Alasan Loading Website Harus Cepat Dibawah 3s dan Juga Aman?

116
alasan loading website harus cepat
Berkah Ramadhan
11 min read

Pada umumnya,  jika user sedang mencari jawaban di Google, mereka pasti ingin mendapatkan jawabannya secepat mungkin dan hal tersebut membuktikan bahwa kecepatan loading website sangatlah penting untuk user. Jika user mengalami kelambatan, kemungkinan besar kamu mereka tidak akan balik kembali dan langsung meninggalkan websitemu. 

Jadi untuk para pemilik website hal tersebut setara dengan dengan kehilangan oportunitas yang berharga, apalagi jika para user yang mengunjungi bisa menjadi calon pelanggan

Selain kecepatan, keamanan website juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh para user jika ingin mengunjungi sebuah website. Karena kebanyakan user sangat berhati-hati dengan pelanggaran informasi pribadi dan hacking disaat mengunjungi website, Google telah menerapkan “safe browsing Technology” untuk menghindari hal tersebut dan menjaga privasi para pengunjung. 

Alasan Loading Website Harus Cepat Dibawah 3s dan Juga Aman? - 2021
Loading speed website sangat penting untuk SEO ( source: Adobe Photostock )

Dengan demikian, mulai dari tahun 2018, banyak browser-browser tertentu, seperti google, yang akan menerapkan kecepatan loading website dan keamanan sebagai indikator untuk faktor ranking. 

Tapi, apakah kamu masih bingung mengapa loading page dan keamanan menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk Google? Yuk langsung simak aja alasan loading website harus cepat di bawah sini. 

Apa Itu Page Speed 

Sebelum mengetahui alasan loading website harus cepat dan mengapa website harus aman, sebaiknya kita perkenalan dulu dengan page speed atau yang sering dibilang sebagai loading page/ loading website. 

Page speed bisa diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan sebuah konten di pada halaman suatu website. Juga page speed merupakan waktu yang diperlukan websitemu untuk menerima byte pertama informasi dari server web, jadi merepresentasikan loading time dari sebuah website. 

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi page speed, diantara nya adalah: 

  1. Seberapa banyak gambar, video, dan media-media lain nya yang berada di page websitemu 
  2. Tema dan plugin yang terinstal di websitemu 
  3. Tipe Coding dan server script yang dipakai oleh websitemu dan page-pagenya. 

Semua elemen tersebut dapat mengefek page loading speed di websitemu dan pada akhirnya akan mempengaruhi UX dari websitemu. Seperti yang diketahui, user sangat tidak suka page yang slow-loading, jadi mempunyai loading website yang cepat sangatlah penting.

Baca Juga: Pengertian & Cara Optimalisasi Core Web Vitals 

Alasan Loading Website Harus Cepat 

Seperti yang telah diartikan sebelumnya, memiliki loading page yang cepat sangatlah penting untuk sebuah website. Oleh karena itu inilah empat alasan loading website harus cepat. 

alasan loading website harus cepat
Loading website ( Source: Adobe Photostock)

Menurunkan Bouncing Rate 

Ketika kita ngomongin tentang loading page speed, setiap detik itu pasti terhitung. Bahkan riset Google menunjukkan bahwa jika loading speed di website menambah dari satu sampai tiga detik, kemungkinan untuk bounce ( visitor yang akan segera pergi ) akan naik sebanyak 32 persen. 

Kemudian, jika page memakan lima detik untuk memuat, kemungkinan bounce yang akan terjadi naik sebanyak 90 persen. 

Jadi jika page di dalam websitemu tidak memuat dengan cepat dan di detik-detik tertentu, hal tersebut akan meningkatkan secara signifikan peluang user yang akan meninggalkan website kamu. Juga jika web page kamu tidak teratur, hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan websitemu untuk menghasilkan user engagement yang tinggi. 

Sehingga, website harus cepat jika kamu menginginkan bounce rate yang rendah di dalam website. 

Meningkatkan SEO

Page speed juga memiliki peran yang sangat penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Seperti yang telah disebut sebelumnya, Google mengambil beragam faktor yang akan digunakan untuk pertimbangan ketika sedang memutuskan bagaimana mereka memeringkatkan web pages. 

Salah satunya adalah page speed tersebut. Sehingga jika kamu ingin websitemu berdiri di peringkat satu dalam SEO dan ingin mudah dicari, pastikan bahwa website harus cepat; memiliki loading page yang cepat. 

Mempengaruhi User Experience

Alasan lain mengapa loading website harus cepat adalah karena page speed dapat mempengaruhi persepsi user terhadap website kamu. Jika web page websitemu menggunakan waktu yang terlalu lama untuk loading atau jika ada kesalahan dalam proses tersebut, hal tersebut akan membuat websitemu terlihat sangat tidak profesional dan tidak dapat dipercaya. 

Baca Juga  15 Tips Mengoptimalkan Loading Website WordPress

Menjadi Salah Satu Indikator untuk Faktor Ranking 

Saat ini, page speed adalah sebuah indikator daripada faktor pengurutan. Jika website kamu tidak terlalu  lambat, kamu masih bisa mendapatkan ranking yang lumayan dengan kecepatan yang rata-rata. Tapi telah terbukti berkali-kali bahwa semakin cepat loading website, semakin bagus peringkat serta performa dari websitemu. 

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website 

Setelah mengetahui alasan loading website harus cepat diatas, apakah websitemu sudah memiliki page speed yang cepat? Jika belum, atau belum tau caranya, inilah beberapa langkah yang bisa diikuti untuk meningkatkan speed loading di dalam website

Melakukan Compression 

Yang pertama adalah untuk melakukan “compression” atau mengecilkan size dari gambar yang ditampilkan di website atau size CSS, HTML, dan Javascript yang digunakan di website. 

Kamu bisa menggunakan Gzip, aplikasi untuk file compression, untuk mengecilkan size CSS, HTML, dan JavaScript yang memuat lebih dari 150 bytes. Kemudian untuk file-file tertentu seperti gambar, kamu bisa menggunakan program seperti Photoshop dimana gambar tersebut bisa dikontrol kualitasnya agar bisa dioptimalkan untuk size tertentu. 

Meminimalisir Redirect 

Kebanyakan redirect untuk websitemu akan sangat mempengaruhi loading speed. Setiap kali page di website melakukan redirect ke page lainnya, hal tersebut akan memperpanjang HTTP, sehingga memperpanjang proses respons juga. Tentunya, terkadang redirect memang harus diterapkan. Akan tetapi menghapus redirect yang tidak dibutuhkan akan menghasilkan page speed yang lebih cepat. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir redirect jika kamu menggunakan WordPress. Salah satunya adalah dengan menghindari membuat redirect yang tidak diperlukan disaat sedang membangun link internal dan menu. Yang satu lagi adalah dengan memastikan bahwa Top-Level Domain (TLD) memiliki maximum hanya satu redirect. 

Menggunakan Asynchronous Loading untuk CSS dan JavaScript Files

Websitemu terbangun dengan file CSS dan JavaScript. Script tersebut bisa load secara synchronous atau asynchronous. 

Jika berjalan secara synchronous, kedua file script tersebut akan load satu per satu untuk tampil di web page. Dengan metode ini jika browser bertemu dengan script, browser akan berhenti ngeload elemen lain sampai file tersebut sudah selesai loading. 

Tapi jika menggunakan asynchronous loading, websitemu bisa nge-load banyak file di waktu yang sama. Sehingga, akan mempercepat loading website. 

Menghapus Plugin Tidak Penting 

Memiliki kebanyakan plugin yang tidak dibutuhkan di dalam websitemu akan melambatkan loading website. Kemudian, selain itu plugin yang telah kedaluwarsa atau tidak dikontrol akan menimbulkan ancaman sekuritas dan juga bisa menghambat performa. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk meminimalisir jumlah plugin yang digunakan untuk website kamu. Tentunya, salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan dan menghapus segala plugin yang sudah tidak digunakan. 

Karena beberapa plugin bisa memiliki fungsi dan fitur yang sama, plugin tersebut juga bisa melambatkan website sehingga loading page akan tidak bisa berfungsi dengan cepat. Untuk mengidentifikasikan plugin yang melambatkan page speed, kamu bisa coba tes satu persatu secara individual.

Memperoleh Browser Caching

Browser caching merupakan salah satu bentuk caching yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan speed di loading page websitemu. Teknik tersebut memungkinkan websitemu untuk menyimpan beragam informasi termasuk gambar, file JavaScript dan yang lain-lainnya agar web page tidak harus nge-load seluruh page tersebut setiap kali user mengunjungi websitemu. 

Caching web page kamu bisa membantu menurunkan Time to First Byte (TTFB) karena tidak membutuhkan sumber yang banyak untuk nge-load sebuah page. Untuk memperoleh browser caching, kamu bisa menggunakan plugin tertentu sepert W3 Total Cache atau WP rocket untuk website WordPress, 

Memilih Hosting Terbaik 

Cara terakhir adalah dengan memilih hosting provider yang sudah teruji performanya. Hosting provider ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola performa serta management di dalam websitemu, termasuk page speed.

Pastikan kamu memilih server hosting yang memiliki performa maksimal, Kami rekomendasikan untuk menggunakan Hosting SSD Exabytes untuk shared hosting atau VPS Linux SSD

Kenapa Website Harus Aman?

Website security adalah salah satu hal yang harus dikontrol agar bisa mencegah hacker mengakses informasi sensitif yang ada di websitemu. Apalagi jika kamu adalah sosok entrepreneur yang memiliki website, memiliki website yang aman menjadi prioritas agar bisa membuat lingkungan yang aman untuk para visitor websitemu. 

Memiliki website yang aman merupakan salah satu incaran pemilik website karena memang tidak ada yang mau mempunyai website yang bisa gampang di hack. Misalnya, jika website di hack atau kena block list website tersebut memiliki kemungkinan untuk kehilangan traffic sebanyak 98%. 

Baca Juga  15 Tips Mengoptimalkan Loading Website WordPress
alasan loading website harus cepat
Website Aman ( source: Adobe Photostock)

Tidak memiliki website yang aman bisa dibalang seburuk tidak memiliki website sama sekali. Contohnya, jika website kamu tidak aman dan visitor kena data breach, hal tersebut bisa kena perkara hukum, kena sanksi, dan juga menghancurkan reputasi. 

Sehingga, hal tersebut sangat diperhatikan oleh Google agar para user tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Google juga mempunyai Safe Browsing Site Checker jika kamu ingin mengecek status keamanan sebuah website.  

Cara Meningkatkan Keamanan Website 

Apakah website kamu sudah aman? Jika merasa kurang, inilah beberapa cara yang bisa diikuti untuk meningkatkan keamanan website kamu. 

Memilih Web Hosting yang Aman 

Yang paling pertama dan penting agar website harus aman adalah memilih website host  yang benar dan terpercaya. Memilih website hosting server yang benar akan membantumu untuk mengontrol website dari segi sekuritas dan juga user experience. 

Yang paling sering dilakukan dengan bisnis owner adalah; memilih hosting yang murah. Padahal, hosting yang murah belum tentu memberi keamanan yang tepat untuk websitemu. Jadi pastikan bahwa hosting yang dipilih bisa memberi keamanan serta performa yang tinggi. 

Salah satu hal yang membuat hosting lebih aman yaitu menggunakan Imunify360 dan itu tersedia di Hosting Exabytes.

Menggunakan Plugin Keamanan 

Plugin keamanan merupakan hal yang sangat penting jika memiliki website. Untuk menghindari hacking, menginstal plugin keamanan untuk websitemu adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Inilah beberapa rekomendasi plugin keamanan yang bisa kamu gunakan untuk website;

  1. iThemes Security 
  2. Wordfence Security 
  3. Secupress Free
  4. Shield Security 

Sebenarnya masih banyak sekali plugin keamanan yang bisa kamu pakai, tetapi diantaranya adalah empat tersebut. 

Install SSL 

Selanjutnya adalah dengan menginstal SSL (Secure Sockets Layer) yang merupakan protokol keamanan  yang dibuat untuk menghasilkan tautan dalam bentuk enkripsi antar server web dan web browser melalui komunikasi online. Enkripsi tersebut akan membentuk jalan komunikasi antara web server dan web browser. 

website harus aman
ilustrasi keamanan website ( source : Adobe Photostock)

SSL ini sangat penting untuk sebuah website karena dengan adanya sertifikat SSL, website kamu bisa menjaga informasi pribadi, informasi kartu kredit, informasi data serta login. Apalagi jika kamu memiliki website e-commerce yang terisi dengan data-data user. 

Dengan SSL, para user tidak perlu khawatir dengan terjadinya data breach pada datanya di dalam websitemu. 

Update Website 

Selanjutnya, kamu juga harus terus memperbarui website. Biasanya, website yang berisi info-info, menampilkan profil harus sering di-update secara rutin agar bisa menjaminkan keamanan website. 

Dengan hal tersebut, jika kamu terus mengupdate website, sistem CMS yang dipakai biasanya juga membutuhkan update dalam beberapa waktu tertentu. Jika websitemu terus di update, keamanan website kamu juga akan memperkuat. 

Menggunakan Password yang Kuat

Yang terakhir, pastikan bahwa kamu menggunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh para hacker. Para hacker bisa mendapatkan informasi login website kamu dengan serangan yang disebut dengan “Brute Force Attack”. Tapi tentunya, kamu bisa mencegah serangan tersebut dengan memiliki password yang kuat. 

Password yang kuat biasanya terdiri dengan kombinasi antara nomor, karakter,alfabet, huruf besar huruf kecil. Contohnya: N3wpa55word_09

Jadi, pastikan kamu merubah password websitemu jadi yang lebih kuat agar bisa memiliki website yang aman. 

Kesimpulan

Dengan demikian, website harus cepat agar bisa menarik banyak visitor dan menaikkan traffic website. Oleh karena itu, Google menerapkan bahwa setiap website setidaknya memiliki 1-3 detik untuk waktu loading website dan tidak lebih dari itu. Dengan loading speed yang cepat, websitemu juga bisa mengoptimalkan SEO serta berada di ranking yang tinggi. 

Selain itu, website harus aman agar bisa menjaga data-data user yang mampir ke website kamu. Google juga menerapkan bahwa website harus aman jika ingin meraih peringkat tinggi dan mengoptimalkan SEO. Hal tersebut dikarenakan agar para user merasa aman dan website terhindar dari hacking.

Kabar baiknya Exabytes sangat mengutamakan kecepatan dan keamanan untuk semua layanan Kami, termasuk Hosting EBiz V12. Hosting EBiz V12 menggunakan LiteSpeed Server & Brotli Compression sehingga membuat loading lebih cepat serta Imunify360 yang membuat keamanannya lebih terjamin. Solusi untuk website cepat dan aman.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan