Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Saat Memilih Dedicated Server

52
Hindari Kesalahan Dalam Memilih Dedicated Server
4 min read

Saat Anda membeli dedicated server sendiri, tidak jarang menjadi kewalahan oleh banyaknya informasi yang tersedia, terutama karena beberapa di antaranya dapat bertentangan. Ada ratusan opsi yang tersedia dan ribuan server tertentu, masing-masing dengan spesifikasinya sendiri. 

Saat memilih server, ada beberapa kesalahan umum yang perlu Anda hindari untuk memastikan bahwa Anda menemukan server terbaik untuk kebutuhan Anda. Yuk, simak artikel berikut ini!

Dedicated server
Dedicated Server (Adobe Stock)

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah fasilitas server dengan skala penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Artinya, jika kamu memutuskan untuk membeli sebuah layanan server ini, maka kamu akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server. 

Kamu bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin kamu gunakan sendiri, menginstal software aplikasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lengkap server ini, kami sarankan untuk membaca artikel tentang mengenal dedicated server.

Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Saat Memilih Dedicated Server - 2021
Dedicated Server (Adobe Stock)

5 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memilih Dedicated Server

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat memilih dedicated server yaitu:

Mengabaikan Fitur Keamanan

Mengingat meningkatnya kejahatan dunia maya, Anda perlu memastikan bahwa server Anda memiliki keamanan pusat data yang kuat. Perlu juga dipertimbangkan server yang menawarkan fitur keamanan tambahan seperti perlindungan DDoS. 

Baca Juga  New Normal Promo Juli

Semakin banyak fitur keamanan yang bisa Anda dapatkan untuk tingkat harga Anda, semakin besar ketenangan pikiran Anda – dan ini juga berlaku untuk klien juga lho!

Mengabaikan Dukungan Teknis dan Pelanggan

Server khusus hanya sebagus fitur teknis dan dukungan pelanggannya. Jika server Anda mati dan Anda tidak dapat menghubungi siapa pun sampai hari berikutnya, maka Anda akan kehilangan bisnis, dan reputasi Anda mungkin rusak. 

Maka dari itu, temukan server khusus yang menawarkan perpanjangan jam dukungan teknis dan Pelanggan atau bahkan ketentuan 24/7.

Memilih Spesifikasi yang Salah

Mendapatkan spesifikasi yang tepat sangat penting; terlalu rendah dan server Anda tidak akan dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda, tetapi Anda tidak ingin membayar lebih dari kemungkinan ruang yang tidak Anda perlukan. 

Sebelum mempertimbangkan dedicated server, Anda perlu menetapkan dengan tepat apa yang dibutuhkan bisnis Anda dalam hal RAM, penyimpanan, dan bandwidth. Setiap perusahaan server terkemuka akan dapat menawarkan rekomendasi dari pengalaman mereka untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan kesepakatan terbaik.

Melupakan skalabilitas

Meskipun Anda mungkin perlu menetapkan spesifikasi bandwidth dan RAM untuk saat ini, kebutuhan bisnis bersifat dinamis, berkembang, dan berubah sepanjang waktu. Saat memilih server, pastikan ada fleksibilitas dalam rencana Anda untuk skalabilitas di masa mendatang sehingga server Anda dapat berubah dan tumbuh sejalan dengan bisnis Anda. 

Baca Juga  Mengenal Dedicated Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Ini akan menghemat kerumitan masa depan Anda dalam jangka panjang, mengetahui bahwa penyedia server khusus Anda akan menawarkan fleksibilitas yang Anda butuhkan

Salah Memilih Lokasi

Lokasi pusat data yang menampung server khusus Anda memiliki dampak besar pada efisiensi server Anda. Jika pusat data terlalu jauh, itu dapat memperlambat kecepatan situs web Anda. Semakin jauh jaraknya, semakin tinggi latencynya.

Jarak jauh akan secara signifikan menurunkan kecepatan pemuatan situs web Anda dan pengguna akan dengan cepat menjauh. Memilih pusat data yang lebih dekat dengan tempat usaha Anda adalah cara yang bagus.

Informasi di atas merupakan beberapa kendala yang sering dialami oleh sebagian pengguna. Jadi sebaiknya hindari hal-hal tersebut ketika memilih dedicated server.

Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Saat Memilih Dedicated Server - 2021
Dedicated Server Exabytes

Sebagai informasi, Exabytes Indonesia juga menyediakan layanan dedicated server. Dedicated server dirancang khusus untuk meningkatkan performa website yang memiliki traffic tinggi dan resource yang besar. Beragam fitur dan layanan yang kami miliki guna mendukung website anda seperti gratis backup, perlindungan terjamin hingga layanan support 24/7. Kunjungi Exabytes Indonesia untuk informasi selengkapnya.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada Exabytes Friends semua tentang kendala-kendala server dan bagaimana cara untuk memperbaikinya serta lebih bijaklah dalam memilih layanan Dedicated Server untuk perencanaan sistem yang lebih baik dan stabil. 

Semoga membantu!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments