Kisah Sukses Anne Ahira Pebisnis Online Wanita Legendaris

152
12 min read

Hello Exabytes Friends!

Siapa sih yang gak tahu Anne Ahira? Kalau kamu kerja di bidang Internet Marketing pasti udah familiar banget kan sama nama itu? Ya, Anne Ahira merupakan sosok wanita yang banyak menginspirasi karena kegigihannya dalam dunia bisnis online dan internet marketing. Ia bahkan mewujudkan mimpinya satu persatu dan membuktikan ke semua orang bahwa ia bisa.

Penasaran kan bagaimana perjuangan Anne Ahira untuk menjadi seorang internet marketer? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Mimpi Anne Ahira

Kisah Sukses Anne Ahira Pebisnis Online Wanita Legendaris

Anne Ahira yang akrab disapa Hira ini merupakan seorang wanita yang lahir di Bandung pada 28 November 1979 dan dibesarkan dalam sebuah kesederhanaan. Saat kecil, Hira telah melakukan pekerjaan yaitu dengan menjual gorengan dan es agar dapat menambah pendapatan untuk keluarganya. Dengan kesederhanaan keluarganya, Hira tetap memiliki mimpi yang tinggi yaitu mimpi untuk keliling dunia. Tak sedikit juga orang yang menertawakan mimpi tersebut. Mereka berpikir bahwa seseorang yang berada dalam keluarga sederhana tidak berhak memiliki mimpi yang tinggi apalagi sulit dicapai karena kondisi keuangan keluarga. Ibunya pun juga turut setuju dengan pendapat orang lain dan berpikir mimpi Hira merupakan sebuah mimpi yang mustahil karena kondisi keluarga saat itu. Namun, mimpi yang dicita-citakan Hira tetap didukung oleh kakeknya yang sangat bijak dan tidak meremehkan mimpi siapa pun. Kamu juga tahu kan Friends, kalau semua orang berhak memiliki mimpi. Untuk urusan wujud atau tidaknya, biarkan orang tersebut yang berusaha.

Perjuangan Hira dalam Pendidikan

Anne Ahira yang memiliki mimpi tinggi tentunya akan melakukan usaha dan perjuangan untuk mencapai hal tersebut. Sebelumnya, ibu Hira juga sering sekali memberikan saran untuk selalu bekerja keras di mana pun ia berada. Saat Hira menginjak bangku sekolah dasar, ia melakukan saran ibunya yaitu untuk bekerja keras dlam belajar dan ia pun akhirnya sering mendapat juara karena menuruti saran ibunya. Ibu Hira juga selalu menyemangati Hira agar dapat mencapai mimpi nya, salah satunya mimpi untuk keliling dunia. Ibunya pernah berkata bahwa ketika ingin keliling dunia, Hira harus bisa berbicara bahasa Inggris. Perjuangan Hira dimulai dengan tekun mempelajari bahasa Inggris serta konsisten untuk mengikuti kursus bahasa Inggris yang tersedia saat itu. Anne Ahira juga tak peduli tentang apa pun yang dibicarakan tetangga nya tentang usaha untuk mencapai mimpinya. Sehingga ia tetap fokus untuk berjuang meraih mimpinya.

Selain mengikuti kursus bahasa Inggris, Hira juga menjalankan kursus bahasa asing seperti bahasa Jerman. Melalui kursus yang diikutinya itu, Hira banyak sekali mendapatkan sertifikat karena prestasi nya yang selalu bertambah. Tak hanya mendapatkan banyak prestasi dan sertfikat melalui bahasa, ia juga meraih banyak prestasi dan mendapatkan sertifikat dari bidang lain yaitu akuntansi, komputer, menggambar, olahraga, dan masih banyak lagi loh Friends. Anne Ahira benar-benar menjadi sosok yang sangat berbakat dan sangat inspiratif. Kamu juga mau kan Friends mengikuti jejak Anne Ahira yang sukses? Tapi ingat nih, usaha mu juga harus keras ya!

Setelah memiliki banyak prestasi di berbagai bidang, Hira tentunya memiliki cita-cita untuk bisa bersekolah di luar negeri. Ya, Hira bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan nya di Jerman. Namun, hal tersebut terkendala karena kondisi keluarganya terutama orang tuanya yang bekerja sebagai buruh pabrik dan menjual makanan gado-gado. Akhirnya ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan nya di Fakultas Bahasa Asing Yapari Bandung. Ketika bersekolah di STBA Yapari Bandung, juga ia tetap bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik dari sekolahnya. Terbukti, ia bisa menyelesaikan pendidikan hanya dalam waktu 3,5 tahun dan lulus dengan predikat Cumlaude. Benar-benar hasil yang memuaskan untuk Anne Ahira.

Kerja Keras Hira 

Setelah melaksanakan pendidikan nya di STBA Yapari Bandung, tentunya Hira juga perlu mendapatkan biaya tambahan untuk menjalani hidup nya. Hira memutuskan untuk mengambil kerja paruh waktu yaitu dengan mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak karyawan yang belajar di Sekolah Internasional, dan lain-lain. Terkadang Hira juga disewa oleh beberapa pihak seperti perusahaan tekstil yaitu Pan Asia Textile, KTSM, Kukje-Adetex, Korin, Hanil Global Industri Tekstil, serta banyak orang untuk mengajarkan bahasa Inggris di perusahaan Indonesia yang memiliki banyak karyawan asing. Karena bahasa Inggris akan sangat diperlukan jika terdapat karyawan asing di perusahaan. Oleh karena itu, jasa yang ditawarkan Hira pun sangat berguna.

Selain mengajar bahasa Inggris, Hira juga memanfaatkan keahlian nya dalam bidang lain. Ia mengajarkan pelajaran lain selain bahasa Inggris yaitu matemtika, sains, dan menggambar. Upah yang ia dapatkan dari hasil mengajar juga lumayan dibandingkan tidak menghasilkan uang sama sekali yaitu berkisar antara Rp75.000 sampai Rp150.000 per jam. Anne Ahira benar-benar merupakan sosok wanita yang sangat bekerja keras dan tak hentinya untuk selalu berusaha. Hira juga sering kali melakukan pekerjaan sampingan seperti bisnis kecil-kecilan, jasa kebersihan, serta menjual buku anak-anak. Sampai akhirnya ketika ia berkeliling dari rumah ke rumah untuk menjual buku-buku, seorang wanita pun menawarkan kepada Hira untuk mengajarkan anaknya bahasa Inggris, dibandingkan harus keliling menjual buku sambila berpanas-panasan dan belum tentu ada yang akan membeli buku-buku yang dijual Hira. 

Baca Juga  Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Awal Mula Karir Anne Ahira mewujudkan Mimpi

Saat ia menjadi seorang pengajar, ia berpikir bahwa salah satu cara untuk ia menjalani hidup yaitu dengan mengajar. Walau sebenarnya ia tahu bahwa di dalam hatinya ia ingin melakukan lebih banyak hal dan ia tahu kemampuan nya lebih dari sekedar mengajar saja, meskipun mengajar telah membuat Hira menjadi lebih baik dan bisa bertahan hidup.

Salah satu tahap untuk mencapai mimpinya ini terwujud karena keinginan nya yang kuat dan selalu tekun dalam melakukan segala sesuatu. Ia pun juga sering mencari informasi terbaru seputar mimpinya, dan kakak ipar nya juga membantu Hira sampai akhirnya ia menemukan sebuah berita yang menceritakan tentang kisah seorang pemuda di luar negri yang bisa mendapatkan ribuan dollar melalui internet. Kalau kamu mendengar berita seperti itu, kira-kira respon kamu gimana nih Friends? Pasti pengen juga kan kaya pemuda itu? Nah, sama hal nya dengan Anne Ahira yang tentunya juga tertarik untuk menjadi seperti pemdua tersebut. Ia menjadi tertarik untuk mendapatkan uang melalui internet. Lagi-lagi, banyak orang yang menertawakan keinginan nya itu. Tapi Hira juga tidak mempedulikan orang-orang yang hanya bisa mengejek nya saja, ia lebih fokus untuk mencapai keinginan dan mimpi-mimpinya. Saat Hira dan kakaknya mengetahui berita tersebut juga mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan karena internet saja mereka tidak familiar dan mengerti bagaimana cara kerja nya.

Namun, Hira tak patah semangat meskipun ia tidak mengerti bagaimana cara pemuda tersebut mendapatkan uang melalui internet. Setelah mengetahui berita tentang pemuda itu, Hira berpikir jika pemuda berusia 17 tahun saja bisa menghasilkan uang sebanyak itu, pasti dirinya pun juga bisa seperti. Sampai akhirnya Hira memutuskan dan bertekad untuk mempelajari tentang bagaimana cara untuk mendapatkan uang ribuan dollar dari internet secara otodidak. 

Dengan mempelajari internet dan mencari informasi lebih lengkap mengenai internet, Hira juga meminta bantuan temannya yang bekerja part time sebagai penjaga warnet. Ia berpikir bahwa dengan meminta bantuan temannya yang bekerja sebagai warnet pasti ia akan mendapat informasi lebih dan kemampuannya bertambah. Bagaimana tidak? Teman Hira tentunya sudah familiar dengan internet. Benar kan Friends? Nah, akhirnya Hira menemui temannya dan pelajaran pertama yang diajarkan yaitu tentang bagaimana membuat alamat email di Hotmail. Teman Hira yang mengajarkannya internet pun juga merupakan salah satu partner nya sampai saat ini dan bekerja sebagai Insinyur di Elite Team Internasional yang didirikan Hira.Sederhana sekali sebenarnya, tapi hal ini menjadi sebuah awalan untuk mencapai sesuatu yang luar biasa. Untuk menggapai mimpinya yang tinggi, Anne Ahira berani melakukan usaha yang besar. Kalau kamu juga ingin menggapai mimpi mu, jangan lupa usaha juga ya Friends.

Berkat rasa keingintahuan nya yang tinggi, Hira selalu mencari informasi lebih mengenai cara mendapatkan uang di internet. Saat ia sedang berada di kafe, ia pun selalu bertanya kepada orang-orang sekitar mengenai bagaimana cara menggunakan internet dan memanfaatkannya. Ia juga meminta tolong kepada orang-orang tersebut untuk membantu mengajarkannya tentang bagaimana cara untuk mendapatkan uang di internet. Namun semua orang yang ia tanya dan diminta untuk membantu justru meremehkan nya dan menertawakan Hira. Mereka berpikir bahwa keinginan Hira merupakan sesuatu yang aneh dan mustahil. Mereka semua berpikir bahwa Hira terus saja bermimpi dan tidak bisa mewujudkannya, apalagi mimpinya juga dianggap aneh dan gila. Serta hanya membuang-buang waktu karena cara nya tidak bisa dipecahkan.

Karir Hira Sebagai Internet Marketer

Kisah Sukses Anne Ahira Pebisnis Online Wanita Legendaris

Anne Ahira akhirnya belajar secara otodidak mengenai internet dan mencari informasi tentang  bagaimana cara mendapatkan uang melalui internet. Dengan tekad yang kuat, Hira akhirnya memulai perjalanan nya menjadi seorang Internet Marketer. Sebelumnya, Hira selalu membaca buku dan informasi-informasi baru mengenai Internet Marketing, hingga akhirnya ilmu nya tentang hal tersebut menjadi banyak dan luas. Hira juga jadi mendapat lebih banyak taktik dan strategi yang tepat yang perlu dijalankan ketika melakukan internet marketing.

Pada tahun pertama saat Hira mulai untuk menjalankan internet marketing, ia tidak mendapatkan keuntungan ribuan dollar seperti yang diharapkan dan yang ia baca di berita. Hal itu tentunya karena Hira belajar internet marketing sendiri dan tidak mendapat arahan dari guru atau pakarnya. Namun ia tak henti-hentinya berusaha untuk selalu semangat menjalankan internet marketing. Akhirnya pada tahun kedua, Hira mulai menunjukkan perkembangan dari usaha nya selama ini. Pada tahun kedua ia melakukan internet marketing, Hira mendapatkan pendapatan perbulan yang sudah dapat disamakan dengan masyarakat berpenghasilan di sebagian besar wilayah Indonesia. Penghasilan Hira juga selalu meningkat setiap bulannya. Hira pun menyadari bahwa pendapatan nya ternyata lama-lama memang semakin tinggi.

Rahasia mengapa Hira bisa sampai di titik tersebut yaitu ia menjalankan cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan 2 cara yaitu afiliasi dan networking. Sebenarnya kedua cara tersebut tidak berbeda jauh, namun yang berbeda adalah sistem pembayaran komisinya. Dengan melakukan pemasaran afiliasi, Hira menjual beberapa produk harus terus menerus dilakukan karena penjualan yang dihasilkan dari afiliasi ini tidak langsung melejit. Oleh karena itu harus selalu konsisten saat menjalankan. Produk yang dijual oleh Hira pun bermacam-macam seperti buku, software, alat pemasaran, dan lain-lain. Disitu Hira berperan sebagai reseller juga loh Friends, sehingga tidak menjadi supplier. Ketika kamu ingin mencoba bisnis online, kamu juga bisa memulai dengan menjadi reseller.

Baca Juga  5 Jenis Email Marketing untuk Bisnis E-Commerce yang Harus Kamu Gunakan Sekarang

Kekuatan dari internet marketer di seluruh dunia pun sangat berpengaruh, khususnya Hira. Ia sering mendapatkan tawaran untuk menjadi agen penjualan dan menjual produk-produk dari supplier. Namun, Hira juga tetap mensortir produk-produk tersebut agar tetap sesuai dengan target pasar yang ia tuju. Biasanya Hira juga akan mempelajari terlebih dahulu bagaimana produk tersebut bekerja, apa manfaatnya, serta apakah produk tersebut dapat cocok dengan segmentasi yang telah ditetapkan oleh Hira sebagai target pasarnya. Jika terdapat yang cocok, maka Hira bersia mendaftar sebagai afiliasi nya. Proses pendaftaran afiliasi yang dilakukannya pun sangat sederhana dan biaya nya pun juga gratis Friends. Setelah melakukan pendaftaran, Hira mendapat URL khusus yang berisi produk-produk dari sebuah brand dan Hira akan menjualnya pada target pasar yang sesuai.

Hira juga mendapatkan pemasukan yang snagat bervariasi sesuai dengan produk apa yang dijual olehnya. Hira juga sudah sangat handal di bidang afiliasi loh Friends. Berkat pengalaman nya yang sudah banyak, Hira membuat sebuah buletin yang membahas tentang bagaimana untuk melakukan pemasaran afiliasi dan telah dibaca oleh 14.000 profesional di bidang internet marketing di 120 negara. Wow! benar-benar keren ya Anne Ahira. Dengan kerja keras dan pantang menyerah, Hira sukses untuk mewujudkan mimpinya dan menginspirasi banyak orang.

Selain afiliasi, Hira juga melakukan network marketing dan ia sudah memiliki sistem pemasaran yaitu Team Elite System dan telah digunakan di lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Dengan membuat sistem tersebut, Hira hanya perlu membuat satu kali kursus pelatihan untuk orang-orang dan kemduain dapat digunakan secara terus menerus. Sehingga pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara online dan bahkan Hira bisa melakukan pekerjaan tersebut hanya dengan berbaring saja. Hira menyadari bahwa bisnis online merupakan salah satu hal yang sangat menjanjikan dibandingkan harus bekerja secara offline apalagi target yang ingin ia bidik adalah seluruh dunia.

Hira memberikan pelajaran kepada semua orang yang terlalu cepat menyerah, untuk selalu bekerja keras dan berusaha ketika melakukan sesuatu untuk menggapai mimpi. Hira memberi contoh bagaimana ia bisa menghasilkan uang dari internet dan itu tidak sedikit. Pada tahun pertama, mungkin ia tidak mendapat apa yang ia harapkan. Namun pada tahun-tahun selanjutnya, Hira akhirnya bertemu dengan titik yang ia harapkan dengan melakukan internet marketing yaitu afiliasi dan menjual produk-produk yang disesuaikan dengan target pasarnya. Strategi yang digunakan Hira yaitu ketika menjual produk A ia mungkin mendapatkan 500 dollar perbulan. Maka untuk produk B juga ia harus mendapatkan pemasukan sama seperti sebelumnya. Hira juga selalu mencari informais tentang produk baru apa saja yang bisa ia jual dan ia terus mengembangkan dan memperluan produk yang dijual. Sehingga Hira sudah memiliki sistem tetap yang akan terus menguntungkan nya meskipun ia sedang tidak bekerja.

Tips Sukses Anne Ahira

Kisah Sukses Anne Ahira Pebisnis Online Wanita Legendaris

Hira tentunya memiliki tips sukses melakukan internet marketing, ia mengatakan bahwa ketika ingin memulai menjadi seorang internet marketer maka harus memilki setidaknya pengetahuan dasar tentang internet dan komputer. Hal yang paling penting juga dengan mengasah skill bahasa Inggris loh Friends, apalagi kalau kamu ingin mengikuti jejak Anne Ahira yang berada di pasar global. Mental untuk menjadi internet marketer juga harus kuat dan karena tidak mungkin pemasukan banyak akan datang begitu saja seolah-olah jatuh dari langit. Sehingga ketika tidak mendapatkan pemasukan maka tidak akan frustasi. Karena hal tersebut sudah pasti terjadi. Ketika kamu merasa frustasi, maka hal itu akan menjadi kekalahan bagimu. Komitmen dalam menjalankan bisnis juga perlu loh Friends, karena ketika kamu sudah berkomitmen maka masalah apapun akan tetap kamu lalui dengan bak.

Asian Brain

Kisah Sukses Anne Ahira Pebisnis Online Wanita Legendaris

Setelah berhasil menjadi seorang internet marketer, Hira akhirnya berhasil mendirikan sekolah marketing untuk masyarakat yang bernama Brain Internet Marketing Center Asian pada tahun 2005. Sekolah ini bertujuan untuk mengajarkan bagaimana strategi marketing yang tepat untuk bisnis online. Hira juga berharap agar sekolah ini dapat membantu indsutri baik dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya sekolah yang didirikan dapat membuat masyarakat nya menjadi lebih aware tentang internet marketing sehingga bisa meningkatkan pendapatan negara khususnya Indonesia. Hira percaya bahwa internet marketing merupakan suatu bidang yang bisa memiliki prospek cerah di abad 21 dan semua orang bisa menjadi sukses dari hal tersebut.

Itu dia Friends, kisah tentang Anne Ahira yang menjadi inspirasi dalam dunia bisnis online dan internet marketing. Kalau kamu ingin menjadi sepertinya, kamu juga harus bekerja keras dan selalu berusaha ya!

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi Friends!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here