Mengenal Sosok Dibalik Kesuksessan WordPress, Matt Mullenweg

77
2 min read

Mengenal Sosok Dibalik Kesuksessan WordPress, Matt Mullenweg

Happy Wednesday to All Exabytes Friends!

Buat kalian yang para blogger atau web developer pasti udah gak asing lagi dengan platform WordPress. Ya, WordPress adalah sebuah software yang bisa diinstall di server atau hosting untuk membuat website, baik website pribadi, website portal berita atau website e-commerce sekalipun.

Meskipun fitur-fitur di WordPress gak semuanya gratis, namun platform ini berhasil mendominasi pasar website di dunia loh! Ini artinya, WordPress memiliki karakteristik unik dan langkah yang membuatnya lebih dipilih untuk mengembangkan blog atau website.

Nah, bagi Exabytes Friends yang menggunakan platform WordPress, pada tau gak siapa sosok dibaliknya? Dia adalah Matt Mullenweg, seorang pria kelahiran Texas, Amerika Serikat pada 35 tahun silam. Penasaran dengan cerita sukses pendiri raksasa platform pembuatan website ini? Yuk, simak kisahnya disini, guys!

  1. Awal berdirinya WordPress

Semua berawal di tahun 2002 ketika Matt muda lagi senang-senangnya menggunakan fasilitas blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasikan foto-foto perjalanan liburannya. Akan tetapi, gak lama kemudian, blog tersebut berhenti mengembangkan softwarenya. Matt muda yang kreatif mempunyai ide untuk melakukan pengembangan pada kode b2 dan dengan bantuan rekan-rekannya, lahirlah WordPress versi 0.70 yang berbasis b2 pada 27 Mei 2003.

  1. Seorang mahasiswa Drop Out (DO) yang inovatif

Pada awalnya, Matt terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Politik di University of Houston, Texas. Namun, karena passion yang besar di bidang teknologi komputer dan programming, Matt memilih untuk drop out di tahun 2004 dan bekerja pada CNET Network di San Fransisco.

Baca Juga  Sosok Dibalik Suksesnya Warteg di Era Digital

CNET Network ternyata menjadi tempat dimana Matt ‘pensiun dini’ karena di tahun 2005, Matt memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan memfokuskan dirinya pada WordPress. Di tahun yang sama, berkat pemikiran inovatifnya, Matt berhasil meluncurkan dua terobosan sekaligus: aplikasi Akismet yang berfungsi untuk memblokir komentar spam dan perusahaan Automattic yang bertujuan untuk menyokong perkembangan WordPress dan Akismet.

  1. Menjadi miliarder di usia muda

Di usia 28 tahun, Matt dinobatkan oleh Forbes sebagai pengusaha dibawah 30 tahun yang gemilang dan berprestasi dalam kategori media, dengan total kekayaan bersih sekitar USD 40 juta atau Rp 570 miliar. Sifatnya yang pantang menyerah dan daya pikirnya yang kreatif telah mengantarkan Matt menjadi miliarder muda. Gak cuma itu, Matt juga berhasil mengembangkan WordPress hingga menjadi software yang memiliki nilai valuasi USD 1,16 miliar (Rp 16,5 triliun) dan masuk ke dalam daftar 30 situs teraktif di dunia. Wah, inspiratif banget yaaa, bagus nih buat ditiru!

Nah, sekarang udah tau dong siapa tokoh dibalik suksesnya WordPress? Mau kenal lebih dekat dengan persona dibalik suksesnya WordPress, Matt Mullenweg? Yuk dateng ke WordCamp Jakarta 2019 pada tanggal 16 Februari 2019 di Hotel Ibis Styles Sunter, dan cari tahu kiat-kiat sukses langsung dari ahlinya!

(Credit to: Theresia Shirley)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here