Pelajari Bagaimana Memilih Layanan Hosting Terbaik

0
1495

Memilih layanan hosting terbaik akan menentukan layanan seperti apa yang akan kamu dapatkan untuk kebutuhan website. Jadi, sebaiknya jangan abaikan pentingnya memilih hosting yang tepat.

Dengan begitu, kamu juga bisa meminimalisir kemungkinan membuat kesalahan dalam memilih hosting yang dapat berakibat fatal bagi performa situs web dan keberlangsungan bisnis.

Nah, ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi kamu atau siapapun yang belum berpengalaman dalam membeli hosting. Simak dan pelajari bagaimana memilih layanan hosting terbaik sehingga bisa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh situs web yang akan segera kamu bangun.

Memilih Layanan Hosting Terbaik

memilih hosting terbaik
Sumber: flickr

Untuk bisa memilih layanan hosting terbaik, sebaiknya cari tahu beberapa hal berikut agar tidak menyesal di kemudian hari:

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Website dan Bisnis

Hal paling penting dan utama dalam memilih layanan hosting terbaik adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan website dan bisnis. Cek tujuan bisnis dan kemudian pastikan jenis web seperti apa yang hendak dibangun. Dua hal tersebut akan sangat membantu dalam memilih paket hosting sesuai kebutuhan.

Misalnya, untuk membuat blog atau web pribadi, kamu bisa menggunakan shared hosting yang menawarkan paket hosting murah. Meski demikian, penyimpanan, bandwidth, dan fitur yang ditawarkan sudah bisa mengakomodir kebutuhan jenis web tersebut.

Akan tetapi, jika kebutuhan web dan bisnis berbeda, apakah untuk toko online atau e-commerce, tentu saja shared hosting dinilai kurang cocok. Jenis website satu ini biasanya memiliki aktivitas kunjungan yang besar dan banyak produk yang ditawarkan. Artinya, kamu butuh lebih dari apa yang diberikan oleh shared hosting.

Tersedia juga layanan hosting sesuai platform CMS yang pelanggan gunakan dalam membangun situs web. Seperti WordPress hosting yang juga tersedia di Exabytes.

Pastikan Mendapatkan Penyimpanan dan Bandwidth Unlimited

Perihal penyimpanan dan bandwidth sebenarnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya. Namun, terkadang seiring dengan semakin berkembangnya bisnis, web kamu perlu sesuatu yang lebih, termasuk dalam layanan hosting.

Dengan kata lain, apabila ada rencana untuk mengembangkan bisnis dimana ada harapan situs web mendapatkan traffic yang lebih tinggi di masa mendatang, sebaiknya pilih penyimpanan dan bandwidth unlimited. Dengan begitu, paket hosting yang kamu pilih dapat memenuhi kebutuhan yang semakin hari semakin  meningkat.

Belum tahu apa itu bandwidth? Coba kenali yang dimaksud dengan bandwidth pada hosting di artikel ini.

Pertimbangkan Lokasi Target Audiens

Saat memilih hosting terbaik, memang ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sekaligus menjadi pertimbangan dalam membuat keputusan. Salah satunya adalah lokasi target audiens. Nah, jika targetmu adalah audiens di Indonesia, akan lebih baik memilih layanan hosting dengan data center di Indonesia.

Alasannya tentu untuk bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pada audiens saat mengunjungi situs web milikmu. Hal tersebut juga dapat meningkatkan potensi loading web yang lebih cepat. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan layanan hosting dengan harga yang lebih terjangkau.

Komunikasi dengan penyedia hosting juga bisa lebih mudah sehingga saat terjadi masalah, bisa segera mendapatkan solusi atau penyelesaian yang lebih cepat.

Pilih Hosting Dengan Load Time yang Cepat

memilih hosting terbaik dengan mempertimbangkan kecepatan loading website
Sumber: pixabay

Kecepatan web bergantung pada keseluruhan struktur web itu sendiri. Meski demikian, hosting turut berkontribusi pada kecepatan web karena dampaknya yang begitu besar bagi loading suatu situs web.

Saat pengguna internet mengunjungi situs web, hard drive penyedia hosting akan mengirimkan informasi kunjungan ke browser yang pengunjung gunakan. Ternyata, banyak yang mengalami masalah pada proses tersebut.

Kecepatan web turut dipengaruhi oleh berbagai hal yang berhubungan dengan hosting, seperti bagaimana penyedia hosting mengatur jaringan server serta infrastruktur dan teknologi yang mereka gunakan.

Jadi, untuk memilih layanan hosting terbaik, tidak ada pilihan lain selain membeli paket hosting yang menawarkan loading yang cepat.

Kamu juga bisa mempelajari alasan loading website harus cepat melalui artikel satu ini.

Penting Untuk Mengecek Lokasi Server

Mendapatkan performa terbaik dari server hosting adalah harapan semua pengguna hosting, terlepas dari jenis hosting apapun yang mereka pilih, bukan? Sayangnya, semua tidak semudah yang dibayangkan. Jadi, untuk bisa memilih layanan hosting terbaik, sangat penting untuk mengecek lokasi server.

Lokasi server yang dekat dengan audiens memungkinkan loading halaman web yang lebih cepat. Nah, poin satu ini tentunya berhubungan dengan siapa audiens yang kamu targetkan sebagai pengunjung web dan dimana mereka berada, apakah khusus untuk Indonesia saja, atau di beberapa negara lain.

Cek Opsi Backup yang Disediakan

pertimbangkan layanan backup data saat memilih hosting terbaik
Sumber: pixabay

Kejahatan di dunia siber semakin meresahkan, terlebih dengan semakin meningkat dan bervariasinya jenis kejahatan cyber yang berisiko bagi para pengguna internet, baik pelanggan maupun pebisnis online.

Sebagai seorang pebisnis, kamu tentu harus melakukan antisipasi dan cara pencegahan agar situs web tidak menjadi target serangan para hacker atau pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Itulah mengapa penting untuk memilih layanan hosting terbaik yang dilengkapi dengan opsi backup.

Saat terjadi sesuatu pada web yang kamu jalankan, fitur backup akan membantu kamu dalam memulihkan data di website.

Cari tahu selengkapnya dengan menghubungi Exabytes sebelum memutuskan untuk beli hosting dari Exabytes yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Pastikan Harga Masuk Akal dan Transparan

Harga dan transparansi menjadi dua hal yang begitu sensitif bahkan saat memilih layanan hosting terbaik. Dengan banyaknya perusahaan atau pihak yang menyatakan bahwa mereka adalah penyedia hosting terpercaya, sebaiknya pastikan harga yang mereka tawarkan masuk akal dan kompetitif.

Selain harga pembelian, harga perpanjangan juga harus perhatikan. Penyedia hosting terpercaya biasanya akan memberikan transparansi harga kepada calon pelanggan. Jadi, calon pelanggan bisa mengetahui harga perpanjangan hosting untuk setiap jenis paket hosting yang tersedia.

Berbicara tentang harga, kamu juga tentu ingin bisa menghemat lebih banyak biaya dalam mendapatkan hosting, bukan? Coba pastikan kalau hosting bisa kamu dapatkan tanpa ada biaya setup alias setup didapatkan secara gratis.

Tanyakan Apakah Ada Garansi Uang Kembali Tanpa Syarat yang Ribet

Bagaimana cara memilih layanan hosting terbaik? Setiap individu mungkin memiliki cara berbeda dalam mendefinisikan layanan hosting terbaik. Namun, layanan terbaik biasanya juga hadir dengan garansi uang kembali untuk memastikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan.

Artinya, kamu bisa menanyakan pada penyedia hosting apakah mereka menawarkan garansi uang kembali bahkan tanpa embel-embel persyaratan yang ribet. Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan garansi apabila layanan tidak sesuai dengan yang ditawarkan atau dijanjikan oleh penyedia.

Cari tahu juga berapa lama proses pengembalian uang, apakah bisa berjalan dengan cepat, misalnya selama 7 hari, 14 hari, 20, hari, atau 30 hari jam kerja. Penyedia layanan hosting berkualitas tentu akan menawarkan layanan terbaik bagi para pelanggan, termasuk jaminan uang kembali.

Sebaiknya Pilih Penyedia Hosting Berpengalaman Dengan Reputasi Baik

Sebagai pemula, apakah kamu merasa kesulitan dalam memilih layanan hosting terbaik? Dalam memilih paket hosting agar bisa memenuhi kebutuhan situs web, sebaiknya pilih penyedia hosting yang sudah berpengalaman serta memiliki reputasi baik.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih hosting dari penyedia tertentu, sebaiknya cari tahu berapa lama pengalamannya dalam menyediakan hosting. Cari tahu juga apakah reputasinya memang baik karena kepuasaan pelanggan menentukan segalanya.

Akan lebih baik untuk melengkapi pencarianmu dengan membaca ulasan dan rating dari pelanggan yang sudah lebih dulu membeli hosting dari penyedia hosting tersebut.

Jangan Lupakan Pentingnya Mendapatkan Layanan Dukungan Pelanggan (Customer Support) 24/7

Selain garansi atau jaminan uang kembali, layanan yang juga harus kamu dapatkan dari penyedia hosting adalah dukungan pelanggan (customer support). Selama penggunaan hosting, tidak terlepas dari kemungkinan atau risiko permasalahan pada web pelanggan. Oleh sebab itu, memilih layanan hosting terbaik berarti mendapatkan dukungan 24/7.

Dengan begitu, kamu bisa menghubungi penyedia hosting agar masalah yang terjadi bisa segera teratasi tanpa batasan waktu. Situs web yang tidak bisa diakses akan berdampak pada reputasi dan pendapatan. Jangan sampai calon pelanggan berpindah ke kompetitor hanya karena masalah pada web dibiarkan berlarut-larut dan tidak diatasi dengan segera.

Beli Layanan Hosting Dari Exabytes

Dengan mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal di atas, semakin besar kemungkinan untuk dapat memilih layanan hosting terbaik. Jadi, apakah kamu semakin yakin untuk membeli layanan hosting dari Exabytes?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments