Alasan Harus Menggunakan Hosting di Exabytes

256
Mengenal Hosting Exabytes
8 min read

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia online, khususnya berkaitan dengan blog atau website, pastinya sering mendengar istilah hosting. Apalagi saat ini marak situs-situs web yang menyediakan layanan hosting dengan berbagai harga dan paket. Lantas, apa yang dimaksud dengan hosting? Yuk, simak artikel dibawah ini.

Web Hosting
Web Hosting (Adobe Stock)

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Web hosting disediakan oleh suatu penyedia jasa layanan hosting. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Colocation Server. 

Biasanya untuk website standar, hanya menggunakan Shared Hosting. Sedangkan website dengan kebutuhan tinggi lebih menggunakan VPS atau Dedicated Hosting. Hosting sendiri bentuknya sama seperti komputer server pada umumnya. Bedanya, hosting terbaik memiliki teknologi mumpuni dan terhubung dengan internet berkecepatan tinggi.

Web Hosting
Web Hosting (Adobe Stock)

Ada beberapa cara memilih hosting yang baik untuk website, antara lain sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas website yang dimiliki, memperhatikan potensi traffic website, kualitas performa hosting dan masih banyak lainnya yang bisa kamu baca di sini.

Jenis – Jenis Hosting

Hosting sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut adalah diantaranya:

Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting yang berbayar. Bagi kamu yang memiliki dana minim, maka shared hosting merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, layanan ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Shared hosting akan menempatkan beberapa situs website pada server yang sama. Dimana masing-masing website akan berbagi sumberdaya CPU dan RAM. 

Namun, jenis hosting ini juga memiliki kekurangan, yaitu memiliki skalabilitas yang rendah. Inilah sebabnya shared hosting sebaiknya menjadi pilihan terbaik untuk bisnis pemula atau bisnis kecil dengan situs web sederhana dan volume lalu lintas rendah, yakni yang tidak melebihi 10.000 hingga 20.000 kunjungan bulanan.

VPS (Virtual Private Server)

VPS sebenarnya hampir sama dengan jenis shared hosting. Hanya saja, sumber daya yang digunakan lebih tinggi kualitasnya. Dengan menggunakan hosting server ini, maka klien bisa menggunakan seluruh sumber daya sekaligus menginstall aplikasi yang ada tanpa harus membaginya dengan klien lain. VPS sangat cocok untuk kamu yang memiliki website dengan banyak jumlah pengunjung.

Cloud Hosting

Jenis hosting selanjutnya adalah Cloud hosting yang memiliki banyak server. Masing-masing servernya didesain untuk bisa berinteraksi dan terhubung satu sama lain agar performa situs web tetap terjaga. Dengan memakai cloud hosting, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait dengan keterbatasan sumber daya atau ketidakstabilan server.

Jenis hosting ini sangat baik digunakan situs web bisnis menengah dan besar yang berkembang pesat dengan volume lalu lintas yang tidak dapat diprediksi. Situs web apapun yang kunjungannya dapat mencapai 50.000 kunjungan per bulan dapat mempertimbangkan cloud hosting sebagai alternatif untuk hosting VPS.

Baca Juga  Cara mengetahui Domain & Hosting yang tepat untuk sebuah website

Dedicated Server

Dedicated hosting memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep shared hosting. Dimana hanya ada satu server saja yang digunakan. Namun, dedicated server memungkinkan untuk satu website memakai satu server. Tidak perlu berbagi dengan situs atau website lain. Dengan adanya hosting jenis ini, maka privasi website akan lebih terlindungi. Sebab tidak ada website lain yang menggunakan server yang sama dengan kamu. Tentu saja, performanya juga akan lebih baik dibandingkan dengan jenis server lainnya.

Meskipun demikian, dedicated hosting server adalah pilihan yang lebih menguras biaya karena manfaat ini. Inilah sebabnya dedicated hosting biasa digunakan untuk situs web perusahaan besar dengan tingkat kesiapan teknis yang tinggi dan volume lalu lintas yang tinggi pula, setidaknya mencapai 100.000 kunjungan bulanan.

Colocation Server

Pada dasarnya colocation server mirip dengan dedicated server, perbedaannya terletak pada kepemilikan dan penempatan server. Jika dedicated server sudah tersedia dan dimonitoring oleh penyedia layanan hosting sedangkan colocation server harus menyiapkan sebuah server sendiri yang nantinya bakal ditempatkan dan dimonitoring oleh penyedia layanan hosting.

Web Hosting
Web Hosting (Adobe Stock)

Cara Kerja Web Hosting

Cara kerja web hosting adalah dimana mereka akan membuat sebuah server yang dikhususkan untuk menyimpan data-data dari website internet sehingga bisa diakses oleh siapapun. Pada saat kamu berlangganan, maka penyedia jasa web hosting akan menyediakan sebuah server agar website kamu bisa menjadi lebih maksimal dalam bekerja.

Sebenarnya, jasa web hosting akan memberikan sebuah paket sehingga bisa terakses pada server dengan melalui solusi yang berupa cPanel. Nah, ini akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam mengunggah file yang melalui server tersebut. Jadi, ketika kamu telah memiliki sebuah website yang berdomain tinggi, maka website tersebut akan diarahkan pada server yang memungkinkan kalau pengguna dapat mengunjunginya melalui browser milik pengguna.

Selain itu, jika seseorang sedang mengetik atau menuliskan tentang nama website kamu di search engine, maka akan ditampilkan oleh pihak browser. Setelah memilih web tujuan di browser, maka akan ditampilkan isi data yang dimiliki oleh website kamu. Semua ini akan berlangsung dalam beberapa detik saja. Namun, jika ini memakan waktu yang cukup lama, maka cobalah mempercepat website kamu atau mengganti jasa hosting tersebut.

Mengapa Harus Menggunakan Hosting di Exabytes?

Hosting memberikan banyak kemudahan karena menyediakan berbagai macam hal yang diperlukan dalam pengelolaan website. Dengan adanya layanan hosting juga dapat mengakomodasi semua kebutuhan Anda yang berkecimpung dalam dunia digital, baik itu pelaku bisnis maupun individu. 

Alasan Harus Menggunakan Hosting di Exabytes - 2021
Exabytes merupakan penyedia hosting terkemuka di Asia Tenggara

Berikut adalah alasan mengapa kamu harus menggunakan hosting di Exabytes:

Kecepatan Server dan Jaringan yang Terjamin

Pastinya kamu menginginkan pelanggan kamu memiliki pengalaman positif ketika mengunjungi website. Oleh sebab itu, Exabytes melakukan investasi yang besar untuk memastikan server tidak overload, dan memiliki jaringan yang cepat diatas 99,5%.

Dengan hosting Exabytes, kecepatan pun terjamin karena didukung teknologi LiteSpeed server dan teknologi 100% SSD yang lebih cepat daripada HDD.

Perlindungan Keamanan Terjamin

Kamu tak perlu khawatir tentang ancaman cyber seperti malware dan ancaman lainnya karena Hosting di Exabytes telah dilengkapi oleh fitur Imunnify360. Fitur ini mampu melindungi website secara menyeluruh dari serangan yang membahayakan website kamu.

Baca Juga  Amazing January Promo, Special Discount 30% - 65%

Telah Tersertifikasi ISO 27001

Exabytes telah memiliki sertifikat ISO 27001 dimana Exabytes menjamin keamanan informasi pelanggan.

Alasan Harus Menggunakan Hosting di Exabytes - 2021
Exabytes Telah Tersertifikasi ISO 27001

Sebagai informasi, ISO 27001 merupakan standar yang telah diakui secara internasional dalam menerapkan sistem manajemen kemanan informasi atau Information Security Management Systems (ISMS). Perusahaan yang telah menerapkan standar ISO 27001 telah terjamin bersertifikasi dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). 

Garansi 100 Hari Uang Kembali

Exabytes bangga dengan reputasi kehandalan, kualitas dan layanan. Selain itu, juga ingin memastikan bahwa seluruh pelanggan puas. Jika kamu tidak puas dengan layanan Exabytes, dalam 100 hari terhitung sejak kamu melakukan pemesanan, uang kamu akan kembali.

Bantuan Teknis Profesional 24 jam

Exabytes menyediakan bantuan melalui telepon, Helpdesk, ataupun email selama 24 jam setiap hari. Exabytes tidak menggunakan customer service yang tidak dapat menjawab permasalahan kamu. Ketika kamu menghubungi layanan Exabytes, kamu akan berbicara dengan seseorang yang mengetahui permasalahan kamu.

Beragam Fitur Andalan dan Jenis Paket

Exabytes berkomitmen menyediakan pelanggan solusi paket fitur dengan harga terbaik dan tanpa biaya yang disembunyikan. Kebijakan harga yang transparan adalah komitmen Exabytes. Dan ketika perusahaan lain sering memberikan biaya tambahan, Exabytes mencakup semua yang dibutuhkan dan memungkinkan pelanggan untuk memaksimalkan potensi website mereka sepenuhnya tanpa hambatan, tanpa henti, tanpa reservasi. 

Di Hosting Exabytes, kami memiliki beragam hosting untuk memenuhi kebutuhan seperti Web Hosting, WordPress Hosting, Windows Hosting hingga cPanel Hosting.

Alasan Harus Menggunakan Hosting di Exabytes - 2021
Paket Hosting Exabytes

Selain itu, sebagai informasi berikut ini adalah berbagai paket Web Hosting di Exabytes dengan berbagai kebutuhan yang disesuaikan:

  • EBiz 12 Mini: cocok untuk pemula yang membuat website pertama kali atau membuat landing page website.
  • EBiz 12 Plus: cocok untuk yang ingin memulai bisnis online
  • EBiz 12 Pro: hosting yang dilengkapi dengan fitur terlengkap dan account manager
  • EBiz 12 Max: diperuntukkan untuk yang memiliki bisnis besar atau perusahaan dengan performa website maksimal

Harga yang Bersaing

Exabytes selalu menjadi inovator terkemuka dalam industri, dan sudah membangun model bisnis efisien yang menawarkan kualitas dan layanan yang tinggi dengan harga yang tak ada duanya. Exabytes juga menawarkan space besar dan bandwidth yang murah, serta akun email tanpa batas.

Aktivasi Akun yang Cepat

Tidak seperti hosting lainnya, Exabytes memvalidasi setiap pesanan secara individual untuk mencegah penipuan dan menjamin keamanan pelanggan. Bahkan dengan langkah-langkah tambahan, website kamu akan dirancang lebih cepat, dalam banyak kasus hanya dalam beberapa jam. 

Backup Berkala

Tak perlu khawatir, di Exabytes kami akan menyediakan backup mulai backup mingguan hingga harian. Exabytes akan memberikan restore data hanya dalam waktu singkat. Sehingga data-data kamu tidak akan hilang dan aman terjaga.

Demikian sekilas informasi tentang pengertian, jenis dan cara kerja web hosting. Bagi kamu yang masih bingung menentukan layanan web hosting yang akan disewa sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu. Dengan melihat riwayat layanan web hosting, testimoni pemakai, dan klien yang bekerjasama semoga dapat membantu kamu untuk memilih web hosting yang tepat.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments