Inilah 10 Ide Bisnis Menjanjikan Untuk UMKM!

103
Ide bisnis menjanjikan
11 min read

Hi, Exabytes Friends!

Pemerintah Indonesia terus-menerus memberikan perhatian khusus pada bisnis UMKM. Pasalnya, meski bisnis ini bermodal kecil, tapi UMKM mampu mendongkrak perekonomian negara, serta memangkas angka tingkat pengangguran.

Saking besarnya kontribusinya untuk negara, pemerintah memberikan beragam kemudahan bagi mereka yang bergelut di bidang bisnis ini. Salah satunya, seperti kemudahan perkreditan serta pajak yang ringan.

Selain itu, UMKM yang berkualitas juga mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia di kancah mancanegara. Banyak banget lho ide bisnis untuk UMKM yang menjanjikan yang bisa dilakukan.

Nah, apabila kamu tertarik untuk lebih jauh menyelami bisnis UMKM, simak ulasan di bawah ini:

Apa itu bisnis UMKM?

Kamu mungkin masih bingung apa itu bisnis UMKM?

Pengertian bisnis yang satu ini sebenarnya sudah tercatat di dalam Undang-Undang atau peraturan kementerian terkait. Klasifikasi kelompok usaha dinilai dari besaran jumlah modal dan omzet yang mereka dapatkan.

Masing-masing kelas memiliki jumlah yang berbeda-beda. Antara usaha kecil dan usaha menengah saja asetnya berbeda.

Dilansir dari goUMKM.id, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), usaha yang termasuk ke dalam kelompok mikro dan kecil memiliki aset mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta dengan omzet Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar.

Sementara usaha menengah memiliki aset dari Rp500 juta sampai dengan Rp10 miliar, dan omzetnya dari Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar.

Badan Pusat Statistik (BPS) juga memiliki pemahaman tersendiri soal usaha mikro kecil menengah. BPS mencirikan mereka sebagai bisnis dengan jumlah pekerja sekitar 6 sampai 19 tenaga kerja.

Masih dikutip dari goUMKM.id, berdasarkan perkembangannya, UMKM di Indonesia bisa diklasifikasikan menjadi empat kelompok, yaitu:

  • UMKM yang ditujukan untuk mencari nafkah seperti pedagang kaki lima.
  • UMKM yang bersifat pengrajin.
  • UMKM yang memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu bekerja subkontrak hingga ekspor.
  • UMKM yang telah maju dan siap untuk menjadi usaha besar.

Setelah melihat beberapa kriterianya, mungkin kamu juga bertanya-tanya lantas apa perbedaannya dengan start-up? Apakah start-up juga bisa dimasukkan ke dalam kategori UMKM? Kan modalnya sama-sama kecil.

Nah ternyata, keduanya berbeda. Perbedaannya hanya di letak pengoperasian bisnisnya saja. Start-up lebih memanfaatkan sebesar-besarnya kecanggihan teknologi, sementara UMKM rata-rata dijalankan dengan manual, seperti pemasaran, atau bahkan transaksinya.

Tapi, tidak sedikit UMKM yang mulai merambah ke dunia teknologi, tentunya demi menekan biaya pengeluaran.

Tips Memulai Bisnis UMKM

Ketika kamu berencana untuk terjun ke bisnis UMKM, sebelum memulainya, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya, perencanaan yang matang juga harus dibuat agar bisa berjalan dengan sukses kedepannya.

Harapannya sih, bisnis UMKM modal kecil yang kamu buat bisa meraup keuntungan besar. Berikut ini 3 hal yang harus dimiliki oleh pengusaha sebelum terjun ke dunia bisnis UMKM.

Perencanaan yang Matang. 

Perencanaan sangat menentukan bagi keberlangsungan bisnismu kedepannya. Perencanaan yang matang itu meliputi tujuan apa yang ingin kamu raih, dan bagaimana cara meraihnya.

Kalau perlu buat pula perkiraan untung dan ruginya dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kedepannya. Tetapkan target kamu per bulannya untuk memacu performa bisnismu.

Tujuan dari perencanaan ini bisa untuk mengantisipasi adanya kerugian besar, juga memperoleh keuntungan yang besar dalam waktu cepat. Tapi terkadang, bisnis yang memiliki perencanaan saja suka gagal, apalagi yang tidak punya sama sekali.

Lakukan Riset Pasar. 

Meski bisnis UMKM memiliki modal dan skala jangkauan yang lebih kecil ketimbang usaha besar. Riset terhadap pasar juga sangat dibutuhkan lho. Jadi riset merupakan salah satu hal yang harus dan wajib dilakukan pengusaha.

Dengan riset, kalian bisa mengetahui target pasar, pesaing, dan juga selera masyarakat. Data-data tersebut kemudian bisa diolah untuk menentukan inovasi-inovasi produk kamu kedepannya.

Perhitungkan Biayanya. 

Memperhitungkan keuangan juga merupakan hal yang tidak kalah penting sebelum memulai bisnis. Kamu perlu memperhitungkan segalanya, dan tempatkan hal-hal penting di daftar prioritas. Misalnya seperti biaya sewa, proses produksi, anggaran untuk pemasaran, dan pengeluaran tak terduga.

Jangan lupa pisahkan anggaran untuk bisnis dan juga anggaran pribadi. Pengeluaran bisnis harus dicatat sedetail mungkin karena menyangkut keuntungan dan kerugian. Dan kamu juga harus bertanggung jawab untuk membayar beberapa pegawai dari keuntungan tersebut. Sementara kalau pengeluaran pribadi kan kamu hanya bertanggung jawab pada diri sendiri dan keluargamu.

10 Ide Bisnis UMKM

Bisnis UMKM ada banyak modelnya. Ada yang menjajakan kreativitas, ada juga yang menawarkan cita rasa. Tinggal kamu memilih mana yang sesuai dengan passion kamu. Semuanya bisa sama-sama sukses kok, asalkan kamu terapkan 3 langkah di atas tadi.

Baca Juga  Tingkatkan Riset Market Bagi UMKM dalam EDD

Tapi, untuk mencapai kesuksesan bukanlah hal yang mudah dan instan. Kamu harus tetap terus berusaha, mengaplikasikan ide-ide kreatif, dan bersabar. Ada banyak area yang bisa kamu sentuh, mulai dari kuliner, fesyen, hingga industri kreatif.

Semuanya bisa dijalankan dengan modal kecil. Kalau kamu bingung dan belum punya ide, berikut ini kami berikan contoh ide bisnis yang kira-kira bisa menguntungkan meski hanya dengan modal kecil.

Kuliner

Inilah 10 Ide Bisnis Menjanjikan Untuk UMKM! - 2021
Kuliner Indonesia sudah diakui secara global dan pastinya jadi ide bisnis UMKM yang menjanjikan. (Sumber: Adobe Photo Images)

Kuliner adalah bisnis yang tak pernah mati dan diminati banyak orang karena makanan merupakan kebutuhan semua. Ragam usaha kuliner yang bisa dikembangkan pun sangat banyak dan tidak pernah sepi akan peminat.

Walaupun begitu, agar bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang berlimpah, maka para penjual harus memperhatikan dari rasa, pelayanan, kemasan, dan juga promosi makanan tersebut.

Kunci untuk kesuksesan UMKM kuliner terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan, dan strategi pemasaran. Maka, para penjual pun tentu harus sangat memperhatikan hal-hal tersebut.

Semakin unik rasa, nama dan juga penyajiannya biasanya semakin banyak dicari. Kuliner legendaris pun masih bertahan hingga hari ini karena memang memiliki rasa cita yang kuat dan berpotensi mendatangkan pelanggan.

Bila hari ini sosial media telah merajalela, tentunya semakin membuat pengusaha kuliner terbantu karena bisa dipromosikan dengan mudah tanpa berbayar.

Toko Kelontong

Bisnis pangan berikutnya yang bisa kamu geluti adalah toko kelontong, ini juga bisa jadi penyuplai bahan makanan jika kamu sebelumnya kamu sudah terlebih dahulu punya bisnis kuliner.

Selain itu, toko kelontong adalah toko yang menjual segala macam kebutuhan, seperti pasar yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

Biasanya toko ini ada di setiap gang atau komplek perumahan karena pembeli yang begitu banyak.

UMKM ini memang sangat menjanjikan, karena setiap orang  membutuhkan barang-barang yang ada di toko kelontong tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Agribisnis

Bisnis UMKM berikutnya yang bisa kamu garap adalah bidang agribisnis. Bisnis tersebut meliputi bidang peternakan dan pertanian.

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah, maka masyarakat Indonesia bisa menjadikan hal tersebut sebagai mata pencaharian dan bisnis yang menjanjikan.

Bisnis ini pada umumnya masih digeluti oleh para orang tua, sedikit sekali anak muda yang mau menyentuh sektor ini. Padahal dalam pengembangannya, diperlukan anak muda yang kerap memiliki ide kreatif serta inovatif.

Adapun dari usaha agribisnis tersebut bisa mendatangkan usaha seperti menjual sayur organik, budidaya tanaman rempah, jual ayam potong, jual telur ayam, usaha ternak sapi, budidaya tanaman obat, dan lain sebagainya.

Produk Kreatif

Ekspor produk kreatif adalah ide bisnis UMKM yang brilian mengingat banyaknya peminat global! (Sumber: Adobe Photo Images)
Ekspor produk kreatif adalah ide bisnis UMKM yang brilian mengingat banyaknya peminat global! (Sumber: Adobe Photo Images)

Bisnis UMKM berikutnya yang bisa kamu garap adalah dalam bidang produk kreatif. Kekayaan alam di Indonesia adalah anugerah untuk bisa dimanfaatkan menjadi sebuah produk yang bermanfaat bagi sekitar.

Selain bernilai manfaat tentu saja produk kerajinan tersebut bisa bernilai ekonomis, apabila kamu bisa mengelola bahan baku yang ada menjadi produk kreatif serta mampu memasarkannya dengan baik. ini menjadi peluang besar!

Adapun produk kerajinan tangan tersebut bisa berupa tas dari anyaman bambu, bros, celengan, boneka, jepit rambut, sarung, kain, dan lain sebagainya.

Pembuatan produk tersebut memang sudah ada sejak dulu. Biasanya mereka memasarkan produk tersebut ke toko-toko besar yang menjual produk serupa.

Namun hari ini, kamu bisa memasarkannya lewat toko online dengan membuka akun di market place atau sosial media.

Dengan semakin dikenalnya produk kreatif yang kamu buat, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa kamu peroleh.

Pendidikan

Kamu yang ingin membuka bisnis UMKM dalam bidang pendidikan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Karena kemampuan utama yang diperlukan adalah mengajar.

Berkaitan dengan pendidikan pasti tidak jauh dengan dunia mengajar. Dan hal tersebut bisa dijadikan lahan bisnis yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Bisnis yang dimaksud dalam bidang pendidikan ini adalah membuka les private atau bimbingan belajar. Bisa untuk Anak pra SD yang biasanya membutuhkan les baca dan berhitung. Bisa pula membuka les bahasa asing, les untuk ujian nasional SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi.

Bila kamu sudah dikenal memiliki teknik pelajaran yang baik, maka bersiaplah untuk selalu menerima para murid les setiap bulan ataupun semesternya, tempat belajar biasanya dengan mengunjungi rumah mereka atau bisa dengan “menyulap” ruangan yang ada di rumah kamu untuk dijadikan tempat mengajar.

Fashion

Ternyata bisnis di bidang fashion sejak dulu hingga sekarang masih menjadi primadona di Indonesia, terutama yang dilakukan secara online.

Cakupan industri clothing sangat luas. Bagi kamu yang memiliki passion di industri fashion, tidak perlu ragu jika ingin memulai UMKM di bidang ini. Bisnis fashion memang menjadi bisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Baca Juga  Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online?

Melalui toko online dan sosial media, pemilik UMKM fashion sekarang bisa menjual produk yang dimilikinya ke seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri.

Otomotif

Bisnis UMKM bidang otomotif pun perlu kamu pertimbangkan. Karena semakin hari dunia otomotif di Indonesia ini semakin berkembang dengan pesat. Tentunya bila ditekuni bisa mendatangkan prospek yang lebih baik lagi.

Hal tersebut ditandai dengan pembelian kendaraan roda empat dan dua yang semakin hari semakin meningkat. Maka, sangatlah wajar apabila di kota-kota besar saat ini sering terjadi kemacetan yang begitu panjang.

Nah, dari meningkatnya pembelian otomotif serta sering terjadi kemacetan maka bisa dijadikan sebagai “modal” untuk membuka sebuah usahaa UMKM.

kamu bisa memulainya dengan cara membuka jasa cuci kendaraan, jual beli spare part, membuka bengkel mobil atau motor, membuka jasa rental mobil atau motor, dan lain sebagainya.

Tentunya bisnis tersebut dibuka sesuai dengan kemampuan dan keahlian kamu untuk mengembangkannya. Bila ditekuni dengan baik, maka lambat laun usaha tersebut akan berubah menjadi usaha dengan prospek yang begitu menjanjikan.

Selain modal dan keahlian yang dimiliki, hal lain yang perlu diperhatikan adalah survey tentang kebutuhan masyarakat sekitar yang berhubungan dengan dunia otomotif tersebut.

Pengantaran atau Kurir 

Dahulu, bisnis pengantaran ini dipandang sebelah mata karena memang belum terlalu diperlukan seperti sekarang ini. Sejak bisnis online mulai menjamur, maka bisnis pengantaran pun berkembang dengan lebih baik.

Bisnis pengantaran atau kurir ini juga beragam jenisnya, ada bisnis pengantaran antar pulau dan luar negeri. Ada pula bisnis pengantaran khusus di dalam kota yang mengantarkan barang dari satu kecamatan ke kecamatan lain.

Pengantaran seperti itu pun bisa kita garap layaknya gojek yang sudah memfasilitasi kurir dalam kota tersebut. Tentunya dengan adanya bisnis tersebut, sangat disambut baik oleh para pelaku bisnis online yang terkadang memerlukan pelayanan yang cepat agar menarik hati para konsumen.

Bisnis pengantaran dalam kota ini bisa kamu lakukan ketika memang belum memiliki modal yang besar untuk pengantaran antar pulau. Dengan modal Rp25 juta untuk membeli 3 hingga 5 unit motor bisnis tersebut sudah bisa kamu lakukan.

Estimasi modal di atas hanya sebagai gambaran semata. Apabila kamu memiliki ide lain yang lebih menarik tentang bisnis ini, tentu akan lebih baik lagi.

Tour & Travel 

Untuk ide bisnis UMKM ini, destinasi di Indonesia tak ada habisnya, apalagi jika ditambah opsi internasional. (Sumber: Adobe Photo Images)
Untuk ide bisnis UMKM ini, destinasi di Indonesia tak ada habisnya, apalagi jika ditambah opsi internasional. (Sumber: Adobe Photo Images)

Bisnis UMKM berikutnya yang bisa kamu geluti adalah bidang tour & travel. Seperti yang diketahui bersama, wisata saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Seiring dengan berjalannya waktu pula, banyak tempat wisata baru yang memang perlu kamu kunjungi.

Sayangnya, tempat destinasi baru tersebut belum dipromosikan dengan baik. Maka, kamu bisa mengambil peluang tersebut dengan membuat usaha tour & travel.

Membuka usaha ini bisa dimulai dengan memasarkannya kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah kamu. Karena di sekolah biasanya memiliki program study tour ke beberapa tempat penting yang ada di Indonesia.

Selain sekolah bisa pula memasarkannya kepada organisasi yang berada di bawah pemerintah atau pun kantor-kantor swasta. Jangan lupa pula ketika membuka usaha ini, kenyamanan dan pelayanan terbaik sangat diperlukan kepada para wisatawan, agar mereka bisa menggunakan jasa kamu kembali di lain waktu.

Setelah pandemi Covid-19 teratasi, perputaran finansial di bisnis ini akan melonjak tajam dan tak terbendung.

Ekspor & Impor

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, perdagangan lintas negara saat ini sudah semakin ramai.

Jika kamu memiliki produk yang unik dan layak dijual, bisa melakukan ekspor ke negara yang potensial.

Apalagi di zaman serba online ini, kamu bisa memiliki pasar luas di seluruh dunia.

Bisa juga mengimpor barang dari luar negeri jika di Indonesia memang belum ada. Lalu, menjualnya kembali di pasar Indonesia.

Penutup

Apapun bisnis UMKM yang kamu buka, yang terpenting adalah menekuninya dan jangan berputus asa. Yakinlah, bahwa setiap usaha yang dijalankan apabila diawali niat yang baik akan mendatangkan keuntungan yang memang adil dan terbaik bagi kamu.

Keseriusan pemerintah memajukan UMKM di Indonesia tercermin dengan semakin banyaknya kegiatan pelatihan dan sosialisasi oleh kementerian koperasi dan usaha kecil menengah.

Semoga bermanfaat dan usaha yang dijalankan pun semakin maju dan berkembang. Jika kamu ingin tahu lebih dalam lagi tentang seluk-beluk UMKM, kamu bisa mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Exabytes, yaitu SME DigitalFest 2021

Inilah 10 Ide Bisnis Menjanjikan Untuk UMKM! - 2021
SME DigitalFest

SME DigitalFest bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia dan bisnis yang sedang berkembang, dengan mempelajari dan menerapkan transformasi digital. Untuk para wirausaha, enterpreneur hingga pelaku UMKM wajib banget ikutan event ini!

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Exabytes Friends ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments