menyembunyikan fungsi-fungsi teknis. Metode ini dapat membantu kalian untuk menghemat anggaran belanja hardware. Melalui langkah ini, dengan satu perangkat komputer saja dapat menjalankan berbagai sistem sekaligus.

Mengurangi panas hardware dan biaya listrik

Mesin pendingin merupakan suatu kebutuhan utama bagi hardware agar tidak mudah mengalami kerusakan. Akan tetapi karena sudah menggunakan virtualisasi, tentu saja akan mengurangi penggunaan mesin tersebut dalam ruang. Hal ini akan memunculkan dampak positif lain berupa penghematan biaya listrik.

Pekerjaan monitoring server jadi lebih mudah

Virtualisasi akan mengubah server yang sebelumnya tidak terpusat jadi terpusat. Sehingga pekerjaan monitoring server juga akan menjadi lebih mudah. Tugas ini bisa kalian lakukan melalui aplikasi atau fitur yang tersedia.

Selain itu jika ada kesalahan atau troubleshooting kalian dapat lebih cepat mengetahui sumbernya dan menyelesaikan gangguan tersebut.

Kemudahan cloning sistem 

Cloning memiliki peran sangat penting dalam teknologi server. Penggunaannya akan membuat kalian lebih mudah melakukan proses instalasi sistem. Lalu ketika memakai perangkat baru, maka instalasi sistem tersebut tidak perlu kalian jalankan lagi jika sudah menerapkan teknologi virtualisasi.

Tipe-tipe Virtualisasi 

Virtualisasi merupakan teknologi yang setiap waktu selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Meski demikian secara umum teknologi ini dapat kalian bagi menjadi beberapa jenis atau tipe.

Application virtualization

Application system virtualization adalah teknologi yang memiliki manfaat untuk memvirtualkan suatu aplikasi pada sistem operasi. Melalui aplikasi ini, kalian bisa menjalankan aplikasi tanpa bergantung pada sistem operasi komputer. Misalnya dari Windows ke Linux atau sebaliknya.  

Network virtualization

Fungsi dari network virtualization yaitu untuk membuat rancangan konfigurasi dalam jaringan internet. Ketika ingin menerapkan rancangan tersebut, tugas kalian hanya membuat tiruannya saja dan memasukkannya dalam teknologi jaringan nyata.

Server virtualization

Server virtualization dapat kalian gunakan untuk mengubah sumber daya server yang rumit menjadi lebih sederhana sehingga mudah dipahami. Selain itu server ini juga bisa membantu meningkatkan kapasitas dan sistem pembagian jaringan.

Desktop virtualization

Penggunaan Desktop virtualization dapat memberikan kemudahan bagi kalian untuk membuka akses pada suatu desktop dengan mudah dari jarak jauh atau secara remote.

Baca Juga  Penting! Apa Itu VMware: Pengertian, Kegunaan, dan Kelebihannya

Data virtualization

Pengertian Virtualisasi: Manfaat, Tipe dan Sistem Kerjanya - 2021
Ilustrasi data virtualization (Sumber : vectorstock.com)

Data virtualization bermanfaat untuk melakukan manipulasi dan perubahan data tanpa teknis yang rumit dari data itu sendiri. Misalnya bagaimana data tersebut terformat atau tempat dan lokasi penyimpanan fisiknya.

Storage virtualization 

Storage virtualization berguna untuk menyimpan data secara virtual. Saat kalian ingin membuka data tersebut, bisa mengaksesnya dari mana saja. Jadi sifatnya hampir sama dengan flashdisk.  

Cara Kerja Virtualisasi

Dalam menjalankan fungsinya virtualisasi akan memakai lapisan perangkat lunak atau software bernama hypervisor. Software ini bertugas membagikan sumber daya fisik ke berbagai lingkungan virtual sesuai kebutuhan dan memisahkannya.

Setelah lingkungan virtual atau virtual environment dapat berjalan, program langsung mengirim instruksi terkait kebutuhan sumber daya tambahan dalam lingkungan fisik. Dari sini kemudian hypervisor akan memberi respon dan menyampaikan pesan pada sistem fisik sekaligus melakukan penyimpanan perubahan.

Nama lain dari lingkungan virtual adalah mesin tamu atau guest machine. Selain itu banyak pula yang menyebutnya sebagai mesin virtual atau virtual machine dan sering menyingkatnya dengan VM saja. Fungsi dari VM ini hampir sama dengan file tunggal dan kalian bisa mentransfernya dari satu komputer pada komputer lain atau membuka keduanya sekaligus.

Selama ini ada banyak sekali penyedia tools virtual machine dan kalian dapat memilihnya sesuai kebutuhan. VMware adalah salah satu yang terbesar dan jumlah penggunanya sangat banyak. Berbagai produk seperti VMware server atau ESX server tersedia lengkap dan semua bisa kalian pakai untuk membuat virtual machine.

Pengertian Virtualisasi: Manfaat, Tipe dan Sistem Kerjanya - 2021
VIlustrasi VMware. (Sumber : stock.adobe.com)

Exabytes juga menggunakan VMware Indonesia agar dapat menghadirkan layanan dengan performa yang lebih baik dan efisien bagi para pelanggannya, terutama dalam urusan pemakaian resource server. Bahkan sistem pembayarannya bisa kalian lakukan melalui berbagai macam metode pembayaran sehingga makin praktis dan mudah. 

Pengertian Virtualisasi: Manfaat, Tipe dan Sistem Kerjanya - 2021
VMWare Exabytes

Karena itu sebelum memanfaatkan teknologi tersebut sebaiknya konsultasi dahulu dengan Exabytes Indonesia. Melalui keahlian dan pengalaman yang dimiliki, Exabytes akan memberikan dukungan secara andal dan aman. Baik individu maupun organisasi atau perusahaan, semua mendapat layanan yang prima dan memuaskan.  

Semoga penjelasan lengkap tentang virtualisasi ini tidak hanya bisa menambah pengetahuan saja. Selain itu juga membantu kalian dalam menciptakan sistem kerja yang lebih mudah, murah dan efisien.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments