Bisnis Online Sukses, Ikuti 10 Langkah Berikut Ini!

78
Langkah Memulai Bisnis Online Sukses
8 min read

Bisnis online adalah peluang baru yang berkembang sangat cepat, apalagi dipicu oleh kejadian pandemi Covid-19. Bisnis online merupakan kanal pemasaran yang tumbuh paling cepat di Indonesia.

Memulai bisnis online pun juga tidaklah susah namun butuh konsisten dan beberapa hal agar bisnis online sukses. Lalu, bagaimana sih cara memulai bisnis online? Tentunya kamu juga perlu mulai memikirkan agar bisnis menjadi sukses. Yuk, belajar bisnis online sekarang juga! Simak artikel berikut ini.

Apa itu Bisnis Online?

Bisnis online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang dilakukan menggunakan jaringan internet, Untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomunikasi.

Ilustrasi Bisnis Online Sukses
Ilustrasi Proses Bisnis Online. Sumber: Adobe Stock Photo

Media online seperti website, blog, jejaring sosial maupun toko online dapat dijadikan penggerak bisnis secara digital. Aktivitas pemesanan, transaksi, pembayaran, konfirmasi, konsultasi semua kini dapat dilakukan secara mudah dengan online.

Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis offline, yang dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat penjual barang tersebut, Kegiatan bisnis online dan offline berjalan saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan usaha. Bisnis online adalah bisnis potensial yang dapat diaplikasikan pada setiap usaha. Kemudahan akses internet dan layanan media online gratis dapat dimanfaatkan oleh orang orang yang ingin memulai bisnis online. 

Bisnis online bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan Dropship, yang artinya sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang). 

Dengan skema bisnis yang sederhana, bisnis dropship juga bisa dilakukan dimanapun asalkan memiliki koneksi jaringan internet. Berbagai produk yang menyediakan penjualan dropshipping untuk para mitranya antara lain kosmetik, makanan dan minuman, obat, pakaian, dan elektronik.

Selain itu, toko online atau online shop juga bisa menjadi salah satu cara dalam membangun bisnis online. Toko online atau online shop pada dasarnya sama dengan toko pada umumnya karena kamu menjual produk atau jasa kepada konsumen. Hal yang membedakan adalah media yang digunakan. 

Untuk membuat online shop, kamu bisa memanfaatkan media sosial mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp. Selain itu, ada juga marketplace terkemuka yang bisa digunakan di antaranya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Jd.id.

Mengapa Perlu Memulai Bisnis Online? 

Bagi kamu yang saat ini sudah memiliki bisnis namun belum beralih online, sebaiknya pindah ke online sekarang. Mau tahu alasan kenapa kamu harus memulai bisnis online mulai hari ini? Yuk, simak alasannya berikut ini!

Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Bisnis online bisa membawa usaha kamu ke audiens yang lebih luas. Siapa saja yang memiliki koneksi internet bisa melihat produk atau layanan kamu secara online. Kamu bisa mendapat pelanggan dari berbagai kota lainnya, bahkan dari luar negeri. Namun, tetaplah hal ini harus dibarengi dengan strategi yang tepat, seperti, memaksimalkan penggunaan social media dan search engine.

Baca Juga  Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Modal Relatif Lebih Kecil

Memulai bisnis online membutuhkan modal yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. kamu tidak perlu menyewa atau membeli tempat untuk toko, tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya operasional, jika skala yang kecil kamu juga tidak perlu menggaji karyawan. Bahkan, untuk menjual produk tertentu, kamu bisa menjadi reseller, artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya produksi. Kamu juga bisa mencoba layanan reseller hosting dari Exabytes, lho!

Tidak Ada Batasan Akses Waktu

Berbeda dengan toko offline, yang terbatas pada jam buka, jika kamu berjualan online, toko online kamu akan buka 24/7. Karena bisnis online berjalan selama 24 jam, ketika kamu tidur pun kamu bisa menerima order.

Promosi Menjadi Lebih Mudah

Promosi untuk bisnis online pun tergolong mudah. Kamu bisa menggunakan media sosial, atau e-commerce yang sedang berkembang begitu pesat. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai sarana promosi bisnis online dengan gratis, maupun mengiklankannya secara berbayar. Semua tergantung pilihanmu dan budget yang kamu miliki.

Praktis & Efisien

Ketika menjalankan bisnis online, kamu hanya membutuhkan smartphone, laptop, dan juga koneksi internet. Kamu bisa menjalankan bisnis onlinemu dimana pun dan kapan pun, tanpa harus mengkhawatirkan banyak hal. Kamu hanya perlu waktu di rumah ketika ingin mengepak barang yang ingin kamu kirim ke pembeli. Saat ini, jasa ekspedisi juga sangat mudah ditemukan.

10 Langkah Memulai Bisnis Online Sukses

Ilustrasi Bisnis Online
Ilustrasi Bisnis Online dengan Menggunakan Tab. Sumber: Adobe Stock Photo

Apakah kamu sudah tertarik dengan bisnis online ini? Sekarang simak yuk, langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memulai bisnis online sukses!

Menentukan Produk atau Jasa 

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya kamu menentukan produk apa yang ingin kamu jual. Saat ini, semua orang bisa menjual beragam produk untuk dipasarkan melalui internet. Jika baru saja terjun ke dunia bisnis online, pilihlah produk yang mudah untuk dipasarkan dan memiliki target pasar yang luas.

Menentukan Platform Bisnis Online

Setelah kamu menentukan produk, langkah selanjutnya adalah memilih dan menentukan platform usaha online yang sesuai. Akan sangat bijak menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis online yang dijalani. 

Dengan begitu, kamu bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk yang akan dijual di bisnis online yang sedang ditekuni. Berbagai platform yang bisa digunakan antara lain Blog atau situs gratis, forum jual beli, marketplace, sosial media, atau website.

Mengetahui Target Pasar

Selanjutnya kamu juga harus menentukan target pasar. Hal ini sebenarnya cukup penting untuk dilakukan. Karena walaupun pasar bisnis online sangat luas, tidak semua orang bisa mungkin mau untuk membeli produk di kamu. Karena orang yang memiliki bisnis online pun amat sangat banyak. Lakukan survey langsung, agar kamu mengetahui kondisi lapangan dan target pasar dan bisa menentukan langkah yang sesuai. 

Menggunakan Hosting yang Stabil

Kamu dapat menjalankan website kamu dengan hosting versi free, namun tentunya akan bersifat sementara. Untuk kamu yang ingin berbisnis dalam rentang yang lama dan akan mengelola bisnis ini dengan baik. Sebaiknya kamu mencari website hosting dan menyewa layanan tersebut dengan versi premium, karena segala fitur yang kamu butuhkan untuk mengoptimalkan bisnis kamu tersedia dalam situs penyedia hosting itu. 

Baca Juga  8 Tips Agar Bisnis Food and Beverage Sukses dan Viral Dari Kopi Soe dan Xing Fu Tang

Jika kamu membutuhkan bantuan profesional untuk membuat website, kamu bisa menghubungi Exabytes Indonesia. Jangan khawatir, Exabytes Indonesia pun menyediakan layanan ini dengan harga terjangkau namun berkualitas dan memiliki banyak keuntungan

Foto Produk yang Jujur dan Menarik

Foto Produk untuk Bisnis Online Sukses
Contoh Foto Produk. Sumber: Adobe Photo Stock

Karena kamu menjual produk secara online, sebaiknya kamu membuat foto produk kamu semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli. Namun tetap perhatikan kejujuran dan usahakan memotret produk apa adanya sebagaimana yang produk yang kamu miliki.

Berikan Promosi dan Diskon

Memberikan promosi dan diskon adalah sesuatu hal yang sangat vital dalam bisnis. Mempromosikan produk bisnis kamu berfungsi menarik pelanggan untuk mengenal, tertarik, dan setelah itu melakukan pembelian. Promosi bisnis ini bisa dilakukan di website dan sosial media yang telah kamu buat.

Melakukan Riset Kompetitor

Mengenal lebih mendalam kompetitor adalah pilihan penting yang harus dilakukan. Cara untuk riset kompetitor ini bisa kamu lakukan dengan membuka platform online marketplace, cari tahu sedetail mungkin soal kelebihan dan kekurangan dari kompetitor kamu. Sehingga kamu bisa meracik strategi untuk bersaing dengan mereka bahkan mungkin bisa mengalahkan mereka. Dalam riset di dalam online marketplace tersebut kamu bisa melihat apa yang mereka tawarkan, komentar konsumen, rating, hingga review. 

Menetapkan Target Pendapatan

Jangan lupa kamu juga wajib mempunyai target pendapatan. Kamu dapat mengawalinya dari nominal yang paling rendah, tetapi wajib tercapai. Sebab dengan adanya target tentunya akan menjadikan kamu terpacu untuk lebih memaksimalkan dan mengembangkan bisnis kamu. Membuat suasana dalam berbisnis lebih hidup dan tak mudah terpengaruh dalam melawan kompetisi bisnis.

Persiapkan Skenario Terburuk

Skenario terburuk selalu harus disiapkan dalam menjalankan setiap bisnis, baik itu bisnis secara langsung atau bisnis online sekalipun. Karena menjalankan bisnis juga berarti menjalankan hidup yang penuh dengan risiko.

Maka itu, sebagai langkah antisipasi, buatlah business plan atau perencanaan yang juga memuat proyeksi atas keberlanjutan usaha kita, paling tidak hingga setahun ke depan. Misalnya, proyeksi dari sisi pendapatan usaha, tingkat pengeluaran, kelanjutan permodalan dan sebagainya.

Bersikap Konsisten

Orang yang sukses dalam berbisnis, rata-rata mereka yang melakukan pekerjaan secara konsisten. Di awal, usaha kamu mungkin tidak akan membuahkan hasil sesuai harapan. Di sinilah kamu dituntut harus sabar dan tetap konsisten menjalankannya. Terus lakukan rutinitas secara disiplin agar mendapatkan hasil yang terbaik agar bisnis kamu bisa berkembang.

Nah, itulah tadi penjabaran mengenai cara memulai bisnis online sukses dan juga langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum memulainya! Mungkin setelah membaca artikel ini terlihat mudah, namun dalam kenyataannya kamu membutuhkan usaha lebih untuk menjalankan bisnismu. Dan kamu juga perlu konsisten untuk mewujudkan bisnis online sukses.

SME DigitalFest
SME DigitalFest 2021

Nah, dalam waktu dekat ini Exabytes akan mengadakan event besar tahunannya yaitu SME DigitalFest. Dengan tema “Transformasi Digital 2.0” semua pembicara yang sudah ahli dan berkompeten akan membagikan pengetahuan serta solusi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis online dan UMKM.

Jadi mending ikutan yuk event ini, siapa tahu kamu bisa mencontek tips menarik agar bisa mensukseskan bisnis onlinemu. Yuk segera registrasi sekarang ya, jangan sampai kelewatan event menarik ini!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments