Alasan Memulai Bisnis Online di Bulan Ramadhan adalah Waktu yang Tepat

252
Alasan Memulai Bisnis Online di Bulan Ramadhan adalah Waktu yang Tepat
Berkah Ramadhan
10 min read

Hi, Exabytes Friends! Menyambut bulan Ramadhan, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif  dan juga menambah penghasilan. Salah satunya ialah memulai bisnis di bulan Ramadhan.

Bagi kamu yang belum memulai bisnis terutama bisnis online, bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk kamu mencoba peluang bisnis baru yang pastinya memberi kamu keuntungan. Lumayan kan, di Hari Raya Lebaran nanti kamu bisa mempunyai penghasilan tambahan. Nah, penasaran apa saja sih alasan memulai bisnis online di bulan Ramadhan? Jangan skip artikel ini, ya!

Bisnis Online Di Bulan Ramadhan

Salah satu alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan terutama bisnis online yakni bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu agar produktif. Ada banyak sekali ide bisnis Ramadhan yang bisa kamu pilih, misalnya menjual takjil, catering, buah-buahan, baju muslim hingga jasa ART, jasa laundry dan jasa penitipan.

Untuk yang terkini, kamu bisa juga menjalani bisnis hampers, loh. Hampers ini mirip dengan parcel lebaran yang selama ini diketahui, namun isi pada hampers tidak hanya terbatas pada biskuit kaleng dan sirup. 

Bisnis online hampers zaman sekarang menawarkan paket lengkap misalnya paket protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer atau juga bisa paket peralatan makan, lengkap dari piring, gelas hingga sendok – garpu.

Selain bisnis hampers, kamu juga bisa memulai bisnis di bulan Ramadhan bagian pengiriman atau delivery barang. Yup, karena pandemi Covid-19 masih ada di Indonesia dan dianjurkan untuk berada di rumah saja, jasa pengiriman barang menjadi peluang bisnis menguntungkan. 

Di masa yang sudah terdapat kemudahan teknologi ini, banyak hal yang kini bisa dilakukan secara online. Termasuk belanja online. Konsumen tidak perlu lagi pergi ke toko offline untuk membeli baju untuk Hari Raya Lebaran. Dengan beberapa kali klik lewat handphone, yang dibutuhkan bisa didapat oleh mereka.

Alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan - Mendapat pelanggan baru.
Ilustrasi belanja online (Source: Shutterstock)

Begitu juga dengan pebisnis atau penjual online, banyak dari mereka yang mengirimkan produk ke pembeli melalui jasa pengiriman. Mengirimkan hampers yang mereka produksi, baju muslim untuk Hari Raya Lebaran hingga kue khas lebaran. 

Bagaimana? Banyak sekali kan ide untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan? 

Alasan Memulai Bisnis Di Bulan Ramadhan

Kamu sebenarnya sudah mengetahui 1 alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan, yaitu karena banyaknya ide-ide peluang bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. 

Selain 1 alasan itu, Exabytes punya banyak alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan lainnya. Disimak ya!

Ramadhan Mempunyai Tradisi Unik

Alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan yang pertama ialah karena bulan Ramadhan mempunyai tradisi unik beda dari bulan lainnya. Beberapa diantaranya yaitu ngabuburit. 

Dalam ngabuburit biasanya orang-orang mencari takjil atau makanan ringan untuk buka puasa sebelum memakan nasi, seperti gorengan, es segar, kue manis hingga kolak yang khas pada bulan Ramadhan. Selain ngabuburit, Ramadhan juga mempunyai tradisi sholat Tarawih serta bangun Sahur. 

Nah, kamu bisa banget nih menemukan peluang berbisnis dalam momen-momen unik ini. Dari jualan takjil, jualan peralatan sholat atau baju muslim hingga catering makanan untuk disantap saat sahur dan berbuka.

Perubahan Perilaku Konsumen 

Pada saat menjalani puasa di bulan Ramadhan terjadi perubahan pula pada perilaku konsumen. Peruahan perilaku konsumen ini bisa dijadikan alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan.

Beberapa perilaku konsumen yang berubah ialah mereka mempunyai waktu lebih banyak di rumah, waktu digunakan untuk bersantai, lebih banyak menggunakan handphone di segala kegiatan dari menonton konten hiburan hingga berbelanja barang yang dibutuhkan.

Hakikatnya, ketika berpuasa dan tidak ingin melakukan banyak kegiatan yang melelahkan, konsumen cenderung mau sesuatu yang instan. Maka, bisnis yang dilakukan secara online akan menjadi pilihan mereka dalam membeli barang/layanan. 

Memsan makanan online.
Pengiriman makanan cepat saji ke rumah. (Source: Shutterstock)

Dilaporkan oleh Google, terjadi peningkatan sebanyak 55% dari masyarakat Indonesia yang membeli makanan secara online tanpa harus keluar rumah karena pandemi Covid-19. Dan pembelian online juga meningkat sebanyak 82% di bulan Ramadhan 2020.

Segera memulai bisnis di bulan Ramadhan secara online dan menjadi solusi bagi konsumen yang ingin serba mudah, cepat dan tidak melelahkan dalam melakukan transaksi pembelian di bulan Ramadhan, terutama yang bisa diakses melalui handphone.

Jadi selain harus go online, usahakan website toko onlinemu juga mempunyai desain yang responsif sehingga tampil bagus di perangkat apapun.

Bangun Toko Online Impianmu dengan Hosting SSD Exabytes (Gratis Domain)

Konsumsi Semakin Bertambah

Alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan selanjutnya ialah karena pada bulan Ramadhan, daya konsumsi semakin tinggi pada setiap orang. 

Karena bulan Ramadhan mempunyai tradisi ngabuburit dan membeli takjil, maka rasanya tidak lengkap berbuka puasa tanpa memakan takjil terlebih dahulu. Bisnis takjil merupakan salah satu peluang bisnis Ramadhan yang bagus.

Takjil dan catering.
Berbagai takjil dan menu catering. (Source: Shutterstock)

Selain membeli takjil, banyak juga di bulan Puasa yang merasa tidak ingin terlalu lelah hingga tidak sempat memasak menu berbuka puasa dan Sahur. Kalau sudah begini, pasti makanan catering menjadi pilihan bagi mereka.

Buat kamu yang pinter masak makanan ringan hingga menu masakan, segera saja memulai bisnis di bulan Ramadhan, karena kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan dari orang-orang yang akan membeli takjil setiap berbuka puasa hingga makanan untuk buka puasa dan sahur.

Daya Beli Konsumen Tinggi

Alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan lainnya ialah karena pada bulan ini, banyak konsumen mempunyai uang berlebih yang didapatkan dari Tunjangan Hari Raya (THR). Mempunyai uang THR membuat mereka menjadi lebih tidak peka harga, lho.

Makanya, pada bulan Ramadhan konsumen melakukan transaksi pembelian lebih banyak dari bulan biasanya. Menurut survey iPrice, tercatat saat Ramadhan 2020, konsumen Indonesia rata-rata menghabiskan Rp. 500.000 – Rp. 1.999.999 untuk berbelanja online kebutuhan lebaran.

Lebih lanjut, survey iPrice juga mengungkapkan produk yang banyak dibeli online oleh konsumen saat bulan Ramadhan 2020 ialah produk Fashion sebanyak 63%, diikuti oleh elektronik 45%, kebutuhan rumah tangga 41%, kosmetik 33%, produk kesehatan 30% hingga kue kering lebaran sebanyak 22%

Dengan konsumen yang mempunyai serta menghabiskan uang lebih banyak dan membeli berbagai macam produk untuk selama Ramadhan hingga persiapan lebaran, maka inilah saat yang tepat untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan.

Ajang Apresiasi Diri

Berbelanja online.
Ilustrasi belanja online menyenangkan diri. (Source: Shutterstock)

Bulan Ramadhan terutama juga Hari Raya Lebaran ternyata menjadi ajang apresiasi diri. Hal ini dilakukan untuk mengapresiasi karena sudah bekerja keras selama bulan Ramadhan dan menggunakan dana THR untuk memanjakan diri. 

Ajang apresiasi diri bisa dengan membeli baju muslim untuk tampil modis dan keren saat lebaran, membeli kue lebaran kesukaan dari nastar, kastengel hingga kue putri salju yang selama ini khas terdapat pada saat lebaran saja. Atau ingin mengganti barang elektronik hingga peralatan rumah tangga.

Nah, makanya terjadi peningkatan belanja selama bulan Ramadhan tahun lalu di berbagai kategori produk terutamanya fashion. Momen orang membeli barang-barang untuk kepuasan diri sendiri ini bisa menjadi alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan.

Ingin Sesuatu Hal Yang Baru

Selain ajang apresiasi diri, pada bulan Ramadhan orang juga ingin mencoba hal-hal yang baru. Terlebih jika mendapat rekomendasi atau melihat review populer di internet. Karena tidak ingin ketinggalan tren, mereka ingin mencobanya atau bahkan ingin menjadi trendsetter di masyarakat.

Maka dari itu, kamu bisa berkreasi dan berinovasi dengan produk/layanan bisnis Ramadhan. Dilaporkan oleh Google bahwa ada Ramadhan 2020 lalu, banyak yang mengetikkan kata kunci “kerudung bergo” “pashmina crinkle” hingga “masker hijab” di mesin pencarian saat ingin melakukan belanja online.

Tidak hanya di produk fashion, kamu juga bisa berinovasi di produk makanan atau takjil misalnya. Jika menu kamu unik, bisa saja bisnis makanan kamu menjadi viral karena belum pernah hadir sebelumnya.

Selain mencoba hal baru, banyak juga yang membutuhkan barang-barang baru ketika Ramadhan hingga Hari Raya Lebaran seperti handphone baru yang mendukung untuk aktivitas video call yang lebih jernih, hingga barang elektronik rumah tangga terbaru oven listrik.

Kamu bisa menggunakan kesempatan saat orang-orang ingin membeli barang-barang baru untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan.

Waktunya Mempersiapkan Hari Raya Lebaran

Hari Raya Lebaran
Ilustrasi bersilaturahmi di Hari Raya Lebaran (Source: Shutterstock)

Hari Raya Lebaran merupakan salah satu hari besar yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pada hari Lebaran dijadikan ajang saling silaturahmi sekalian meminta maaf kepada satu sama lain atas kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat. Hari Raya Lebaran erat dengan kekeluargaan dan kebersamaan.

Karena merupakan hari yang penting, maka banyak orang melakukan persiapan agar maksimal menjalani Hari Raya Lebaran hingga mereka rela merogoh kocek berlebih, bahkan membeli dari jauh hari sebelum Hari Raya Lebaran alias di bulan Ramadhan.

Selain karena takut kehabisan produk yang mereka incar karena banyak konsumen yang mempunyai dana berlebih dan sanggup membeli barang baru, di bulan Ramadhan juga kerap terdapat diskon-diskon menarik.

Jadi, kamu jangan sampai terlambat untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan. Karena saat menjalani bulan Ramadhan, konsumen juga turut mempersiapkan Hari Raya Lebaran yang sudah mereka tunggu-tunggu.

Dapat Menarik Banyak Konsumen Baru

Kamu sudah mengetahui bahwa belanja online meningkat selama bulan Ramadhan dan konsumen mempunyai lebih banyak dana untuk membeli barang kebutuhan Ramadhan dan juga persiapan lebaran. Mereka ingin membeli barang-barang baru untuk mengganti barang lama atau sekadar memanjakan dan mengapresiasi diri.

Terjadi pula perubahan kebiasaan mengkonsumsi pada bulan Ramadhan. Mereka mau yang serba mudah, instan dan tidak melelahkan namun juga tetap aman berada di rumah.

Jika bisnis onlinemu dapat hadir dan menyanggupi apa yang para konsumen sekarang inginkan maka mereka akan lebih memilih bisnis online kamu ketimbang tempat lain ketika mereka ingin melakukan pembelian. 

Mudah Dilakukan Bahkan Bisa Dari Rumah

Seluruh kegiatan bisnis online saat Ramadhan ini gak pake ribet kok! Bahkan bisa kamu lakukan dari rumah. Apalagi jika kamu mempunyai website sebagai toko online atau toko di Marketplace dan media sosial.

Berbisnis online dari rumah.
Berbisnis online di bulan Ramadhan bisa dilakukan dari rumah. (Source: Shutterstock)

Calon pembeli bisa tinggal mengunjungi toko online kamu, melakukan pembayaran hingga duduk manis di rumah. Sedangkan kamu sebagai pebisnis bisa menerima orderan sambil santai, melakukan packing terhadap produk atau mengatur jasa layanan untuk mereka dan mengirimkan produk ke pembeli melalui jasa pengiriman.

Tidak hanya konsumen yang memiliki kemudahan dalam membeli, kamu pun sebagai pebisnis online juga mudah melakukannya. Memulai bisnis di bulan Ramadhan secara online dan dari rumah membuat kamu tetap produktif meski sedang berpuasa.

Hanya Satu Kali Setahun, Jangan Lewatkan Kesempatan

Ya, benar. banget. Alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan secepatnya ya karena momentum ini semua hanya terjadi satu kali dalam setahun lho, Exabytes Friends. Kalau bisa, kamu jangan melewatkan kesempatan dimana konsumen mempunyai dana lebih, hasrat berbelanja online yang tinggi dan juga hal yang dikonsumsi setiap orang semakin bertambah saat bulan Ramadhan.

Kalau kamu gak memanfaatkan momen dan segera memulai bisnis di bulan Ramadhan, belum tentu loh ketika memulai di bulan lainnya bisnis online kamu mendapat lebih banyak pembeli dari di bulan Ramadhan. Jangan sampai menyesal, ya!

Penutup

Nah, Exabytes Friends, itu dia alasan memulai bisnis di bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis terutamanya bisnis online. Terdapat peluang bisnis yang banyak hingga kamu bisa mendapatkan banyak konsumen di waktu terjadi peningkatan belanja online oleh konsumen.

Jadi, tunggu apalagi? Kamu bisa memulai bisnis di bulan Ramadhan dari sekarang dimulai dengan membuat website bisnismu sendiri.

Bangun website bisnismu dengan Hosting SSD Exabytes, gratis domain, SSL, backup otomatis, Imunify360 dan bantuan teknis 24 jam siap membantu Kamu. Tidak puas dengan layanan Exabytes? Kamu bisa klaim garansi uang kembali selama 100 hari!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan