Kenali Pentingnya Keyword untuk SEO di Tahun 2021!

262
Kenali Pentingnya Keyword untuk SEO di Tahun 2021!
Berkah Ramadhan
7 min read

Hi Exabytes Friends! Siapa sih yang nggak tahu kalau kehadiran SEO nggak akan terlepas dari keyword atau kata kunci? Gimana nggak saling terhubung dan nggak bisa terlepas? Karena setiap orang yang ingin mencari tahu sesuatu di kolom pencarian maka mereka harus memasukan keyword atau kata kunci.

So, hubungan antara keyword dan SEO sangatlah erat nih guys! Emang seberapa pentingnya keyword sih dalam hal SEO atau mesin pencarian? Tapi untuk kenapa keyword bisa berperan sepenting itu untuk SEO, akan dibahas lengkap dibawah ya guys!

Nah, menjelang tahun 2021 ini, kamu tentu mau dong menguasai teknik pemilihan dan penggunaan keyword yang tepat untuk SEO. Tenang saja, dibawah ini mimin akan membahas tentang pentingnya keyword untuk SEO! Kamu penasaran? Yuk langsung aja simak dan kenali pentingnya keyword untuk SEO di Tahun 2021! 

Apa itu Keyword?

Pentingnya keyword

Nah, sebelum kamu membaca lebih lengkap tentang pentingnya keyword untuk SEO, yuk kita kenalan dulu sama keywordnya! Apa sih keyword? Keyword merupakan suatu susunan kata yang sangat sering diketikkan oleh orang saat melakukan pencarian data atau informasi yang mereka perlukan di internet.

Kata-kata inilah yang disimpan dan dipakai oleh mesin pencari untuk menganalisa akan kebutuhan pengguna internet. Jadi, kata kunci juga adalah kata-kata umum yang dipikirkan manusia saat mereka memerlukan sesuatu.

Misalnya temanmu lagi membutuhkan laptop dengan harga yang murah, maka dia bisa mengetik di mesin pencarian dengan keyword “laptop murah” dan muncullah berbagai hasil pencarian juga website yang menyediakan laptop dengan harga murah. Bahkan sekarang di Google pun tanpa mengklik salah satu hasil pencarian pun sudah menampilkan berbagai harga laptop.

Kenalan yuk sama jenis keyword untuk SEO! 

Jenis keyword

Short Tail dan Long Tail 

Beberapa ekspertise SEO seringkali menyebutkan short tail dan long tail keyword. Short tail keyword sendiri artinya adalah kata kunci yang pendek, yang biasanya terdiri dari satu atau dua kata, sementara long tail keyword adalah kata kunci yang panjang, yang biasanya terdiri dari lebih dari dua kata, keyword jenis ini biasanya menggunakan tiga, empat, lima, atau lebih. 

Jika kamu merupakan orang yang baru memulai optimasi website menggunakan SEO, sebaiknya menggunakan long tail keywords karena penggunaan keyword ini memberikan peluang lebih besar untuk menempati ranking atau urutan yang lebih baik dan memperoleh lebih banyak target pengunjung. 

Baca Juga  13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu

Brand Keyword dan Generic Keyword 

Disini ada juga jenis brand keyword dan generic keyword, brand keyword artinya jenis kata kunci yang berhubungan dengan brand atau jasa yang sedang kamu tawarkan. Sedangkan generic keyword adalah kata kunci yang benar-benar berhubungan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Terlepas dari itu, semua jenis kata kunci baik brand keyword maupun generic keyword harus tetap dioptimasi dengan baik agar websitemu semakin mudah untuk ditemukan. 

Variasi atau kombinasi dari brand keyword dan generic keyword harus dilakukan dengan baik, dan hal tersebut akan memberikanmu hasil maksimal yang akan sangat menguntungkan bagi performa website. 

Alasan Pentingnya Keyword Untuk SEO 

Pentingnya keyword untuk SEO

Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas bahwa SEO selamanya nggak akan bisa lepas dari kehadiran keyword atau kata kunci. Keyword menjadi salah satu kunci dan sumber datangnya pengunjung melalui mesin pencari, dan hal ini menjadi salah satu tolak ukur suksesnya optimasi website yang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik SEO. 

Mungkin banyak orang yang sudah merasa mengoptimasi websitenya, banyak kata kunci yang sudah muncul di halaman pertama Google atau Search Engine Result Page (SERP). Tapi setelah diteliti, ternyata nggak banyak orang yang mengunjungi website tersebut dan tentunya nggak ada konversi.

Nah, disinilah letak kesalahan mulai terlihat. Kesalahan pertama yang jelas adalah nggak menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat untuk konten atau bisnis yang sedang dijalankan. Dan yang kedua juga memaksakan untuk menggunakan kata kunci yang sebenarnya nggak menjadi target dari para pencari produk dan jasa itu sendiri. 

Nah, SEO sendiri nggak bisa dipisahkan dari keyword karena sebagai sumber traffic organic, mesin pencari sendiri menggunakan “kata atau rangkaian kata” yang digunakan oleh para pencari informasi di sebuah mesin pencari seperti Google.

Google akan memberikan informasi yang relevan dengan kata atau rangkaian kata yang digunakan di mesin pencari. Hasil pencarian pada halam pertama akan menampilkan 10 website dengan tingkat relevansi yang paling tinggi dengan apa yang diharapkan oleh orang yang mencari suatu informasi. 

Keyword yang tepat sendiri akan memberikan pengunjung informasi sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani atau sesuatu yang sedang mereka cari. Terkadang perlu dilakukan penelitian yang mendalam sebelum menentukan kata kunci yang akan digunakan untuk sebuah website bisnis. 

Berikut adalah alasan pentingnya keyword untuk SEO yakni :

Meningkatkan ranking hasil pencarian di search engine

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa dengan keyword yang tepat sasaran, kita bisa membuat website di halaman atas pencarian di search engine. Dengan begini, website kamu mudah ditemukan oleh target audiens atau pasar kamu. Tak hanya itu, audiens pun juga mudah mengunjungi websitemu dan memenuhi kebutuhannya juga.

Menghasilkan konten yang baik dan berkualitas

Pentingnya keyword untuk konten berkualitas

Konten merupakan salah satu penunjang dalam website. Tanpa ini, website pun akan terasa sepi dan kosong, tanpa informasi. Konten yang berkualitas dengan keyword yang tepat dengan SEO pun dapat meningkatkan rangking pencarian.

Baca Juga  Lakukan 10 Hal Ini Untuk Optimasi Konten SEO Friendly

Inilah peran keyword sangat diperlukan. Keyword yang digunakan haruslah sesuai dengan isi konten atau bisnis yang sedang dijalankan. Dan setelah itu juga dibutuhkan monitor terhadap keyword yang digunakan seperti sudah ada traffic atau belum terhadap keyword yang sedang digunakan. Lalu bagaimana posisi keyword tersebut di halaman pencarian?

Setelah itu, kamu perlu cari tahu apakah trend yang sedang berlangsung sesuai dengan kata kunci yang sedang ditargetkan. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai keyword yang sedang rame diperbincangkan. Beberapa hal tersebut bisa menjadi dasar dalam pemilihan dan penggunaan keyword agar nantinya tepat sasaran dan bekerja dengan baik untuk SEO. 

Jika kamu sudah menemukan keyword yang tepat, gunakanlah untuk menulis konten yang menarik. Jangan lupa masukan atribut lainnya yang bisa menaikan SEO seperti text ALT di dalam gambar, backlink, dan lain sebagainya.

Meningkatkan traffic dan revenue

Keyword sendiri merupakan salah satu sumber traffic bagi suatu website, ketika hal ini dilakukan dengan benar, penerapan keyword di websitemu akan memberikan traffic tertarget sesuai bisnis, sesuai dengan target yang kamu inginkan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian terkait keyword yang nantinya akan digunakan. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi website bisnis kamu dalam jangka waktu yang panjang. 

Ketika website kamu dikunjungi oleh banyak pengunjung, maka traffic pun akan merangkak naik. Hal ini tentu saja menjadi keinginan banyak pemilik website atau entrepreneur karena bisa meningkatkan traffic sekaligus meningkatkan revenue jika dikonversikan. 

Mengetahui apa yang audiens sedang butuhkan / survei pasar

Saat kita ingin menentukan keyword, tentu saja kita melakukan riset terlebih dahulu. Nah, di saat bersamaan juga kita bisa mengetahui apa sih yang audiens atau pasar lagi butuhkan. 

Misalnya nih sekarang audiens lagi mencari informasi soal tren marketing terbaru, maka coba cari keyword yang menarik yang berkaitan dengan tren marketing. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang untuk menarik audiens supaya ke website kamu dengan konten dengan keyword tren marketing yang lagi dibutuhkan saat ini.

Nah guys, kata kunci merupakan hal yang sangat penting untuk SEO. Begitu juga sebaliknya, keberhasilan SEO adalah jika setiap kata kunci yang digunakan memberikan pengunjung tertarget informasi atau produk sesuai dengan yang mereka cari dan ingin tahu. Sudah paham kan jadinya arti pentingnya keyword untuk SEO kamu?

So, sebelum tahun 2021 dimulai, yuk berikan usaha terbaikmu untuk memaksimalkan website milikmu! Semoga artikel ini membantu ya guys~

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan