Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server

106
Colocation Server
6 min read

Kemajuan teknologi memberikan banyak solusi untuk setiap berbagai kebutuhan, tidak terkecuali kebutuhan perusahaan. Salah satu yang sangat penting adalah server. Saat membutuhkan server, perusahaan atau bisnis memiliki banyak pilihan, termasuk Colocation Server. Sebenarnya, apa saja kelebihan dan kekurangan colocation server?

Apa Itu Server

Server
Server (Sumber: Pexels – manuel geissinger)

Sebelum terlalu jauh berbicara tentang colocation server serta kelebihan dan kekurangannya, kita kenalan dulu dengan yang namanya server. Bukan tidak mungkin jika beberapa diantara kalian masih belum familiar dengan istilah yang satu ini.

Jika mengacu pada Wikipedia, server bisa diartikan sebagai program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut klien.

Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien adalah fungsi utama dari sebuah server. Fungsi lain dari server adalah mengatur hak akses ke dalam jaringan yang bisa digunakan oleh komputer klien.

Apa Itu Colocation Server

Ya, yang sedang kita bahas adalah colocation server. Tentunya, kamu tidak akan tertarik untuk mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangan colocation server tanpa terlebih dahulu mengetahui arti dari colocation server itu sendiri, bukan?

Colocation server bisa kita sebut sebagai wadah atau tempat yang digunakan untuk penyimpanan data center. Data ini biasanya akan dikelola oleh pihak ketiga. Dengan demikian, colocation server merupakan jasa pihak ketiga yang akan membantu melakukan perawatan hardware dari sebuah server.

Salah satu kelebihan dari Colocation server yang juga menjadi alasan banyak pihak menggunakannya adalah laporan data akan lebih cepat diterima. Namun, tentu tidak terbatas pada hal tersebut.

Kelebihan Colocation Server

Biasanya, perusahaan atau bisnis akan memilih jenis layanan tertentu setelah mempertimbangkan apakah layanan tersebut memberikan banyak kelebihan dan bisa menjadi solusi untuk permasalahan mereka. Mereka akan memastikan apakah colocation server benar-benar bisa memenuhi kebutuhan mereka. Colocation server hadir dengan berbagai kelebihan, termasuk:

Baca Juga  Mengenal Server : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Hadir dengan Tingkat Keamanan yang Tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server - 2021
Colocation Server Hadir dengan Tingkat Keamanan Tinggi (Sumber: Pexels – pixabay)

Para pengguna colocation server bisa menikmati berbagai kelebihan. Yang pertama adalah tingginya tingkat keamanan yang akan didapatkan. Terlepas dari apapun jenis dan ukuran sebuah perusahaan, keamanan data adalah sebuah prioritas mereka.

Dengan memilih colocation server, keamanan lebih terjaga sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk bencana alam dan internet yang tidak stabil.

Efisiensi


Tidak hanya memberikan tingkat keamanan yang tinggi. Faktanya, colocation server juga membuat pekerjaan menjadi jauh lebih efisien karena kamu tidak perlu melakukan perawatan sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa perawatan atau maintenance menguras waktu dan tenaga.

Karena tidak perlunya melakukan maintenance, kamu bisa menggunakan waktu dan tenaga untuk urusan perusahaan lainnya yang juga tidak kalah penting.

Tidak Perlu Repot untuk Upgrade Server

Salah satu hal menarik yang juga menjadi kelebihan dari penggunaan colocation server adalah tidak perlu melakukan upgrade server. Pengelola colocation server itu sendiri yang akan melakukannya untuk kamu. Lagi dan lagi, kamu bisa menghemat waktu.

Ingatlah bahwa menjalankan atau memimpin sebuah perusahaan bukan perkara mudah. Kamu akan selalu dihadapkan pada banyaknya hal yang harus kamu urusan yang bahkan memiliki tingkat urgensi yang sama. Jadi, gunakan waktu kamu untuk aktivitas lainnya yang juga memberikan dampak baik pada perusahaan.

Sistem yang Terstruktur

Sistem yang terstruktur sangat membantu kamu. Penggunaan server tidak lepas dari kebutuhan pembaruan keamanan. Dengan pembaruan pada server, tingkat keamanannya juga ikut bertambah. Virus akan lebih sulit untuk masuk dan merusak dan mencuri data yang tersimpan di server. Alhasil, server bisa dipastikan selalu dalam keadaan aman.

Skalabilitas

Seiring berjalannya waktu, website perusahaan semakin berkembang. Dengan demikian, kamu butuh dukungan fasilitas dan sistem yang lebih. Untungnya, colocation server memungkinkan kamu untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas server yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sebagai contoh, kamu bisa meningkatkan kapasitas rack dari quarter ke half atau bahkan full rack.

Layanan 24-jam

Jika kamu ingin memastikan bahwa server yang akan digunakan, ketahui dulu colocation server sebelum memilihnya hingga pelajari kelebihan dan kekurangannya juga
Pilih server yang miliki layanan 24 jam (Sumber: Unsplash – christina)

Layanan 24-jam adalah hal yang harus selalu kamu pertimbangkan, bahkan dalam memilih server. Dengan layanan semacam ini, kamu tidak perlu repot dan khawatir jika terjadi sesuatu pada server yang kamu gunakan bahkan di saat kamu dan karyawanmu tertidur pulas di malam hari. Saat ada kejanggalan yang ditemukan, sistem kemudian akan memberikan informasi agar masalah bisa segera diatasi dengan baik.

Baca Juga  Apa Itu Imunify360 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Fasilitas

Temperatur dan tingkat kelembaban yang sesuai berpengaruh pada optimalnya kinerja server. Data center tempat penyimpanan dilengkapi dengan fasilitas penyejuk dan sistem pengontrol iklim. Fasilitas tersebut memastikan bahwa kondisi lingkungan sesuai dengan kebutuhan server kamu. Ada juga sistem pendeteksi kebakaran dan pemadaman, jadi kamu mendapatkan proteksi yang lebih tinggi.

Kekurangan Colocation Server

Sama seperti teknologi lainnya, colocation server juga memiliki kekurangan. Jumlah kekurangan dari sebuah layanan atau produk juga mempengaruhi keputusan calon pengguna. Berikut adalah beberapa kekurangan dari colocation server.

Akses

Layanan data center kebanyakan hanya memiliki basis di lokasi tertentu saja dan biasanya terletak di kota-kota besar. Jika lokasi server jauh dari perusahaan kamu, itu berarti kamu harus mengorbankan waktu untuk bisa datang ke lokasi tersebut.

Kontrol

Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server - 2021
Salah satu kekurangan colocation server adalah keterbatasan kontrol (Sumber: Pixabay – geralt)

Karena kamu menggunakan layanan dari pihak ketiga, ada peraturan dan ketentuan yang harus dipatuhi, termasuk jadwal kunjungan. Ini berarti kamu tidak bisa selalu mengakses dan mengontrol server milikmu karena keterbatasan waktu kontrol.

Setelah kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan colocation server, kamu bisa mulai menentukan pilihan apakah server ini sesuai dengan kebutuhan dan harapan perusahaan kamu. Jangan terburu-buru dalam memilih layanan data center terlebih jika kamu hanya tergiur dengan harga murah.

Dengan kelebihan yang lebih banyak dibandingkan kekurangannya, colocation server bisa menjadi pilihan kamu. Memang benar kamu harus mengeluarkan sejumlah uang yang terlihat besar di awal. Akan tetapi, keuntungan yang didapatkan tentu sesuai dengan besarnya uang yang kamu keluarkan.

Colocation Server Exabytes
Colocation Server Exabytes

Jika masih bingung apakah colocation server memang sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu bisa mencari tahu info lebih lanjut tentang layanan data center ini dengan menghubungi Exabytes. Exabytes menawarkan berbagai pilihan server, termasuk Colocation Server. Jadi, tunggu apa lagi?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments