Promo WordPress Hosting
2 min read

Hi Exabytes Friends!

Yuk kenalan sama Wapuu! Temen-temen ada yang tau gak Wapuu itu apa? Wapuu adalah maskot resmi komunitas WordPress yang secara khusus didesain di Jepang pada tahun 2011. Nih, cek langsung aja betapa lucunya karakter ini, guys!

Promo WordPress Hosting

Pengen kenal lebih dekat sama karakter lucu ini, Exabytes Friends? Yuk, semuanya merapat karena Exabytes lagi pengen bahas asal-usul maskot Wapuu, nih.

Bagaimana Wapuu Diciptakan?

  1. Semua berawal dari event after-party WordCamp Tokyo di tahun 2009.

Di event tersebut, pendiri WordPress sekaligus Automattic, Matt Mullenweg, berusaha mencari gagasan baru untuk mempromosikan WordPress di Jepang. Dari sekian banyak ide yang terlontar, Matt tertarik dengan sebuah ide yang mengusulkan agar WordPress menciptakan maskot untuk komunitas Jepang. Alasannya adalah pada saat itu, Firefox, Android, dan Reddit sudah memiliki maskot yang populer, dan komunitas WordPress Jepang berpikir sudah saatnya bagi Jepang untuk mempunyai maskotnya sendiri.

  1. Memilih penanggung jawab yang bertugas untuk merealisasikan konsep maskot tersebut.

Matt merasa sangat antusias dengan ide tersebut dan dalam beberapa minggu, ia menunjuk Naoko Takano, seorang anggota aktif di komunitas WordPress Jepang, untuk memimpin penyusunan konsep maskot tersebut secara lebih detail.

  1. Menemukan ilustrator yang tepat untuk mendesain maskot.

Gak lama setelah itu, WordPress Jepang menunjuk Kazuko Kaneuchi untuk mendesain maskotnya. Kazuko sendiri terpilih karena Naoko merasa puas dengan hasil kerja sama mereka sebelumnya. Awalnya, Kazuko dijanjikan akan dibayar sejumlah uang, tetapi ia menolak dan memilih untuk memberikan hasil desainnya sebagai hadiah untuk komunitas WordPress.

  1. Karakter Wapuu diperkenalkan kepada publik secara resmi pada bulan Februari 2011 di WordCamp Fukuoka.

Pada bulan Mei 2010, desain awal Kazuko disetujui dan sejak saat itu, terbentuklah karakter Wapuu yang kita kenal saat ini. Peresmian karakter Wapuu dilaksanakan pada bulan Februari 2011 di WordCamp Fukuoka. Meskipun sudah diresmikan, karakter Wapuu masih belum memiliki nama.

  1. Melakukan pemungutan suara untuk memberi nama karakter Wapuu.  

Enam bulan berselang, WordPress mengadakan pemungutan suara secara online untuk memilih nama yang tepat untuk karakter itu. Dan ternyata, nama yang paling banyak dipilih warganet adalah ‘Wappy’. Akan tetapi, karena masalah merek dagang, ‘Wapuu’ lah yang keluar sebagai pemenangnya.

  1. Wapuu mendunia.

Meskipun pertama kali diciptakan untuk komunitas Jepang, Wapuu sudah mengglobal sekarang. Yang artinya, Wapuu telah menjadi maskot WordPress di seluruh dunia yang mempromosikan komunitas WordPress sekaligus menyatukan orang-orang. Makanya, gak heran kalo temen-temen bisa menjumpai Wapuu dimana aja dan dalam bentuk apa aja, mulai dari mug, magnet, pin, kaus hingga baju bayi!

Nah, itu dia sejarah singkat tentang Wapuu! Gimanaaa? Seru yah! Makanya, dateng yuk ke WordCamp Jakarta 2019 pada tanggal 16 Februari 2019 di Hotel Ibis Styles Sunter, biar bisa ketemu karakter menggemaskan ini secara langsung!

(Credit to: Theresia Shirley)

 

Promo WordPress Hosting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here