Ketahui 4 Komponen Website dengan Elemennya

0
2075

Eksistensi website semakin meningkat seiring dengan berkembangnya era digital. Bisa dibilang, banyak bisnis berlomba-lomba untuk memiliki website. Tujuannya adalah agar dianggap kredibel dan profesional oleh pelanggan dan calon pelanggan mereka. Selain itu, website juga berfungsi sebagai media branding bagi bisnis. Website menjadi media untuk promosi sebuah brand maupun organisasi. Website juga menjadi wadah bagi sebuah brand untuk mengomunikasikan siapa diri mereka.

Nah, website memiliki komponen yang menyusunnya. Tidak hanya itu, website juga didukung oleh beberapa elemen yang dimiliki. Ada apa saja komponen website dengan elemennya? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam lagi!

Pentingnya Website

komponen website

Sebelum masuk dalam pembahasan komponen dan elemen website, kita harus tahu dulu, nih, manfaat dan pentingnya website bagi sebuah bisnis maupun organisasi selain beberapa yang sudah disebutkan di atas.

Beberapa manfaat yang didapat dari menggunakan website, di antaranya:

Meningkatkan keterjangkauan bisnis 

Dengan website, bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Dalam era digital saat ini, konsumen cenderung mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan melalui internet, sehingga website dapat membantu bisnis memperluas cakupan pasar dan meningkatkan keterjangkauannya.

Meningkatkan interaksi dengan pelanggan

Website juga dapat mempermudah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Pelanggan dapat mengakses informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, melakukan pemesanan, memberikan umpan balik, dan berinteraksi dengan bisnis atau merek melalui website. Hal ini dapat membantu bisnis memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Meningkatkan citra bisnis

Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kesan profesionalisme dan kepercayaan dari pelanggan dan khalayak umum. Hal ini dapat membantu membangun citra bisnis yang positif dan menarik bagi pelanggan serta investor potensial.

Memperluas potensi penjualan

Website dapat digunakan untuk memperkenalkan dan menjual produk atau layanan secara online. Hal ini dapat membantu bisnis meningkatkan potensi penjualan dan memperluas pasar secara online.

Meningkatkan kehadiran online

Di era digital saat ini, keberadaan online sangat penting untuk memperoleh keuntungan dalam bisnis atau organisasi. Website adalah salah satu cara untuk meningkatkan kehadiran online dan memperkuat keberadaan bisnis atau organisasi di pasar digital.

Memberikan informasi dan pengetahuan

Website juga dapat digunakan sebagai sumber informasi dan pengetahuan bagi pengunjungnya. Hal ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih dekat antara bisnis atau organisasi dengan pelanggan atau khalayak umum.

Komponen Website

komponen website

Komponen website adalah bagian-bagian yang membentuk sebuah website. Setiap komponen pada website memiliki peran dan fungsi masing-masing dalam memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Website terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait dan saling melengkapi untuk membentuk tampilan yang menarik dan fungsional.

Beberapa komponen utama beserta elemennya pada sebuah website adalah sebagai berikut: 

1. Header

Header adalah bagian paling atas dari sebuah website yang biasanya berisi elemen-elemen penting seperti logo, menu navigasi, dan judul halaman. Header juga dapat berisi informasi tambahan seperti tautan ke halaman sosial media, tombol untuk memulai aksi tertentu, atau tautan untuk masuk ke akun pengguna.

Semua elemen di header harus dirancang dengan baik dan diposisikan dengan baik untuk membantu pengunjung website memahami konteks halaman dan menjelajah website dengan mudah. Berikut beberapa elemen dalam header:

Logo 

Logo pada header seringkali menjadi elemen yang paling menonjol karena merepresentasikan merek atau perusahaan yang memiliki website tersebut. Logo yang baik harus mudah dikenali dan mudah diingat sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan membangun citra merek yang kuat.

Menu navigasi 

Menu navigasi pada header berisi daftar tautan ke halaman-halaman utama dari website. Menu navigasi dapat membantu pengunjung website menavigasi dengan mudah dan menemukan konten yang mereka butuhkan.

Judul halaman 

Judul halaman pada header dapat membantu pengunjung website memahami konten utama dari halaman tersebut dan memudahkan mereka untuk membedakan halaman satu dengan yang lain.

2. Konten

Konten dalam website merujuk pada informasi, gambar, atau video yang ditampilkan pada halaman web. Konten ini dapat berupa teks, gambar, audio, video, atau gabungan dari semuanya. Konten utama pada sebuah website biasanya mencakup topik utama atau tujuan dari website tersebut. Tujuan dari konten pada website adalah untuk memberikan informasi yang relevan dan berguna bagi pengunjung website.

Konten pada website harus dirancang dengan baik dan relevan dengan tujuan dari website tersebut. Konten yang baik akan membantu pengunjung website memahami topik atau tujuan dari website dengan mudah dan memberikan nilai tambah bagi mereka. 

Konten pada website harus mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung. Konten harus ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan digunakan format visual seperti subjudul dan bullet point untuk memudahkan pembacaan. Selain itu, konten juga harus diperbarui secara teratur untuk tetap relevan dan memberikan informasi yang akurat bagi pengunjung website.

Beberapa elemen yang dapat ditemukan dalam konten website antara lain:

Gambar atau video

Media visual yang mendukung konten utama.

Paragraf

Blok teks yang berisi informasi dan penjelasan tentang topik yang dibahas.

Tabel atau grafik

Visualisasi data atau informasi dalam bentuk tabel atau grafik.

Formulir

Alat untuk mengumpulkan informasi dari pengunjung website.

3. Sidebar

Sidebar adalah area kecil pada sebuah halaman website yang biasanya ditempatkan di samping atau di sebelah konten utama. Sidebar biasanya berisi elemen-elemen tambahan yang dapat membantu pengunjung website dalam menjelajahi atau memahami konten pada halaman tersebut. Sidebar pada website dapat berupa menu navigasi, daftar tautan, iklan, atau widget. 

Namun, penggunaan sidebar harus dilakukan secara bijak dan sesuai dengan tujuan dari halaman website. Terlalu banyak informasi pada sidebar dapat membuat halaman website terlihat penuh dan membingungkan pengunjung, sehingga dapat mengurangi pengalaman pengguna yang baik.

Beberapa elemen yang dapat ditemukan pada sidebar antara lain:

Menu navigasi 

Navigasi pada sidebar dapat membantu pengunjung website menavigasi dengan mudah ke halaman-halaman lain dari website, atau menuju kategori atau topik tertentu pada halaman tersebut. 

Daftar tautan 

Daftar tautan pada sidebar dapat berisi tautan ke halaman-halaman terkait atau artikel terkait dengan topik yang sedang dibahas pada halaman tersebut.

Iklan

Selain itu, sidebar pada website juga dapat digunakan untuk menampilkan iklan atau promosi produk tertentu. Iklan pada sidebar dapat membantu meningkatkan pendapatan dari website atau mengarahkan pengunjung ke produk atau layanan yang relevan dengan konten halaman tersebut.

Widget

Widget juga dapat ditempatkan pada sidebar untuk memberikan informasi tambahan atau untuk menambah fungsionalitas pada website. Contoh widget yang dapat ditempatkan pada sidebar adalah widget cuaca, widget kalender, widget pencarian, atau widget terkait artikel.

4. Footer

Footer adalah bagian dari halaman website yang terletak di bagian bawah. Secara umum, footer digunakan untuk menampilkan informasi tambahan mengenai website, seperti tautan navigasi, informasi kontak, kebijakan privasi, hak cipta, dan lain-lain. Footer dapat membantu pengguna untuk lebih mudah menavigasi website dan menemukan informasi penting tentang website tersebut. 

Selain itu, footer juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada pengguna, seperti cara menghubungi pemilik website atau informasi tentang hak cipta. Footer biasanya terdiri dari beberapa elemen yang berbeda, tergantung pada jenis website dan informasi yang ingin ditampilkan.

Berikut ini adalah beberapa elemen umum yang terdapat pada footer website:

Tautan navigasi

Footer sering digunakan sebagai tempat untuk menampilkan tautan ke halaman-halaman penting seperti halaman About, Contact, dan FAQ.

Informasi kontak

Footer sering menyertakan informasi kontak seperti alamat email, nomor telepon, alamat fisik, dan formulir kontak.

Tautan ke media sosial

Footer juga dapat berisi tautan ke akun media sosial dari website, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Kebijakan privasi

Footer sering menyertakan tautan ke kebijakan privasi website, dimana pengguna dapat membaca informasi tentang bagaimana data mereka ditangani.

Hak cipta

Footer biasanya mencantumkan informasi tentang hak cipta website dan pemiliknya.

Tautan ke situs lain

Footer bisa digunakan untuk menampilkan tautan ke situs lain yang terkait dengan topik website, atau yang dimiliki oleh pemilik website.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments