Google Workspace Adalah Salah 1 Fitur Google, Kenalan Yuk!

0
2354

Pada saat era digital saat ini, teknologi sering digunakan untuk menunjang produktivitas kerja. Google Workspace adalah salah satu jawaban, sebelumnya dikenal sebagai Google Suite (G Suite).

Google Workspace adalah salah satu fitur layanan Google yang dapat mengintegrasikan semua aplikasi yang dibuat oleh Google. Seperti Gmail, Kalender, Drive, Docs, Spreadsheet, Slide, hingga Meet.

Singkatnya, Google Workspace adalah bentuk atau wajah baru G Suite yang bertujuan untuk mendukung fasilitas produktivitas yang saling terkait dan terintegrasi.

Yuk lihat penjelasan lengkap untuk Google Workspace di bawah ini.

Sebelum Membahas Lebih Jauh Mari Mengetahui Apa Itu G Suite?

Sebelum berbicara tentang Google Workspace, mari kembali ke G Suite. Layanan ini diluncurkan pada tahun 2006 untuk memungkinkan organisasi menggunakan layanan Google di domain mereka sendiri untuk langganan bulanan.

Alih-alih mengelola penyimpanan jaringan, server email, dan alat lain mereka sendiri, G Suite memungkinkan organisasi untuk menggunakan perangkat produktivitas dan kolaborasi berbasis cloud Google sebagai backend bisnis untuk bisnis mereka.

Perangkat asli termasuk Gmail, Google Talk, Google Calendar, dan Google Page Creator. Seiring waktu, ini telah diperluas untuk mencakup Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Google Drive, Google Chat, dan Meet.

Semua alat ini tersedia secara gratis untuk konsumen, tetapi tidak memiliki beberapa fungsi. Pelanggan G Suite mendapatkan alamat email domain pribadi, penyimpanan cloud, berbagai panduan admin, dukungan pelanggan 24/7, dan banyak lagi.

google workspace adalah

Mengetahui Apa Itu Google Workspace

Google Workspace adalah fitur layanan produktivitas Google yang berisi banyak aplikasi yang terintegrasi bersama. Google Workspace resmi diluncurkan ke publik pada 6 Oktober 2020.

Menurut informasi yang dilansir Google Blog, Google Workspace merupakan fitur yang dapat dijadikan sebagai solusi dan prediksi peningkatan aktivitas.

Google Workspace adalah kumpulan penyimpanan cloud, alat produktivitas dan kolaborasi, perangkat lunak, dan produk dari raksasa Google. Jadi apa saja fitur terbaru dari aplikasi Google yang luar biasa ini?

Baca juga: Perbedaan Google Workspace dan Miscrosoft 365

Fitur dan Aplikasi Dari Google Workspace

Aplikasi apa saja yang disertakan dalam aplikasi Google Workspace ini? Sekarang mari kita uji aplikasi dengan fitur yang dapat Anda lihat di bawah ini.

fitur dan aplikasi google workspace

Gmail

Siapa yang nggak kenal dengan Gmail? Menjadi salah satu provider email yang paling populer di dunia dengan lebih lebih dari 1,2 miliar pengguna. Gmail menjadi salah satu rangkaian yang hadir di Google Workspace yang memungkinkan pengguna mendapatkan email versi bebas iklan yang disempurnakan.

Dengan aplikasi ini, karyawan dapat memiliki akun Gmail sendiri dengan alamat email nama domain yang dapat dikustomisasi atau nama domain perusahaan. Wih, keren kan?

Google Calendar

Aplikasi populer ini digunakan untuk menjadwalkan meeting dengan klien, menetapkan tanggal jatuh tempo, dan pengingat untuk proyek-proyek penting. Ini juga bisa digunakan untuk mengatur manajemen pekerjaan kita lho.

Bukan hanya kamu saja yang bisa pakai tetapi Google Calendar bisa melihat jadwal atau kalender milik rekan tim atau orang lain lho. Sehingga ini memudahkan pengguna untuk tahu jadwal tim dan menyesuaikan jadwal bila ingin melakukan meeting bersama.

Google Drive

Tempat penyimpanan segala file dan dokumen, yup Google Drive! Umumnya kapasitas penyimpanan ini hanya 25 GB. Tetapi di Google Workspace minimal 30 GB untuk setiap pengguna. 

Bahkan untuk paket Business, Enterprise dan Teams menyediakan penyimpanan unlimited yang dapat diakses dari mana saja dengan kontrol berbagi dan dukungan 24/7 juga.

Google Docs

Aplikasi ini membuat pengguna bisa membuat dan mengedit dokumen teks langsung di browser lho tanpa menggunakan software. Orang-orang pun bisa mengerjakan satu dokumen yang sama dan otomatis akan tersimpan meskipun tanpa terkoneksi di internet. Kamu juga bisa mengatur sharing control kepada orang yang ingin diberikan atau memberikan komentar secara real time.

Jika kamu familiar dengan Microsoft Words, nah ini cocok untuk kamu gunakan dalam mengedit dokumen.

Google Spreadsheet

Jika temannya Words adalah Google Docs, maka temannya Excel adalah Google Spreadsheet. Kamu bisa mengedit dokumen teks, angka hingga report data

Spreadsheet memiliki fitur AI dimana kamu dapat memanfaatkan wawasan atau insight yang tepat untuk memudahkan pekerjaan. Akselerasi rumus atau formula yang bisa menghemat waktu dan mengurangi kesalahan dengan memunculkan rumus yang relevan saat diketik di Spreadsheet. 

Lalu, kamu bisa klik tombol Explore untuk melihat tren dan visualisasi terkini. Jika ada pertanyaan, kamu bisa ketik pertanyaan sehingga Google AI akan memberikan jawaban sesuai kebutuhan kamu. Hebat kan?

Google Slide

Butuh membuat presentasi atau powerpoint? Google Slides adalah jawabannya! Mirip dengan Microsoft Powerpoint, pengguna bisa membuat slide presentasi dengan mudah hingga bisa berkolaborasi dengan banyak orang tanpa batas.

Google Keep

Google Keep adalah alat yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan yang sering diajukan, membuat daftar tugas, catatan, dan mengatur pengingat agar tetap di jalur dengan sinkronisasi di semua perangkat.

Google Chat

Aplikasi Google Workspace selanjutnya adalah Google Chat. Platform ini merupakan ruang kerja grup khusus dengan obrolan 1:1 dan obrolan grup. Ini memudahkan kamu untuk berkomunikasi via chat dengan tim atau rekan kerjamu.

Google Meet

Tentu saja kita semua mengenal Google Meet sebagai platform dalam melakukan video call atau online meeting. Mudah digunakan dan menampung cukup banyak orang. Dalam versi Google Workspace, orang akan bisa bergabung ke online meeting dari Calendar atau email invitation.

Jika seseorang memiliki Google Workspace versi perusahaan, seseorang dapat menghubungi nomor saat dalam perjalanan atau tanpa akses internet.

Google Form

Untuk mengumpulkan data umumnya kita membuat formulir. Dan Google Form menjadi solusinya. Mudah dibuat, mudah digunakan, dan digunakan oleh sebagian besar bisnis untuk mengumpulkan informasi sesuai dengan kebutuhan.

Google Sites

Ini adalah fitur yang khusus digunakan untuk meng-host situs seperti WordPress. Penggunanya bisa membuat situs menarik secara kolaboratif untuk tim, project atau event lho.

Apps Script

Apps Script adalah satu-satunya platform berkode rendah yang mempercepat dan mempermudah pembuatan solusi bisnis yang mengintegrasikan, mengotomatisasi, dan memperluas Google Workspace. 

Dengan Apps Script, kamu tidak perlu memiliki kemampuan programming, yang terpenting adalah memiliki akun Gmail.

Jamboard

Layaknya seperti papan tulis, Jamboard bisa menjadi platform untuk menuangkan ide yang ada di kepala kamu. Visualisasikan ide dengan mudah dan kolaboratif dengan tim dengan menambahkan gambar dan catatan. Kamu pun bisa membagikan sketsa ide kepada banyak orang.

Cloud Search

Fitur Google Workspace Cloud Search memungkinkan pengguna menelusuri konten perusahaan di Google Workspace seperti Gmail, Drive, Docs, Spreadsheet, Slides, Calender, dan lainnya. 

Endpoint

Merupakan fitur yang membantu menonaktifkan layanan Google di ponsel yang salah tempat atau dicuri. Admin dapat menggunakan fitur ini untuk menghapus data Google Workspace dari perangkat dari jarak jauh jika diperlukan. Dapat digunakan di berbagai perangkat seperti Android, iOS, Windows, Chrome OS, MacOS, dan LInux.

Vault

Fitur Google Workspace lainnya adalah Vault. Vault memungkinkan bisnis untuk mengelola, mempertahankan, menelusuri, dan mengekspor email organisasi, konten file Google Drive, dan obrolan yang direkam. Semua data dan kebijakan penyimpanan yang ditetapkan dapat diarsipkan.

Admin

Dengan fitur Admin, penggunanya bisa mengelola Google Workspace untuk organisasi atau perusahaan. Fitur ini mencakup menambahkan pengguna, kelola perangkat, dan konfigurasikan keamanan dan pengaturan dengan mudah sehingga data tetap aman. Jadinya kegiatan administrasi tidak perlu offline melainkan secara online.

Work Insight

Fitur terakhir adalah Work Insight dimana kamu bisa memahami bagaimana Google Workspace memengaruhi organisasi Anda secara real time. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan wawasan tentang adopsi, pola kerja, dan kolaborasi di berbagai aplikasi Google Workspace.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Workspace?

Pada dasarnya, Google Workspace adalah tempat berkumpulnya semua aplikasi Google untuk memudahkan pengguna dalam bekerja.

Jika Anda terbiasa dengan semua aplikasi ini, menggunakannya sama seperti aplikasi Google lainnya. Google bahkan membuatnya lebih mudah digunakan dengan mengintegrasikan semua aplikasi ini bersama-sama.

Jadi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan Google Workspace adalah menghemat waktu. Google Workspace hadir untuk memudahkan Anda menggunakannya sehingga Anda dapat terhubung, tetap teratur, dan menyelesaikan berbagai hal bersama-sama.

Cara menggunakannya adalah berkolaborasi dengan beberapa aplikasi secara real time. Anda dapat mengedit dokumen, spreadsheet, atau slide secara bersamaan. Anda bahkan dapat membuat alamat email khusus untuk domain Anda, menambahkan email alias, dan mengelola semua email Anda dari satu kotak masuk.

Namun, tidak semua aplikasi ini tersedia secara gratis. Jika Anda ingin memanfaatkan semua fitur yang dimilikinya, Anda perlu mengetahui cara mendaftar ke Google Workspace.

Mulai Menggunakan Google Workspace Sekarang Juga

google workspace

Sekarang Anda tahu Google Workspace, bukan? Oh ya, Anda bisa menggunakannya ini untuk uji coba gratis selama 14 hari. Tapi kemudian pengguna harus memilih versi berbayar.

Jika Anda ingin memulai Google Workspace, Exabytes kini menyediakan layanannya. Ada berbagai plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan juga Free Domain + Free Backup hingga 2 TB lho. Jika Anda memiliki pertanyaan, ada tim ahli Exabytes yang berdedikasi untuk memandu Anda juga, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Sekarang Anda dapat dengan mudah membuat, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan Google Workspace, kunjungi Exabytes Indonesia sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments