11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

2204
11 Aplikasi WFH
Free Credit Exabytes
6 min read

Karena pandemi COVID-19 yang melanda di Indonesia, beberapa perusahaan pun mengharuskan karyawannya untuk bekerja di rumah atau work from home untuk sementara waktu. Hal ini merupakan salah satu social distancing yang diterapkan untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah bekerja remote di rumah. Tetapi tak jarang banyak juga yang baru merasakan pertama kali work from home. Untuk itu sebaiknya kamu membaca tips dan trik bekerja produktif saat work from home.

Selain itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa aplikasi ini agar pekerjaanmu lancar dikerjakan di rumah. Berikut ini 10 aplikasi bermanfaat saat work from home yang bisa Exabytes Friends gunakan

Slack

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Slack adalah aplikasi untuk messaging dalam grup atau tim. Biasanya ini dipakai di perusahaan agar memudahkan kita berkomunikasi dengan rekan kerja atau divisi. Slack mungkin terlihat kompleks dibandingkan messaging app lainnya yang kita gunakan sehari-hari tetapi ini lebih memudahkan dalam pekerjaan karena bisa terintegrasi ke Google Drive langsung.

Basecamp

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Tool ini merupakan tool project management dan internal communication untuk para pekerja remote. Aplikasi ini hampir sama dengan Slack. Beberapa fitur yang ada di basecamp ini antara lain message boards, to dos, group chat, schedule dan lainnya. Dengan basecamp, kita bisa memonitor pekerjaan sekaligus berkomunikasi dengan divisi tim.

Trello

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Trello adalah aplikasi manajemen yang berfungsi untuk menuliskan list apa yang harus dikerjakan. Ini bertujuan untuk membuat pekerjaanmu lebih terorganisir. Trello bisa diakses oleh beberapa orang sehingga kita bisa memastikan deadline mana yang harus dikerjakan dan yang sudah diselesaikan. Kamu bisa menambahkan card untuk project yang akan dikerjakan, menambahkan label, menuliskan description dan attach file, menambahkan due date untuk tanggal deadline dan mengatur susunannya. 

Baca Juga  10 Kegiatan Asyik Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Saat Physical Distancing

Google Hangouts

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Jika kamu perlu melakukan meeting dengan tim kerja, kamu bisa menggunakan Google Hangouts sebagai solusinya. Platform yang dikembangkan oleh Google ini digunakan untuk berkomunikasi meliputi chat dan video call. Selain itu ada fitur share screen dan bisa melakukan video call group dari puluhan hingga ratusan orang. 

Skype

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Mungkin kalian lebih familiar dengan Skype untuk video call. Skype memang aplikasi paling populer untuk melakukan panggilan telepon jarak jauh. Jika kamu akan melakukan rapat, kamu bisa menggunakan Skype untuk kapasitas 50 orang. Tetapi bila lebih dari itu, kamu bisa menggunakan Skype for Business yang bisa menampung hingga 250 orang.

Workplace by Facebook

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Platform yang dikembangkan oleh Facebook ini menyediakan layanan chat dan media sosial. Audiens pasar untuk layanan ini ditargetkan khusus untuk profesional atau korporasi. Dengan platform ini akan memudahkan kamu untuk berkoordinasi pekerjaan dengan co-workers.

Zoom

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Jika kamu butuh untuk melakukan video call dengan jumlah yang banyak, zoom mungkin bisa jadi alternatif yang tepat. Aplikasi ini bisa menggelar video conference dengan maksimal 1000 partisipan user. Zoom juga dilengkapi dengan fitur share screen dimana kamu bisa menunjukkan screen laptop kamu ke orang-orang yang terhubung video call denganmu jadi kamu bisa melakukan presentasi. 

Easywork

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Easywork adalah perangkat untuk company and HR system. Aplikasi ini berfungsi sebagai attendance online yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu tinggal clock in layaknya kamu melakukan absen saat tiba di kantor dan clock out saat pulang. Dengan aplikasi ini juga bisa tracking lokasi dimana kamu mengisi absen. Selain sebagai absensi online, aplikasi ini dilengkapi oleh beberapa fitur untuk manajemen pekerjaan perusahaan seperti announcement, poll, calendar, reward, dan lainnya.

Baca Juga  Tertarik Menjadi Mompreneur? Ini Dia Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Asana

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Asana adalah aplikasi manajemen proyek yang bisa digunakan saat work from home untuk memfasilitasi karyawan. Perangkat ini bisa membantumu menyusun deadline dan tugas project yang sedang dikerjakan. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar terkemuka di dunia. Untuk menggunakan perangkat ini, ada yang gratis dan berbayar.

Daywise

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Apakah kamu mudah terdistraksi dengan notification di smartphone yang membuatmu nggak fokus dengan pekerjaanmu? Sebaiknya kamu perlu menginstall Daywise. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan mengatur waktu kapan saatnya bekerja dan istirahat. Fungsinya yaitu untuk mengalihkan notifikasi yang masuk. Jadi, seandainya kamu sedang bekerja maka hanya notifikasi penting saja yang akan masuk ke smartphone kamu.

G Suite

11 Aplikasi Bermanfaat Saat Work From Home

Terakhir ada G Suite yang merupakan gabungan atau kolaborasi dari perangkat yang dikembangkan oleh Google. G Suite ini meliputi Gmail, Google Drive, Dropbox Google Calendar dan lainnya. Selain itu, ada juga Google Documents yang mencakup Google Docs, Sheets, Slides, Forms dan lainnya. G Suite ini seperti paket lengkap dari Google yang menunjang produktivitas pekerjaanmu khususnya untuk perusahaan atau organisasi.

Semoga aplikasi-aplikasi di atas bisa kamu gunakan dan dapat menunjang pekerjaanmu saat di rumah ya Exabytes Friends.

Credit to Audina Chairun Nisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here