Keuntungan dan Kekurangan Expired Domain Yang Perlu Diketahui

0
1671

Banyak pihak yang memilih expired domain? Istilah expired domain mungkin baru kal ini kamu dengar, jadi sebaiknya cari tahu apa itu expired domain serta apa saja keuntungan dan kekurangan expired domain melalui artikel satu ini.

Apa Itu Expired Domain?

mengenal apa itu expired domain
Sumber: flickr

Expired domain adalah domain yang pernah digunakan baik oleh individu maupun organisasi. Itu artinya, domain tersebut pernah terdaftar namun pengguna tidak memperbarui masa aktifnya setelah melewati tanggal kadaluarsanya.

Ada beberapa alasan kenapa domain tersebut tidak diperpanjang. Pemilik domain mungkin lupa melakukan perpanjangan masa aktif domain atau memang sudah tidak lagi menggunakan domain tersebut.

Perpanjangan domain bisa dilakukan bahkan setelah 30 hari sejak tanggal kadaluarsa. Tetapi, saat pengguna tidak lagi menggunakan domain tersebut, expired domain bisa digunakan oleh pihak lain yang juga tertarik menggunakan nama domain tersebut.

Berbicara tentang masa aktif domain, sebaiknya cari tahu mengenai domain life cycle melalui artikel satu ini.

Kelebihan Expired Domain

keuntungan dan kekurangan expired domain
Sumber: flickr

Apakah expired domain bisa tetap dibiarkan atau harus segera diperpanjang agar kembali aktif? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. 

Tahukah kamu kalau domain expired menawarkan berbagai keuntungan? Dengan mengetahui keuntungan dan kekurangan expired domain, kamu bisa mempertimbangkah apakah domain tersebut bisa digunakan untuk bisnis online atau tidak.

Domain expired memang bukan domain baru. Akan tetapi, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah peluang untuk mendapatkan domain berkualitas.

Pada umumnya, domain expired menawarkan berbagai kelebihan, seperti:

Beberapa Expired Domain Mempunyai Ranking yang Tinggi

Tertarik untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kekurangan expired domain? Jika demikian, kamu mungkin akan senang dengan kenyataan bahwa ternyata domain yang sudah expired menawarkan kelebihan satu ini.

Beberapa domain yang expired mempunyai ranking tinggi di halaman hasil pencarian Google. Itu artinya, kamu punya peluang untuk menggunakan domain kadaluarsa tanpa harus menghabiskan usaha yang lebih untuk memperkenalkannya kepada pengguna internet.

Untuk tetap bisa mempertahankan ranking agar tetap berada di posisi teratas, pastikan kamu melakukan optimasi yang baik. Jadi, hasil SEO yang sudah ada bisa tetap kamu pertahankan. Dengan begitu, situs web akan mudah ditemukan oleh pengguna menggunakan keyword terkait.

Meski demikian, kamu tetap harus jeli dalam memilih apabila berencana membeli domain expired. Cek ranking expired domain agar tahu apakah domain tersebut memiliki ranking tinggi, rendah, atau biasa-biasa saja.

Namun jika lebih suka menggunakan domain baru, kamu bisa mendapatkan domain murah di Exabytes.

Memiliki Backlink Berkualitas

Keuntungan lain dari memilih expired domain adalah peluang untuk memiliki backlink berkualitas. Expired domain adalah domain yang sudah kadaluarsa namun pernah digunakan oleh pihak lain. Pemilik domain yang sebelumnya melakukan optimasi situs web dengan baik termasuk menggunakan backlink berkualitas.

Untuk bisa menggunakan domain tersebut, kamu hanya perlu melakukan modifikasi pada backlink yang sudah ada. Backlink berkualitas yang sudah dibangun tentunya bermanfaat untuk perkembangan situs web atau blog kamu di kemudian hari.

Apakah kamu lebih suka menggunakan expired domain atau domain baru? Semua tergantung pada keputusan dan kebutuhan masing-masing. Apabila menggunakan nama domain baru dinilai lebih baik, mengapa tidak segera beli domain Exabytes sekarang juga?

Terhindar dari Penalti Google 

Berbicara tentang keuntungan dan kekurangan expired domain, tentunya kamu akan senang apabila dapat menggunakan domain yang terhindar dari penalti Google atau mesin pencari lainnya.

Domain kadaluarsa dengan track record yang bagus di mesin pencari dapat membantu agar terhindar dari penalti Google. Itu artinya, Google sebagai mesin pencari percaya bahwa situs web kamu tidak melakukan teknik promosi ilegal atau melakukan tindakan lain.

Saat berencana menggunakan expired domain, pastikan domain tersebut memiliki trafik yang tinggi, ranking Google teratas, dan backlink berkualitas. Meski demikian, membeli expired domain juga tidak terlepas dari risiko serta kekurangan yang menyertainya.

Kekurangan Expired Domain

pertimbangkan keuntungan dan kekurangan expired domain
Sumber: flickr

Seperti halnya membeli barang second-hand pada umumnya, menggunakan expired domain hadir dengan keuntungan dan kekurangan expired domain tersendiri. Oleh sebab itu, jangan hanya berfokus pada keuntungannya saja tetapi juga kekurangan serta risiko yang bisa terjadi pada situs web dan bisnis online di kemudian hari.

Apa saja kekurangan expired domain? Berikut adalah beberapa kekurangan dari penggunaan expired domain yang harus kamu ketahui agar tidak salah pilih:

Pernah Terkena Penalti Google

Dengan sederet kelebihan yang ditawarkan, expired domain juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah domain tersebut mungkin pernah terkena penalti Google.

Meski tidak disarankan dan bahkan harus dihindari, beberapa pemilik situs web mungkin lebih tertarik menggunakan black hat SEO karena ingin mendapatkan hasil optimasi yang cepat. Sayangnya, tindakan ilegal tersebut akan memberikan pengaruh buruk pada pemilik domain selanjutnya. Terlebih apabila pernah terkena penalti Google.

Saat memberikan sanksi, Google akan menghapus indeks pada domain atau situs tersebut. Jadi, konten pada situs pelanggar tidak akan lagi muncul di hasil pencarian Google. Hal tersebut juga bisa merupakan tanda bahwa situs tersebut masuk dalam blacklist Google.

Guna menghindari kemungkinan tersebut, pastikan kamu berpikir ulang sebelum membeli domain kadaluarsa. Track record yang buruk akan berpengaruh pada situs web kamu meski expired domain tersedia dengan harga yang murah. 

Jika sudah terlanjur membeli domain yang pernah terkena penalti Google, sebagai pemilik baru, kamu bisa mengirimkan petisi agar Google kembali mengindeks situs web kamu. Sayangnya, kemungkinan tingkat keberhasilannya tergolong kecil.

Terbatasnya cara untuk mengetahui apakah domain kadaluarsa pernah terkenal penalti atau tidak mengharuskan kamu untuk tidak mudah membeli expired domain.

Memiliki Ranking Alexa yang Tidak Valid

Masih seputar keuntungan dan kekurangan expired domain, pengguna domain kadaluarsa harus lebih bijak dalam membuat keputusan. Mengapa? Domain expired sudah tidak lagi digunakan oleh pemilik sebelumnya. Mereka mungkin memiliki beberapa alasan kenapa pada akhirnya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan domain tersebut.

Salah satu hal yang perlu kamu sadari tentang penggunaan domain kadaluarsa adalah kemungkinkan ranking Alexa yang tidak valid. Untuk bisa mengukur tingkat trafik situs web, kamu bisa memanfaatkan ranking Alexa. 

Akan tetapi, hasil yang ditampilkan pada expired domain kurang valid. Itu artinya, akan sulit bagi kamu untuk bisa memastikan apakah domain tersebut memiliki trafik yang tinggi atau sebaliknya.

Kualitas Backlink yang Rendah

Kekurangan lain dari expired domain adalah kualitas backlink yang rendah. Tidak semua domain expired pernah membangun backlink yang berkualitas. Beberapa diantaranya mungkin memiliki backlink berkualitas rendah.

Saat memutuskan untuk menggunakan domain kadaluarsa,perhatikan apakah backlink yang mengarah pada website adalah backlink sungguhan atau bukan. Terlepas dari berapapun jumlah backlink, apabila memiliki kualitas yang rendah maka tidak dapat meningkatkan trafik website.

Tetapi, kualitas backlink bisa kamu cek menggunakan tools berbayar. Apabila kamu selalu menggunakan tools tersebut, akan lebih baik untuk mengecek backlink pada domain expired yang hendak kamu beli.

Kemungkinan Domain Pernah Digunakan untuk Bisnis Ilegal

Kekurangan lain dari domain kadaluarsa adalah kemungkinan bahwa domain tersebut pernah digunakan untuk bisnis ilegal. Jika benar adanya, bukan tidak mungkin situs web kamu akan terkena ban. 

Ini tentunya menjadi alasan lain mengapa penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kekurangan expired domain sebelum membelinya.

Cara Cek Expired Domain

Guna memastikan bahwa nama domain masih aktif dan bisa terus digunakan, penting untuk mengecek apakah domain tersebut masih aktif atau sudah expired. Cara cek expired domain juga tergolong mudah sehingga kamu bisa mengambil keputusan untuk memperpanjang domain tersebut. 

Cek domain bisa dilakukan di berbagai website seperti WHOIS, expireddomain, dan Moonsy. Adapun cara mengeceknya cukup dengan mengetikkan nama domain pada kolom pencarian yang tersedia. Tunggu hingga hasilnya ditampilkan di layar komputer kamu ya.

Kesimpulan

Selain hosting, domain menjadi hal penting lain dalam membangun sebuah website. Pada praktisnya, banyak pihak yang tertarik menggunakan expired domain dibandingkan membeli domain baru. 

Biasanya keputusan tersebut sudah dipertimbangkan dengan baik dan matang termasuk mengetahui keuntungan dan kekurangan expired domain.

Perlu domain atau hosting untuk website baru? Nah, kamu bisa mendapatkan domain dan layanan hosting dari satu penyedia seperti Exabytes. Jadi, lebih hemat waktu dan tenaga sehingga bisa segera membangun website.

Perlu jasa pembuatan website? Tenang saja, kamu juga bisa mendapatkannya dari Exabytes termasuk jasa atau layanan lain yang akan dibutuhkan dalam berbisnis online.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments