Mana Yang Lebih Efektif, Facebook Ads Atau Google Adwords?

142
media promosi
4 min read

Hi Exabytes Friends!

Berbicara soal bagaimana cara memasarkan produk atau jasa suatu brand, tidak bisa hanya dilakukan dengan cara yang konvensional saja seperti membagikan brosur di jalan, memasang iklan di koran, atau dengan menempelkan poster di tembok-tembok. Perlu metode pemasaran yang lebih efektif lagi agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar nasional saja tapi bisa menjangkau pasar internasional. Oleh karena itu, pemasaran produk atau jasa secara online merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk bisnis kamu.

Melakukan promosi secara online tentunya menjadi peranan yang sangat penting untuk tumbuh kembang sebuah brand. Dengan melakukan suatu promosi, pelanggan atau calon pelanggan kamu dapat mengetahui produk atau jasa apa yang kamu jual dan apa kegunaan maupun kelebihan dari produk yang kamu jual tersebut. Tujuan dilakukan promosi tersebut adalah satu yaitu menarik minat calon pelanggan agar tertarik untuk membelinya.

Ada beragam jenis pilihan strategi promosi yang bisa kamu jadikan pertimbangan, entah itu dilakukan tanpa modal atau dengan mengeluarkan modal terlebih dahulu. Yang jelas, jika kamu menginginkan cara tercepat untuk mendatangkan banyak pelanggan, kamu bisa memilih media yang berbayar. Untuk media berbayar yang paling unggul sampai saat ini ada dua yaitu Facebook Ads dan Google Adwords.

Mana Yang Lebih Efektif, Facebook Ads atau Google Adwords?

Facebook Ads dengan Google Adwords keduanya sama-sama memberikan impact yang baik untuk meningkatkan penjualan sebuah bisnis online dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar nantinya. Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah pengunjungnya paling banyak bisa menjadi peluang bisnis online untuk meletakkan iklan di dalamnya. Sedangkan Google sebagai mesin pencari, menggunakan mesin pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan.

Coba kamu bayangkan secara kasat mata antara Facebook Ads dengan Google Adwords hampir tidak ada bedanya, termasuk sama juga dalam hal pembiayaannya. Mungkin jika kamu awan dalam hal ini pasti menyangka di antara kedua platform tersebut tidak ada bedanya.

Namun yang terpenting saat ini adalah dari kedua media promosi tersebut mana sih yang paling efektif dan baik untuk bisnis online kamu? Apa saja persamaan dan perbedaan antara keduanya? Berikut Exabytes akan membahas tentang kedua media promosi ini lebih detail lagi. Simak baik-baik ya.

Persamaan Antara Keduanya

Jika melihat kedua media promosi ini, sama-sama memiliki kekuatan besar karena kemampuannya dalam menampilkan iklan atau promosi yang sudah tertarget sesuai dengan audiens bisnis kamu secara lebih spesifik dan tepat sasaran.

Sebagai contoh, kamu memiliki sebuah toko online yang memasarkan atau menawarkan  produk kosmetik. Tentu dalam hal ini kamu lebih membutuhkan pangsa pasar yang cocok, yang tertarik dan menyukai produk yang kamu jual bukan? Dengan Facebook Ads dan Google Adwords, kamu bisa mendapatkan pangsa pasar yang benar-benar berpotensial membeli produk yang kamu jual tersebut.

Karena kedua media promosi ini memang dapat menargetkan audiens sesuai dengan minatnya di internet. Ketika kamu menggunakan kedua media promosi ini, iklan kamu akan lebih fokus terhadap pelanggan yang memang memiliki minat sama, sehingga kecenderungan untuk membeli produk sangatlah besar.

Perbedaan Antara Keduanya

Berbeda Sistem Penargetannya

Umumnya antara Facebook Ads dengan Google Adwords memiliki analisis yang sama sebelum mempromosikan produk atau jasa jualan kamu. Namun berbeda dalam pencarian audiensnya. Jika di Facebook Ads dalam hal penargetan sesuai dengan ketertarikan audiens, dimana metode ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran audiens dalam mengingat produk yang kita jual sedangkan Google Adwords lebih kepada pengguna yang secara spesifik mencari sesuatu.

Di platform Facebook Ads, kamu mempunyai pilihan untuk menentukan audiens yang ingin kamu targetkan dengan menggunakan penyaringan yang meliputi ketertarikan atau minat audiens, perilaku audiens, demografi, geografi, koneksi dan lain sebagainya. Sehingga dengan cara tersebut diharapkan kamu bisa mencapai audiens yang tepat dan yang paling penting iklan kamu hanya bisa dilihat oleh audiens yang telah kamu targetkan sebelumnya. Biasanya iklan kamu jika sudah tayang akan tampil di beranda milik pengguna Facebook.

Berbeda dengan Google Adwords, dimana media promosi ini menampilkan iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kamu targetkan sebelumnya. Jadi ketika pengguna mengetikkan kata kunci sama seperti yang telah kamu setting sebelumnya, maka iklan produk jualanmu akan muncul di hasil pencarian.

Berbeda Dalam Membangun Brand

Facebook Ads maupun Google Adwords masing-masing menawarkan hal yang berbeda dalam membangun sebuah brand. Contohnya saja di Adwords, pengguna akan digiring untuk mengklik judul suatu berita di halaman utama Google yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. 

Sedangkan jika kamu menggunakan Facebook Ads, iklan kamu akan terus muncul di beranda pengguna Facebook setiap harinya, sehingga para audiens ketika membuka Facebook akan langsung melihat iklan kamu tersebut. Jika iklan kamu tersebut dapat menarik perhatian para audiens, para audiens tersebut tidak segan-segan untuk langsung mengklik iklan kamu Exabytes Friends bahkan bisa jadi mereka akan langsung membelinya.

Setelah melihat persamaan dan perbedaan antara Facebook Ads dengan Google Adwords mana nih yang efektif untuk bisnis kamu? Exabytes sarankan sih untuk memilih media promosi yang pas sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang kamu jalani ya.

Sekian artikel tentang persamaan maupun perbedaan antara Facebook Ads dengan Google Adwords. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya Exabytes Friends.

Baca Juga  Cara Install Wordpress SUPER Fast

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here