13+ Kelebihan Domain ID yang Tidak Dimiliki oleh Ekstensi Lain

741
13 kelebihan Domain ID
9 min read

Menurut data yang tercantum pada laporan Bank Dunia bertajuk “Harnessing Digital Technologies for Inclusion in Indonesia 2021”, masyarakat Indonesia terutama yang berusia 16-25 tahun menghabiskan setidaknya 10 jam per hari untuk berselancar ria di internet. Tentu saja selain media sosial, website adalah situs yang paling banyak diakses dan dikunjungi oleh mereka.

Fakta menarik juga muncul dari data yang dihimpun oleh Exabytes melalui perhelatan “Indonesia Website Awards 2020”. Acara tersebut diikuti oleh 1057 website dan mengalami kenaikan sebesar 61,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Website yang mendaftar pada acara tersebut didominasi oleh website dengan domain .id. Fakta tersebut telah mengungkap rahasia umum bahwa domain ID adalah domain yang sangat populer dan banyak diminati oleh punggawa website di Indonesia. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini akan mengulik secara komprehensif kelebihan domain ID agar Exabytes Friends semakin mantap dalam menjatuhkan pilihan domain website. Yuk, terus simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini, ya!

Apa Itu Domain ID?

Domain ID merupakan ekstensi domain yang khusus digunakan di Indonesia.
Domain ID merupakan ekstensi domain yang khusus digunakan di Indonesia. (Sumber: Shutterstock)

Domain dan website adalah hal yang sangat berkelindan satu sama lain. Sehingga untuk membuat website yang bagus dan mudah dikenal oleh banyak pengunjung, pemilihan nama domain merupakan hal penting.

Domain tentu saja berbeda dengan subdomain. Perbedaan domain dan subdomain yang paling mendasar yaitu subdomain tidak dapat berdiri sendiri sedangkan domain bisa.

Domain memiliki ekstensi yang merupakan akhiran (suffix) dari URL domain. Ekstensi domain yang paling banyak digunakan yaitu .com, .net, .org., .info, dan .id. Domain ID adalah salah satu ekstensi domain Indonesia yang khusus digunakan di Indonesia. 

Domain ID juga merupakan bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain) dan sudah digunakan di Indonesia selama kurang lebih 30 tahun (semenjak tahun 1993). Menurut data yang dihimpun oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), pada tahun 2019 jumlah website dengan Domain ID (sebanyak 111.059 website) telah melampaui jumlah domain co.id (sebanyak 110.111 website).

Manfaat Domain ID

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai mendorong para pelaku internet di Indonesia untuk beralih menggunakan domain .id. Karena secara garis besar, domain ID memiliki manfaat utama yaitu untuk meningkatkan kecepatan akses website serta melakukan penghematan dari bandwidth internasional.

Karena domain ID menggunakan server serta layanan hosting yang berada di dalam negeri, maka akan lebih menguntungkan bagi pemilik website untuk menggunakan domain khusus Indonesia daripada domain internasional seperti .com. 

Kelebihan Domain ID yang Tidak Dimiliki Oleh Ekstensi Lain

Selain karena Domain ID memang sudah cukup populer sejak beberapa waktu lalu, namun banyak pemilik website berminat menggunakan Domain ID bukan hanya sekadar ikut-ikutan. Tetapi karena kelebihan Domain ID yang sangat banyak. Apa saja kelebihannya? Yuk simak di bawah ini! 

Penanda Asal Website

Kelebihan Domain ID yang pertama adalah dapat digunakan sebagai penanda website tersebut berasal. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa ekstensi Domain .id hanya khusus digunakan di Indonesia.

Sehingga dengan menggunakan Domain ID, akan mempermudah pengunjung untuk secara sekilas mengetahui bahwa website yang akan mereka kunjungi menggunakan bahasa Indonesia dan berasal dari Indonesia.

Bukan Abal-Abal dan Terpercaya

Kelebihan Domain ID berikutnya adalah terpercaya dan bukan abal-abal. Hal tersebut dikarenakan domain ini hanya dapat dinikmati dengan berbayar bukan gratis yang dapat digunakan sembarangan.

Sehingga website dengan Domain ID lebih memiliki kredibilitas serta integritas untuk meyakinkan pengunjung bahwa website tersebut terpercaya dan bukan abal-abal. Oleh karena itu, pengunjung akan merasa lebih aman dan nyaman ketika mampir ke website.

Baca Juga  10+ Alasan Memilih Domain ID Untuk Kesuksesan Brand

Menunjukkan Karakter Indonesia

Domain ID identik dengan Indonesia karena menunjukkan bahwa website tersebut berasal dari Indonesia. Meskipun ekstensi lain seperti .COM atau .NET sering pula dipakai oleh website Indonesia, tetapi Domain ID lebih mampu menunjukkan karakter Indonesia pada website.

Mendapatkan Perlindungan Hukum

Kelebihan Domain ID yang cukup menguntungkan selanjutnya yaitu berkaitan dengan hukum. Undang-undang telah menjamin perlindungan terhadap website yang menggunakan Domain ID. 

Apabila Exabytes Friends memiliki sebuah brand atau bisnis dan telah mendaftarkannya menggunakan Domain ID, maka jika terdapat permasalahan hukum pada website dapat diurus dengan mudah bahkan hingga sampai ke tahap peradilan. Domain ini pun dijaga secara eksklusif oleh pemerintah Indonesia. 

Hukum telah menjamin keamanan website dengan Domain ID untuk memperoleh kemudahan peradilan ketika terdapat pelanggaran seperti website terkena hack dan sebagainya.

Memiliki Banyak Jenis

Domain ID dibedakan lagi ke dalam berbagai jenis ekstensi domain yang menjadi salah satu kelebihan Domain ID
Domain ID dibedakan lagi ke dalam berbagai jenis ekstensi domain. (Sumber: iStock Photo)

Domain ID tidak hanya memiliki satu jenis saja. Tetapi terdapat beberapa jenis Domain ID yang cukup populer dan sering digunakan.

SCH.ID

Ekstensi domain SCH.ID biasanya digunakan oleh website milik sekolah di Indonesia, seperti website situs SD, SMP, dan SMA.

WEB.ID

Sedangkan ekstensi website yang satu ini lebih umum digunakan karena cocok untuk didaftarkan sebagai kebutuhan domain website secara personal.

OR.ID

Domain OR.ID biasanya dipakai oleh website milik berbagai komunitas dan organisasi asal Indonesia (baik organisasi sosial, pemuda, politik, kemasyarakatan, atau lainnya). Singkatan “OR” pada domain merupakan kepanjangan dari “organization”.

MY.ID

Penyebutan “my” pada ekstensi domain MY.ID menggambarkan kepentingan personal dari website yang dibuat. Oleh karena itu, ekstensi ini kerap kali dipakai untuk kebutuhan pribadi (sebagai contoh adalah blog pribadi).

AC.ID

Domain AC.ID (Academy Indonesia) adalah sebuah ekstensi domain khusus untuk website sebuah perguruan tinggi atau universitas di Indonesia.

CO.ID

Domain CO.ID (Company Indonesia) merupakan ekstensi Domain ID yang paling populer. Domain ini paling umum digunakan oleh sebuah perusahaan atau brand yang ingin membangun website terpercaya dengan jaminan legalitas hukum yang memadai. Salah satu contoh perusahaan Indonesia yang menggunakan ekstensi domain CO.ID adalah Exabytes Indonesia (https://www.exabytes.co.id/). 

GO.ID

Domain GO.ID (Government Indonesia) diperuntukkan bagi situs website milik lembaga serta instansi pemerintahan sipil di Indonesia. Bagi instansi pemerintah yang hendak membuat website dengan ekstensi GO.ID perlu mendaftar terlebih dahulu pada situs yang dikelola oleh KOMINFO yaitu domain.go.id. 

Memiliki Harga yang Cukup Terjangkau

Salah satu tips memilih nama domain yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian dengan anggaran biaya. Namun tenang saja karena Domain ID termasuk ke dalam domain murah yang menawarkan harga berlangganan cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp50.000 hingga Rp270.000 saja.

Menghubungkan dengan Target Audiens Secara Mudah

Target audiens akan lebih mudah disasar apabila menggunakan nama domain yang spesifik seperti Domain ID.
Target audiens akan lebih mudah disasar apabila menggunakan nama domain yang spesifik seperti Domain ID. (Sumber: Shutterstock)

Menggunakan ekstensi domain yang merupakan ciri khas Indonesia (Domain ID) akan membuat konten atau artikel yang diterbitkan akan lebih tepat sasaran. Para pengunjung yang berasal dari Indonesia atau ingin memperoleh informasi dalam bahasa Indonesia melalui website, akan langsung menemukan website sasaran mereka. Hal tersebut juga membuat para pengunjung website kalian akan terhubung dan terkoneksi secara lebih mudah dan cepat.

Mudah dalam Melakukan Optimasi

Kelebihan Domain ID yang akan dibahas selanjutnya adalah mudah untuk dilakukan optimasi. Meskipun Domain ID khusus digunakan di Indonesia saja, tetapi domain ini telah mendapatkan pengakuan dari Google. Sehingga pemilik website tidak perlu lagi melakukan optimasi manual seperti melalui webmaster tools.

Selain itu, optimasi SEO pada website dengan Domain ID juga lebih mudah dilakukan karena menggunakan lebih banyak kata kunci lokal sesuai dengan daerah tempat website berasal.

Menunjukkan Rasa Nasionalisme 

Meskipun banyak ekstensi domain lain yang lebih populer dan banyak diminati dibandingkan .ID (seperti .COM atau .NET), tetapi penggunaan Domain ID dapat meningkatkan rasa nasionalisme. Rasa bangga bahwa website yang diciptakan adalah milik dan asli Indonesia, mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme pula pada pengunjung website kalian.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya

Karena setiap kali pengunjung masuk pada website dengan Domain ID, mereka akan selalu mengingat bahwa website tersebut khusus hanya milik Indonesia. 

Kecepatan Akses Website yang Stabil dan Cepat

Kelebihan Domain ID selanjutnya yaitu berkaitan dengan penggunaan server. Domain ID menggunakan server yang berada di Indonesia sehingga membuat kecepatan akses dari website menjadi lebih cepat.

Selain itu, penggunaan Domain ID akan membuat trafik pengunjung website yang dipertimbangkan hanya dari Indonesia saja. Dibandingkan dengan trafik umum pada domain lain yang berasal dari seluruh dunia, load pada website Domain ID akan terasa jauh lebih stabil. 

Menyediakan Banyak Kuota untuk Nama Domain

Meskipun domain .COM lebih populer dan menjadi primadona dalam penamaan website, namun kalian akan menemukan kesulitan dalam menentukan nama website. Hal tersebut dikarenakan telah ada terlalu banyak nama website dengan domain .COM yang digunakan. 

Sedangkan Domain ID memiliki lebih banyak kuota nama domain terutama jika kalian ingin menggunakan kata kunci potensial guna meningkatkan SEO website. Nah, sedikit tips bagi kalian yang ingin mengecek ketersediaan nama domain di internet, maka dapat mengunjungi WHOIS domain. 

Syarat Pembelian Domain yang Cukup Mudah

Bagi Exabytes Friends yang ingin menggunakan ekstensi Domain ID, maka syarat dan ketentuan untuk pembeliannya pun tidak rumit dan cukup mudah. Kalian hanya perlu mempersiapkan berbagai dokumen seperti Paspor, Akta, KTP Republik Indonesia, SIUP, Akta Notaris, Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten, dan Surat pernyataan keterkaitan nama domain dengan perusahaan.

Optimasi SEO Lebih Mudah

Penggunaan Domain ID dapat meningkatkan optimasi SEO pada website.
Penggunaan Domain ID dapat meningkatkan optimasi SEO pada website. (Sumber: iStock Photo)

Google memiliki sebuah algoritma tertentu untuk menampilkan situs website dengan konten-konten relevan terhadap kata kunci berdasarkan lokasi pengguna. Nah, jika konten pada website kalian menggunakan bahasa Indonesia, maka tentu saja target audiens yang diinginkan adalah masyarakat Indonesia sendiri.

Sehingga menggunakan Domain ID akan membuat website lebih mudah muncul pada posisi teratas SERP apabila terdapat pengunjung yang berlokasi di Indonesia memasukkan kata kunci tertentu di Google.

Masa Berlaku Status Domain

Kelebihan Domain ID yang terakhir yaitu berkaitan dengan masa berlaku status domain atau yang dikenal pula dengan istilah Domain Life Cycle. Ketika masa berlaku dari Domain ID telah habis, maka tidak serta merta website langsung di non-aktifkan.

Domain ID memiliki beberapa proses dan tahapan sebelum website dibekukan. Tahapan tersebut adalah auto renewal period selama 35 hari, redemption period selama 30 hari, dan pending delete selama 7 hari.

Kesimpulan

Memilih nama domain dengan tepat dapat memberikan dampak menguntungkan bagi pemilik website.
Memilih nama domain dengan tepat dapat memberikan dampak menguntungkan bagi pemilik website. (Sumber: iStock Photo)

Domain ID dapat menjadi pilihan menarik dan menguntungkan bagi kalian yang saat ini sedang bingung dalam menentukan domain website yang sesuai. Selain karena memiliki berbagai jenis yang cukup banyak seperti .AC.ID, .SCH.ID, .GO.ID, .DESA.ID, .CO.ID, .OR.ID, .MY.ID, .NET.ID, .WEB.ID, dan .BIZ.ID, domain ID juga memiliki berbagai kelebihan lain yang sangat menarik.

Kelebihan Domain ID meliputi penanda asal website, terpercaya dan bukan domain abal-abal, mampu menunjukkan karakter Indonesia, mendapatkan perlindungan hukum, memiliki harga yang cukup terjangkau, mudah dalam melakukan optimasi, serta mampu menunjukkan rasa nasionalisme.

Selain yang telah disebutkan di atas, kelebihan Domain ID lainnya yaitu menghubungkan dengan target audiens secara mudah, memiliki kecepatan akses yang stabil dan cepat, menyediakan banyak kuota untuk nama domain, syarat pembelian domain yang cukup mudah, tidak rumit dalam melakukan optimasi SEO, serta kemudahan dalam menentukan masa berlaku status domain.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai kelebihan Domain ID. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan hosting Indonesia juga menyediakan domain ID dengan harga yang terjangkau, loh! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments