Meningkatkan Performa WordPress: Tips Optimasi Cepat dan Mudah

0
1290

Dapatkan tips cepat dan mudah untuk meningkatkan performa WordPress. Pelajari optimasi yang efektif untuk mempercepat waktu muat, kestabilan, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pengguna WordPress mencapai jutaan orang di dunia, platform tersebut tidak hanya mengutamakan kemudahan, tetapi juga fleksibilitas dalam pengelolaan website. Meski begitu, Anda tetap harus rutin meningkatkan performa website WordPress agar kinerjanya semakin baik. 

Ada berbagai cara untuk menjaga performa website agar tetap optimal. Namun sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana pentingnya optimasi website. 

Yuk, simak penjelasan berikut!

Pentingnya Meningkatkan Performa WordPress

meningkatkan performa wordpress

Setelah memiliki website WordPress, apapun jenisnya, tugas Anda selanjutnya adalah meningkatkan performa website. Peningkatan performa ini bisa dilakukan di segi manapun, seperti kemudahan akses, kecepatan, navigasi, SEO konten, dan sebagainya. 

Lantas, apa tujuannya? Tentu saja untuk memperbanyak dan mempertahankan pengunjung. Ini karena website dengan performa yang baik akan selalu muncul di laman pencarian internet. Dengan begitu, potensi klik dari visitor sangat besar. 

Sebaliknya, website WordPress dengan performa yang buruk (lambat) akan mengurangi pengunjung. Berdasarkan data Kissmetrics, sekitar 40% pengunjung akan meninggalkan laman web jika loading speed laman web tersebut melebihi tiga detik. 

Jadi, jika Anda ingin mengembangkan web, mempertahankan visitor, dan mencapai sasaran, Anda harus mengoptimalkan kinerja website. Khususnya adalah kecepatan web. Kenapa? Karena semakin cepat loading suatu situs, semakin banyak pula pengunjung. 

Seperti yang telah disinggung di awal, performa WordPress sangat mempengaruhi peringkat di search engine. Yang pasti, Google tidak asal memunculkan situs di laman pencarian. Ada banyak faktor yang dipertimbangkan, seperti kecepatan dan keterlibatan pengunjung. 

Mesin pencari bisa mendeteksi situs mana yang ramah pengguna dan tidak. Jadi, ketika load speed dan kinerja web Anda bagus, mesin pencari akan dengan cepat memunculkannya. 

Itu artinya, situs Anda berpotensi untuk muncul dengan rank lebih tinggi dibanding situs lain. Tentu saja, alasan utamanya adalah mesin pencari tersebut percaya bahwa situs Anda mampu memberikan pengalaman terbaik bagi semua visitor. 

Satu yang harus Anda pahami adalah optimasi WordPress tidak cukup satu kali. Terlebih, jika umur web semakin lama, otomatis konten juga bertambah banyak. Hal itu bisa menghambat kinerja web sewaktu-waktu. Maka, optimasi performa web harus dilakukan secara teratur. 

Tips Meningkatkan Performa WordPress

Tips Agar WordPress Optimal

Setelah mengetahui pentingnya meningkatkan performa WordPress, Anda bisa segera mempraktikkannya langsung demi kebaikan web Anda. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan performa web terbaik: 

Menggunakan Layanan Hosting Terbaik

Hosting merupakan faktor penting yang mempengaruhi perkembangan suatu web. Dengan kata lain, bagus tidak kinerja web juga tergantung layanan hosting yang diterapkan. 

Artinya, tugas Anda sebagai pemilik dan pengelola web adalah memilih layanan web hosting yang baik dan berkualitas. Yang pasti, langkah ini seharusnya dilakukan sebelum Anda membuat dan mengembangkan web tersebut. 

Web hosting yang Anda gunakan sangat bertanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamanan situs. Ketika host tersebut menjalankan tugasnya dengan baik, situs web juga akan bekerja dengan baik, begitu juga sebaliknya. 

Jenis website dan paket hosting harus sesuai. Jangan sampai paket yang Anda gunakan terlalu minim dari segi apapun sementara website Anda untuk kepentingan e-commerce. Akibatnya, reputasi web akan memburuk dari hari ke hari. 

Pastikan hosting yang Anda pilih memiliki fast and high loading speed, garansi, customer support yang baik, dan sebagainya. Yang tidak kalah penting adalah track record layanan/perusahaan. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin dengan pilihan hosting tersebut. 

Menggunakan Tema WordPress dengan Kualitas Bagus

Template WordPress gratis
Ada banyak pilihan template WordPress gratis yang bisa digunakan untuk membuat website. (Sumber: flickr – high5 themes)

Ternyata, tema juga ikut menentukan baik tidaknya performa web. Terlebih, tema adalah elemen/fitur yang paling menonjol dari segi tampilan. Jadi, pemilihan tema sangat penting untuk meningkatkan performa WordPress.

Sebagai pengguna WordPress, Anda harus mengakses berbagai tema yang tersedia. Anda bisa memilah dan memilih gaya serta fitur dari masing-masing tema. Jadi, dari ribuan tema tersebut, Anda harus jelih untuk menentukan tema yang tidak sekadar bagus, tetapi juga tepat. 

Pemilihan tema harus mendukung kinerja web. Tema juga harus memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus pertimbangkan. Di antaranya adalah:

Fitur

Tentu saja, Anda menginginkan web dengan tema yang dapat mengoptimalkan fungsinya. Maka, usahakan untuk tidak menerapkan tema yang berat. Tema yang berat biasanya bisa memperlambat kecepatan web. 

Demo

Jangan langsung pasang tema web. Anda bisa mencoba atau melihat demo temat tersebut terlebih dahulu. Lihatlah seberapa cepat web akan terbuka, begitu juga semua elemen dalam web. 

Review

Review merupakan pendukung apakah Anda tetap memakai tema tersebut atau mencari tema lain. Jadi, pertimbangkan bagaimana respon para pengguna terkait tema tersebut. 

Support

Mungkin, tema terkesan sepele. Namun ternyata, tema juga bisa bermasalah. Itulah sebabnya, support sangat diperlukan. 

Anda bisa menggunakan tema yang memang full support. Misalnya, untuk mengatasi optimasi speed, trouble, dan lainnya. Jadi, pastikan bahwa developer tema selalu aktif dan responsif. 

Pembaruan

Sebagaimana teknologi lainnya, WordPress selalu mengalami perkembangan setiap waktu. Tema web pun demikian, harus mengikuti perkembangan tersebut. Dengan begitu, tema tetap bisa bekerja dengan maksimal dan kecepatannya juga meningkat. 

Optimasi Gambar

Gambar merupakan bagian penting dalam konten website. Artinya, gambar juga harus SEO agar web tetap berjalan dengan cepat dan lancar. 

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan gambar untuk meningkatkan performa WordPress? Yang pertama, pastikan ukuran tidak terlalu besar. 

Gambar dengan over high resolution bisa menjadi faktor yang memperlambat performa website. Jadi, resize terlebih dahulu gambar tersebut hingga ukurannya sesuai. 

Yang kedua, usahakan setiap gambar konten mengandung deskripsi. Deskripsi tersebut harus memuat keyword yang juga tercantum dalam konten. Secara tidak langsung, gambar tersebut mendukung agar website terdeteksi oleh mesin pencari dengan cepat.  

Menggunakan Cache

Ketika ada yang membuka/mengunjungi web, browser akan memuat apapun yang terdapat di web, seperti file, gambar, kode, dan sebagainya. Proses tersebut bisa memakan waktu tergantung performa web. 

Agar pemuatan berlangsung dengan cepat, Anda perlu menggunakan cache. Cache akan membantu mengurangi beban server. Dengan begitu, loading website akan sangat cepat. 

Ada banyak sekali pilihan cache plugin yang bisa Anda gunakan. Masing-masing cache memberikan pengalaman browsing yang berbeda. Ada cache yang mudah digunakan, tetapi pilihan optimasi sangat sedikit, begitu juga sebaliknya. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan WordPress.com. Platform tersebut akan mengatasi semua itu sehingga Anda tidak lagi pusing masalah penggunaan cache. 

Jadi, Anda yang belum menggunakan WordPress, bisa segera menerapkannya. Tutorial WordPress sangat banyak untuk memudahkan Anda dalam mengelolanya. 

Selain langkah di atas, ada beberapa tips lain untuk menjaga kinerja web agar tetap optimal. Di antaranya adalah menonaktifkan plugin yang tidak digunakan, menggunakan DNS, CDN, dan sebagainya. 

Yang pasti, usahakan untuk terus meningkatkan performa WordPress secara reguler karena WordPress akan terus berubah versi seiring berjalannya waktu. 

Pentingnya Meningkatkan Performa WordPress untuk Keberhasilan Website Anda

Pengguna WordPress mencapai jutaan orang di seluruh dunia, hal itu dikarena platform ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam pengelolaan website.

Oleh karena itu, meningkatkan performa WordPress sangat penting karena akan mempengaruhi jumlah pengunjung dan peringkat di mesin pencari.

Ada beberapa cara untuk menjaga performa website WordPress agar tetap optimal, seperti menggunakan layanan hosting terbaik, memilih tema WordPress dengan kualitas bagus, mengoptimalkan gambar, menggunakan cache, dan melakukan optimasi secara teratur.

Pemilihan layanan hosting yang baik dan berkualitas, serta pemilihan tema yang sesuai, dapat berkontribusi pada kinerja website. Anda bisa menggunakan salah satu layanan WordPress hosting dari Exabytes yang sudah dilengkapi dengan sertifikat ISO 27001.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments