Cara Meningkatkan SEO Website dengan Rank Math (Lengkap)

0
2889

Salah satu keinginan pemilik atau pengelola website pastinya konten yang disajikan ingin mendapatkan pembaca yang banyak dan pencarian yang banyak di mesin pencari. Tapi, sampai saat ini website anda justru semakin merosot pembacanya? Dan mungkin ketika pengunjung internet melakukan pencarian topik yang mereka butuhkan, website anda tidak pernah muncul di pencarian teratas?

Jika memang mengalami hal seperti itu mungkin saja SEO Website anda masih belum optimal. Tapi artikel yang ditulis sudah dioptimasi dari mulai judul, meta title, meta deskripsi dll. Yuk kita cari tau masalahnya sama-sama sekaligus cari tau bagaimana cara meningkatkan SEO website.

Dalam dunia SEO selain anda harus mengoptimasi dari sisi artikelnya, yang perlu anda perhatikan tidak hanya artikelnya saja. Anda perlu memperhatikan pengaturan SEO di website anda, Pengaturan SEO bisa dilakukan dengan bantuan plugin jika anda menggunakan platform CMS WordPress.

WordPress memang menyediakan bantuan dalam teknis dengan plugin yang mereka sediakan, salah satunya plugin dalam hal SEO. Simak artikel cara install plugin WordPress ini jika kamu belum mengetahui bagaimana cara menginstalasinya.

Salah satu plugin SEO yang anda bisa gunakan adalah Rank Math. Dalam artikel ini akan dibahas secara menyeluruh mengenai cara meningkatkan SEO Website dengan Rank Math. Simak selengkapnya di bawah!

Apa Itu SEO Website?

Sebelum kita membahas mengenai cara meningkatkan SEO website dengan Rank Math, ada baiknya nih kita mengetahui terlebih dahulu apa itu SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dan SEO adalah sebuah cara dalam mengoptimalkan sebuah website.

apa itu seo website?
SEO adalah strategi jangka panjang untuk berada di peringkat atas mesin pencari (Sumber: Pixabay)

Tujuan dari SEO yaitu meningkatkan ranking maupun traffic organic website di mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Dengan mendapatkan tempat teratas di mesin pencarian tersebut, Website akan mendapatkan traffic organic yang bagus.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini persaingan terjadi cukup ketat dalam pencapaian puncak teratas mesin pencari. Terlebih tidak hanya anda saja yang menerapkan beragam strategi SEO untuk websitenya.

Salah satu yang perlu anda perhatikan dalam hal SEO adalah SEO teknis, SEO teknis yang berkualitas baik akan membantu website anda untuk berada di atas pencarian mesin pencari sehingga dapat memberikan preferensi maupun rekomendasi ke website anda ketika pengguna internet mencari topik yang relevan dengan website anda.

Mengapa SEO Website Begitu Penting?

Ada banyak alasan mengapa SEO Website sangat penting untuk kemajuan website yang anda kelola, di bawah ini ada 3 alasan besar kenapa SEO website sangat penting:

SEO dapat meningkatkan Brand Awareness Website

Ketika website anda bisa mendapatkan posisi teratas di mesin pencari, tentu saja ini akan menjadi keuntungan bagi website tersebut. Ketika website anda berada di posisi atas mesin pencari, pastinya website andalah yang akan pertama kali di klik oleh pengguna internet.

Sehingga pengguna internet akan lebih sering masuk ke website anda dan pengguna internet juga akan menjadi tahu mengenai website dan brand yang anda tawarkan disana. Misalnya saja anda berjualan sebuah produk, otomatis anda harus membuat konten yang berkaitan dengan produk tersebut.

Pada konten tersebut nantinya bisa anda sisipkan sebuah ajakan untuk membeli produk anda, konten itu bisa berupa review produk, tips dan trik dan lain sebagainya. Nah, ketika anda menerapkan SEO website yang baik dan benar. Maka peluang konten anda berada di posisi teratas website menjadi lebih besar dan pengguna internet akan membuka konten tersebut dan membeli produk anda.

Keren bukan? Simak artikel cara membangun brand awareness di website ini untuk informasi selengkapnya.

SEO adalah Salah Satu Bagian Strategi yang Efektif Saat ini

Sampai saat ini SEO masih dianggap sebagai cara yang efektif dalam meningkatkan traffic suatu website. Namun dengan catatan anda telah menerapkan teknik SEO dengan baik dan benar, terutama dalam hal user experience.

Selama dunia digital dan website masih eksis, SEO masih akan sangat efektif bahkan kemungkinan tidak akan berakhir dalam waktu dekat ini. Kenapa? Karena mesin pencari selalu melakukan pengembangan dan pengunjung internet saat ini masih ketergantungan dengan mesin pencari tersebut.

Maka dari itu jika anda adalah pengelola maupun pemilik website, maka SEO pastinya akan selalu dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja website.

SEO Dapat Mendatangkan Pelanggan Baru

Ketika anda memiliki website dan website tersebut telah dioptimalkan dengan maksimal, maka peluang website anda banyak diakses pengguna internet sangat besar. Biasanya para pelanggan akan mencari terlebih dahulu mengenai produk melalui internet.

Para pelanggan ini akan melakukan perbandingan produk yang di review di internet, setelah referensi yang mereka dapatkan dirasa cukup. Barulah mereka akan melakukan pembelian terhadap barang tersebut.

Nah inilah pentingnya SEO, jika website andalah yang berada di posisi teratas mesin pencari, maka peluang pelanggan tersebut membeli produk melalui website anda bisa menjadi lebih besar. Bagaimana sudah tau kan mengapa SEO website begitu penting?

Yuk sekarang kita cari tau cara meningkatkan SEO website dengan plugin Rank Math, simak pembahasannya dibawah ini !

Cara Meningkatkan SEO Website dengan Plugin Rank Math

Anda sudah mengetahui mengenai SEO dan alasan di balik pentingnya SEO bagi keberlangsungan suatu website. Dan sekarang saatnya kita terapkan SEO website yang akan dibahas di caranya di artikel ini.

Cara Meningkatkan SEO Website dengan Plugin Rank Math
Plugin Rank Math bisa digunakan untuk optimasi website (Sumber: Pixabay)

Cara meningkatkan SEO Website ini menggunakan tools bantu berupa plugin Rank Math. Rank Math adalah plugin yang dikembangkan oleh WordPress untuk membantu penggunanya dalam mengoptimalkan website mereka.

Alasan mengapa menggunakan Plugin Rank Math sebagai plugin SEO website di antaranya adalah:

  • Dalam penggunaan mudah dan praktis.
  • Setting/Konfigurasi yang mudah dan otomatis.
  • Plugin terbaik.
  • Keyword yang bisa dilacak.
  • Tersedia dokumentasi yang lengkap dan mudah dimengerti.
  • Kompatibel dengan Plugin WooCommerce.

Itu beberapa alasan mengapa kami merekomendasikan Rank Math sebagai Plugin SEO terbaik yang ada saat ini, sekarang kita pelajari sama-sama mengenai cara meningkatkan SEO Website dengan Plugin Rank Math.

Persiapan Pertama, Install Dahulu Plugin Rank Math

Ketika kita akan meningkatkan SEO dalam sebuah website dengan menggunakan Plugin Rank Math, persiapan pertama pastinya adalah install terlebih dahulu. Cara install cukup mudah yaitu dengan melakukan pencarian di halaman Plugin > Add new.

Pada halaman tersebut ada beberapa plugin lain yang bisa anda gunakan. Namun kita akan mencari plugin Rank Math, maka dari itu di kolom pencarian masukan keyword ‘Rank Math’ dan enter. Lihat gambar dibawah ini!

Cara Meningkatkan SEO Website dengan Rank Math (Lengkap) - 2024
Masukan keyword “Rank Math” di kolom pencarian

Setelah anda melakukan pencarian dan WordPress akan memberikan hasil pencariannya dengan kata kunci Rank Math tadi. Untuk install plugin tersebut klik Install now yang posisinya berada di sebelah tulisan Plugin SEO WordPress – Rank Math.

Perhatikan gambar dibawah ini!

Cara Meningkatkan SEO Website dengan Rank Math (Lengkap) - 2024
Rank Math adalah plugin tambahan untuk SEO

Setelah anda melakukan instalasi di website WordPress, maka sekarang anda aktifkan plugin tersebut dengan cara menekan tombol Active, seperti yang ditampilkan di gambar dibawah ini!

Cara Meningkatkan SEO Website dengan Rank Math (Lengkap) - 2024
Kunci SEO adalah konsistensi

Saatnya, Lakukan Konfigurasi SEO di Plugin Rank Math!

Setelah anda melakukan instalasi plugin Rank Math di sistem WordPress, sekarang saatnya melanjutkan ke tahapan berikutnya sebagai tahapan mengenai cara meningkatkan SEO website dengan Plugin Rank Math.

Tahapan ini adalah konfigurasi plugin Rank Math, agar plugin Rank Math bisa digunakan untuk kebutuhan SEO website. Maka anda perlu melakukan beberapa konfigurasi sebagai berikut :

Langkah pertama konfigurasi plugin Rank Math adalah membuat akun terlebih dahulu di RankMath.com.

Setelah anda melakukan pendaftaran disana, anda akan mendapatkan 3 pilihan settingan. Sebagai contoh saja, dalam artikel ini akan menjelaskan settingan SEO website plugin Rank Math untuk pilihan konfigurasi Easy, selanjutnya klik Start Wizard.

Cara Meningkatkan SEO Website dengan Rank Math (Lengkap) - 2024
Rank Math, Start Wizard Easy

Selanjutnya ada empat langkah untuk mengkonfigurasi plugin Rank Math, diantaranya adalah

 

  1. Your Site: Disini anda akan diminta mengisi jenis website, logo dan juga gambar untuk media sosial share.
  2. Analytics: Pada langkah ini fungsinya adalah untuk menghubungkan dengan Google Search Console, Google Adsense dan Google Analytics.
  3. Sitemaps: Pada langkah ini berfungsi untuk mengaktifkan Sitemap sebuah website, seperti News Sitemaps maupun Video Sitemaps.
  4. Optimization: Pada langkah ini mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur yang ada secara otomatis. Fitur tersebut seperti tidak di indeks untuk kategori yang kosong maupun tag yang kosong dan melakukan nofollow secara otomatis untuk link external dll.

Jika kita lihat pengaturan basic diatas sangat ramah bagi pengguna pemula dan optimasi website dengan plugin Rank Math ini membuat optimasi menjadi sangat mudah. Bahkan Rank Math ini juga menyediakan pengaturan lanjutan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Pengaturan tersebut diantaranya adalah

  • 404 + Redirection.
  • Schema Markup.
  • Role Manager.

Kedepannya anda hanya tinggal mengaktifkan maupun menonaktifkan setiap fitur yang ada di plugin Rank math. Bagaimana mudah bukan?

Penutup

Nah itu dia pembahasan cara meningkatkan SEO Website dengan Plugin Rank Math dan sampai disini pastinya anda sudah mengetahui beberapa alasan kenapa SEO sangat penting dan bagaimana SEO Website bisa dioptimalkan dengan menggunakan plugin Rank Math.

Anda juga bisa menemukan artikel lainnya mengenai panduan SEO di halaman blog Exabytes Indonesia. Anda juga bisa menggunakan layanan penyedia Jasa SEO dari Exabytes dan Izinkan Layanan SEO kami menganalisa website Anda (GRATIS).

Selamat mencoba.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments