Domain shop : Daftarkan Website Untuk Bisnis Anda

0
1724

Domain shop – Melihat situs web dengan ekstensi domain .com, kamu mungkin bisa menebak apa yang ada di dalamnya. Apakah itu milik situs ecommerce, blog, atau agensi tertentu? Jadi bagaimana kamu memilih nama domain untuk toko online kamu?

Faktanya, ekstensi domain untuk toko online memiliki variasi yang berbeda. Salah satunya adalah .shop. Dengan menggunakan ekstensi domain ini, pelanggan kamu akan dapat menebak konten yang terkait dengan retail atau ecommerce.

Jadi apa nama domain yang bagus untuk toko online? Seperti halnya pembuatan nama domain pada umumnya, kamu harus memperhatikan panjang nama dan keunikan nama. Hal ini bertujuan agar nama domain kamu mudah diingat.

Selain membuat nama domain kamu lebih mudah diingat, menggunakan ekstensi domain .shop menawarkan keuntungan lain untuk situs web toko online.

Apa Itu Domain Toko Online?

Domain toko adalah nama dan alamat situs web ritel kamu. Tanpa domain untuk toko online kamu, pelanggan tidak akan bisa menemukan produk terlaris kamu melalui mesin pencari.

Sementara itu, bagaimana kamu menemukan nama domain yang bagus untuk toko online kamu? Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu terapkan saat membuat nama domain untuk toko online kamu.

  1. Gunakan nama merek.
  2. Tambahkan identitas penjualan kamu, misalnya souvenir, maka kamu bisa menggunakan nama lestarisourvenir.shop.
  3. Kamu bisa menggunakan nama lokal kamu, misalnya lestarisouvenirtangerang.shop.
  4. Gunakan nama yang pendek dan mudah diingat.
  5. Jangan cantumkan jenis usaha kamu misalnya PT atau CV.

Nah berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membuat atau memilih nama domain untuk bisnis kamu. Dengan nama domain yang singkat dan mudah diucapkan, domain toko online kamu akan mudah diingat oleh pelanggan kamu.

domain shop

Apa Itu Domain shop?

Domain shop atau .shop adalah domain tingkat atas (TLD) yang didedikasikan untuk penggunaan toko online dan bisnis ecommerce.

Domain ini memberikan identitas yang jelas pada toko online kamu dan memudahkan pelanggan menemukan toko kamu di internet.

“Shop” adalah kata bahasa Inggris yang berarti “toko”, dengan menggunakan ekor ini orang akan langsung memahami isi dari website berupa toko.

Misalnya, jika kamu memiliki toko online dengan nama “kelontong”, kamu dapat menggunakan domain populer seperti “kelontong.com” atau “kelontong.id”.

Jika kamu menggunakan domain .shop, toko online kamu akan memiliki alamat “kelontong.shop”. Dengan domain yang populer, pengunjung website akan menebak isinya, berbeda dengan domain shop yang jelas isinya berupa toko online.

Manfaat Menggunakan Nama Domain .shop Untuk Toko Online

Salah satu ekstensi domain yang disarankan cocok untuk toko online adalah .shop. Memang ekstensi domain ini secara langsung menunjukkan identitas sebuah website ecommerce atau toko online.

Selain itu, lihat 4 manfaat lainnya menggunakan .shop sebagai ekstensi domain untuk situs web toko online kamu. 4 manfaatnya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan domain .shop, website kamu akan langsung dikenali sebagai toko online atau ecommerce. Selain itu, menggunakan nama brand sebagai nama domain juga dapat meningkatkan brand awareness di mata pengguna.

Misalnya, toko souvenir Lestari menggunakan nama domain shop menjadi lestarisouvenir.shop. Nama ini akan membuat pelanggan lebih mengenali website kamu sebagai toko online yang khusus menjual souvenir saja.

Lebih Banyak Domain Tersedia Dibandingkan Dengan Yang Lain

Situs belanja yang menggunakan ekstensi domain .shop tidak menggunakan banyak ekstensi seperti .com, .net, atau .co.id.Hasilnya, lebih banyak domain shop untuk toko online tersedia.

Dengan ketersediaan yang luas ini, kamu dapat membuat domain toko online kamu lebih jelas tergantung pada produk atau layanan yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, ekstensi ini dapat memberi kamu banyak peluang untuk menggunakan nama domain yang menarik. Misalnya, Lestari yang ingin membuat nama domain untuk toko souvenir online miliknya akan menggunakan lestarisouvenirshop.com.

Harga Nama Domain Lebih Murah

Selain ketersediaannya yang masih tinggi, ekstensi domain .shop juga memiliki harga nama domain yang lebih murah. Salah satu penyedia ekstensi domain shop adalah Exabytes. Untuk informasi lebih rinci tentang ekstensi ini, kamu dapat mengunjungi tautan berikut disini.

Ramah Dengan SEO

Membangun website saja tidak cukup untuk meningkatkan penjualan melalui website, jika tidak diimbangi dengan optimalisasi SEO. Memang, SEO adalah kunci utama untuk mencapai peringkat di mesin pencari, seperti Google.

Kamu tidak perlu khawatir ekstensi .shop mengalami kesulitan peringkat, sebenarnya SEO tidak hanya dipengaruhi oleh ekstensi domain tetapi juga oleh konten, pembuatan tautan, kata-kata, penguncian, kecepatan situs, dll.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dengan masalah ini jika menggunakan .shop. Sebab, domain ini sama di mata Google.

Tingkatkan Penjualan Toko Online Dengan Domain shop

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa domain shop adalah pilihan yang tepat untuk toko online kamu.

Domain ini memberikan identitas yang jelas pada toko online kamu dan memudahkan pelanggan menemukan toko kamu di internet.

Pesan domain .shop pertama kamu sekarang juga ya Exabytes friends

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments