Tampil Beda dengan Memakai 10 Ekstensi Domain Unik Ini!

0
2815

Domain menjadi kebutuhan bagi mereka yang hendak membuat website. Namun, saat ini ada begitu banyak pilihan termasuk domain unik. Domain ini cocok untuk kamu yang ingin menggunakan ekstensi domain yang berbeda dari yang kebanyakan orang gunakan.

Akan tetapi, sudah tahukah kamu apa saja ekstensi domain unik yang tersedia untuk keperluan publik? Penasaran? Yuk, mulai cari tahu melalui artikel ini agar kamu bisa segera menentukan domain mana yang paling sesuai dengan brand atau reputasi yang ingin kamu bangun!

Apa Itu Domain Unik?

Meski domain bukan lagi istilah asing, akan tetapi tidak semua orang tahu apa sebenarnya domain. Singkatnya, domain merupakan alamat dari website yang pengguna internet ketik untuk mengunjungi website tertentu.

Agar bisa semakin memahami apa itu domain, kamu bisa mengibaratkan domain sebagai alamat dan website sebagai rumah atau toko. Oleh karena itu, website membutuhkan domain untuk mempermudah pengguna internet menemukan website tersebut.

Sedangkan domain unik adalah nama domain yang masih jarang digunakan oleh banyak orang namun mampu menciptakan kesuksesan di masa depan berkat kekhasannya. Domain unik tersedia dengan harga terjangkau sehingga siapapun bisa membelinya. 

Jadi, domain unik bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mendapatkan domain murah Indonesia.

Apa itu domain unik
Ekstensi domain unik tersedia untuk berbagai jenis website. (Sumber: flickr)

Seperti apa cara kerja domain? Domain memiliki peran penting karena cara kerjanya yang unik. 

Saat seseorang memasukkan nama domain di web browser, maka web browser tersebut akan mengirimkan permintaan ke server jaringan global yang kemudian membentuk DNS atau Domain Name System.

Jika masih bingung menentukan nama domain yang tepat, kamu bisa menggunakan domain name generator.

10 Ekstensi Domain Unik yang Bisa Kamu Pilih Untuk Website

pilihan domain unik
Ekstensi domain unik tersedia untuk berbagai jenis website. (Sumber: freepik)

Domain .COM merupakan ekstensi domain yang populer dan digunakan di semua belahan dunia. Meski ada begitu banyak alasan tepat kenapa bisnis kamu harus menggunakan ekstensi tersebut, tetapi tantangannya adalah kamu bisa saja sulit untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan. 

Hal tersebut karena nama domain yang kamu mau sudah terlebih dahulu dibeli dan digunakan oleh pihak lain.

Lalu, haruskan kamu mencari alternatif nama domain? Sebenarnya, kamu tetap bisa menggunakan nama domain yang diharapkan namun dengan memilih ekstensi domain yang lain. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa domain unik harus kamu pertimbangkan.

Berikut adalah beberapa ekstensi domain unik yang bisa kamu dapatkan dan gunakan untuk melakukan branding secara online.

.TECH

Ekstensi domain satu ini cocok untuk mereka yang membuat website atau blog yang berhubungan dengan teknologi. Apabila kamu menjual produk teknologi atau berencana membuat perusahaan startups, mengapa tidak menggunakan domain .TECH?

Kamu bisa menggunakan nama domain apapun menggunakan ekstensi domain TECH. Untuk memastikan domain masih tersedia, kamu bisa melakukan cek domain sekarang juga!

Beberapa contoh dari nama domain .TECH yang bisa menginspirasi adalah gadget.tech, yourhosting.tech, domainmurah.tech, dan lain sebagainya.

.ONLINE

dotonline adalah salah satu domain unik
Domain ONLINE adalah salah satu ekstensi domain unik. (Sumber: flickr)

Ekstensi domain unik yang selanjutnya adalah .ONLINE. Meskipun hadir sebagai ekstensi domain baru, tetapi .ONLINE bisa kamu andalkan untuk bisnis yang kini dijalankan. Ekstensi domain satu ini disediakan untuk para profesional atau perusahaan yang merasa menjadi bagian dari tren konektivitas dunia.

Domain tersebut juga terbukti sebagai ekstensi yang sempurna untuk bisnis yang berhubungan dengan marketing, toko virtual atau online portal pendidikan dan perusahaan, dan masih banyak lagi. Beberapa contoh dari nama domain ini adalah maribelajar.online, digital.online, dan bajucantik.online.

Apabila kamu sudah memiliki domain namun memutuskan untuk pindah provider hosting karena alasan tertentu, kamu bisa melakukan domain transfer agar tetap bisa menggunakan domain tersebut dengan pelayanan yang lebih maksimal.

.DESIGN

Domain unik selanjutnya yang kini tersedia untuk semua pengguna di dunia adalah ekstensi domain .DESIGN. Kamu bisa menggunakannya jika ingin membuat website portofolio atau website yang menawarkan jasa desain. 

Jadi, apabila kamu adalah seorang website designer, fashion designer, animator digital, atau seniman grafis, kamu bisa memanfaatkan ekstensi domain .DESIGN. 

Butuh ide dan inspirasi dalam memilih nama domain yang cocok? Kamu bisa mempertimbangkan beberapa nama domain seperti karyasaya.design, animasi.design, dan masih banyak lagi.

.WEBSITE

ekstensi website adalah domain unik
.WEBSITE menjadi ekstensi domain unik yang dipilih banyak orang. (Sumber: freepik)

Untuk kamu yang atraktif dan inovatif namun bosan dengan ekstensi domain yang tersedia, kini .WEBSITE bisa kamu jadikan pilihan. Seperti ekstensi domain pada umumnya, domain .WEBSITE cocok untuk berbagai jenis website tanpa harus memperhatikan konsep website yang dimiliki.

Saat memilih ekstensi domain ini, kamu bukanlah orang pertama yang menggunakannya karena sudah ada banyak pengguna domain ini. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir akan ketersediaan nama domain. Karena ekstensi ini tergolong baru, kamu memiliki kesempatan untuk membeli nama domain yang diinginkan. 

Adapun contoh dari nama domain menggunakan ekstensi satu ini adalah budidaya.website, tokokita.website, dan gadgetid.website.

Baca juga: 12 Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Onlinemu

.MODA

Akhirnya ekstensi domain .MODA bisa digunakan oleh semua orang yang ingin menggunakan domain yang sedikit berbeda. Karena ekstensi ini unik, pengguna internet bisa dengan mudah mengingat website atau bisnis kamu dibandingkan para kompetitor.

Ekstensi domain .MODA berfokus di pasar tren dan pakaian, di mana domain akan mampu merepresentasikan seseorang atau perusahaan. Siapa saja yang bisa memiliki ekstensi domain ini? Berbagai industri hingga toko online, model, dan fotografer fashion bisa membuat website dengan ekstensi MODA. 

Di dunia fashion, kamu harus membuktikan bahwa kamu mampu mengungguli para kompetitor dan bahkan bisa menciptakan tren. Jadi, kamu bisa segera memilih nama domain seperti yourfashion.moda atau nama domain yang bisa kamu buat sendiri. 

Butuh tips memilih nama domain? Coba baca artikel satu ini!

.FUN

Masih seputar domain unik, kamu bisa menambahkan .FUN ke dalam daftar domain yang hendak digunakan. Dengan melihat nama domain kamu, pengunjung website bisa menebak konten apa yang kamu sajikan di website.

Tidak ada batasan penggunaan ekstensi domain ini. Namun, .FUN biasanya digunakan untuk website atau blog seputar dunia hiburan mulai dari selebritis, gaya hidup, travel, hingga fashion. Belum bisa menentukan nama domain yang sesuai? Jika website kamu akan membahas seputar drama Korea, mydramakorea.fun bisa digunakan sebagai contoh.

Atau kamu juga bisa menggunakan namadomain ayotravel.fun apabila ingin berbagi informasi seputar travel di website milikmu.

.STORE

Memulai bisnis online berarti kamu harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk harga domain serta biaya pembuatan website. Apabila harga domain COM tidak sesuai dengan budget yang dimiliki, pilih saja domain STORE sebagai gantinya.

Selain memungkinkan kamu membuat website untuk toko online, domain STORE juga terlihat lebih unik jika dibandingkan dengan beberapa domain yang banyak digunakan seperti .COM dan .ID.

Dengan semakin banyaknya bisnis atau perusahaan yang menggunakan ekstensi domain ini, kamu akan semakin yakin bahwa .STORE mampu memberikan berbagai keuntungan kepada para penggunanya. 

Ada beberapa nama domain yang bisa digunakan sebagai contoh, misalnya bajumuslim.store, sneakers.store, dan tokoonline.store

.LIFE

Apakah perusahaan kamu berhubungan dengan kehidupan orang-orang? Jika memang iya, kamu kini bisa memilih domain .LIFE sebagai ekstensi yang unik. Ekstensi ini memang dibuat untuk memperkuat identitas asuransi jiwa (life insurance), bisnis yang berhubungan dengan kesehatan, website personal, atau komunitas.

Dengan ekstensi ini, kamu bisa membuat banyak nama domain kreatif seperti love.life, blessed.life, dan masih banyak lagi.

.SPACE

Jika ekstensi domain unik di atas masih belum cukup digunakan sebagai referensi, ada .SPACE yang tidak kalah menarik dan bisa digunakan untuk alamat website yang kamu kelola. 

Pengguna ekstensi domain ini tidak terbatas dari satu wilayah atau negara saja melainkan dari berbagai penjuru dunia. Domain .SPACE cocok untuk individu atau organisasi yang ingin menghadirkan kreativitas pada website terutama yang berhubungan dengan ruang angkasa.

Domain ini juga bisa digunakan oleh beberapa profesional seperti penulis, designer, dan freelancer. Domain ini memungkinkan penggunanya untuk membuat website unik yang sesuai dengan minat mereka.

Jika masih bingung dalam menentukan nama domain, kamu bisa memilih ide sesuai dengan minat atau bidang keahlian misalnya, dunialuar.space freelancewriter.space, fashiondesigner.space, dan masih banyak lagi.

.COACH

Ekstensi domain unik .COACH memungkinkan penggunanya untuk menonjolkan profesionalisme, kemampuan, dan layanan yang mereka tawarkan. Bahkan, penggunaan ekstensi ini dapat membuat website menjadi lebih mudah dikenali.

Mereka yang berprofesi sebagai coach tentu bisa membuat nama domain dengan ekstensi COACH yang sangat sesuai dan merepresentasikan keahliannya.

Ada begitu banyak nama domain yang bisa dibuat seperti yourpersonal.coach, life.coach, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi, siapa bilang kalau nama domain yang kamu impikan tidak lagi tersedia? Kamu bisa menggunakan ekstensi domain unik agar tetap bisa menggunakan nama domain yang sudah kamu buat. Oleh karena itu, jangan hanya berfokus pada penggunaan ekstensi domain populer saja.

Domain unik menjadi alternatif yang juga menawarkan keuntungan yang tidak jauh berbeda dengan ekstensi domain yang sudah banyak digunakan.
Tetapi, jika kamu lebih tertarik dengan .NET domain, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments