Tips Memilih Domain untuk Yayasan – Solusi Praktis

0
131

Seperti halnya bisnis atau perusahaan, yayasan juga harus memiliki nama domain apabila hendak membangun situs web. Akan tetapi, tidak perlu bingung memilih domain untuk yayasan karena ada banyak rekomendasi ekstensi domain yang tersedia. 

Agar tidak salah dalam memilih domain, pastikan kamu mengenali berbagai ekstensi domain yang tersedia dan bisa digunakan untuk situs web yayasan.

Simak selengkapnya di sini ya!

Sekilas tentang Domain

Sekilas tentang Domain

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah situs web di internet. Domain biasanya digunakan dalam URL untuk memetakan alamat fisik dari sebuah komputer yang terhubung ke internet ke sebuah nama yang mudah diingat.

Dalam memilih domain untuk yayasan, kamu juga harus mempertimbangkan ekstensi domain. Beberapa ekstensi domain diperuntuk untuk pihak tertentu saja sehingga tidak bisa didapatkan secara bebas. Misalnya, domain.GO.ID adalah domain untuk instansi pemerintahan di Indonesia.

Tetapi, apa itu ekstensi domain? Ekstensi domain adalah bagian dari sebuah nama domain yang terletak setelah dot (.) dalam sebuah URL. Ekstensi ini biasanya menunjukkan jenis atau kategori domain tertentu. 

Ekstensi domain memiliki peran penting karena dapat memberikan petunjuk mengenai jenis atau lokasi situs web yang terkait. Pemilihan ekstensi domain juga dapat dipengaruhi oleh tujuan situs web tersebut, branding, dan ketersediaan nama domain yang diinginkan.

Rekomendasi Ekstensi Domain untuk Yayasan

Rekomendasi Ekstensi Domain untuk Yayasan

Bagi yang sedang memilih domain untuk yayasan, berikut adalah beberapa rekomendasi ekstensi domain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis yayasan:

Domain.ORG

Salah satu rekomendasi yang patut menjadi pertimbangan dalam memilih domain untuk yayasan adalah domain.ORG. Ekstensi domain satu ini merupakan ekstensi yang dikenal secara internasional. Penggunaannya bertujuan memberitahukan audiens atau pengguna internet bahwa situs web yang mereka kunjungi dikelola atau milik organisasi atau yayasan.

Domain.ORG bisa didapatkan tanpa harus memenuhi persyaratan apapun. Dengan kata lain, kamu tidak harus mempersiapkan dokumen spesifik apapun sebagai syarat dan pertanggungjawaban secara hukum.

Domain.ID

Sudah tidak asing dengan domain.ID? Ekstensi domain satu ini juga cocok bagi yang sedang memilih domain untuk yayasan atau organisasi. Domain.ID tersedia untuk berbagai jenis situs web yang dikelola di Indonesia, termasuk situ web yayasan.

Pendaftarannya juga tidak mengharuskan calon pemilik domain harus memenuhi persyaratan khusus. Sehingga bisa segera digunakan untuk situs web yayasan yang memang berlokasi di Indonesia.

Perlu alasan untuk memilih ekstensi domain satu ini? Simak kelebihan domain.ID melalui artikel satu ini.

Domain.MY.ID

Bingung memilih domain untuk yayasan? Selain dua ekstensi domain di atas, tidak ada salahnya mempertimbangkan domain.MY.ID. Ekstensi domain tersebut bersifat fleksibel sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, termasuk untuk domain organisasi atau yayasan.

Ekstensi domain satu ini memang lebih banyak digunakan untuk situs web yang bersifat personal. Namun, tidak ada salahnya memilih domain.MY.ID untuk situs web yang akan dikelola oleh yayasan.

Selain terjangkau, ekstensi domain ini menawarkan pilihan nama domain yang beragam karena belum sepopuler ekstensi domain lain, terutama domain.CO.ID dan domain.ID.

Domain.BIZ.ID

Ada juga domain.BIZ.ID yang merupakan domain yang ditujukan untuk situs web bisnis yang berlokasi di Indonesia. Meski demikian, tidak ada batasan khusus akan penggunaannya sehingga bisa juga kamu manfaatkan untuk situs web organisasi atau lembaga yang bergerak di bidang usaha.

Untuk bisa mendapatkannya, tidak ada persyaratan dokumen khusus. Jadi, ekstensi domain tersebut bisa digunakan oleh semua pihak.

Domain.CO.ID

Lembaga komersial yang ada di Indonesia bisa memilih domain.CO.ID. Hal tersebut juga berlaku bagi yayasan maupun organisasi yang memang beroperasi di Indonesia. Akan tetapi, ekstensi domain tersebut hanya bisa didapatkan oleh mereka yang berbadan hukum.

Itulah mengapa pembelian domain dengan ekstensi domain.CO.ID tidak hanya memerlukan kartu identitas pimpinan yayasan sebagai persyaratan, tetapi juga SIUP, TDP, akta notaris, atau dokumen lain yang setara.

Domain.SCH.ID

Rekomendasi lain bagi yang ingin memilih domain untuk yayasan adalah domain.SCH.ID. Ekstensi ini cocok bagi yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. Domain ini tersedia untuk lembaga pendidikan formal maupun informal.

Untuk mendapatkannya, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya adalah:

  • Kartu identitas kepala yayasan atau penanggung jawab
  • Surat permohonan kepala yayasan
  • Surat kuasa kepala yayasan kepada penanggung jawab untuk mendaftarkan domain
  • Surat keputusan pendirian yayasan dari kementerian atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait

Domain.AC.ID

Domain.AC.ID merupakan ekstensi domain untuk organisasi atau lembaga pendidikan tinggi. Sehingga tidak sedikit akademi pendidikan yang menggunakannya.

Apabila ingin mendaftarkan domain dengan ekstensi domain satu ini untuk yayasan, pastikan sudah mempersiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan.

Domain.PONPES.ID

Jika dilihat dari namanya, kamu tentu bisa menyimpulkan bahwa domain.PONPES.ID merupakan ekstensi yang diperuntukan bagi organisasi yang mengelola pondok pesantren. Persyaratannya juga tergolong sederhana yaitu berupa kartu identitas kepala yayasan atau penanggung jawab.

Namun apabila pendaftaran dilakukan oleh perwakilan, perlu adanya surat kuasa yang dibuat oleh pimpinan yayasan kepada orang yang akan mewakilinya.

Domain.OR.ID

Memilih domain untuk yayasan berarti kamu bisa mempertimbangkan ekstensi domain satu ini. Domain.OR.ID adalah ekstensi domain untuk organisasi maupun yayasan, yang merupakan jenis country code top level domain (ccTLD) Indonesia.

Akan tetapi, domain.OR.ID hanya bisa digunakan oleh organisasi atau yayasan yang resmi. Jadi, pendaftarannya memerlukan dokumen berupa kartu identitas pimpinan dan surat keterangan atau akta notaris.

Tips Memilih Domain untuk Yayasan

Dengan tersedianya beberapa ekstensi domain untuk yayasan, memilih domain untuk yayasan tentu tidak sulit, bukan? Selain mempertimbangkan ekstensi domain yang tepat, juga terdapat beberapa tips memilih domain, yaitu:

Domain Unik dan Mengandung Nama Yayasan

Salah satu tips memilih domain untuk yayasan adalah memastikan bahwa domain itu unik dan mengandung nama yayasan. Tujuannya agar target audiens atau pengguna internet bisa lebih mudah mengenali bahwa situs web tersebut adalah milik sebuah yayasan.

Dengan menyertakan nama yayasan, akan membantu membangun citra dan nama yayasan di mata audiens. Untuk memastikan ketersediaan nama domain, kamu bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan nama domain.

Mudah Diketik dan Singkat

Tips selanjutnya yang akan membantu dalam memilih domain yang tepat untuk yayasan adalah memilih domain yang mudah diketik dan singkat. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan huruf berulang yang akan sulit terbaca.

Memilih nama domain yang singkat akan memudahkan audiens dalam membacanya sehingga akan lebih mudah diketik dan diingat.

Hindari Tanda Baca dan Angka

Sebagai pengelola yayasan atau pihak yang mewakili yayasan dalam memilih domain, kamu bisa memilih nama domain tanpa mengandung tanda baca dan angka.

Domain yang mengandung tanda baca atau angka akan membuatnya sulit diketik dan dibaca. Sehingga target audiens akan berpikir ulang untuk mengetik nama domain tersebut. Alhasil, mereka tidak jadi mencari nama domain tersebut sehingga mengurangi peluang situs web yayasan mendapatkan pengunjung.

Menyisipkan Kata Kunci pada Domain

Meski memilih domain untuk yayasan, bukan berarti kamu melupakan pentingnya kata kunci. Jadi, apabila memungkinkan, sebaiknya sisipkan kata kunci pada nama domain, terlebih jika kata kunci tertarget adalah nama yayasan.

Domain Bisa Bertahan dalam Jangka Panjang

Banyak orang setuju bahwa memilih nama domain merupakan investasi jangka panjang. Bukankah hal tersebut juga berlaku untuk yayasan? Oleh sebab itu, sebaiknya pertimbangkan domain yang mampu bertahan dalam jangka panjang terlebih bagi yayasan atau organisasi.

Nama domain menjadi penentu reputasi situs web di mesin pencari. Mengapa? Mesin pencari menelusuri situs web dari domain tersebut. Jadi, akan lebih baik untuk tetap menggunakan nama domain yang sama tanpa menggantinya agar tidak harus kembali membangun reputasi dari nol.

Domain yang Tepat untuk Yayasan

Mana domain yang tepat untuk yayasan? Dari penjelasan tentang domain untuk yayasan di atas, tentu kamu bisa menentukan pilihan yang paling tepat dan sesuai.

Untuk yayasan secara umum, kamu bisa memilih salah satu dari ekstensi domain, yaitu domain.ORG, domain.OR.ID, domain.CO.ID, domain.ID, atau domain.MY.ID. Namun apabila yayasan tersebut bergerak di bidang pendidikan, terdapat tiga pilihan, yaitu domain.SCH.ID, domain.AC.ID. dan domain.PONPES.ID.

Setelah menentukan pilihan domain yang paling sesuai dengan yayasan yang kamu jalankan, segera beli domain dengan menghubungi Exabytes.

web hosting terbaik blog banner