Membangun Branding Bisnis Online Ramadhan Dengan Domain Tepat

0
1263

Mengapa harus membangun branding bisnis online Ramadhan dengan domain tepat? Salah satu alasannya adalah agar bisa menjangkau lebih banyak calon audiens yang bisa bisnis ubah menjadi calon pelanggan potensial. Pada akhirnya mereka akan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk membangun branding bisnis online dengan pilihan domain yang tepat, tentunya ada sejumlah cara dan langkah yang perlu diperhatikan. Kamu bisa mempelajari hal tersebut secara lebih lengkap melalui artikel satu ini.

Apa Itu Branding

apa itu branding dalam bisnis online
Sumber: iStock

Istilah brand tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Tetapi bagaimana dengan istilah branding yang tampak serupa tapi tak sama? Brand adalah nama yang bisa orang-orang lihat dan kenali. Sementara branding adalah cara agar audiens atau calon pelanggan mengetahui adanya brand, perusahaan, atau bisnis di industri tertentu.

Di era digital, branding menjadi sangat penting. Jadi, apabila ingin membangun branding bisnis online Ramadhan dengan domain, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu panduan branding.

Selengkapnya tentang panduan branding di artikel ini!

Langkah Dalam Membangun Branding Bisnis Online Dengan Domain

Kenali beberapa langkah dalam membangun branding bisnis online Ramadhan dengan pilihan domain berikut ini:

Pilih Nama Domain Dengan ijak dan Tepat

Untuk bisa mencapai tujuan dari bisnis online Ramadhan dengan domain, tentunya kamu harus memilih nama domain dengan bijak dan tepat. Ada banyak pertimbangan dalam memilih nama domain agar tidak salah pilih.

Sudah pernah membaca tips memilih nama domain yang tepat untuk bisnis? Tidak sedikit bisnis online yang gagal dalam membangun kesadaran merek dan menjangkau audiens hingga akhirnya berdampak pada penjualan karena mereka tidak tahu domain mana yang harus dipilih.

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan kesalahan yang dilakukan dalam memilih domain. Apapun alasannya, sebaik jangan tunda untuk segera membeli nama domain pilihan yang sesuai dengan bisnis dan brand. Atau kamu akan kehilangan domain tersebut karena sudah tidak lagi tersedia di kemudian hari.

Jadi, sebaiknya segera amankan nama domain agar nantinya bisa digunakan dalam membangun brand. Pada umumnya, domain memiliki umur yang cukup panjang yaitu satu tahun dan bisa segera diperpanjang menjelang masa expired.

Masih bingung dalam memilih nama domain yang tepat padahal bisnis online Ramadhan dengan domain sudah pastinya memerlukan nama domain?

Ada beberapa kunci dalam memilih nama domain agar bisa terjun ke dunia digital dan mendapatkan pendapatan yang lebih melalui penjualan, diantaranya:

Gunakan Keyword Tertarget

Siapa bilang kalau keyword hanya diperlukan untuk konten saja? Nyatanya, nama domain untuk branding juga memerlukannya. Mengapa demikian? Mesin pencari seperti Google akan menganalisa nama domain untuk dapat memahami situs web dan menentukan ranking. Itulah kenapa bisnis online Ramadhan dengan domain yang tepat memang sebuah keharusan.

Meski demikian, penting untuk berhati-hati dalam memilih keyword karena harus relevan dengan brand dan target audiens. Jika sulit dalam menentukan nama domain yang tepat, tidak ada salahnya untuk menggunakan tools yang akan membantu mencari keyword yang tepat.

Pastikan Nama Domain Mudah Dieja

Kunci lain dalam memilih nama domain dengan bijak dan tepat adalah dengan memastikan bahwa pengguna internet atau target audiens bisa mengeja domain tersebut dengan mudah. Dengan begitu, mereka bisa mengingatnya dengan mudah.

Pilih Nama Domain yang Pendek

Nama domain yang pendek tentunya lebih baik dari pada nama domain yang panjang. Alasannya adalah agar orang-orang bisa mengetikan dan mengingat nama domain tersebut. Yang juga berpengaruh pada user experience yang positif.

Itulah mengapa dewasa ini nama domain pendek menjadi lebih berharga seiring dengan semakin meningkatnya pengguna perangkat mobil yang masih terus bertambah. Domain yang pendek juga cocok dengan layar kecil. Sehingga pengguna akan dapat mengingat situs web yang mereka kunjungi.

Selain itu, nama domain yang dibuat begitu panjang juga terkadang menimbulkan kekhawatiran para pengguna internet. Nama domain yang terlalu rumit membuat audiens curiga bahwa situs web yang mereka kunjungi bukan milik bisnis atau perusahaan kredibel, melainkan pihak yang berusaha melakukan tindak kejahatan di dunia siber.

Meski sudah mempersiapkan nama domain dengan matang, upaya tersebut mungkin akan tampak sia-sia karena kamu tidak bisa membangun kepercayaan dari pengguna internet. Jadi, sebaiknya hindari nama domain yang rumit dan pilih nama domain sesingkat mungkin namun mudah diingat.

Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Kunci lain dari pemilihan nama domain adalah ekstensi domain itu sendiri. Tidak semua ekstensi domain cocok untuk situs web bisnis online. Jadi, apabila mulai menjalankan bisnis online Ramadhan dengan domain, pastikan memilih ekstensi domain yang tepat.

Hal tersebut juga bisa disesuaikan dengan dimana kamu akan memasarkan produk atau jasa. Atau dengan kata lain, pertimbangkan negara tempat bisnis berjalan. Misalnya, bisnis yang dijalankan di Indonesia bisa menggunakan ekstensi domain.ID.

Pelajari lebih jauh apa saja kelebihan domain.ID sehingga bisa menjadi salah satu pilihan ekstensi domain yang tepat selain domain.COM.

Cek Ketersediaan Nama Domain

Ada banyak pilihan ekstensi domain yang bisa kamu gunakan untuk membangun bisnis online Ramadhan dengan domain, misalnya domain.COM.

Domain.COM adalah ekstensi domain yang begitu populer dan digunakan oleh berbagai pihak di seluruh belahan dunia. Oleh sebab itu, terkadang banyak nama domain yang sudah tidak tersedia atau sudah digunakan oleh pihak lain. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan nama domain pilihanmu.

Memilih domain itu sama dengan mendaftarkan merek dagang. Sebelum dapat mengklaim pendaftaran, kamu harus terlebih dahulu memeriksa apakah tidak ada orang lain yang menggunakan domain tersebut. 

Apabila baru memulai perusahaan, sebaiknya tunda penyelesaian nama merek dan merek dagang hingga kamu yakin bahwa nama tersebut tersedia untuk didaftarkan sebagai domain.

Agar lebih yakin bahwa nama domain masih tersedia dan bisa dibeli, cek domain dengan beberapa langkah mudah. Dengan hanya mengetikkan nama domain serta ekstensi yang diinginkan di kolom pencarian yang tersedia, informasi tentang domain kemudian akan ditampilkan.

Jadi, kamu bisa mengetahui apakah domain masih tersedia atau sudah dimiliki oleh pihak lain. Penasaran siapa saja dibalik nama domain populer dan mudah ditemukan di mesin pencari? Coba cek pemilik domain atau baca informasi selengkapnya di artikel ini.

Namun, jika nama brand sudah tidak tersedia sebagai nama domain, ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  • Hubungi pemilik domain yang kamu ingin gunakan melalui informasi yang ditampilkan di database WHOIS atau dengan mencari informasi terkait pemilik domain di internet
  • Buat tagline yang dapat dihubungkan dengan nama brand dan gunakan sebagai nama domain
  • Pertimbangkan pilihan ekstensi domain lain, seperti domain.ID atau domain.NET sebagai alternatif

Setiap bisnis itu unik, jadi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan ekstensi domain unik yang akan membuat bisnis online Ramadhan dengan domain tampak berbeda dari para kompetitor. Bahkan, tidak ada batasan berapa banyak nama domain yang bisa bisnis online beli.

Dengan kata lain, pemilik bisnis bisa mendaftarkan lebih dari satu nama domain yang sesuai dengan brand atau perusahaan mereka dengan berbagai pilihan ekstensi domain.

Daftarkan Nama Domain

Membangun branding bisnis online Ramadhan dengan domain, daftarkan segera
Sumber: pixabay

Setelah mendapatkan nama domain yang sesuai dengan brand dan bisnis, segera daftarkan domain tersebut. Mendaftarkan nama domain sebenarnya tergolong mudah. Kamu bisa menghubungi Exabytes apabila belum paham bagaimana cara mendaftarkan domain.

Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel tentang bagaimana cara membeli domain Exabytes ini.

Hubungkan Nama Domain Dengan Kehadiran Online

Membangun branding dan kehadiran online untuk bisnis online ramadhan dengan domain
Sumber: iStock

Selanjutnya, jika sudah mendaftarkan nama domain, sekarang waktunya untuk melakukan tahap selanjutnya yang lebih nyata, yaitu membangun kehadiran online menggunakan nama domain yang sudah dibeli.

Domain tersebut bisa digunakan untuk membangun situs web, membuat email terlihat lebih profesional, dan untuk kebutuhan akun media sosial yang akan terhubung dengan bisnis online kamu.

Untuk bisa membangun situs web, selain domain, bisnis online juga harus memilih layanan hosting agar bisa mengelola dan menyimpan konten situs web. Jadi, pastikan untuk melengkapi pembelian domain dengan hosting yang tersedia di Exabytes.

Dalam bisnis online, email juga tidak kalah penting. Untungnya, memiliki domain berarti bisnis bisa menggunakan nama domain untuk email sehingga membuat setiap email yang dikirim kepada audiens atau pelanggan akan lebih terpercaya. 

Dengan begitu, pengelola bisnis bisa berkomunikasi dengan orang-orang tentang produk, penawaran khusus, dan lainnya.

Bisnis online Ramadhan dengan domain juga bisa kamu hubungkan dengan akun dari berbagai media sosial. Dewasa ini bisnis online memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran.

Nah, kamu juga bisa mempertimbangkan platform media sosial untuk bisnis agar bisa berjalan lebih sukses.

Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Domain Branded?

Sudah tahu kan cara dan langkah dalam membangun bisnis online ramadhan dengan domain? Sebenarnya, domain tidak hanya berperan penting bagi bisnis yang dimulai di momen Ramadhan saja tetapi kapanpun seseorang atau perusahaan berkomitmen dalam menjalankan bisnis online untuk meraih lebih banyak audiens dan pelanggan.

Branding menggunakan domain tentunya sangat diperlukan agar bisa mencapai tujuan bisnis yang dibuat. Jadi, kapanpun kamu akan menjalankan bisnis online, tentu bisa mendaftarkan nama domain.

Beli domain di Exabytes dan dapatkan nama domain yang sesuai dengan nama brand atau bisnis. 

Exabytes juga menyediakan pilihan domain premium yang bisa menjadi cara berinvestasi yang tepat untuk membangun kesadaran merek, kesetiaan pelanggan, serta mendapatkan kepercayaan yang lebih.

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan domain sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Ingin domain murah? Tenang saja, Exabytes juga menyediakan domain murah dengan harga yang ramah kantong tentunya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments