7 Platform Media Sosial Untuk Bisnis Lebih Sukses

0
2082

Saat ini, media sosial adalah salah satu aspek penting untuk bisnis digital. Terkait pemasaran menggunakan media sosial untuk bisnis, brand awareness adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Sudah menentukan platform media sosial untuk bisnis mana yang akan kamu pilih?

Perlu diketahui bahwa tidak semua platform media sosial cocok untuk jenis bisnis yang kamu miliki. Kamu harus memilih dan memilah media sosial yang benar-benar cocok untuk bisnismu sebelum membuat strategi pemasaran untuk diterapkan pada platform tersebut.

Oleh karena itu, agar bisa tepat menentukan platform media sosial untuk bisnis, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan brand awareness

Apa Itu Brand Awareness?

7 Platform Media Sosial Untuk Bisnis Lebih Sukses - 2024
Brand awareness membantu bisnis mengetahui sejauh mana audiens mengenal brand atau produk. (Sumber: shutterstock)

Brand awareness adalah istilah yang digunakan untuk mengukur sejauh mana audiens mengenal merekmu beserta produk atau layanan yang ditawarkan. Ini adalah landasan utama dari keberhasilan penjualan kamu. Ini karena kebanyakan orang harus bisa mengenali merek sebelum percaya untuk membelinya. 

Brand awareness yang tinggi adalah suatu keunggulan yang bisa membuat merek bisnis kamu selalu diingat oleh konsumen, dan bahkan bisa menjadi identik dengan produknya. Misalnya, banyak orang yang ingin membeli air putih kemasan akan menyebutnya sebagai Aqua, bukan air mineral.  

Strategi ini akan menentukan bagaimana kesan dan pengalaman seseorang terhadap merek kamu. Saat strategi brand awareness kamu semakin matang, kamu akan mengetahui bahwa pemasaran yang paling efektif bukan hanya dari konten yang kamu buat, tetapi juga ulasan-ulasan tentang produk kamu dari para pengguna.  

Bahkan, sebuah riset juga menunjukkan bahwa pemasaran paling efektif di media sosial yaitu dengan rekomendasi dari teman, komentar dan ulasan produk, serta seberapa terkenalnya suatu merek.

Gabungan antara kesan merek yang positif dengan brand awareness yang tinggi akan membuat semakin banyak orang mau mencoba produk kamu. 

Baca juga: 8 Media Sosial Untuk Bisnis Online Kamu

Mengapa Menggunakan Media Sosial untuk Brand Awareness

7 Platform Media Sosial Untuk Bisnis Lebih Sukses - 2024
Banyak bisnis melakukan branding di berbagai platform media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak audiens. (Sumber: pixabay)

Baik saat menjual produk, menawarkan layanan, atau sekadar membuat konten, kamu memerlukan media sosial untuk menumbuhkan brand awareness bisnis kamu.

Inilah sebabnya branding di media sosial menjadi populer. Social media branding mengacu pada berbagai tindakan yang diambil pemilik merek untuk meningkatkan brand awareness mereka di media sosial.

Jadi, bagaimana media sosial membantu meningkatkan brand awareness?

Sebagai contoh, Facebook sendiri memiliki 2,74 miliar pengguna aktif bulanan, yang meningkat 12% dari tahun ke tahun. Hal ini bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk membuat semakin banyak orang tahu tentang merek dan produk bisnis kamu melalui Facebook. 

Selain meningkatkan penjualan, media sosial juga dapat membantu meningkatkan visibilitas merek kamu.

Mari jelajahi beberapa pilihan platform sosial media yang bisa kamu coba untuk tingkatkan brand awareness produk kamu.

Baca juga: 7 Tipe Konten Menaikkan Engagement di Media Sosial

Pilihan Platform Media Sosial yang Tepat

Platform media sosial untuk bisnis
Maksimalkan usaha mencapai tujuan bisnis melalui platform media sosial populer. (Sumber: shutterstock)

Ada banyak platform media sosial untuk bisnis di luar sana yang dapat membantu kamu terhubung dengan target audiens kamu. Namun, tantangannya adalah menemukan platform sosial media yang tepat untuk membantu kamu mencapai target tersebut. 

Dalam hal pemasaran di media sosial, “lebih banyak” tidak selalu berarti lebih baik. Penting untuk memilih platform sosial media yang tepat sesuai dengan merek dan produk kamu. 

Untuk membantu kamu memulai, analisis kekuatan dan kelemahan masing-masing platform sosial media. Pertimbangkan demografi basis pengguna aktifnya dan seberapa mudah atau sulit untuk bisa memunculkan konten kamu di feed mereka. 

Putuskan mana yang paling dapat membantu kamu membangun komunitas atau followers yang aktif. Jadikan itu titik awal, lalu terus kembangkan merek kamu dengan menambahkan lebih banyak platform media sosial untuk bisnis seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah tujuh platform media sosial yang paling populer untuk mulai meningkatkan brand awareness.

Facebook

Tidak dapat disangkal, Facebook tetap menjadi salah satu platform media sosial terbesar dengan 2,23 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2018. 

Sementara industri periklanan Facebook terus berkembang, iklannya tetap terjangkau untuk semua merek, baik dari bisnis besar maupun kecil. Hal ini menjadikan Facebook platform sosial media yang menarik untuk membangun bisnis.

Bila perlu jasa Facebook Ads, kamu bisa menghubungi Exabytes agar tujuan bisnis bisa lebih mudah tercapai. 

Twitter 

Twitter diketahui dapat platform yang tepat untuk berbagi konten dan memicu percakapan yang aktif antar pengguna. Target audiens dapat dengan mudah terhubung dengan produk kamu dengan men-tweet tentang pengalaman mereka. 

Oleh karena itu, Twitter adalah tempat yang tepat untuk mencari interaksi dengan target audiens secara aktif, dengan membalas tweet dan pesan mereka secepat mungkin.

Instagram 

Platform media sosial populer lainnya dan salah satu yang paling menjanjikan, terutama untuk merek dan pemilik bisnis adalah Instragram.

Instagram merupakan platform visual, sehingga kamu bisa mengu cara kreatif untuk membangun brand awareness, mempromosikan produk & layanan bisnis kamu, menarik calon pelanggan yang tertarik, dan terhubung dengan pelanggan setia.

Pinterest 

Pinterest adalah platform di mana kamu bisa menemukan ide & inspirasi untuk hampir semua hal, yang meliputi kerajinan DIY, kutipan, resep, desain, dekorasi rumah, dan banyak lagi. 

Pinterest bisa sangat efisien dalam meningkatkan brand awareness jika kamu mampu membuat konten visual yang memukau dan bisa menarik minat audiens.

LinkedIn 

LinkedIn adalah tentang membangun koneksi jaringan yang penting, terutama jika bisnismu berupa jenis B2B. Di platform ini, konten kamu bisa mudah muncul di beranda pengguna lain saat ada yang melakukan interaksi, seperti like, komen, atau berbagi. 

Konten di LinkedIn biasanya berpusat pada pekerjaan. Contohnya, nasihat karier, anekdot profesional, budaya perusahaan, dan lainnya.

YouTube 

Oleh karena konten video menjadi semakin penting dalam pemasaran digital, YouTube menjadi platform media sosial yang semakin populer untuk vlog (blog video) dan jenis konten video lainnya. 

Kamu bisa membuka video apa saja tentang produk yang ingin ditawarkan, mulai dari panduan cara kerja atau video instruksional, hingga tips/trik dan video perusahaan. Gunakan YouTube untuk membuat video menarik yang menampilkan produk kamu. 

Akan tetapi, bukan hanya isi kontennya, tetapi kualitas video juga penting. Maka dari itu, pastikan juga tampilan video kamu menarik dan berkualitas. 

Tiktok

TikTok dikenal dengan video pendeknya. Seperti Pinterest dan Instagram, TikTok paling cocok untuk bisnis berbasis visual seperti seni, makanan, ritel, kecantikan, dan beberapa industri jasa. 

TikTok memiliki demografi dengan pengguna paling besar berusia sangat muda. Platform ini berguna untuk membangun brand awareness yang menyasar kelompok usia 18-24 tahun.

Tumblr

Jika Anda ingin mencari platform yang sangat fleksibel, Tumblr adalah jawabannya. Anda bisa berbagi segala sesuatu mulai dari foto, tulisan, video, musik, dan lain-lain, sehingga pemasaran bisnis Anda akan lebih mudah dan fleksibel.

Yuk mulai pelajari bagaimana content marketing bisa mengembangkan brand bisnis online.

Cara Memilih Platform Media Sosial Untuk Bisnis Lebih Sukses 

Cara memilih platform media sosial untuk bisnis
Tentukan platform media sosial yang tepat agar bisnis lebih sukses. (Sumber: shutterstock)

Dengan lusinan platform media sosial untuk bisnis yang tersedia, banyak pemilik bisnis bahkan tidak tahu harus mulai dari mana dengan strategi branding mereka. Agar lebih efektif, jangan menghabiskan waktu dan energi kamu di terlalu banyak platform

Jauh lebih pintar untuk menemukan platform media sosial yang paling sesuai dengan bisnis dan produk kamu. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki sosial media yang tepat:  

Tentukan Tujuan di Media Sosial

Penting untuk terlebih dahulu menentukan tujuan kamu menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. 

Tetapkan tujuan yang spesifik dan terukur yang ingin dicapai di media sosial. Ketika sudah menetapkan tujuan, kamu bisa lebih mudah mengetahui apa saja yang ingin kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut di sosial media.

Ketahui Berbagai Platform Media Sosial dan Kegunaannya

Setelah menetapkan tujuan, kenali berbagai platform media sosial dan kegunaannya. Pikirkan tentang bagaimana kamu menggunakan setiap platform media sosial untuk mencari calon konsumen. 

Misalnya, jika kamu menjual perhiasan buatan sendiri yang cantik, platform media sosial untuk bisnis lebih sukses yang berbasis visual bisa menjadi pilihan paling tepat untuk tujuan branding kamu. Dalam hal ini, Instagram dan Pinterest bisa menjadi pilihannya. 

Namun, jika memiliki bisnis yang menawarkan layanan pajak, kamu mungkin tidak memiliki banyak konten visual untuk dibagikan. Dalam hal ini, LinkedIn, Facebook, dan platform dinamis lainnya adalah opsi yang lebih baik. 

Jadi pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform media sosial untuk bisnis lebih sukses, lalu putuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Identifikasi Platform yang Digunakan Target Audiens

Setelah mengenal banyak platform media sosial untuk bisnis lebih sukses yang ada, tentukan yang siapa target audiens kamu. Sebagian besar situs media sosial menyediakan fitur untuk membantu kamu mengidentifikasi siapa yang menggunakan platform tertentu.

Selanjutnya, kenali lebih dekat target audiens kamu. Cukup sulit untuk membuat konten yang bisa menarik semua orang di media sosial. Oleh karena itu, lebih baik untuk fokus membuat konten yang sesuai dengan target audiens kamu. 

Dengan mengidentifikasi situs yang digunakan dengan target audiens kamu, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan konten mana yang akan menarik minat mereka. 

Tetapkan tujuan utama konten yang akan kamu posting. Misalnya, kamu bisa menghasilkan konten orisinal berkualitas tinggi, sambil berbagi promosi sesekali.

Setelah membuat beberapa akun sosial media untuk merek bisnis kamu, kamu bisa coba untuk terhubung dan berinteraksi dengan setiap pelanggan dan calon pelanggan kamu. Mulailah di beberapa platform dan lihat sosial media mana yang paling cocok untuk bisnis dan produk kamu. 

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan penggunaan platform media sosial untuk bisnis, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih sukses. Sehingga kamu bisa terus membuatnya berkembang dan bertahan. Bahkan, bukan tidak mungkin bagi bisnis kamu untuk terlihat lebih menonjol dibanding para kompetitor.
Perlu jasa digital marketing untuk kebutuhan bisnis online? Hubungi Exabytes sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments