Mengenal Dedicated Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

1158
Mengenal Dedicated Server
10 min read

Tahukah kamu kalau ada banyak pilihan server yang bisa dipilih di luar sana? Dan salah satu opsi terpopuler adalah dedicated server. Yuk simak artikel berikut ini, kami akan mengupas segala yang perlu kamu ketahui tentang dedicated server mulai dari pengetahuan dasar hingga ulasan tentang kelebihan dan cara kerjanya.

Apa Yang Dimaksud Dedicated Server?

Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah fasilitas server dengan skala penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Artinya, jika kamu memutuskan untuk membeli sebuah layanan hosting dedicated server, maka kamu akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server. 

Dedicated Server
Dedicated Server (Source: Adobe Stock)

Kamu bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin kamu gunakan sendiri, menginstal software aplikasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri dan lain sebagainya.

Fungsi Dedicated Server

Dedicated server memiliki kegunaan di antaranya dapat meningkatkan traffic SEO, bebas melakukan kustomisasi, keamanan penyimpanan terjaga dan kegunaan lainnya yang dapat selengkapnya dibaca dalam artikel ini.

Selain itu, ada beberapa fungsi yang bisa kamu peroleh jika menggunakan server jenis ini untuk mengelola website, yaitu:

  • Memiliki kendali penuh atas data yang disimpan.
  • Mendapat kapasitas penyimpanan lebih besar dibanding hosting.
  • Kapasitas atau memori penyimpanan tidak terbagi-bagi dengan pengguna lain.
  • Fleksibel, karena selain digunakan untuk membuat website, kamu juga bisa memanfaatkan server sebagai tempat penyimpanan data (library).

Meski memiliki fungsi yang sangat berguna dan menarik untuk dicoba, namun jenis server yang satu ini kurang cocok atau bahkan tidak disarankan untuk kamu yang menggunakan website sebagai blog pribadi atau portfolio. 

Siapa Yang Menggunakan Dedicated Server?

Tipe hosting Dedicated Server cocok sekali untuk perusahaan besar yang membutuhkan resource yang besar, serta memiliki traffic website yang tinggi. Memiliki modul tertentu yang tidak dimiliki dalam layanan shared hosting, serta mengutamakan tingkat keamanan data yang tinggi.

Website yang tepat untuk menggunakan Dedicated Server seperti:

  • Website Toko Online / Online Shop
  • Website Pemerintahan
  • Website Perusahaan
  • Website Berita (News Portal)
  • Website Bisnis 

Kapan Saatnya Harus Menggunakan Dedicated Server?

Ada kalanya kita diharuskan untuk melakukan yang namanya pindah server hosting. Pernahkah websitemu berjalan cepat di pagi hari tapi berjalan sangat lambat di malam hari? Nah, ketidakstabilan tersebut merupakan tanda yang harus pindah ke dedicated server.

Jadi apa saja sih tanda-tanda kalau kita perlu pindah server hosting? Berikut adalah beberapa poin yang bisa jadi pertimbangamu.

Downtime

Salah satu tanda server web hosting yang sudah tidak kuat untuk menampung blog kita biasanya akan ditandai dengan yang namanya downtime. Downtime adalah posisi dimana blog kita tidak bisa diakses, baik dari back end maupun front end. Jika hanya sekali atau 2 kali bisa saja dari sisi hosting sedang melakukan maintenance berkala dan lupa menginformasikan kepada customernya. Namun, berbeda halnya jika downtime ini berlanjut sampai hitungan jam atau mungkin berhari-hari.

Hal ini justru akan merugikan dari sisi penghasilan karena secara otomatis pasti membuat pendapatmu menurun. Selain itu downtime juga akan mempengaruhi posisimu di mesin pencari.

Pesan Error

Jika kamu adalah blogger lama, pasti sudah tidak asing lagi dengan pesan error yang sering muncul di halaman WordPress. Beberapa diantaranya adalah Error Establishing Database Connection, Internal Server Error, White Screen of Death, dan lain sebagainya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi error-error tersebut. Namun jika error masih saja berlanjut, bisa jadi server hosting memang sedang bermasalah. Pindah ke hosting Dedicated Server merupakan langkah yang tepat jika error ini kerap terjadi.

Baca Juga  New Normal Promo Juli

CS Slow Respon

Bantuan support 24 jam merupakan salah satu aspek yang harus dipertimbangkan untuk memilih suatu hosting. Jika hosting kamu saat ini memiliki pelayanan yang kurang cepat, disarankan untuk segera pindah hosting Dedicated Server. Hal tersebut nantinya akan berpengaruh ketika kamu sedang mengalami masalah.

Lemot

Kecepatan akses sebuah website juga merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Website yang memiliki akses cepat, akan lebih nyaman diakses visitor. Lambatnya akses sebuah website dapat dipengaruhi oleh besarnya file website atau resource website kamu. Tidak dapat ditepis pula, apabila sebuah website yang lambat juga dapat dipengaruhi oleh terlalu banyaknya pengguna dalam satu server. Dalam kasus ini, adanya solusi dari provider hosting sangat diperlukan atau saatnya mempersiapkan diri untuk beranjak ke server ini.

Resource Tidak Mencukupi

Ada saatnya blog kamu sudah cukup besar, visitor perhari mencapai puluhan ribu, dan kebutuhan disk space semakin meningkat. Jika dibiarkan terus menerus hal ini akan membuat blogmu mengalami down. Atau lebih parahnya blog kamu akan mendapatkan peringatan suspend. Jika sudah begini, solusinya yaitu kamu bisa mencoba upgrade hosting ke resource yang lebih tinggi, seperti Dedicated Server

Dedicated Server
Dedicated Server (Source: Adobe Stock)

Kelebihan Dedicated Server

Setelah mengenal apa itu pengertian, fungsi, siapa yang harus menggunakan hingga kapan harus pindah ke server ini, mari kita ulas beberapa kelebihan yang dimiliki jenis hosting ini:

Akses dan Kontrol Penuh

Dedicated server memberikan pengguna untuk memberikan akses penuh 100%. Dan yang menariknya lagi, server ini juga akan memudahkan dan membebaskan pengguna nya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan.

Lebih Aman


Kelebihan dari penggunaan Dedicated Server selanjutnya adalah apabila terjadi kerusakan pada server, kamu tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga terbilang sangat aman bagi pengguna yang mengoperasikan server tersebut.

Efektif dan Mudah Dikontrol

Pengguna hosting dedicated juga bisa mengontrol server menggunakan remote saja. kamu tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani kamu selama mengelola website.

Tidak Terganggu Aktivitas Lain


Pada saat menggunakan server jenis ini, pengguna tidak harus terganggu dengan klien yang lain. Pasalnya paket ini digunakan secara pribadi atau satu orang saja. Jadi secara tidak langsung, kondisi tersebut tidak akan mengganggu kinerja website ketika terjadi sesuatu pada saat jumlah pengunjung meningkat.

Hosting ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola banyak domain pada satu server yang dimiliki. Dimana manajemen website juga akan semakin maksimal karena kamu lah yang mempunyai kontrol dan kuasa penuh terhadap server tersebut.

Kecepatan Website Meningkat

Siapa yang tidak ingin memiliki website yang super cepat? Hal ini jadi idaman semua pemilik website. Untuk itu, kamu bisa pindah ke server ini. Apakah server mempengaruhi kecepatan website juga? Tentu saja, karena kecepatan hosting bisa mempengaruhi peningkatan peringkat SEO hingga nilai penjualan bisnis online milikmu.

Mengapa demikian? Hal ini akan mengurangi bounce rate. Bounce rate dapat dikatakan sebagai persentase jumlah pengguna yang mengunjungi website dan memutuskan untuk pergi tanpa membuka halaman selanjutnya. Biasanya mereka yang meninggalkan website itu dikarenakan website terlalu lemot sehingga kecepatan jadi faktor penting. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan lebih baik. 

Tidak Berbagi Sumber Daya

Saat kamu memilih penyedia hosting khusus, kamu mendapatkan sumber daya penuh dari server tunggal. kamu tidak perlu khawatir tentang situs web lain yang menyumbat CPU dan RAM server. Dengan dedicated server, kamu dapat yakin bahwa kejadian buruk yang berjalan di situs web lain atau lonjakan penggunaan bandwidth tidak akan memperlambat server kamu.

Kekurangan Dedicated Server

Setelah membahas kelebihan, perhatikan beberapa kekurangan atau konsekuensi berikut yang menyebabkan para pemilik blog atau portfolio online tidak disarankan untuk menggunakan dedicated server:

Harga Terjangkau Mahal

Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan kamu untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya.

Baca Juga  Mengenal Server : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Harus Memiliki Pengetahuan Soal Server

Kekurangan lain adalah penyewa harus memahami kinerja dan cara kontrol server. Hal tersebut sangat penting agar kamu bisa mengelola dedicated server dengan maksimal. Apalagi, ada cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan. Sehingga kamu harus benar-benar mempelajari pengelolaan data menggunakan server sebelum menyewa server tersebut.

Namun tak perlu khawatir, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara kerja dedicated server.

Cara Kerja Dedicated Server

Seperti yang telah diutarakan bahwa dedicated server dapat dikustomisasi dengan bebas oleh pemilik atau pengguna karena mereka tidak perlu berbagi dengan orang lain seperti shared hosting.

Dedicated server dan colocation server memiliki keterhubungan, dimana komponen hardwarenya menyewa milik data center. Sedangkan colocation center, seluruh server fisik dan komponen miliknya dibeli sendiri, seperti hardware, software, firewall hingga komponen lainnya, kemudian diletakkan pada data center untuk dikelola sekaligus dirawat.

User memiliki pengetahuan mengenai server, memiliki root access server sekaligus memiliki wewenang penuh untuk mengatur servernya. Analogi dari dedicated server dan colocation server adalah ibarat sebuah gedung, gedung ini terletak di sebuah kompleks yang disebut data center atau colocation server.

Gedung yang kamu tempat sendiri, kamu bebas menggunakan sekaligus mengatur seluruh fasilitas yang ada didalamnya. Sekalipun bebas, jika terjadi sesuatu dengan data center, maka gedung atau server yang kamu miliki dapat terkena imbasnya, misalnya mati listrik, atau bencana alam.

Dedicated Server
Ilustrasi Dedicated Server (Source: Adobe Stock)

Bagaimana Cara Memilih Dedicated Server Yang Tepat?

Setidaknya ada lima cara penting yang perlu kamu perhatikan dalam memilih hosting Dedicated Server. Berikut kelima cara tersebut:

Spesifikasi Server

Sebelum melihat lebih jauh tentang spesifikasi pendukung dedicated hosting, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa spesifikasi server yang akan digunakan berbeda dengan layanan shared hosting biasa. Mestinya harus mampu mengoptimalkan performa website kamu. Beberapa penyedia layanan Dedicated Server telah mengaplikasikan teknologi Cloud VPS Parallel untuk server yang digunakan. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk melakukan kustomisasi modul server dengan dukungan cPanel. 

Kapasitas Memory

Ketika kamu ingin memilih layanan Dedicated Server untuk website kamu, pastikan memory yang mendukung website kamu mampu memberikan performa terbaik. Kecepatan akses merupakan salah satu aspek terpenting yang pastinya tidak bisa ditawar-tawar. Kamu perlu menganalisis terlebih dulu penyedia hosting pilihan kamu, pastikan mereka memberikan RAM yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan website kamu.

Faktor Keamanan

Dalam memilih Dedicated Server, kita tentu akan bertanya apakah provider tersebut bisa menjamin keamanan data website kita? kamu tentunya menginginkan layanan server dengan tingkat keamanan tinggi, terlebih lagi jika website yang kamu berupa website e-commerce yang tentu saja memiliki banyak data penting. Untuk menghindari kerugian, pilihlah penyedia yang memberikan jaminan berupa hardware dan software berlisensi untuk keamanannya.

Dukungan Teknis

Pengguna Dedicated Server adalah mereka yang memiliki website premium. Dalam hal ini, mereka pantas untuk mendapatkan prioritas pelayanan. Tentukan pilihanmu pada penyedia yang siap memberikan dukungan teknis terbaik. Mestinya mereka menawarkan berbagai macam sarana komunikasi untuk membantu kamu mengatasi setiap isu atau masalah tata-kelola Dedicated Server yang kamu hadapi.

Harga Terbaik

Tanpa mengesampingkan kualitas, harga merupakan salah satu faktor penting yang selalu menjadi aspek pertimbangan. Harga mahal bukan indikator kualitas layanan, dan harga murah juga tidak selalu berujung murahan. Pilihlah perusahaan hosting yang menawarkan harga terbaik dengan mutu layanan yang sudah teruji.

Jika kamu membutuhkan layanan Dedicated Server terbaik, pilihlah penyedia layanan yang berpengalaman dan profesional. kamu bisa memilih layanan Dedicated Server terbaik di Exabytes yang sudah berpengalaman dari tahun 2001 dengan uptime 99,99% performa optimal, hardware terbaru dan bantuan support 24 jam. 

Mengenal Dedicated Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya - 2021
Dedicated Server Exabytes

Nah, itu dia pembahasan tentang apa itu dedicated server, fungsi, kelebihan, kekurangan, serta cara kerja yang perlu kamu ketahui. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments