8 Media Sosial Untuk Bisnis Online Kamu

0
1784

Media sosial untuk bisnis online. Bagi setiap pengusaha, sangat penting untuk menggunakan platform media online seperti media sosial. Dalam upaya mengakselerasi bisnis dengan menggunakan platform media sosial, konsistensi penggunaan jejaring sosial secara bertahap akan memberikan dampak yang sangat positif bagi operasional bisnis.

Konsumen akan menjadikan media sosial sebagai sumber informasi dan referensi bisnis yang terpercaya. Setelah konsumen mengubah media sosial menjadi sumber informasi, yang harus mereka lakukan hanyalah menjadikan mereka pelanggan atau pengguna produk/layanan kamu.

Jadi, jika kamu berbisnis, segera beralih ke bisnis online dan manfaatkan aplikasi dan alat yang tersedia. Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan media sosial.

Nah, pada artikel kali ini, Exabytes akan memberikan rekomendasi media sosial untuk bisnis online kamu. Exabytes friends penasaran apa saja media sosialnya? Tanpa basa-basi lagi, mari simak penjelasannya berikut ini.

8 Platform Media Sosial Untuk Bisnis Online Kamu

Media sosial sangat cocok untuk menjadi salah satu alat pemasaran kamu. Di bawah ini kami uraikan aplikasi media sosial untuk bisnis online kamu. Tentu saja, kamu tidak harus menggunakan semuanya untuk bisnis kamu.

Cukup gunakan platform yang sesuai dengan tujuan bisnis kamu. Media sosial mana yang tepat untuk bisnis kamu? Lihat penjelasan di bawah ini.

Facebook

media sosial untuk bisnis online - facebook

Sejak didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, pengguna Facebook telah mencapai 1,59 miliar hingga saat ini. Melalui platform ini, kamu dapat terhubung kembali dengan teman lama, kerabat jauh, dan bertemu orang baru. Memulai bisnis di Facebook juga tidak membutuhkan biaya, jadi tanpa modal besar, bisnis kamu bisa berkembang dengan cepat.

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, Facebook sangat membantu kamu menarik banyak calon pelanggan bahkan dari luar negeri. Seiring dengan adanya Facebook Ads dapat digunakan untuk mengiklankan produk kamu sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Tetapi untuk menggunakannya, kamu harus membayar biaya. Biayanya sendiri masih cukup terjangkau dibandingkan dengan kebutuhan untuk beriklan di media pemasaran lainnya.

Twitter

media sosial untuk bisnis online - twitter

Media sosial jenis ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis online untuk memposting berita, artikel, dan update konten terbaru. Di Twitter, penggunaan hashtag membantu memudahkan pencarian terkait produk atau informasi. Di platform ini, kamu juga dapat mengunggah foto, video, dan pembaruan status.

Ketika orang lain memposting ulang status kamu, lebih banyak orang akan tahu tentang status kamu. Dengan cara ini, bisnis kamu akan dikenal lebih banyak orang di seluruh dunia. Semakin baik konten yang kamu unggah ke halaman Twitter kamu, semakin banyak pengikut kamu akan bertambah.

Apalagi jika kamu menggunakan fitur Twitter Ads, kamu bisa menjangkau lebih banyak pengguna Twitter dengan lebih cepat. Dengan fitur ini, kamu dapat mengidentifikasi target pengguna dengan minat yang sesuai dengan bisnis kamu. Dengan begitu, iklan yang kamu pasang akan lebih efektif dalam menyasar target pasar.

Instagram

media sosial untuk bisnis online - instagram

Saat menelusuri Instagram, kamu akan melihat banyak akun bisnis yang mempromosikan brand dan produk mereka. Ya, Instagram saat ini sangat populer di kalangan pengguna jejaring sosial, khususnya kaum milenial.

Platform berbagi foto dan video ini memiliki interface yang menarik. Selain itu, banyak fitur membuatnya dicintai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Sebut saja Story, IGTV, reels, dll.

Kamu dapat menggunakan Instagram Bisnis untuk mempermudah menjalankan bisnis kamu. Dengan banyaknya pengguna Instagram, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan brand dan bisnis kamu. Dengan banyaknya pengguna Instagram, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan brand dan bisnis kamu. Kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer untuk membuat rekomendasi, agar followers kamu lebih tertarik untuk membeli produk kamu.

TikTok

media sosial untuk bisnis online - tiktok

TikTok adalah media sosial baru. Namun, media sosial ini langsung meledak di kalangan anak muda dan sudah memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Di Indonesia, TikTok juga digandrungi banyak orang. Tidak hanya anak muda, orang dewasa juga menyukainya karena dianggap sangat menarik.

Dengan mengutamakan fitur video, kamu dapat menggunakannya untuk meningkatkan bisnis kamu dalam banyak cara. Diantaranya membuat video kreatif, berkolaborasi dengan influencer, menggunakan fitur hashtag challenge, dan menggunakan TikTok Ads.

YouTube

media sosial untuk bisnis online - youtube

Siapa yang tidak suka menonton video di YouTube? Nampaknya hampir semua pengguna internet saat ini pernah berkunjung setidaknya sekali untuk mencari hiburan, informasi, tips bahkan bisnis. Di YouTube, kamu dapat memasang iklan berdurasi 30 detik untuk menampilkan brand atau produk kamu. Tentu saja, dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, kamu memiliki peluang besar untuk menambah pelanggan baru.

Buat iklan dengan kualitas video yang bagus lalu unggah ke YouTube. Tidak diragukan lagi, toko kamu akan menerima pesanan yang tak terhitung jumlahnya dan lambat laun bisnis kamu akan sukses.

LinkedIn

media sosial untuk bisnis online - linkedin

Media sosial LinkedIn jenis ini terutama digunakan oleh para profesional yang bekerja untuk membuat profil seperti CV yang diperlukan untuk membangun reputasi yang baik dengan HRD. Meski begitu, kamu juga menggunakannya untuk mempromosikan bisnis kamu.

Pengguna LinkedIn di Indonesia sendiri sudah mencapai 12 juta. Jika kamu secara teratur memposting banyak konten berkualitas, itu berarti brand awareness kamu di halaman LinkedIn bisnis kamu dapat meningkat.

Selain bisa mempromosikan produk, kamu juga bisa berbagi konten tips wawancara kerja yang bagus untuk pencari kerja sekaligus meningkatkan engagement.

WhatsApp

media sosial untuk bisnis online - whatsapp

Bisa dikatakan WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain. Penggunanya pun sangat beragam, mulai dari remaja hingga lansia. Ini sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap sehingga lebih banyak orang menggunakannya daripada aplikasi obrolan lainnya.

Namun kini, banyak juga orang yang menggunakan WhatsApp untuk menjalankan bisnis. Selain itu, WhatsApp Business dan WhatsApp Business API kini telah tersedia, memudahkan kamu menjalankan dan mengembangkan bisnis. Keduanya dirancang khusus untuk pengusaha agar dapat berkomunikasi dengan pelanggan, sehingga proses promosi dan transaksi berjalan lebih lancar.

Line

media sosial untuk bisnis online - line

Line merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk memudahkan pemilik bisnis dalam mengeksekusi strategi pemasarannya. Bisnis yang dipasarkan dapat memanfaatkan fitur Line, seperti bot saat pesan masuk setelah jam kerja, broadcast, grup yang dapat digunakan sebagai chat room untuk penjualan.

Pemasaran produk secara online juga bisa dilakukan dengan memperbaharui timeline yang akan ditampilkan. Timeline ini berguna bagi kamu yang ingin memasarkan produk, memberikan informasi, dan lainnya untuk pelanggan dan kontak.

Sudah Tahu Mana Media Sosial Untuk Bisnis Online Kamu?

Setelah membaca uraian di atas, kini kamu tahu bahwa ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk membawa kesuksesan bisnis kamu bukan? Namun, beriklan di jejaring sosial saja tidak cukup. Kamu juga harus memiliki website bisnis.

Mengapa? Ketika kamu memiliki website, kemungkinan website kamu muncul di Google akan tinggi. Jika website kamu muncul di Google, maka semakin besar kemungkinan bisnis kamu ditemukan oleh banyak orang. Selain itu, website akan membuat bisnis kamu lebih dipercaya.

Dengan beralih ke bisnis online, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan berpeluang meningkatkan penjualan produk atau jasa bisnis kamu. Jadi tunggu apa lagi, langsung terjun ke bisnis online dan wujudkan kesuksesan bisnis kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments