Ini 10 Cara Meningkatkan Keamanan Website!

134
Cara Meningkatkan Keamanan Website
10 min read

Hi, Exabytes Friends!

Jika sebelumnya kamu sudah membaca 7 alasan pentingnya keamanan website untuk bisnis, sekarang mari simak 10 cara meningkatkan keamanan website.

Kalau kamu memiliki situs web, mungkin kamu berpikir bahwa tidak ada banyak peluang bagi cyber criminal untuk menargetkan situs kamu. Namun, sebelum kita sampai pada itu, mari kita mundur sejenak dan mempertimbangkan apa arti situs web bagi kamu.

Sebagai seorang individu, kamu mungkin hanya memiliki situs web pribadi atau bahkan bisnis online kecil yang menurut kamu dapat diabaikan. Ada nilai dalam segala hal dan bahkan situs kecil menyimpan semacam data. Mungkin nama login dan kata sandi yang kamu gunakan di semua akun online kamu? Jika kamu memiliki bisnis kecil, situs web kamu mewakili merek dan reputasi kamu, bersama dengan banyak informasi lain yang lebih berharga, yang tidak hanya milik kamu, tetapi juga pelanggan kamu.

Jika kamu pernah membaca artikel dari Forbes, The Economist atau sejumlah perusahaan keamanan Internet di luar sana, sangat mungkin kamu mengetahui istilah ‘Data adalah Minyak baru.’ Ini telah menjadi salah satu aset paling berharga yang tersedia secara online saat ini (dan maka kita melihat munculnya VPN) dan sama seperti apa pun, dapat dicuri dan diperdagangkan atau ditukar.

Apa itu keamanan website?

Meningkatkan keamanan website kini sudah menjadi suatu keharusan. (Sumber: Adobe Photo Images)
Meningkatkan keamanan website kini sudah menjadi suatu keharusan. (Sumber: Adobe Photo Images)

Secara umum, web security atau keamanan web mengacu pada tindakan perlindungan dan protokol yang diadopsi oleh pengelola web untuk melindungi dan mengamankan data situs web dan server agar tidak terpapar oleh penjahat dunia maya atau untuk mencegah eksploitasi situs web dengan cara apapun. Keamanan web sangat penting untuk kelangsungan bisnis dan untuk melindungi data, pengguna dan perusahaan dari berbagai risiko.

Pengamanan website bisa melindungi situs dari:

  • DDoS.

Serangan Distributed Denial of Service (DDoS) ini dapat memperlambat atau merusak situs sepenuhnya, sehingga tidak dapat diakses oleh pengunjung.

  • Malware.

Singkatan dari “malicious software” (perangkat lunak perusak), malware adalah ancaman yang sangat umum digunakan untuk mencuri data sensitif pelanggan, mendistribusikan spam, “mengizinkan” penjahat dunia maya untuk mengakses situs dan banyak lagi lainnya.

  • Blacklist.

Blacklist (daftar hitam) bisa membuat website terhapus dari hasil mesin telusur yang ditandai dengan peringatan yang membuat pengunjung tidak bisa menemukan web, jika mesin telusur menemukan malware di web tersebut.

  • Eksploitasi kerentanan

Penjahat dunia maya dapat mengakses situs dan data yang tersimpan di dalamnya dengan cara mengeksploitasi area lemah di situs, seperti plugin yang sudah ketinggalan zaman.

  • Defacement

Serangan ini menggantikan tampilan dan konten situs web dengan konten apapun yang dikehendaki oleh penjahat dunia maya.

Cara meningkatkan keamanan website

Website dapat difungsikan untuk blog pribadi, portal berita, company profile perusahaan atau komunitas, hingga toko online. Anda tidak perlu memahami bahasa pemrograman untuk dapat membuat website. Terdapat berbagai macam pilihan CMS, website builder dan plugin yang dapat memudahkan pembuatan dan pengelolaan website.

Dalam menarik pengunjung, atau konsumen baru, biasanya pemilik website akan berusaha untuk membuat website yang user-friendly dan cepat diakses. Namun, ada satu poin lagi yang sering terlewat untuk diperhatikan juga, yaitu keamanan website.

Penjahat dunia maya tidak akan peduli jika situs web kamu kecil, mereka menggunakan alat yang menjalankan pengujian gratis di setiap situs yang mereka temui, hanya mengumpulkan informasi. Jika mereka tidak dapat menggunakan informasi tersebut, mereka selalu dapat menjualnya kepada orang lain yang bisa.

Ingatlah bahwa siapa pun yang mengunjungi situs kamu dapat dianggap sebagai pelanggan, bukan hanya mereka yang melakukan pembelian dari kamu.

Berikut setidaknya 10 cara meningkatkan keamanan website, yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan operasi bisnis.

Gunakan SSL. 

Penggunaan Secure Sockets Layer (SSL) merupakan hal paling utama untuk membuat website aman. Penggunaan SSL akan nampak pada alamat domain website yang diawali dengan “https” atau dengan icon gembok pada domain tersebut yang meni bahwa koneksi antara browser dengan server website berjalan dengan aman dan terenkripsi.

Baca Juga  Simak 7 Alasan Kenapa Keamanan Website Penting Untuk Bisnis

Website dengan enkripsi https telah ditandai Google sebagai website yang aman, sedangkan website dengan http ditandai dengan ‘not secure’ atau tidak aman. HTTPS merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure. Http membuat website dengan transaksi keuangan seperti misalnya website e-commerce semakin aman dan datanya terenkripsi. Untuk mendapatkan SSL ini, kamu dapat menghubungi pihak penyedia layanan atau kamu juga bisa mempercayakan ke Cloud Raya.

Selalu update CMS website. 

Sangat penting untuk memastikan menggunakan versi CMS yang terbaru dan terupdate. Hal ini bertujuan untuk menghindari peretasan yang dilakukan hacker yang menggunakan metode hacking secara otomatis yang hanya dapat bekerja pada software yang sudah usang atau tidak pernah diupdate. Software yang sudah usang sangat mudah di hack dengan menggunakan bots yang melakukan scanning dan mencari celah secara terus menerus untuk dibobol. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan CMS versi terbaru pada website kamu.

Perhatikan konfigurasi server. 

Pertama kamu harus mengetahui apa saja jenis konfigurasi yang digunakan pada web server, misalnya Apache, Nginx, dan Microsoft IIS. Hal ini bertujuan untuk menerapkan pengaturan tertentu yang akan bekerja pada server sesuai dengan perintah untuk meningkatkan keamanan website. Web server ini merupakan software yang bekerja pada web client, supaya browser dapat menampilkan halaman dan data yang diminta.

Gunakan satu situs untuk satu server. 

Web hosting dengan shared IP atau beberapa website yang menggunakan satu lokasi IP address memang cukup populer, namun sayangnya hal ini malah dapat memicu risiko cyber crime yang lebih besar. Hosting lima situs pada satu server jelas akan lebih beresiko dibandingkan jika menggunakan dedicated IP Address. Karena hacker dapat menemukan kelemahan suatu situs dan dapat menyebar ke situs lainnya. Kerugiannya adalah data yang hilang, proses recovery yang membutuhkan waktu dan usaha, serta kemungkinan masih bisa terkena serangan lagi karena masih dalam satu circle IP Address yang sama. Namun jika menggunakan dedicated IP Address, maka kamu dapat memastikan traffic yang menuju ke IP Address tersebut hanya akan masuk ke website kamu.

Batasi akses pengguna. 

Jika website yang kamu kelola memiliki beberapa login, maka sangat penting untuk membatasi akses setiap penggunanya. kamu dapat mengatur peran pengguna yang login ke website kamu. Misalnya admin, editor, anggota, dan lain sebagainya. Hal ini biasanya berlaku pada blog. Hal ini merupakan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko kerusakan yang diakibatkan oleh human error.

Perkuat password. 

Selalu ingat untuk menggunakan kombinasi password yang rumit dan sulit. Gabungkan huruf dengan tanda baca, sisipkan huruf besar, angka, simbol, dan lain sebagainya. Pastikan password tersebut tidak tertebak atau tidak mencerminkan kepribadian kamu. Misalnya hobi, tanggal lahir, dan hal lain yang mudah ditebak orang lain. Sebisa mungkin ganti password secara rutin, apalagi jika kamu merasa password sudah usang. Dan jangan gunakan password untuk semua akses login website kamu, melainkan selalu gunakan password yang berbeda-beda. Jika kamu kesulitan mengingat kombinasi password yang dibuat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi password generator seperti One Password dan Bitwarden. Namun selalu ingat master password kamu dan jangan menyebarkannya dimanapun.

Ganti pengaturan default CMS. 

Setelan default CMS website memang mudah digunakan bagi pemula. Selain pengaturannya yang sederhana, pengoperasiannya juga mudah dan cepat. Namun hal ini berbahaya bagi keamanan website kamu. Default CMS sangat berbahaya untuk keamanan end user. Seperti yang kita ketahui, serangan hacker dilakukan secara otomatis dan banyak yang memanfaatkan pengaturan default dari CMS. Dengan mengubah setelah default CMS, kamu dapat menghindari sejumlah serangan cyber crime pada website.

Backup data website. 

Backup dilakukan untuk menyelamatkan data-data jika seandainya website berhasil dibobol. Jika data kamu dicuri, diubah, atau disandera, kamu masih memiliki cadangan data yang aman di tempat lain. Sehingga kamu tidak perlu membayar sejumlah dana untuk kasus Ransomware. Sangat penting untuk melakukan backup data pada website secara rutin, apalagi website dinamis dengan perubahan data yang cukup sering. kamu dapat mempercayakan proses backup data website ini kepada Cloud Raya karena kami partner resmi Acronis untuk cloud backup yang aman.

Baca Juga  Mengapa Web Security Itu Penting?

Install ekstensi yang terpercaya. 

CMS biasanya dilengkapi dengan banyaknya pilihan aplikasi ekstensi yang tersedia untuk diinstall pada website. Misalnya saja plugin, add-ons, dan lain sebagainya. Menambahkan ekstensi hampir sama dengan menambah fitur-fitur pada website kamu. Namun di satu sisi, kamu perlu berhati-hati karena ekstensi bisa saja menjadi celah berbahaya yang bisa dimanfaatkan oleh hacker. Jadi penting untuk hanya menginstall ekstensi yang terpercaya dan dari sumber yang resmi.

Perhatikan akses user untuk file permission. 

File permission merupakan hak akses user dalam read, write, dan execute file dalam website. Read adalah hanya melihat isi file, write adalah mengubah isi file, dan execute adalah menjalankan file program atau script. Ada tiga jenis pengguna dalam website yaitu owner, group, dan public. Masing-masing memiliki pengaturan dan batasan tersendiri terhadap akses read, write, dan execute. Pastikan komposisi untuk ketiga bagian ini sesuai.

Data Security

Ini 10 Cara Meningkatkan Keamanan Website! - 2021
Selain meningkatkan keamanan website, pastikan semua data terproteksi dengan baik. (Sumber: Adobe Photo Images)

Selain keamanan web, ada satu hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu data security (keamanan data). Menurut ForcePoint, keamanan data adalah sebuah prosedur dengan dukungan dari regulasi dan teknologi untuk melindungi data dari perusakan data, modifikasi data, serta penyebaran data baik yang disengaja maupun tidak.

Selain itu, Technopedia juga memiliki pendapat yang kurang lebih sama dengan ForcePoint  tentang data security. Intinya, data security merupakan perlindungan terhadap data digital yang bersifat privat untuk mencegah akses yang tidak diinginkan terhadap komputer, database, maupun website.

Singkatnya, data security merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengamankan data, khususnya data digital dari jangkauan “tangan-tangan nakal.”

Alasan mengapa keamanan teknologi untuk data sangat penting untuk keberlangsungan operasi bisnis mirip dengan alasan perlunya keamanan website, yaitu 3 hal berikut ini:

Mencegah Pelanggaran Hukum dan Pencurian Data. 

Alasan pertama mengamankan data adalah untuk mencegah tindakan pencurian data. Hal ini tentu sebaiknya tidak dianggap sepele. Yang sempat ramai dibicarakan adalah kebocoran jutaan data pemilih yang ada di server milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tahun 2020 lalu, dilansir dari Kantor Berita Nasional Antara. Hal itu sebenarnya dapat diantisipasi apabila semua stakeholder lembaga negara maupun perusahaan memiliki sistem keamanan data digital yang baik dan mumpuni.

Menjaga Privasi Konsumen. 

Berikutnya adalah dengan menjaga keamanan data konsumen, maka kamu pun juga turut menjaga privasi mereka. Ingat, konsumen terkadang tidak ingin data mereka terekspos dengan gamblang. Maka kamu bisa meminta data mereka seperlunya saja. 

Kemudian, bila ingin menggali data tersebut sebaiknya melalui persetujuan terlebih dahulu. Di samping itu, konsumen tidak ingin merasa diawasi terus menerus mengenai data yang mereka berikan.

Menjaga Reputasi Perusahaan.

Alasan lainnya mengapa kamu perlu memberikan perlindungan dan keamanan data yang optimal adalah untuk menjaga reputasi perusahaan. Hal ini penting terlebih lagi bila perusahaan kamu bergerak di bidang finansial maupun perbankan. 

Dengan memberikan perlindungan data secara optimal, maka akan meningkatkan kepercayaan kepada konsumen. Mereka juga akan merasa tenang dan nyaman. Sehingga akan menciptakan customer experience yang positif. Ketika konsumen mendapatkan customer experience yang baik bukan tidak mungkin mereka akan loyal terhadap brand maupun produk kamu.

Gunakan SSL Segera!

SSL adalah kunci penting untuk meningkatkan keamanan website. (Sumber: Adobe Photo Images)
SSL adalah kunci penting untuk meningkatkan keamanan website. (Sumber: Adobe Photo Images)

Kesimpulannya, untuk memberikan keamanan terhadap website, langkah pertama yang harus dilakukan adalah perlunya memasang SSL, yaitu suatu protokol yang dimanfaatkan untuk mengamankan komunikasi di internet, biasanya antara website dan pengunjung laman.

Acap kali, pemakaian SSL direkomendasikan dalam halaman pembayaran, log in, opt-in forms, dan lainnya. Jika kamu membutuhkan layanan SSL, kamu dapat membeli SSL di Exabytes Indonesia dimana dengan menggunakan SSL akan meningkatkan keamanan website, mencegah pihak ketiga memiliki akses ke data-data pribadi pelanggan hingga memberikan kepercayaan pengunjung website. Kunjungi segera Exabytes Indonesia untuk mendapatkan SSL terbaik!

Demikian artikel mengenai cara meningkatkan keamanan website. Semoga bermanfaat untukmu!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments