Amit-amit Jangan Sampai Hal Ini Menimpa Blog atau Website Kamu Exabytes Friends!

40
2 min read

Blog atau Website yang kamu miliki adalah tempat kamu menghabiskan dan mencurahkan waktu luang untuk mencapai tujuan kamu. Bisa untuk mencari keuntungan dari menulis atau sekedar mendokumentasikan keseharian kamu. Banyak sekali faktor yang bisa saja membuat blog kamu atau website kamu menghilang dari google atau tidak temukan sama sekali. Simak beberapa tips berikut ini dan cari tahu cara menanggulanginya.

Tidak Pernah Mendaftarkan atau Mengizinkan Google Bot berkunjung ke Blog/Website.

Yes, terkadang kita sudah menulis banyak hal di blog kita tapi masih saja sepi pengunjung bahkan terhitung hanya kita dan beberapa temen yang sudah kita ajak masuk ke website kita. Untuk ditemukan di pencarian google kamu wajib melakukan instalasi plugin seperti SEO Framework atau Yoast jika menggunakan WordPress. Kedua plugin ini akan membantu membuatkan sitemap.xml. Dimana file ini atau alamat seperti websitekamu.com/sitemap.xml diperlukan ketika kita mendaftarkan diri ke Google Search Console. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Google Search Console atau GSC nanti akan dibahas diartikel lain ya (lebih dalam – lebih detail).

Tidak Mengaktifkan HTTPS atau SSL di Layanan Hosting.

Yang ini hukumnya wajib buat blog/website jaman now. Iyes, kamu pasti nggak kepengen doang orang yang tiba-tiba pengen berkunjung ke webiste kamu diarahin ke mercus*ar atau uz*ne. Hal tersebut dikarenakan wifi / koneksi yang digunakan menggunakan indih*me atau wif*id dimana hal tersebut adalah hal pencegahan karena dideteksi website kamu tidak aman karena tidak menggunakan SSL. Tapi tenang di seluruh paket layanan hosting exabytes semuanya gratis SLL. Jadi nggak perlu khawatir.

Lupa Bertanya Soal Fitur Backup Pada Penyedia Hosting.

Tidak semua penyedia layanan hosting menyediakan layanan backup. Kamu wajib bertanya tentang fitur ini. Karena bisa saja dikemudian hari blog kita tiba-tiba menghilang karena plugin error atau human error yang bisa saja terjadi. Disaat seperti ini jika kamu menggunakan layanan hosting dari exabytes. Tidak perlu panik karena exabytes telah menggunakan R1soft untuk disetiap layanan hosting. Dimana data kamu akan dibackup hingga 7 – 14 hari. Cukup mengirimkan email ke support@exabytes.co.id atau langsung aja chat support exabytes yang siap membantu 24 jam.

Lupa Memperpanjang Domain yang Menyebabkan Domain Diambil Orang Lain.

Hiii ngeri ya, domain kita diambil orang karena kita lupa perpanjang. Terdengar sepele namun hal ini pernah terjadi pada perusahaan sebesar google. Kala itu ada seorang pria yang sedang iseng mencari domain yang belum diperpanjang membelinya hanya dengan harga  $12 seperti yang dikutip di Business Insider . Mengetahui hal itu Google langsung membeli kembali domain “google.com”. Kamu bisa bayangkan jika itu terjadi dengan domain kamu nih. Orang bisa saja membeli domain kamu dan mengambil semua properti miliki kamu (uhh sedih). Jangan sedih ya, selalu perpanjang domain kamu tempat waktu Mbak-mbak Billing dari exabytes akan selalu membantu kamu untuk memperpanjang domain. Mau 1 tahun atau lebih tetap murah.

Nah, semoga hal tersebut tidak terjadi pada blog/website kamu ya. Tetap nantikan artikel selanjutnya. Buat kamu yang belum pernah membeli paket apapun di Exabytes bisa menggunakan saldo potongan dibawah ini. Kapan lagi beli domain .com seharga Rp 50ribu-an

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here