Perbedaan Google Workspace vs Microsoft 365

0
2547

Google dan Microsoft dikenal sebagai raksasa teknologi yang memberikan banyak manfaat serta kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai kegiatan. Masing-masing memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, dengan software produktivitas yang dihasilkan keduanya. Namun, mana yang lebih unggul antara Google Workspace vs Microsoft 365?

Jika harus memilih antara google workspace vs microsoft 365, sepertinya akan sulit dan bingung dalam menentukan pilihan. Karena memang keduanya mampu menunjang produktivitas kerja melalui fitur dan kelebihan yang ditawarkan. 

Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mengetahui perbedaan keduanya agar bisa menentukan pilihan yang paling tepat, apakah Google Workspace yang sebelumnya dikenal sebagai G-suite atau Microsoft Office 365. 

Yuk simak artikel satu ini agar kita bisa sama-sama menemukan apa saja perbedaan antara keduanya!

Google Workspace

mengenal Google workspace
Google Workspace, layanan Google dengan fitur menarik dan banyak kelebihan. (Sumber: shutterstock)

Apa itu Google Workspace? Seperti namanya, Google workspace adalah rangkaian aplikasi pintar dari Google yang sebelumnya bernama G-suite. Jadi, saat menemukan kedua istilah tersebut, tidak perlu bingung lagi karena sebenarnya keduanya merupakan istilah digunakan untuk layanan Google yang sama.

Google workspace atau G-suite merupakan tool dan layanan yang saling terintegrasi dan sudah ada sejak 12 tahun lalu. Kita juga bisa mengartikan G-suite sebagai layanan produktivitas berbasis cloud yang terdiri dari beberapa aplikasi dengan fitur yang bisa mempermudah pekerjaan. 

Versi terbaru dari layanan Google satu ini menawarkan lebih banyak fitur yang tentunya semakin mumpuni dan bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas pekerjaan. 

Jadi, tidak heran jika Google Workspace akhirnya hadir sebagai jawaban bagi bisnis, perusahaan, maupun organisasi yang memiliki segudang pekerjaan yang harus diselesaikan serta memerlukan integritas yang bisa diandalkan. Perbedaan utama pada Google Workspace versi sekarang dibandingkan sebelumnya adalah fitur yang integritas yang merupakan identitas baru dengan layanan yang lebih beragam.

Fitur Google Workspace

Fitur Google Workspace vs Microsoft 365
Berbagai fitur Google Workspace yang terintegrasi semakin memudahkan kolaborasi kerja. (Sumber: shutterstock)

Berbicara tentang Google Workspace sebagai layanan yang Google tawarkan bagi para profesional, kira-kira fitur Google Workspace apa saja yang bisa pengguna manfaatkan agar bisa bekerja dengan lebih mudah, cepat, efektif, dan optimal?

Saat menggunakan Google Workspace, ada berbagai fitur yang bisa kamu gunakan atau manfaatkan untuk menunjang pekerjaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gmail membantu berkirim surat elektronik agar lebih mudah dan cepat diterima tanpa batas waktu dan jarak
  • Google meet memungkinkan pengguna melakukan video konferensi dengan aman dan nyaman
  • Google kalender bekerja seperti layaknya kalender pada umumnya yang bisa kamu gunakan sebagai pengingat dari jadwal yang harus kamu laksanakan
  • Current merupakan fitur Google Workspace yang memungkinkan tim atau sekelompok orang berdiskusi membahas topik yang sama tanpa harus mengadakan rapat konvensional
  • Google docs hadir sebagai aplikasi pengolahan data yang bisa dibagikan sehingga nantinya bisa digunakan oleh banyak orang yang memiliki akses ke dokumen tersebut
  • Google spreadsheet memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft excel namun bisa diakses oleh lebih dari satu orang yang memiliki akses ke file yang sama
  • Google keep membantu pengguna menyimpan pertanyaan dan juga membantu dalam membuat daftar tugas
  • Google drive bisa pengguna manfaatkan untuk menyimpan file atau data secara cloud agar nantinya bisa diakses oleh tim secara bersamaan
  • Google chat fitur Google Workspace yang bisa digunakan untuk berkirim pesan berupa teks maupun file agar bisa tetap berkolaborasi tanpa terhalang jarak
  • Apps script platform dengan kode rendah yang memudahkan pembuatan solusi bisnis tanpa harus memiliki kemampuan programming
  • Cloud search mempermudah pengguna mencari data perusahaan yang tersimpan dan terintegrasi pada Google Workspace
  • Jamboard bekerja seperti layaknya sebuah papan tulis dimana pengguna bisa menuangkan ide mereka di sana yang juga bisa diakses oleh lebih dari satu orang
  • Endpoint berguna untuk menghapus perangkat (device) yang hilang termasuk menghapus data Google Workspace pada perangkat yang menggunakan sistem operasi berbeda
  • Admin merupakan fitur yang mengelola penggunaan Google Workspace seperti menambahkan pengguna dan mengelola perangkat
  • Vault merupakan layanan pengarsipan yang memungkinkan pengguna layanan Google menavigasi kebijakan data yang kompleks dan berubah
  • Work insight memberikan laporan terperinci sehingga setiap bagian yang berkepentingan bisa mengawasi kinerja para staf atau karyawan dalam penggunaan Google Workspace

Kelebihan Google Workspace

Google Workspace yang hadir untuk membantu produktivitas dan kolaborasi tim tentunya menawarkan berbagai kelebihan. Dimana kelebihan tersebut juga menjadi alasan kenapa banyak bisnis atau perusahaan yang menggunakan layanan Google satu ini.

Berikut adalah kelebihan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan Google Workspace:

  • Kolaborasi tim semakin meningkat
  • Bisa digunakan dengan mudah
  • Akun Google menjadi lebih aman saat harus disinkronkan dengan berbagai perangkat yang kamu gunakan
  • Fasilitas email dan domain yang membuat bisnis terlihat semakin profesional
  • Layanan yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis
  • Email tanpa iklan sehingga pengguna lebih fokus pada apa yang mereka kerjakan
  • Bisa diakses kapan saja dan dimana saja
  • Hemat biaya

Microsoft 365

apa itu Microsoft 365
Microsoft 365 merupakan inovasi terbaru dari Microsoft yang hadir dengan segudang fitur dan manfaat. (Sumber: flickr)

Saat hendak membandingkan Google Workspace vs Microsoft 365, tentunya kamu harus sudah tahu apa itu Google Workspace dan Microsoft 365. Dengan begitu, kamu bisa melihat perbedaan antara keduanya baik dari segi definisi, fitur, maupun kelebihan.

Lalu , apa itu Microsoft 365? Microsoft 365 merupakan produk sekaligus inovasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan berbagai fitur dan kelebihan bagi para pengguna. Update dari produk Microsoft satu ini bersifat otomatis sehingga pengguna tidak perlu melakukannya secara manual.

Agar lebih bisa memahami Microsoft 365, kamu juga bisa membaca artikel tentang perbedaan Microsoft 365 dengan office 2019 satu ini.

Fitur Microsoft 365

Fitur Google Workspace vs Microsoft 365
Kenali berbagai fitur Microsoft 365 yang semakin mempermudah pekerjaan dan kolaborasi. (Sumber: flickr)

Seperti Google Workspace, Microsoft 365 hadir memenuhi kebutuhan bisnis dengan sejumlah fitur terbaiknya. Fitur tersebut juga yang mungkin bisa kamu pertimbangkan sebagai pembeda Google Workspace vs Microsoft 365.

Kenali beberapa fitur terbaik dari Microsoft 365 berikut ini!

  • OneDrive menawarkan penyimpanan data hingga 1 TB yang aman
  • Outlook sebagai fasilitas email yang mumpuni dan hadir sebagai salah satu klien email populer saat ini
  • Lisensi dimana pengguna cukup menggunakan satu lisensi untuk berbagai software yang disediakan
  • Delve hadir untuk mengelola profil dan menemukan konten sesuai kebutuhan
  • Microsoft editor yang bisa digunakan untuk memilih kata guna menghindari kesalahan penulisan dokumen
  • Microsoft form akan sangat membantu dalam membuat kuis atau survei yang kemudian bisa dibagikan kepada orang lain untuk diakses melalui web browser dan perangkat seluler
  • Word to PDF converter hadir sebagai fitur yang bisa mengubah file word dari atau ke PDF dengan mudah

Kelebihan Microsoft 365

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau kehadiran Microsoft 365 adalah sebagai inovasi terbaru dari Microsoft. Tentunya, Microsoft 365 memiliki sejumlah kelebihan yang akan sangat berguna bagi para penggunanya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Selalu mendapatkan update terbaru yang bersifat otomatis
  • Penyimpanan cloud yang aman
  • Membantu pengguna saat harus bekerja secara remote
  • Memiliki aplikasi pintar pendukung
  • Bisa digunakan pada hingga liam perangkat berbeda
  • Lebih hemat biaya software
  • Membantu keberlangsungan bisnis

Baca juga: Cara Membuat Google Workspace dan Menggunakannya

Perbedaan Google Workspace dengan Microsoft 365

Saat menjalankan bisnis atau perusahaan, kamu memerlukan aplikasi dan layanan yang mampu mendukung produktivitas serta kolaborasi antara tim. Apakah kamu akan lebih memilih Google Workspace atau Microsoft 365? Agar bisa memahami keduanya, coba pahami beberapa perbedaan keduanya berikut ini!

Aplikasi yang Mempermudah Kolaborasi Kerja

Sudah terbiasa menggunakan aplikasi milik Microsoft seperti Word, Excel, maupun powerPoint? Bahkan kamu akan mendapatkan akses versi web dari aplikasi aplikasi tersebut apabila berlangganan Microsoft 365 Business Basic. 

Sementara Google Workspace menawarkan aplikasi untuk kolaborasi kerja berupa Docs, Slides, dan Sheets yang merupakan aplikasi dari paket Google Workspace Business Starter.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Microsoft maupun Google tersebut sangat menunjang kolaborasi pekerjaan baik untuk membuka, meninjau, maupun mengedit file atau dokumen yang bisa dilakukan oleh banyak pengguna. 

Namun, dalam hal ini, Google Workspace memiliki nilai plus karena adanya fitur smart canvas yang mengintegrasikan berbagai aplikasi dari Workspace yang ada.

Bahkan saat ini, pengguna bisa melakukan video call langsung dari aplikasi-aplikasi di atas termasuk Google Docs, sheets, dan slides. Sudah pernah mencobanya?

Kemampuan Video Meeting

Saat berbicara tentang perbedaan Google Workspace vs Microsoft 365, kamu juga bisa melihat seperti apa kemampuan video meeting masing-masing. Google Workspace menawarkan Google meet yang bisa kamu gunakan untuk video meeting atau online conference sedangkan Microsoft 365 menawarkan aplikasi Microsoft teams.

Nah, perbedaan dalam hal ini terletak pada jumlah peserta yang bisa bergabung atau berpartisipasi dalam video meeting. Pengguna paket langganan Microsoft 365 business basic memberikan kapasitas hingga 300 peserta meeting.

Sementara pada Google Workspace business starter hanya berjumlah 100 orang saja. Jika dilihat, Microsoft 365 unggul dalam hal ini karena memungkinkan lebih banyak orang untuk mengikuti video meeting.

Layanan Email dan Tampilannya

Bagi kamu yang penasaran dengan perbedaan lain dari Google Workspace vs Microsoft 365, mari kita bicarakan tentang layanan email masing-masing. Pada dasarnya, kedua produk tersebut menawarkan layanan email yang mumpuni. Google menawarkan Gmail sedangkan Microsoft menawarkan Outlook. 

Keduanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan nama domain sendiri agar bisnis terlihat lebih profesional. Keduanya juga terhubung dengan aplikasi kalender guna mempermudah pencatatan jadwal rapat atau meeting.

Dari segi interface, keduanya sama-sama menarik. Namun, tampilan Gmail dinilai lebih simpel. Untuk membuat pesan baru, kamu hanya perlu menekan tombol bertuliskan compose.

Pemilihan tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis atau perusahaan apakah lebih membutuhkan Microsoft Outlook atau Gmail.

Akses Data Saat Offline

Baik Google Workspace maupun Microsoft 365 menyediakan akses offline. Pengguna Google Workspace bisa mendapatkan akses tersebut dari admin Workspace. Classroom merupakan salah satu layanan Google Workspace yang bisa kamu gunakan secara offline.

Sementara pengguna Microsoft 365 dapat mengunduh program Microsoft 365 ke komputer atau laptop. Namun, mereka harus terlebih dahulu masuk ke program berbasis cloud setidaknya 30 hari sekali agar langganan Microsoft 365 tetap aktif.

Google Workspace vs Microsoft 365, Mana yang Lebih Unggul?

Setelah melihat beberapa poin dari Google Workspace vs Microsoft 365, pastinya muncul pertanyaan di benakmu apabila belum pernah menggunakan keduanya. Mana yang lebih unggul? Jika berbicara layanan mana yang lebih unggul tentunya sesuai dengan kebutuhan tiap perusahaan atau organisasi maupun bisnis. 

Perusahaan yang lebih menitikberatkan pada kolaborasi real-time dengan pekerjaan yang kebanyakan berbasis online bisa memilih Google Workspace.  Namun, jika membutuhkan aplikasi produktivitas yang detail dan tidak berpaku pada progres real-time, Microsoft 365 merupakan pilihan yang tepat. 

Kesimpulan

Sudah tahu kan apa yang membuat Google Workspace vs Microsoft 365 berbeda? Masing-masing menawarkan fitur yang mempermudah kolaborasi kerja serta kelebihan yang unik. Namun, pilihan terbaik untuk penggunaannya tentunya berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.

Jadi, sudah menentukan pilihan, apakah akan memilih Google Workspace atau Microsoft 365? Kedua layanan tersebut tersedia di Exabytes, jadi kamu bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan tim ahli agar mendapatkan solusi terbaik saat memerlukan aplikasi yang menunjang produktivitas dan kolaborasi kerja tim bisnis yang kamu jalankan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments