Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website

0
1137

Pelajari cara efektif untuk meningkatkan kecepatan loading halaman website. Dapatkan tips dan trik untuk mengoptimalkan performa dan memperbaiki pengalaman pengguna.

Setiap pengelola website tentu menginginkan agar websitenya dapat diakses para pengunjung dengan mudah dan cepat. Itulah sebabnya, banyak sekali dari mereka yang berupaya untuk meningkatkan kecepatan loading halaman. 

Website yang lemot hanya akan meninggalkan kesan buruk dan berakibat sepi pengunjung. Apalagi waktu loading web tersebut lebih dari 5 detik, bounce rate web akan meningkat hingga 90%. 

Sementara, website yang memerankan fungsinya secara optimal tentu akan lebih unggul dan pesat perkembangannya dibanding kompetitor lain. Ini karena mesin pencari selalu mempertimbangkan loading web untuk menentukan rank SEO. 

Dalam hal ini, pengguna WordPress bisa melakukan banyak strategi untuk mencapai visi tersebut. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini!

Menggunakan Layanan Hosting yang Tepat

Mengenal shared hosting vs VPS
Sumber: flickr

Baik buruknya performa website merupakan gambaran bagaimana performa layanan hosting yang digunakan. Artinya, jika kinerja hosting buruk, otomatis, kinerja web juga ikut buruk. 

Anda tentu sering mengunjungi situs tertentu, bukan? Ketika Anda membuka sebuah situs, browser Anda akan memuat apa yang terdapat di situs tersebut. Ada yang cepat dan ada juga yang sangat lambat. Seperti itulah cara kerja hosting. 

Jadi, hosting merupakan layanan yang menjadi media untuk mengelola semua data website. Sehingga, pengunjung bisa mengaksesnya. 

Namun, tidak semua hosting memiliki kinerja yang sama. Masalah bisa timbul kapanpun, baik dari server, keseimbangan paket dan kebutuhan web, atau lainnya. Itulah sebabnya, Anda harus memilih hosting yang tepat. 

Selama ini, banyak pengelola web (khususnya pemula) yang lebih memilih paket hosting dengan biaya minim. Memang, hal itu tidak salah. Namun seharusnya, pemilihan tersebut harus disesuaikan dengan jenis web. 

Lagipula, banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan harga rendah. Sayangnya, kualitas juga rendah. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk perkembangan sebuah website. 

Maka, Anda sebaiknya memilih layanan hosting yang memang berkualitas dari segi apapun meningkatkan kecepatan loading halaman. Misalnya, harga terjangkau, full support, paket seimbang, dan lainnya. Dengan begitu, loading speed website dan juga kinerjanya secara global ikut membaik.

Mengoptimasi Gambar

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website - 2024

Anda pasti sudah paham bahwasannya penambahan gambar dapat memperindah tampilan website. Dengan begitu, kualitas tampilan web meningkat. 

Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan gambar yang hendak Anda masukkan ke web. Di antaranya adalah ukuran gambar, kualitas, deskripsi, dan lainnya. 

Terkait kecepatan website, dalam hal ini, yang paling berpengaruh adalah ukuran gambar. Jika resolusi gambar terlalu besar, maka loading time suatu website akan lambat. 

Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya menginput gambar dengan resolusi kecil. Gambar yang terlalu kecil pun tidak baik karena mengurangi kualitas tampilan blog. 

Lantas, apa yang harus dilakukan jika gambar yang sudah dibuat/diunduh terlalu besar? Caranya adalah dengan mengkompres gambar tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengoptimasi agar lebih berkualitas. 

Dengan mengurangi ukuran file gambar, beban server dalam web akan berkurang. Dengan begitu, web bisa kembali berjalan dengan cepat. 

Bagaimana caranya? Anda tidak perlu bingung. Di platform web seperti WordPress menyediakan plugin yang dapat mengkompres file. Jadi, Anda tinggal mengunduh dan mengaktifkan plugin tersebut. Sangat mudah, bukan?

Mengurangi Redirect dalam Website

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website - 2024

Redirect adalah suatu media dan teknik untuk mengarahkan visitor web ke URL yang berbeda. Ini merupakan langkah ampuh meningkatkan kecepatan loading halaman. Singkatnya, dengan redirect, visitor akan diarahkan ke alamat web lain, baik di domain yang sama/berbeda.

Sebagai contoh, Anda membuat URL baru untuk postingan konten yang lama. Anda bisa menambahkan redirect di URL lama agar bisa menuju URL baru. Dengan begitu, pengunjung tidak akan stuck di alamat lama yang ternyata ada pembaruan di alamat lain. 

Memang benar bahwasannya redirect dapat menjaga kinerja suatu web. Misalnya, memberikan pengalaman berkunjung lebih baik, meningkatkan SEO, dan lainnya. 

Meski demikian, website yang terlalu banyak redirect dapat memperlambat kecepatan kinerja web. Ini karena setiap kali sebuah halaman menjalankan teknik redirect, akan muncul proses HTTP. Proses tersebut, baik request maupun response, akan memakan waktu yang lumayan. 

Itulah sebabnya, web akan berjalan lambat. Beban server yang akibat redirect semakin berat. Maka, ketika Anda membuat internal menu dan internal link, Anda lebih baik tidak terlalu sering menyematkan redirect. 

Melakukan Cache pada Web

Fungsi cache memory adalah
Cache memory memiliki berbagai fungsi yang akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan data yang diperlukan. (Sumber: shutterstock)

Caching pada website ternyata sangat penting. Proses tersebut mampu mengoptimasi dan mempercepat loading website. Cara ini pun dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan traffic web. 

Sebagai gambaran, saat halaman web loading, file CSS dan database akan mengambil kembali informasi di dalamnya. Setelah itu, CSS dan database tersebut akan menggabungkan informasi tadi dengan file HTML. Tentunya, proses ini membutuhkan waktu cukup lama. 

Dalam hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara caching. Anda bisa menyimpan semua file HTML web. Dengan begitu, pengunjung dapat mengaksesnya secara langsung. Waktu loading pun otomatis berkurang. 

Jika Anda menggunakan website WordPress, Anda bisa menerapkan caching dengan mudah. Cukup manfaatkan saja plugin yang tersedia. Di antaranya adalah WP Rocket, WP Fastest Cache, W3 Total Cache, dan masih banyak lagi lainnya. 

Mengurangi Penggunaan Plugin

Pelajari cara efektif untuk meningkatkan kecepatan loading halaman website. Dapatkan tips dan trik untuk mengoptimalkan performa dan memperbaiki pengalaman pengguna. plugin page builder wordpress

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan kecepatan loading halaman adalah mengurangi plugin. Yang dimaksud di sini adalah tidak menggunakan plugin yang pada dasarnya tidak begitu dibutuhkan. 

Sebagaimana fitur WordPress lain, plugin juga bisa menambah beban apabila penggunaannya terlalu banyak. Sebelum mengunduh plugin, Anda sebaiknya berpikir lebih dahulu apakah Anda memang sangat membutuhkannya. 

Memang, plugin sebenarnya tidak menjadi pengaruh buruk terhadap kecepatan web secara langsung. Namun, lambat laun kinerjanya akan memburuk dan berisiko. 

Selanjutnya, jika Anda menginstal plugin, pastikan untuk selalu mengoptimasinya sesuai dengan versi paltform WordPress. Dengan kata lain, sebaiknya, Anda menganati rating dan review plugin tersebut, lalu mencocokkan apakah sesuai dengan versi WordPress. 

Jika tidak sesuai, itu berarti developer plugin belum mengembangkannya dengan baik. Plugin tersebut pun akan memperlambat performa dan kinerja website. Jadi, cerdaslah dalam memilih dan memasang plugin.

Minify HTML, CSS, & JavaScript

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website - 2024

Apakah Anda pernah mengakses file JavaScript, CSS, dan HTML? Jika sudah pernah, Anda pasti tahu bahwa file-file tersebut mempunyai spasi yang terlalu banyak. Tidak hanya itu, karakter, jeda baris, dan komentarnya pun demikian. 

File tersebut bisa menghambat kinerja website. Jadi, Anda bisa menghapus file JavaScript, CSS, dan HTML yang tidak Anda perlukan. Dengan begitu, ukuran file berkurang dan website bisa bekerja lebih optimal. 

Bagaimana? Apakah loading web Anda sudah berjalan cepat dan optimal? Jika belum, Anda bisa mengaturnya ulang dengan mengikuti cara di atas. 

Yang jelas, meningkatkan kecepatan loading halaman tidak hanya menguntungkan Anda sebagai pengelolanya. Pengunjung lain pun dapat merasakan manfaatnya dan akan menambah lebih banyak profit bagi Anda. 

Yuk Tingkatkan Kecepatan Loading Website Sekarang Juga!

Dalam usaha meningkatkan kecepatan loading halaman website, terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan. 

Pertama, pemilihan layanan hosting yang tepat sangat penting untuk memastikan performa website yang optimal. Selain itu, mengoptimasi gambar dengan mengkompres dan mengurangi ukuran file dapat membantu mengurangi waktu loading. 

Selanjutnya, penggunaan redirect sebaiknya diminimalkan agar tidak memperlambat kinerja web. Termasuk implementasi caching juga sangat dianjurkan untuk mempercepat loading dan mempertahankan traffic web. 

Selain itu, penggunaan plugin sebaiknya dijaga agar tidak terlalu banyak dan memilih plugin yang sesuai dengan versi WordPress. 

Melakukan proses minify pada file HTML, CSS, dan JavaScript sangat penting, terutama untuk mengurangi beban serta meningkatkan kecepatan loading halaman.

Terakhir, Anda bisa meningkatkan kecepatan loading halaman, jangkau audiens internasional, dan optimalkan kinerja website dengan layanan hosting WordPress dari Exabytes, yang merupakan salah penyedia hosting terpercaya yang telah mendapatkan sertifikat ISO 27001.

Keamanan data Anda menjadi prioritas utama kami. Dengan fitur-fitur unggulan, performa optimal, dan tim dukungan yang handal, kami siap memberikan pengalaman hosting terbaik untuk website Anda.

Segera kunjungi situs web kami dan temukan paket hosting WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments