Pernahkah kalian ketika memeriksa kotak masuk pada email, lalu menemukan email newsletter yang biasanya berupa promosi, pemberitahuan, atau update terbaru dari perusahaan yang mengirimkan email newsletter tersebut? Tentu sering bukan. Email newsletter biasanya mendarat di kotak masuk email pada bagian “sosial” atau “promosi”. Sangat jarang apabila masuk pada bagian “utama” di kotak masuk email.
Saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan digital maupun non-digital di Indonesia yang menggunakan email newsletter sebagai salah satu strategi mereka untuk menjangkau dan engange dengan pelanggan. Sehingga apabila saat ini perusahaan kalian belum memiliki email newsletter, kalian harus mempertimbangkan untuk mulai menggunakannya.
Dan jika ingin menggunakan email marketing sebagai bentuk strategi untuk menambah jumlah pelanggan di bisnis perusahaan kalian, maka Exabytes dapat menjadi pilihan yang tepat. Email newsletter sendiri saat ini sudah terbukti dapat meningkatkan ROI (Return of Investment) dari perusahaan. Dimana telah diketahui bahwa ROI merupakan komponen terpenting untuk memaksimalkan bisnis sebuah perusahaan.
Nah, pada artikel kali akan dibahas secara komprehensif mengenai email newsletter. Mulai dari apa itu newsletter, contoh newsletter, tips dan trik membuat newsletter, hingga manfaat newsletter untuk bisnis online dan perusahaan kalian. Selamat membaca dan menambah wawasan!
Daftar Isi
Apa Itu Email Newsletter?
Dalam bahasa Indonesia, newsletter disebut dengan “Nawala” atau “Buletin”. Mengacu pada buku terbitan Rosady Ruslan SH, MM, yang berjudul Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi, newsletter adalah media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada para pembaca yang sibuk atau tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, newsletter adalah sebuah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
Newsletter membuka kesempatan yang sangat besar bagi perusahaan untuk menjangkau pelanggan mereka secara langsung. Melalui newsletter, akan mudah untuk mengirimkan konten-konten marketing seperti promosi produk atau event terbaru, membagikan engaging content, maupun melakukan survey guna mengetahui data interest dari pelanggan perusahaan.
Sebagai tambahan, newsletter sebagai salah satu bentuk email campaign juga sangat mudah untuk dievaluasi. Dari newsletter yang di-blast ke semua pelanggan, dapat dikategorikan mana saja pelanggan yang membuka newsletter tersebut secara rutin (maka digolongkan pelanggan yang aktif dan loyal) dan mana pelanggan yang malas membuka newsletter dari perusahaan (digolongkan pelanggan yang kurang engage).
Manfaat Menggunakan Newsletter
Ada berbagai manfaat newsletter untuk perusahaan dan bisnis kalian. Salah satunya adalah sebagai media yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan. Untuk mengetahui manfaat lainnya, maka silakan simak pada pembahasan di bawah ini, ya.
Menjangkau Lebih Banyak Audiens
Kalian ingin terhubung dengan pelanggan dan berinteraksi secara langsung dengan mereka? Maka menggunakan newsletter adalah pilihan tepat. Newsletter dapat dikirimkan secara rutin pada seluruh pelanggan kalian tanpa terkecuali, meskipun itu pelanggan baru atau lama.
Saat ini juga tidak semua orang memiliki waktu setiap harinya untuk mengecek berita atau website-website tertentu. Sehingga dengan menggunakan newsletter, semua pelanggan perusahaan kalian akan mengetahui secara rutin tentang berbagai promo, event terbaru, produk baru, dan berbagai update lainnya dari perusahaan.
Mempermudah Pelanggan Untuk Mengetahui Update Terbaru dari Perusahaan
Seperti yang telah disebutkan sekilas pada bagian sebelumnya, fungsi utama dari newsletter adalah agar pelanggan tidak ketinggalan tentang berbagai update terbaru (what’s new), mulai dari produk, event, promosi, pemberitahuan, dan lain sebagainya.
Pelanggan yang kalian kirim newsletter adalah orang-orang yang sudah engage dengan perusahaan kalian. Karena tidak mungkin perusahaan memperoleh alamat email mereka kecuali mereka sudah pernah membeli atau menggunakan jasa perusahaan tersebut. Atau mereka telah subscribe pada perusahaan dengan mengisikan data diri mereka (termasuk alamat email).
Untuk memanfaatkan para pelanggan yang telah mengenal dan menggunakan produk perusahaan kalian agar tetap engage bahkan terus berlangganan, maka dibutuhkan media promosi yang tepat sasaran. Di sinilah peran dari newsletter. Ketika perusahaan meluncurkan produk baru atau mengadakan event menarik, kalian bisa melakukan blast email newsletter agar informasi tersebut diketahui secara merata oleh pelanggan.
Baca juga: 5 Contoh Newsletter Email Marketing Yang Bisa Menginspirasi Kamu
Menentukan User Segmentation atau User Profiling
Selain digunakan sebagai media promosi, newsletter juga dapat digunakan untuk media survey. Survey yang dilakukan pada pelanggan bermanfaat pula untuk mengetahui interest atau produk dan event tertentu yang disukai oleh pelanggan. Serta dapat pula dijadikan sebagai sumber data untuk membuat fitur personalisasi.
Meningkatkan User Engangement
Hal lainnya yang bisa kalian dapatkan melalui newsletter adalah membangun dan menjaga relasi yang baik antara pelanggan dan perusahaan. Pelanggan akan terus menerus ingat dengan perusahaan kalian ketika mereka membaca newsletter. Hal tersebut yang diharapkan dapat meningkatkan engangement.
Meningkatkan Konversi Penjualan
Selanjutnya adalah newsletter membantu meningkatkan konversi penjualan. Elemen CTA (Calls to Action) yang disematkan pada newwsletter akan membantu mengarahkan pelanggan yang membaca newsletter ke laman produk di website perusahaan tersebut. Hal tersebut dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan purchase atau pembelian apabila mereka tertarik dengan produk yang terlampir pada newsletter.
Tips dan Trik Membuat Newsletter Menarik
Berikut akan dibagikan beberapa tips dan trik untuk membuat email newsletter menarik agar disukai oleh pelanggan perusahaan kalian.
Desain yang Kece dan Menarik
Tentu saja karena kebanyakan manusia adalah makhluk visual yang menilai segala sesuatu pertama kali melalui tampilannya, maka usahakan email newsletter kalian memiliki desain yang unik dan apik. Desain yang bagus mengandung beberapa elemen berikut.
Headers
Headers sangat diperlukan karena digunakan untuk memuat dan mencerminkan merek atau branding dari perusahaan kalian.
Logos
Tak lupa cantumkan pula logo perusahaan kalian di email newsletter. Ketika pelanggan melihat logo perusahaan kalian pada email mereka, tentunya mereka tidak akan salah kira sebagai spam.
Imagery
Selain berisi logo perusahaan, setidaknya newsletter yang dikirimkan juga memiliki vibrant photos, vivid illustrations, atau kombinasi dari paling sedikit 2 warna.
Content Layout
Usahakan untuk menambahkan sub judul dan header pada email newsletter. Sehingga pelanggan yang sibuk dan memiliki waktu terbatas tetap dapat membaca newsletter secara sekilas. Hal ini menjamin bahwa pelanggan tetap dapat menerima inti informasi yang ingin tersampaikan melalui newsletter.
Personalized Content
Jika memungkinkan, tambahkan nama pelanggan pada email newsletter kalian sehingga mereka merasa diistimewakan dan diingat.
Membuat Tampilan Newsletter Responsif di Semua Device
Akan mempermudah pelanggan apabila newsletter yang dikirimkan ke mereka kompatibel untuk dibaca melalui berbagai device (mobile, desktop, dan tablet). Untuk saat ini, sebagian besar device yang digunakan oleh masyarakat untuk membuka email adalah mobile atau smartphone. Sehingga kalian perlu memastikan bahwa newsletter templates yang dikirimkan akan tampil dengan baik di perangkat dengan layar kecil.
Menampilkan Konten yang Beragam
Meskipun tujuan utama dari dibuatnya newsletter adalah untuk meningkatkan user engangement dan konversi pembelian produk dari perusahaan kalian, namun terus-menerus mengirim jenis konten promosi pada newsletter akan membuat para pelanggan merasa terganggu dan mengabaikan akhirnya email tersebut.
Maka akan lebih baik apabila pada newsletter juga ditampilkan konten-konten lainnya seperti tips dan trik, overview tentang perusahaan kalian, ataupun konten-konten menghibur seperti IC (Interactive Content) yang dapat melibatkan pelanggan untuk berinteraksi secara langsung dengan konten.
Mengimplementasikan image-based CTA (calls-to-action)
CTA adalah salah satu feature yang tak boleh terlewatkan pada newsletter. CTA yang unik dengan menggunakan gambar juga dapat menarik pelanggan yang membaca newsletter kalian untuk klik dan diarahkan ke website perusahaan, mengisi formulir survey, ataupun diarahkan ke jenis produk tertentu yang mungkin diminati oleh pelanggan tersebut.
Contoh-Contoh Newsletter
Kalian belum berpengalaman menggunakan newsletter tetapi ingin menerapkannya untuk bisnis atau perusahaan kalian? Maka jangan khawatir. Karena pada pembahasan kali ini akan ditampilkan contoh-contoh newsletter yang dimiliki oleh perusahaan terkenal. Yuk, simak!
The Hustle
Newsletter yang dimiliki oleh The Hustle memuat berita-berita utama dunia yang paling populer dan diminati oleh pembaca di tiap harinya. Sehingga melalui newsletter tersebut, pelanggan tidak akan ketinggalan dengan kejadian dan peristiwa yang sedang happening di seluruh dunia.
NYTimes
Newsletter yang bertajuk “The Morning Briefing” dan dikirimkan tiap pagi oleh NYTimes merupakan salah satu email newsletter paling populer di dunia. Newsletter dari NYTimes menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi terbaru dan up to date dengan hanya sekilas baca (quick read).
Gramedia
Newsletter dari Gramedia lebih banyak menampilkan konten-konten berisi diskon buku dan event-event terbaru yang akan diselenggarakan oleh Gramedia. Tampilan newsletter yang menarik karena dilengkapi dengan gambar dan CTA membuat pelanggan dengan senang hati menyempatkan waktunya membaca newsletter tersebut.
Medium
Kalian pasti sudah tak asing bukan dengan medium? Medium adalah platform penerbitan online seperti blog dan wordpress. Newsletter dari Medium yang bertajuk “Medium Weekly Digest” menampilkan pilihan artikel-artikel populer di tiap minggunya.
Netflix
Newsletter yang dikirimkan oleh netflix berisi promosi dan ajakan untuk terus berlanggan menggunakan Netflix. Para pengguna Netflix yang sebelumnya pernah melakukan registrasi untuk berlangganan selama periode waktu tertentu (1 bulan atau 1 tahun), maka ketika masa berlangganan mereka habis, Netflix akan mengirimkan Newsletter dengan CTA yang mengarahkan pada laman pendaftaran baru untuk berlangganan kembali.
Pentingkah Newsletter Untuk Bisnis Kalian?
Newsletter memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu meningkatkan user engangement hingga menaikkan penjualan. Oleh karena itu, tentunya newsletter sangat berguna dalam bisnis kalian. Terutama pada era digital seperti sekarang diperlukan terobosan baru untuk dapat menjangkau sebanyak mungkin pelanggan dengan cara yang tidak begitu rumit. Dan pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan newsletter.
Atau, kalian juga bisa mencoba layanan email marketing dari Exabytes. Mulai dari Rp69.300/bln, kalian sudah dapat meningkatkan penjualan dengan solusi email marketing berkualitas dan fitur terbaik. Tidak hanya mudah dikelola, efektif, dan bisa mendapatkan konversi yang tinggi, email marketing juga hemat dari segi biaya dan lebih terjangkau.
Nah, setelah membaca penjelasan pada artikel ini mengenai newsletter, apakah kalian sudah mulai paham tentang cara membuat newsletter dan juga bagaimana membuat tampilan newsletter menarik dan lengkap? Kalian pun bisa membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website maupun marketing di blog Exabytes, ya! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel terbarunya.