Perbedaan Routing Statis dan Dinamis Secara Lengkap

0
3217

Dalam dunia jaringan (networks), kamu akan menjumpai istilah routing. Secara sederhana, routing adalah proses pengiriman data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Ada dua jenis perutean yang banyak digunakan: routing statis dan routing dinamis.

Kedua jenis routing tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang routing statis dan dinamis, serta perbedaan routing statis dan dinamis dari penjelasn berikut ini!

Apa Itu Routing?

Sebelum masuk ke pembahasan perbedaan routing statis dan dinamis, mari kita lihat dulu penjelasan tentang apa itu routing di bawah ini.

Routing merupakan hal yang sangat penting dalam dunia jaringan. Seperti disebutkan di atas, routing adalah proses mentransfer paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.

Proses ini juga dapat dipahami sebagai penggabungan beberapa jaringan untuk mentransfer paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Ini adalah ilustrasi routing yang ditunjukkan oleh Cloudflare:

perbedaan routing statis dan dinamis

Paket data komputer A dikirim ke komputer B melalui beberapa jaringan. Router akan mencari jalur routing tercepat untuk mencapai tujuan akhir.

Perangkat yang menjalankan proses routing diberi nama router. Selain mengirimkan paket data antar jaringan, router menentukan jalur terbaik untuk mencapai jaringan tujuan.

Untuk melakukan fungsi ini, router menggunakan tabel routing. Tabel routing berisi informasi tentang keberadaan beberapa jaringan, serta indikasi jalur yang dapat ditempuh paket data untuk mencapai tujuannya.

Berikut adalah contoh tabel routing:

perbedaan routing statis dan dinamis

Apa Perbedaan Routing Statis dan Dinamis Tersebut?

Dalam sebuah jaringan, ada beberapa jenis routing. Jenis routing yang paling umum digunakan adalah routing statis dan routing dinamis. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca penjelasan berikut ini!

Apa Itu Routing Statis?

routing statis

Routing statis adalah proses mengkonfigurasi router jaringan menggunakan tabel routing yang dikonfigurasi secara manual oleh administrator jaringan.

Administrator jaringan akan mengisi setiap entri tabel penerusan pada setiap router yang terhubung ke jaringan. Mereka harus menyertakan atau menghapus rute statis ketika topologi berubah.

Routing statis adalah pengaturan routing paling sederhana dalam jaringan komputer. Oleh karena itu, penggunaan routing statis cocok untuk jaringan internet skala kecil.

Kelebihan Routing Statis

  • Mengurangi kinerja CPU router karena pemrosesan didistribusikan ke setiap router.
  • Penghematan bandwidth karena tidak ada bandwidth yang terbuang saat bertukar paket.
  • Dapatkan informasi dari isi tabel routing selama pertukaran paket.
  • Routing statis lebih aman.
  • Administrator bebas menentukan jalur jaringan.

Kekurangan Routing Statis

  • Administrator jaringan harus mengetahui semua informasi tentang router yang terhubung.
  • Jaringan kecil saja.
  • Konfigurasi lebih rumit terutama jika beberapa komputer terhubung.
  • Memerlukan waktu setup yang lebih lama.
  • Jika jalur terputus, jaringan berhenti.

Apa Itu Routing Dinamis?

routing dinamis

Routing dinamis adalah jenis router yang secara otomatis dapat menghasilkan tabel routing berdasarkan lalu lintas jaringan dan router yang terhubung.

Tidak seperti routing statis, routing dinamis memiliki protokol perutean yang secara otomatis mengatur router untuk berkomunikasi satu sama lain dengan memberikan informasi tentang jaringan dan koneksi antar router.

Informasi ini digunakan untuk membangun dan meningkatkan tabel routing. Ada berbagai jenis protokol routing dinamis, seperti:

  1. Routing Information Protocol (RIP)
  2. Border Gateway Protocol (BGP)
  3. Internal Gateway Routing Protocol (IGRP)
  4. Open Shortest Path First (OSPF)

Kelebihan Routing Dinamis

  • Cocok untuk jaringan dengan jangkauan yang lebih luas.
  • Konfigurasi jaringan lebih cepat.
  • Jalur ditentukan secara otomatis oleh sistem.
  • Melindungi kamu jika terjadi kegagalan jaringan.
  • Ketika jaringan baru ditambahkan, tidak perlu mengkonfigurasi semua router. Hanya router yang terhubung.

Kekurangan Routing Dinamis

  • Beban kerja router lebih berat karena selalu mengupdate tabel IP.
  • Membutuhkan lebih banyak bandwidth.
  • Lebih banyak RAM diperlukan untuk menentukan jalur terbaik jika terjadi kegagalan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai perbedaan routing statis dan dinamis dalam suatu jaringan.

Ada banyak perbedaan antara kedua jenis router, terutama dalam hal fitur, kemampuan, dan kemudahan penggunaan atau akses ke router.

Konfigurasi routing statis cukup rumit karena dilakukan secara manual. Sedangkan routing dinamis lebih sederhana karena dapat diatur secara otomatis.

Saat ini perangkat keras jaringan yang paling banyak digunakan adalah router CISCO karena konfigurasinya yang lebih familiar dan tersedianya fitur CISCO Packet Tracer, yang mempermudah simulasi penggunaan jaringan dan kamu juga dapat menggunakannya untuk belajar,

Perlu diketahui bahwa Exabytes tidak hanya tentang jaringan tetapi juga menawarkan web hosting murah untuk kebutuhan website kamu.

Tunggu apa lagi bagi kamu yang belum memiliki website silahkan pesan sekarang juga untuk harga diskon.

Terima kasih.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments