14 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Bisa Bantu Bayar Kos!

0
1314

Coba ide bisnis untuk mahasiswa agar bisa bantu bayar kos dan penuhi kebutuhan lain selama kuliah dan merantau.

Sebagai mahasiswa, sudah saatnya untuk mulai mandiri tanpa harus mengandalkan uang dari orangtua. Caranya adalah dengan menghasilkan uang melalui berbagai ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dicoba bahkan tanpa perlu modal sama sekali.

Penasaran bukan? Yuk cari tahu selengkapnya di artikel Exabytes satu ini!

Beberapa Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

ide bisnis untuk mahasiswa
Sumber: pixabay

Berikut adalah beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa menghasilkan uang:

Menjadi Agen Asuransi

Bingung bagaimana caranya bisa membayar kos tanpa harus menunggu transferan dari orang tua? Tahukah kalau mahasiswa bisa mencoba menjadi agen asuransi? Agen asuransi bekerja menawarkan produk asuransi kepada calon nasabah potensial.

Meski demikian, pekerjaan ini tidak terikat jam kerja sehingga cocok bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tanpa harus mengganggu jam kuliah.

Saat ini, banyak peluang menjadi agen asuransi dengan jam kerja fleksibel. Jadi, kamu tetap bisa kuliah sekaligus bekerja dengan waktu yang bisa diatur atau disesuaikan. Informasi peluang agen asuransi biasanya tersedia online sehingga bisa dengan mudah didapatkan.

Menjual Barang Bekas

Punya banyak barang bekas (preloved) namun masih sangat layak pakai? Daripada hanya disimpan dan menghabiskan tempat (kamar kos) yang terbatas, sebaiknya jual barang-barang tersebut. Banyak orang yang senang mendapatkan uang dari barang preloved mereka.

Nah, ide bisnis untuk mahasiswa ini bisa kamu mulai dengan memisahkan beberapa barang yang sudah tidak lagi kamu gunakan. Kemudian, lakukan riset agar tahu harga pasar. Dengan begitu, harga yang kamu tawarkan sangat kompetitif sehingga dapat menarik banyak calon pembeli.

Selain memanfaatkan media sosial, coba gunakan platform yang memungkinkan pengguna menawarkan barang atau item preloved.

Bisnis Dropship

Tidak punya modal dan stok barang tetapi bisa berjualan? Tentu saja bisa melalui ide bisnis untuk mahasiswa satu ini. Ya, sebagai mahasiswa, kamu bisa mencoba bisnis dropship. Tawarkan barang kepada orang-orang terdekat atau pengikut media sosial dan kemudian kirimkan produk sesuai pesanan pembeli.

Dropship memungkinkan para mahasiswa untuk bisa menjual berbagai produk tanpa harus memiliki persediaan barang-barang tersebut. Cari toko atau penjual yang membuka peluang dropship dan jadilah dropshipper mereka. Untuk harga, bisa kamu sesuaikan dengan pasaran namun tetap memberikan keuntungan.

Saat memesan barang dan hendak mengirimnya ke pembeli, minta penjual untuk mengirimkan barang tersebut ke alamat pembeli yang kamu berikan. Di beberapa e-commerce, bahkan lebih mudah dimana kamu tinggal pilih opsi “kirim sebagai dropshipper“.

Menjadi Influencer Media Sosial

Media sosial memberikan pengaruh besar kepada para penggunanya. Jadi, tidak heran jika semakin banyak saja yang menjadi influencer. Influencer adalah mereka yang dapat memengaruhi pengguna lain yang biasanya memiliki jumlah pengikut media sosial yang banyak.

Untuk bisa menjadi influencer, kamu bisa terlebih dahulu memahami perbedaan mikro dan makro influencer yang memiliki jumlah pengikut yang berbeda.

Nah, jika kamu punya banyak pengikut di media sosial seperti Instagram, TikTok, atau lainnya, coba ide bisnis untuk mahasiswa satu ini agar bisa mendapatkan uang.

Bekerja Sebagai Pekerja Lepas (Freelancer)

menjadi freelancer
Sumber: pixabay

Pekerja lepas adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang tidak boleh kamu lewatkan. Mengapa? Biasanya, pekerjaan sebagai pekerja lepas atau freelancer menawarkan waktu kerja yang fleksibel. Jadi, kamu bisa bekerja setelah selesai jam kuliah.

Adapun jenis pekerjaan bisa kamu sesuaikan dengan keahlian, misalnya menulis, membuat desain, edit video, entri data, atau lainnya. Sebagai pekerja lepas, kamu bahkan bisa memilih lebih dari satu pekerjaan, terlebih jika punya banyak keahlian.

Bayaran untuk pekerjaan ini juga bervariasi tergantung dari budget yang ditawarkan oleh para pemberi kerja. Menarik, bukan?

Menawarkan Jasa Desain

Punya keahlian dalam desain? Itu artinya, kamu punya peluang dan ide bisnis untuk mahasiswa yang potensial. Caranya adalah dengan menawarkan jasa desain, baik melalui media sosial, website, platform freelancer, dan media lain.

Dengan begitu, kamu bisa mengubah keahlian menjadi ladang mencari uang. Jadi, tidak perlu lagi pusing memikirkan uang kos dan kebutuhan lain meski belum mendapatkan uang kiriman dari orang tua.

Bisnis Catering dan Snack

katering dan cemilan
Sumber: pixabay

Bisnis catering dan snack juga cocok dijadikan sebagai ide bisnis untuk mahasiswa. Bisnis ini bisa kamu mulai dengan modal minim sehingga bisa segera dicoba. Apabila tidak ingin repot dalam mempersiapkan masakan untuk catering, coba tawarkan snack.

Beli berbagai camilan dan kemudian bungkus semenarik mungkin. Selanjutnya, kamu bisa menawarkan camilan tersebut dengan harga yang sesuai dengan kemampuan target pasar. Adapun ide cemilan sangat bervariasi.

Misalnya, kamu sering melihat video tentang basreng pedas atau basi aci instan. Nah, kamu bisa menawarkan makanan tersebut kepada teman-teman di kampus atau mereka yang ada di lingkungan tempat kos.

Membuka Kursus dan Les Online

Apabila punya keahlian, sebaiknya gunakan keahlian tersebut sebagai salah satu ide bisnis untuk mahasiswa. Selain menawarkan jasa sesuai keahlian tersebut, kamu juga bisa membuka kursus atau les online.

Target biasa disesuaikan dengan tingkat penguasaan. Misalnya, kamu mampu mengajarkan dan berbagi ilmu matematik dengan siswa-siswa tingkat SD hingga SMP, buka kursus online dengan siswa tingkat tersebut sebagai target.

Apabila kamu menguasai Search Engine Optimization atau SEO, kamu bisa membuka kursus untuk umum, yaitu mereka yang ingin belajar SEO sebagai target. Adapun biaya kursus atau les bisa sangat bervariasi, namun pastikan kompetitif agar banyak peminatnya.

Jasa Pembersihan Kamar Kos atau Rumah

menawarkan jasa membersihkan kos dan rumah
Sumber: pixabay

Tidak punya keahlian dan malu untuk memulai bisnis online? Mengapa tidak memanfaatkan kebiasaanmu dalam menata dan membersihkan kamar kos? Ya, jasa pembersihan kamar kos dan rumah juga merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa mendatangkan cuan.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba ide bisnis satu ini. Sebagian dari rekan di tempat kos mungkin tidak sempat membersihkan kamar mereka terlebih mereka yang harus kuliah sambil bekerja. Ini merupakan peluang yang baik untuk memulai ide bisnis tersebut.

Delivery Makanan

Punya banyak waktu luang terlebih saat libur kuliah? Itu artinya, kamu bisa melakukan aktivitas produktif lain, misalnya dengan menjalankan ide bisnis untuk mahasiswa seperti menjadi pengantar makanan.

Delivery makanan tentu saja merupakan ide bisnis yang tidak memerlukan modal, terlebih jika kendaraan sudah disediakan oleh pihak restoran atau rumah makan yang menawarkan pekerjaan sebagai pengirim makanan.

Jualan Online

Ide bisnis untuk mahasiswa yang mungkin sudah sangat populer namun tetap memberikan peluang cuan adalah berjualan online. Ada banyak pilihan produk yang bisa kamu tawarkan dan jual secara online. Bahkan banyak yang melabeli dirinya “PALUGADA” apa yang lu perlu, gua ada.

Tentu saja, ini bisa menjadi kesempatan untuk memulai jualan atau bisnis online. Dengan begitu, kamu bisa menyediakan berbagai produk atau barang sesuai kebutuhan para pembeli.

Jasa Perbaikan Barang-barang Elektronik

Suka memperbaiki barang elektronik di rumah maupun saat sudah mulai jadi anak kos? Tampaknya, kamu berpeluang menawarkan jasa perbaikan elektronik sebagai ide bisnis untuk mahasiswa. Waktu pengerjaan yang fleksibel tentu tidak akan mengganggu jam kuliah.

Akan tetapi, ide bisnis satu ini harus benar sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai kamu menawarkan jasa perbaikan namun tidak berpengalaman dalam melakukan reparasi alat elektronik tersebut.

Misalnya, sudah biasa memperbaiki laptop namun kamu juga menawarkan jasa perbaikan televisi padahal belum pernah memperbaiki televisi sama sekali.

Menjadi Penulis dan Penerjemah

Menjadi penulis dan penerjemah tampaknya merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang cocok bagi banyak orang.

Saat ini, banyak pihak yang memerlukan kedua jasa tersebut. Itu artinya, kamu bisa memanfaatkan peluang untuk bisa segera mendapatkan uang agar bisa membantu bayar kos, juga untuk memenuhi kebutuhan lain.

Coba dari teman- teman terdekat terlebih dahulu. Misalnya, ada teman kos yang perlu jasa penulisan tugas atau proposal. Bisa juga menjadi penulis artikel atau dokumen sesuai kebutuhan klien.

Menyediakan Jasa Fotografi dan Videografi

Ide bisnis untuk mahasiswa yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menyediakan jasa fotografi dan videografi. Nah, ide bisnis satu ini cocok bagi mereka yang memiliki hobi, kemampuan, dan pengalaman di bidang tersebut.

Misalnya dengan menjadi fotografer atau videografer acara, seperti seminar, lamaran, pernikahan, atau acara lain.

Kesimpulan

Ide bisnis untuk mahasiswa tidak terbatas hanya pada apa yang disampaikan di atas. Kamu bisa mencoba beberapa ide lain yang juga potensial dan bisa menghasilkan uang.

Ingin membuat website agar bisa menawarkan jasa? Itu artinya, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Exabytes dan melengkapi upayamu dengan memanfaatkan layanan digital marketing. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan akan semakin berkembang dan bisa bertahan dalam waktu lama.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments