4 Perbedaan Domain.COM dan Domain.NET: Penjelasan Lengkap

0
124

Menjadi salah satu bagian terpenting dari pembuatan situs web, nama domain turut hal yang harus kamu pertimbangkan dengan baik. Tetapi, apakah kamu yakin bahwa domain pilihanmu masih tersedia?

Apakah kamu lebih memilih ekstensi domain.COM? Bagaimana dengan domain.NET? Cari tahu perbedaan domain.COM dan domain.NET melalui artikel satu ini!

Sekilas tentang Ekstensi Domain

Apabila kamu belum tahu perbedaan domain.COM dan domain.NET dan ingin segera mengetahuinya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah familiar dengan istilah ekstensi domain.

Ekstensi domain dikenal sebagai bagian yang terletak di paling akhir nama domain sebuah situs web atau blog. Misalnya, pada nama domain exabytes.CO.ID, ekstensi domainnya adalah .CO.ID.

Cara mengenali ekstensi domain tergolong mudah. Di mana kamu bisa menemukan tanda dot (.) setelah nama domain.

Domain.COM dan domain.NET adalah beberapa pilihan dari banyaknya ekstensi domain yang tersedia. Yang akan kita bahas perbedaan antara keduanya di sini.

Apa Itu Domain.COM

Apa Itu Domain.COM

Jadi, apa itu domain.COM dan apa yang membuatnya berbeda dari ekstensi domain lainnya sehingga membuatnya begitu populer? COM di sini merupakan singkatan dari commercial. Domain.COM hadir sebagai jenis top level domain (TLD). Jenis domain satu ini merupakan yang paling banyak dan umum digunakan sehingga begitu populer.

Jadi, tidak heran apabila kamu bisa menemukan situs web berakhir ekstensi domain satu ini dengan mudah saat melakukan pencarian melalui mesin pencari Google. 

Seperti namanya, yaitu commercial (COM), pada awalnya, ekstensi domain ini memang dibuat untuk organisasi komersial. Akan tetapi, tidak ada batasan akan penggunaannya. Kemudian, pada pertengahan tahun 1990-an, domain.COM menjadi domain tingkat akan yang paling populer dan banyak digunakan bukan hanya untuk bisnis, tetapi juga situs web dan email.

Domain.COM menawarkan banyak keuntungan, di antaranya adalah:

  • Merupakan Top Level Domain (TLD) yang paling populer
  • Ramah SEO
  • Familiar sehingga mudah dikenali
  • Pendaftaran yang mudah
  • Dapat menggambarkan bisnis
  • Harga terjangkau
  • Peluang yang lebih agar Adsense diterima
  • Mudah diingat
  • Tanpa syarat dan ketentuan pembelian
  • Membantu memperluas jangkauan audiens

Apa Itu Domain.NET

Sudah tahu kan apa itu domain.COM? Lalu, bagaimana dengan domain.NET dan apa saja perbedaan keduanya? Agar bisa melihat perbedaan domain.COM dan domain.NET, mari cari tahu bersama seperti apa domain.NET dan penggunaannya.

Seperti halnya domain.COM, domain.NET juga merupakan ekstensi domain yang patut dipertimbangkan, terlebih bagi bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan jaringan. Ekstensi domain ini sudah ada sejak tahun 1985 bersamaan dengan beberapa ekstensi domain lain, termasuk domain.COM, domain,ORG, domain.EDU, dan domain.MIL.

Tahukah kamu? Penggunaan domain.NET tidak hanya terbatas bagi yang menjalankan bisnis di bidang teknologi dan jaringan saja. Pemilik blog pribadi juga bisa memilih ekstensi domain satu ini. Hadir sebagai Global Top Level Domain (gTLD), domain.NET menjadi salah satu TLD yang digunakan secara universal baik oleh individu maupun kelompok.

Meski demikian, apabila kamu tertarik untuk menggunakan domain.NET, pastikan kamu bisa memenuhi persyaratan penggunaan yang sudah ditentukan.

Berikut adalah beberapa kelebihan penggunaan domain.NET:

  • Menawarkan lebih banyak pilihan
  • Merupakan domain yang kredibel
  • Ramah SEO
  • Mudah didapatkan
  • Pemilih nama domain yang fleksibel karena ketersediaan nama domain yang banyak
  • Terlihat profesional
  • Mudah diingat

Perbedaan Domain.COM dan Domain.NET

Perbedaan Domain.COM dan Domain.NET

Setelah mengetahui apa itu domain.COM dan domain.NET, kini saatnya untuk melihat perbedaan antara keduanya, bukan?

Perbedaan domain.COM dan domain.NET bisa dilihat dari beberapa hal berikut:

Penggunaan

Perbedaan domain.COM dan domain.NET yang pertama terlihat pada penggunaannya. Hadir sebagai ekstensi domain, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Domain.COM adalah ekstensi domain dengan penggunaan yang bersifat komersial. Itu artinya, ekstensi domain satu ini bisa digunakan untuk situs web yang bertujuan mendapatkan keuntungan, seperti situs web perusahaan, toko online, atau blog.

Sedangkan domain.NET (network) adalah ekstensi domain yang banyak digunakan oleh perusahaan teknologi dan jaringan. Termasuk penyedia jaringan internet dan hosting. Tetapi saat ini, penggunaan ekstensi domain.NET jauh lebih luas.

Apabila kamu hendak membangun situs web networking yang bertujuan mencari relasi profesional, juga bisa menggunakan domain.NET yang bisa kamu beli dari Exabytes.

Popularitas

Selain pada penggunaan, perbedaan domain.COM dan domain.NET juga terletak pada popularitas keduanya. Mungkin kamu sudah tahu bahwa domain.COM adalah ekstensi domain yang paling populer di dunia. Sehingga menjadi pilihan utama berbagai jenis situs web hingga saat ini.

Popularitas tersebut membuat orang-orang beranggapan bahwa domain.COM lebih berharga dan diinginkan dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya.

Domain.NET tidak kalah populer terlebih saat ini semakin banyak pihak yang membuat situs web menggunakan ekstensi domain satu ini. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu ragu untuk memilih domain.NET karena bisa menjadi pilihan yang valid, terlebih untuk situs web yang berkaitan dengan teknologi dan jaringan, termasuk blog.

Harga

Dari segi harga, kamu juga bisa melihat perbedaan domain.COM dan domain.NET. Domain.COM adalah ekstensi domain yang populer sehingga hadir dengan harga yang tinggi. Terlebih untuk nama domain yang banyak diincar, yaitu yang mengandung kata kunci yang dicari secara luas atau nama domain yang pendek dan umum.

Sementara domain.NET hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan domain.COM dengan nama domain serupa. Jadi, sangat cocok untuk yang sedang mencari nama domain yang layak namun sesuai dengan budget yang tersedia.

Ketersediaan Nama

Ketersediaan nama domain juga menjadi perbedaan domain.COM dan domain.NET yang harus kamu ketahui saat mempertimbangkan apakah akan memilih domain.COM atau domain.NET.

Dengan semakin banyaknya pengguna domain.COM, itu artinya, semakin berkurang peluang untuk mendapatkan nama domain yang kamu cari. Hal tersebut dikarenakan banyak nama domain yang sudah terpakai atau dimiliki pihak lain.

Berbeda halnya dengan domain.NET yang memungkinkan kamu mendapatkan nama domain yang sesuai dengan keinginan. Popularitas domain.NET yang tidak setinggi domain.COM justru memberikan keuntungan dalam hal ketersediaan nama, bukan?

Untuk memastikan apakah domain pilihanmu masih tersedia dan bisa kamu gunakan, sebaiknya segera cek domain sekarang juga baik melalui situs whois maupun secara langsung di Exabytes.

Kapan Harus Menggunakan Domain.COM dan Domain.NET?

Dari perbedaan domain.COM dan domain.NET di atas, apakah kamu masih bertanya mana di antara keduanya yang lebih baik? Agar bisa memilih ekstensi domain yang tepat, tentu kamu harus terlebih dahulu menentukan situs web apa yang akan kamu bangun.

Domain.COM cocok bagi mereka yang ingin menunjukkan entitas profesional yang menjalankan bisnis secara online. Itulah mengapa dari sudut pandang branding, domain.COM mempunyai nilai yang lebih tinggi. 

Bahkan, ekstensi domain satu ini tidak hanya untuk bisnis online saja. Banyak pengguna yang memilih domain.COM untuk berbagai tujuan dan kebutuhan, termasuk membuat situs web portofolio dan blog pribadi. Sehingga bisa membantu meningkatkan kehadiran online.

Namun, apabila kamu mencari ekstensi domain yang dapat mencerminkan tujuan bisnis, tentu bisa memilih domain.NET. Ekstensi domain satu ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi bisnis di bidang teknologi dan jaringan. Sehingga audiens bisa mengenali bisnis dengan melihat nama domain.

Sekitar 3,1 persen situs web menggunakan ekstensi domain.NET. Penggunanya yang belum sebanyak domain.COM memungkinkan kamu tampak lebih unik.

Ingin tampil berbeda? Coba pertimbangkan ekstensi domain unik ini!

Kesimpulan

Meski terdapat beberapa perbedaan domain.COM dan domain.NET, tetapi keduanya bisa menjadi pilihan yang baik sesuai dengan jenis dan tujuan situs web yang ingin dicapai.

Untuk situs web yang dibangun dengan tujuan agar menghasilkan uang, domain.COM adalah pilihan terbaik mengingat popularitas dan berbagai kelebihannya. Tetapi bukan berarti domain.NET tidak bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik.

Banyak ahli teknologi yang lebih menyukai dan memilih domain.NET karena dirasa lebih cocok untuk bisnis mereka. Bahkan, kamu punya kesempatan yang lebih untuk mendapatkan nama domain yang sesuai dengan brand atau situs web karena penggunanya yang belum sebanyak domain.COM.

Dari segi SEO, tidak ada perbedaan antara kedua ekstensi domain tersebut. Artinya, pengguna ekstensi domain tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk muncul di halaman hasil pencarian tertinggi dengan strategi SEO yang tepat.

Jadi, pastikan kamu mendapatkan domain yang tepat sekaligus jasa SEO dari profesional terpercaya. Oleh sebab itu, pastikan untuk menghubungi Exabytes, bukan yang lain!

web hosting terbaik blog banner