Mengenal Tentang Domain Life Cycle

205
Domain Life Cycle
6 min read

Domain adalah sebuah nama yang unik untuk mengidentifikasi nama server yang ada. Adanya nama domain dapat mempermudah kita dalam mengakses suatu alamat website. Coba bayangkan lebih mudah menggunakan nama domain www.exabytes.co.id dibandingkan deretan angka rumit yang IP Address seperti 104.26.9.137 bukan?

Alamat domain lebih mudah diingat ketimbang deretan angka yang rumit tersebut. Ada banyak jenis ragam domain yang banyak digunakan di internet, jenis dari nama domain tersebut digunakan sesuai dengan tujuan dan juga lokasi negara tersebut.

Domain life cycle
Ilustrasi domain (Sumber: Shutterstock)

Tapi tahukah anda bahwa nama domain tidak selamanya aktif? Ini disebut dengan domain life cycle. Domain life cycle adalah siklus atau masa hidup sebuah domain. 

Beberapa domain yang umumnya digunakan seperti .com, .org, .info, .edu, .id dan lain sebagainya ini tidak selamanya aktif. Ketika anda membeli atau mengaktifkan nama domain, maka domain tersebut secara eksklusif hanya bisa digunakan oleh anda tetapi tidak bisa selamanya.

Simak informasi selengkapnya mengenai domain life cycle di bawah ini.

Mengenal Domain Life Cycle

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa domain life cycle adalah siklus sebuah domain. Jadi tidak selamanya domain aktif. Masa aktif domain paling sedikit adalah satu sampai dua tahun hal itu tergantung saat proses pembeliannya. Jika dalam waktu tersebut jika anda lupa memperpanjang masa aktifnya maka domain akan menjadi expired.

ilustrasi domain - domain life cycle
Ilustrasi domain (Sumber: Shutterstock)

Domain expired adalah domain yang masa aktifnya telah habis, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bahwa jangka waktu kepemilikan domain yang anda beli itu ditentukan oleh anda sendiri dan juga penyedia domain.

Ketika domain sudah masuk masa expired maka jika anda masih tetap tidak memperpanjang, domain tersebut akan secara otomatis terhapus di sistem dan orang lain bisa mengaktifkan kembali domain tersebut.

Maka dari itu, alamat domain yang sudah anda bangun kepopulerannya. Tapi, anda tidak menyadari bahwa domain yang anda aktifkan dan kelola tersebut sudah masuk expired dan bisa saja domain tersebut akan diambil alih oleh orang lain.

Jadi, bagi anda yang saat ini menggunakan domain cek yuk siklus domainnya dan perpanjang domain tepat waktu sekarang juga agar website anda tetap bisa mengudara dan pengunjung tetap nyaman ketika mengunjungi website anda.

Baca Juga  Beli 1 Tahun Domain Asia, GRATIS 1 Tahun

Tahap-Tahap Domain Life Cycle

Kami juga akan memberikan informasi untuk anda pahami mengenai domain life cycle yang berdasarkan ketentuan yang dibuat ICANN (Internet Corporation for Assigned Names And Numbers). Agar anda makin waspada dan hati-hati ketika mengelola domain jangan sampai kehabisan masa aktif.

Apa aja ? Simak penjelasannya dibawah ini :

Domain Available

Ini termasuk status default dari sebuah alamat domain dan siklus hidup domain dimulai dari ketersediaan (available) sebuah domain, yang artinya alamat domain tersebut bisa didaftarkan dan diaktifkan. 

Available ini adalah status domain yang belum pernah didaftarkan atau bisa didaftarkan namun sudah bisa didaftarkan ulang dikarenakan sebelumnya sudah terhapus secara otomatis karena tidak diperpanjang oleh pengguna sebelumnya.

Cara cek domain available ini bisa anda mengunjungi website Exabytes Indonesia di sana nantinya ada kolom untuk cek ketersediaan domain. Jika sudah memutuskan untuk membeli domain anda bisa memanfaatkan promo yang Exabytes tawarkan. Menarik bukan ? Yuk amankan domain unik anda sebelum keduluan orang lain!

Domain Registered

Seperti pada poin pertama bahwa siklus hidup domain dimulai dari domain tersebut tersedia selanjutnya masuk ke siklus hidup kedua yaitu domain registered. Sehingga nama domain tersebut bisa didaftarkan dan juga diperpanjang dengan jangka waktu 1 – 10 tahun sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan anda dengan penyedia domain.

Domain registered ini dapat dibilang domain active. Hal ini karena domain yang sudah didaftarkan maka domain pun aktif dan siap digunakan sesuai dengan waktu yang dipilih di penyedia domain.

Sebagai penyedia domain murah dan juga berkualitas yang telah banyak membantu para pebisnis online, Exabytes Indonesia menyediakan beragam jenis domain yang bisa anda daftarkan dalam jangka panjang. Domain pun tersedia mulai dengan domain .ID hingga domain populer seperti .COM, .NET, .ORG hingga domain .ASIA dan masih banyak lainnya.

Domain Expired

Domain life cycle berikutnya adalah domain expired, setelah sebuah domain masuk siklus hidup yang satu ini maka masa aktif alamat domain sudah habis dan harus segera melakukan perpanjangan.

Tenggang waktu yang diberikan bervariasi antara 30 hari sampai dengan 45 hari berdasarkan ekstensi domain dan juga registar. Di masa tenggang ini anda sebagai pemilik domain dapat segera memperbaharui atau memperpanjang domain dengan harga semula tanpa ada denda/penalti.

Redemption Period

Jika domain anda sudah memasuki expired namun masih belum diperpanjang masa aktifnya sampai masa tenggang memperpanjang domain berakhir, maka secara otomatis domain anda akan masuk ke siklus redemption period.

Baca Juga  Domain.ID Naik Harga , Sebelum Akhir Bulan Yuk Dibeli atau Perpanjang

Di siklus ini domain anda sudah dihapus oleh domain registrar secara manual, sehingga domain anda sudah tidak bisa lagi diakses. Namun anda tetap bisa mengaktifkan nama domain ini meskipun sudah masuk ke siklus yang satu ini.

Tapi biasanya biaya yang harus anda keluarkan akan jauh lebih mahal ketimbang memperpanjang seperti biasa. Biaya nya akan bervariasi untuk setiap ekstensi domain.

Domain Masuk Daftar Antrian untuk Dihapus

Setelah domain melewati siklus redemption period, maka nama domain akan berstatus “Pending Delete” di registry domain sampai dengan 5 hari. Jika sudah masuk ke siklus ini nama domain sudah tidak bisa anda aktifkan, dipulihkan, diperpanjang atau didaftarkan ulang.

Jika anda ingin nama domain anda kembali, maka cara satu-satunya menunggu sampai nama domain tersebut tersedia kembali untuk didaftarkan.

Domain Available for Registration

Domain life cycle yang terakhir adalah domain available for registration. Setelah siklus pending delete selama 5 hari yang sebelumnya tidak dapat anda pulihkan kembali. Sekarang domain tersebut sudah tersedia kembali untuk umum dan siap didaftarkan berdasarkan first come first serve.

Kesimpulan

Inilah poin tentang domain life cycle yang akan dilalui oleh sebuah nama domain. Sudah jelas bukan sekarang siklus hidup sebuah domain. Oh iya! Sekali lagi kami mengingatkan untuk anda yang memiliki domain, kami menyarankan anda untuk cek secara rutin mengenai status domain yang anda miliki.

Ilustrasi orang melihat domain
Jangan lupa untuk cek domain anda secara rutin (Sumber: Shutterstock)

Selalu pastikan nama domain anda tidak expired atau tidak melebihi jatuh tempo perpanjangan agar anda tidak perlu membayar lebih mahal ketika akan mengaktifkannya kembali dan untuk mencegah kehilangan domain secara permanen.

Perlu diingat, anda berhak untuk mendapatkan layanan optimal, baik untuk hosting hingga domain. Jika anda menggunakan layanan domain dari Exabytes Indonesia, maka anda tidak perlu khawatir karena kami selalu mengingatkan dengan memberikan informasi beberapa hari sebelum domain anda jatuh tempo. Transfer domain ke Exabytes untuk pelayanan yang lebih optimal. Yuk, langsung aja berlangganan dengan Exabytes!

Jangan ragu untuk berlangganan artikel dari Exabytes, karena jika anda berlangganan anda akan tau lebih dulu tentang informasi seputar promo domain murah maupun layanan hosting terbaik dari Exabytes Indonesia.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya !

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments