Membuat Blog Berkesan dengan WordPress: Tips dan Trik Terbaik

0
913

Dapatkan tips dan trik terbaik dalam membuat blog berkesan dengan WordPress. Pelajari strategi efektif untuk konten menarik, tampilan yang menawan, dan interaksi pembaca yang baik.

Apakah Anda berniat untuk membangun blog? Jika ya, Anda harus berupaya untuk Membuat blog berkesan dengan WordPress, ini sangat berguna untuk perkembangan blog Anda.

Namun sebelum itu, pastikan Anda telah menginstal platform WordPress. Anda juga bisa langsung masuk via web resmi WordPress. Well, berikut adalah tips membangun blog WordPress yang menarik dan profesional:

Menentukan Topik Blog

Beli Domain .blog Murah

Sebelum membuat dan menulis di blog, Anda harus memutuskan tema/topik blog terlebih dahulu. Dengan begitu, konten blog akan satu jenis (tidak random). 

Memang, Anda boleh saja mengisi blog dengan konten berbeda niche. Namun, hal itu kurang menarik dan kerap kali membingungkan pembaca. Istilah lainnya adalah blog terkesan tidak konsisten. 

Ini berlaku untuk blog jenis apapun, baik blog pribadi, bisnis, dan lainnya. Misalnya, Anda membangun blog bisnis, pastikan topik blog sesuai bidang bisnis. 

Selain itu, perhatikan juga target audience Anda. Anda bisa mengatur atau menspesifikasikan topik yang relevan dengan pengunjung. Hal ini berkaitan dengan perilaku audience, kebutuhan, dan lainnya.

Blog yang berisi dengan topik relevan akan membuat mesin pencari menilai bahwa blog Anda memang ahli dalam bidang terkait. Sehingga, mesin pencari akan merekomendasikan blog Anda kepada pengunjung yang mencari informasi serupa. 

Tentunya, hal tersebut akan meningkatkan traffic blog. Keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin banyak. Misalnya, monetisasi lebih mudah, tawaran kerjasama dengan web besar, dan sebagainya. 

Menentukan Layanan Hosting

perbedaan shared hosting vs VPS
Sumber: flickr

Selama memakai WordPress, Anda tidak perlu risau. WordPress merupakan platform web yang menyediakan hosting terbaik secara gratis. Anda akan mendapatkan CMS untuk tetap dapat mengelola konten blog. 

Namun sebenarnya, kebutuhan penggunaan hosting ini tergantung jenis blog. Dalam artian, Anda harus memahami tujuan membuat blog berkesan dengan WordPress.

Jika blog pribadi, Anda cukup memanfaatkan web hosting dari WordPress. Namun, jika blog tersebut untuk keperluan bisnis atau komersial, Anda sebaiknya menggunakan layanan hosting yang lebih baik. 

Pemilihan layanan hosting harus dilakukan dengan baik dan bijak. Ini untuk menghindari munculnya masalah server web. Jadi, perhatikan semua sisi layanan hosting tersebut, mulai dari segi penyimpanan, fitur, support, garansi, dan sebagainya. 

Menentukan Nama Domain

cara beli domain .co.id murah

Apa itu domain? Domain merupakan url atau alamat blog yang Anda bangun. Melalui alamat tersebut, pengunjung bisa mengakses konten yang Anda publikasikan di blog. 

Sebenarnya, WordPress sudah menyediakan domain secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli nama domain, yang harus Anda lakukan adalah menentukan nama domain tersebut. 

Dalam hal ini, nama domain dan topik blog harus sesuai. Ini akan memudahkan pencarian bagi pengunjung. Misalnya, topik blog adalah pendidikan. Anda bisa menggunakan nama www.educenter.wordpress.com. 

Dari contoh nama tersebut, Anda bisa melihat bahwa sebelum ekstensi .com terdapat kata WordPress. Ini karena domain yang Anda gunakan adalah default atau gratis dari platform WordPress.

Ini akan berbeda ketika Anda menggunakan WordPress.org. Anda bisa memilih ekstensi domain yang lebih baik. Tentunya, cara ini akan membuat blog Anda semakin profesional di mata pengunjung dan penilaian mesin pencarian. 

Ada banyak sekali ekstensi domain. Di antaranya adalah .id, .co.id, .com, .org, dan masih banyak lagi. Semua ekstensi tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, bijaklah dalam menentukan domain blog Anda.

Mengatur Tema

mengenal theme wordpress

Saat menginstal atau masuk ke web WordPress, blog Anda langsung menerapkan tema default dari WordPress. Jika Anda menggunakan WordPress versi terbaru, tema blog Anda adalah Twenty Twenty-Two. 

Meski begitu, Anda tetap bisa mengubah tampilan tersebut menjadi lebih menarik. Platform WordPress menyediakan banyak sekali template. 

Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengaplikasikan tema blog. Pertama, pastikan Anda paham kebutuhan web. Pilih juga tema dengan fitur yang mendukung kebutuhan blog. 

Desain tema tidak harus kompleks atau mewah. Tema sederhana jauh lebih baik karena beban loadingnya pasti ringan. Dalam artian, kecepatan blog masih optimal. Yang paling utama adalah tema harus SEO friendly. 

Membuat Editorial Calendar

The events calendar

Untuk mengisi konten blog, Anda butuh mengatur bagaimana proses publikasi konten tersebut. Misalnya, berapa kali mempublish konten dalam satu minggu, berapa kata setiap tulisan, topik yang dipakai, dan sebagainya. 

Langkah yang harus Anda tempuh adalah dengan menciptakan editorial calendar. Cara tersebut akan membantu Anda untuk mengelola tugas, tanggal publikasi, editing, dan sebagainya. 

Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan apakah konten yang Anda buat benar-benar membantu Anda untuk mencapai tujuan web. Misalnya, dalam blog bisnis, untuk menarik pelanggan, Anda bisa fokus mengisi konten tentang produk. 

Membuat Konten Berkualitas

contoh content marketing

Setelah semua siap, kini saatnya bagi Anda untuk membuat konten berkualitas. Konten menjadi alat paling mudah dan ampuh untuk membuat blog berkesan dengan WordPress. Jadi, Anda harus menyiapkan konten blog dengan baik dan matang.

Tanpa konten, blog Anda tidak berguna karena yang dicari pengunjung adalah kontennya. Semua itu harus dilakukan secara konsisten agar blog Anda memiliki kesan yang baik bagi pengunjung. 

Untuk membuat konten yang baik dan berkualitas, Anda harus melakukan beberapa hal. Di antaranya adalah:

Riset kata kunci

penggunaan keyword dan mitos seputar SEO
Sumber: pixabay

Kata kunci menjadi penunjang utama untuk meningkatkan traffic blog. Maka, sebelum menulis, Anda harus riset kata kunci yang menjadi target pencarian para pengunjung. 

Kata kunci harus sesuai dengan topik konten. Jika sudah dapat, letakkan atau tuliskan keyword tersebut di judul, sub judul, paragraf (pertama, tengah, akhir), dan juga meta deskripsi. Sehingga, hasil konten Anda adalah SEO. 

Keterbacaan

Keterbacaan juga sangat penting baik konten bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Konten dengan tingkat readability yang baik akan membuat pengunjung nyaman. 

Lantas, bagaimana cara membuat konten dengan keterbacaan bagus? Di antaranya adalah:

  1. Paragraf tidak boleh terlalu panjang
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan kalimat pasif
  3. Tambahkan heading dan subheading
  4. Gunakan transition words

Gambar

Tampilan visual suatu konten sangat penting. Ini untuk menghindari rasa bosan dari pengunjung. Jadi, usahakan untuk selalu menambahkan gambar di setiap konten yang Anda publish. 

Gambar pun memiliki standar SEO. Di antaranya adalah ukuran harus pas, mengandung deskripsi, alt text, dan lainnya. Dengan begitu, performa blog akan semakin baik. 

Adapun langkah publikasi konten, Anda bisa melihat tutorial WordPress. Tenang saja. Langkahnya sangat mudah dan sederhana. 

Optimasi Konten

Jika konten sudah siap, Anda tidak boleh terburu-buru untuk mempublikasikannya. Anda harus memastikan bahwa konten tersebut benar-benar sudah SEO. Inilah yang dinamakan dengan optimasi konten. 

Langkahnya sebagaimana telah disebutkan di poin sebelumnya. Konten harus mengandung keyword (di judul, sub judul, meta deskripsi, dan paragraf), internal link, gambar, dan lainnya. 

Jika tampilan SEO di platform sudah hijau, begitu juga dengan keterbacaannya, Anda bisa mempublikasikan konten tersebut. Bisa dipastikan, blog Anda akan selalu muncul di laman pencarian internet. 

Blog Analytics

membuat blog berkesan dengan wordpress

Setelah Anda memposting konten blog, Anda tidak boleh diam saja. Anda harus terus memantau perkembangan blog Anda. 

Dalam hal ini, Anda harus tahu ada berapa pengunjung di setiap postingan. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan kualitas konten tersebut, selanjutnya Anda bisa memperbaiki di postingan lain. 

Yuk Buat Blog yang Berkesan dengan Platform WordPress!

Membangun blog yang berkesan dan profesional dengan WordPress membutuhkan beberapa langkah penting. 

Pertama, Anda perlu menentukan topik blog yang relevan dan sesuai dengan target audiens Anda. Selanjutnya, pilihlah layanan hosting yang tepat untuk keperluan blog Anda, tergantung apakah itu blog pribadi atau bisnis. 

Anda bisa menggunakan layanan WordPress hosting dari Exabytes sebagai pondasi yang baik untuk blog Anda, karena layanan dari Exabytes Indonesia sudah memiliki sertifikat ISO 27001 sehingga dijamin keamanannya.

Jangan lupa tentukan nama domain yang sesuai dengan topik blog Anda. Setelah itu, pilihlah tema yang menarik dan SEO friendly untuk blog Anda. 

Dilanjutkan dengan membuat editorial calendar untuk mengatur jadwal publikasi konten, dan pastikan konten yang Anda buat berkualitas dengan melakukan riset kata kunci dan meningkatkan keterbacaan.

Selain itu, tambahkan konten visual untuk membuat konten lebih menarik. Setelah konten siap, optimalkan konten Anda dengan menggunakan keyword, internal link, dan gambar yang sesuai. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membangun blog berkualitas dengan WordPress.

Semoga berhasil!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments