10 Fakta Menarik Membuat Website dengan WordPress di Exabytes Sangat Mudah

146
10 Fakta Menarik Membuat Website dengan WordPress
Berkah Ramadhan
14 min read

Memilih suatu platform menjadi salah satu keputusan krusial yang diambil saat hendak membangun sebuah website. Content Management System (CMS) pilihanmu akan menentukan seberapa baik situs tersebut berjalan, sekaligus dengan tool maupun plugin yang tersedia. Dengan berbagai opsi pilihan CMS potensial di luar sana, tak sedikit orang yang kebingungan untuk memutuskan CMS apa yang akan mereka pilih. Apakah ini salah satunya kamu, Exabytes Friends?

Namun sekarang kamu tak perlu khawatir. Ada satu opsi CMS yang aman di hampir semua keadaan, yaitu WordPress. CMS gratis dan open source ini adalah platform kerja yang sempurna untuk membangun apapun mulai dari blog sederhana hingga situs e-commerce. Selain mudah digunakan, WordPress juga tangguh dan cukup fleksibel untuk mengakomodasi kebutuhan pemilik website.

Jika kamu masih belum yakin untuk memilih WordPress, jangan lewatkan artikel ini karena Exabytes akan memberikan sepuluh fakta menarik membuat website dengan WordPress. Yuk, simak di bawah!

10 Fakta Menarik Membuat Website dengan WordPress

Berikut ini 10 fakta menarik membuat website dengan WordPress yang perlu Kamu ketahui sehingga kamu dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam memilih CMS terbaik.

Gratis dan Open Source

Membuat Website dengan WordPress - Gratis dan Open Source
WordPress merupakan platform open source yang mudah untuk digunakan.

Apabila kamu mencari platform yang gratis namun tetap tangguh untuk digunakan saat membangun website, tak ada pilihan terbaik selain WordPress. Salah satu nilai jual terbesar WordPress adalah platform inti mereka dapat dipakai secara gratis. Ini berarti kamu dapat menggunakan WordPress tanpa membayar sama sekali serta dalam jangka panjang hanya sedikit sekali biaya yang perlu dikhawatirkan (terkait ekstensi tambahan dan lainnya). 

Jika kamu ingin menggunakan fitur yang ditawarkan seperti tema, plugin, dan tool lainnya, terdapat ratusan pilihan fitur gratis dan beberapa fitur berbayar lainnya yang dibandrol dengan harga cukup murah.

WordPress tidak memungut biaya pada penggunanya karena mereka adalah platform open source. Sebagai CMS open source, WordPress hadir dengan fitur unik. Platform ini sering diperbarui, mudah disesuaikan, dan diuji secara ekstensif. Dalam kata lain, saat kamu menggunakan WordPress untuk website, kamu telah memilih solusi fleksibel dan platform teruji yang tidak akan menambah anggaran biaya pengelolaan website kamu.

Fleksibilitas Tema dan Plugin

Salah satu kelebihan utama dalam membuat website dengan WordPress adalah tema dan plugin yang ditawarkan. Kedua hal ini berperan penting karena walaupun inti WordPress menawarkan sejumlah fitur utama, banyak pengguna situs yang memerlukan fungsionalitas tambahan dan WordPress memberikan itu semua!

WordPress memungkinkan pengguna menyesuaikan desain dan fungsionalitas situs dengan mudah. Ada ribuan opsi fitur yang dapat dengan mudah ditemukan dan banyak yang sepenuhnya gratis atau juga berbayar namun dengan harga sangat terjangkau.

  • Banyak Pilihan Tema
Tema WordPress โ€” Desain dengan Mudah
WordPress menyediakan beragam tema yang memudahkan pengguna. (Source: WordPress)

Tidak seperti platform lain, dengan WordPress kamu bisa mudah mewujudkan desain situs sesuai keinginan. Kamu dapat menemukan tema jenis website tertentu serta dikemas dengan semua elemen desain yang kamu cari. Opsi ini mencakup semuanya termasuk untuk tema fotografi, bisnis online, e-commerce WordPress, blog pribadi, dan lainnya.

Namun kamu masih tetap bingung dengan tema website apa yang ingin dicari? Tidak masalah! Disinilah tema multiguna atau kerangka tema WordPress menawarkan banyak fitur, elemen desain, dan biasanya contoh demo untuk memberi kamu lebih banyak inspirasi dan opsi saat mendesain website. Kamu juga bisa memeriksa beragam tema WordPress terbaik yang diulas oleh Exabytes.

Tema WordPress sangat mudah untuk disesuaikan karena mereka hadir dalam panel khusus yang mengizinkan pengguna untuk mengganti warna, mengunggah logo, mengganti latar belakang, membuat sliders, dan benar-benar menyesuaikan kebutuhan tanpa melakukan coding sama sekali.

  • Beragam Plugin dan Fitur Mumpuni
Beragam Plugin WordPress โ€” Fitur Mumpuni
Variasi plugin WordPress yang beragam dapat meningkatkan kinerja website pengguna. (Source: WordPress)

Hal yang sama berlaku untuk plugin, terdapat beragam tool yang berguna untuk hampir semua fitur yang pengguna inginkan. Baik itu formulir kontak, forum gratis, hingga integrasi media sosial.

Memakai plugin adalah cara yang tepat untuk memberi fungsionalitas tambahan ke website. Beberapa plugin yang paling populer di antaranya Google Analytics, Yoast SEO, Jetpack, WooCommerce, Google XML Sitemap, dan banyak lagi.

Pengembang di balik plugin ini biasanya juga cukup aktif untuk merilis pembaruan secara teratur. Pembaruan ini dapat memberikan lebih banyak fungsi pada situs yang kamu kelola demi menjaganya tetap mutakhir serta meningkatkan kinerja.

Meskipun plugin yang disediakan saat membuat website dengan WordPress begitu beragam, mungkin kamu hanya memerlukan beberapa plugin sesuai pada bagian yang diinginkan. Sehingga, akan lebih baik jika kamu menginstalasi plugin tertentu dan hindari fungsionalitas duplikat. 

Misalnya, instalasi WooCommerce hanya jika kamu berencana menambahkan toko online ke situs yang kamu kelola. Atau apabila kamu ingin menggunakan page builder WordPress, pilih dan tetapkan plugin mana yang akan terus kamu gunakan. Plugin duplikat (contohnya seperti mencoba menggunakan dua page builder di saat bersamaan) dapat menyebabkan permasalahan yang pada akhirnya dapat merusak website.

Kini, kamu tak perlu membatasi diri saat mengembangkan sebuah situs web karena membuat website dengan WordPress dapat memberikan beragam pilihan tema dan plugin terbaiknya.

Baca Juga  8 Alasan Membuat WordPress Sebelum 2020 Berakhir

Fitur Keamanan WordPress Mumpuni

Fitur Keamanan WordPress Mumpuni
Fitur keamanan WordPress yang terpercaya dapat membuat pengunjung dan pengguna merasa aman saat menggunakannya. (Source: Adobe Stock)

Terlepas dari banyaknya website di seluruh dunia yang dibuat dengan WordPress, mereka tetap mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi. Baik mengelola blog pribadi atau situs e-commerce besar sekalipun, tentu setiap pemilik website ingin memastikan bahwa situs mereka dalam keadaan aman bukan?

Inti WordPress sendiri dirancang dengan mempertimbangkan keamanan, sehingga  fitur ini akan membantu pengguna melindungi informasi serta konten mereka. Selain itu, pembaruan keamanan WordPress dirilis secara berkala untuk mengatasi kendala terbaru yang kerap melanda pengguna.

Jika menurutmu keamanan bawaan dari WordPress belum cukup, kamu pun dapat memilih untuk mengunduh salah satu plugin keamanan terbaik dari WordPress demi membuat situs yang kamu kelola menjadi lebih aman. Ada banyak opsi fitur ekstensi gratis terbaik yang akan melindungi situs kamu seperti Wordfence Security. 

Sebagai pemilik website, tentu saja kamu harus selalu cerdas untuk aktif dalam melindungi setiap hal di dalam website, karena sebagian besar pelanggaran keamanan disebabkan oleh kesalahan manusia dan bukan kesalahan dari CMS. Sehingga pastikan untuk meningkatkan keamanan WordPress di situs kamu, ya.

Gimana? Sudah siap untuk mulai membuat website dengan WordPress yang memiliki keamanan tingkat tinggi?

Membantu Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

10 Fakta Menarik Membuat Website dengan WordPress di Exabytes Sangat Mudah - 2021
WordPress merupakan platform yang SEO-friendly. (Source: Adobe Stock)

Saat memilih untuk membangun website, jelas salah satu tujuannya adalah agar ingin orang lain untuk mengunjungi situs tersebut sebanyak mungkin. Cara terbaik untuk melakukan ini (selain hanya membuat konten yang menarik) adalah dengan mempraktikkan Search Engine Optimization (SEO) yang efektif. Dengan begitu, mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah menemukan dan menampilkannya di hasil penelusuran yang relevan.

WordPress dikemas dengan menggunakan kode kualitas tinggi dan menghasilkan semantic markup. Sederhananya, ini akan membuat Google dan mesin pencari lain menyukai WordPress.

Sama seperti keamanan, inti WordPress dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari secara langsung. Misalnya, kecepatan website dan mobile-friendly adalah kunci untuk SEO yang baik, dan WordPress memiliki kedua basis tersebut.

WordPress memberi penggunanya keuntungan dengan SEO, terutama dalam hal pengoptimalan halaman. Mereka menangani banyak elemen landasan penting dari sebuah website, seperti:

  • Markup HTML yang tepat

Markup HTML membantu mesin pencari memahami tata letak website dan format konten dengan lebih mudah. Beberapa tema WordPress HTML5 terbaru membuatnya semakin menarik pengguna serta crawlers dari mesin pencari.

  • Efektivitas Kecepatan Pemuatan 

Kecepatan pemuatan sebuah website juga dipengaruhi oleh CMS yang kamu pilih. Itu sebabnya WordPress sudah dioptimalkan untuk kecepatan yang baik. Simak juga 15 Tips Mengoptimalkan Loading Website WordPress ini, ya.

  • Standar Coding yang Baik

Kamu mungkin dapat membayangkan betapa canggihnya versi terbaru WordPress karena versi baru mereka diperkenalkan setiap beberapa bulan sekali sejak tahun 2003 saat pertama kali diluncurkan. Para pengembang ahli hadir untuk terus mengembangkannya sehingga WordPress kini hadir dalam performa yang jauh lebih optimal.

  • XML Sitemap

Dengan WordPress, setiap pengguna dapat dengan mudah membuat dan mengirim sitemap ke mesin pencari. Ini akan membantu mesin pencari untuk mengenali struktur konten yang dibuat.

  • Permalink SEO

Permalinks yang merupakan singkatan dari Permanent Links, paling baik digunakan bila mengandung kata kunci yang terkait dengan konten yang kamu kembangkan, dan WordPress membuatnya mudah untuk menyesuaikannya. Misalnya, http://websitekamu.com akan jauh lebih baik bagi pengunjung serta mesin pencari daripada https://websitekamu.com/?p=123.

  • Navigasi

Navigasi tersedia sangat baik dengan menu, fungsionalitas, menu drop-down, tag, kategori, dan banyak widget yang disediakan di WordPress.

  • Integrasi Media Sosial

Mesin pencari juga mementingkan situs yang mendapatkan trafik berkualitas dari situs jejaring sosial. Itulah mengapa WordPress mendukung integrasi media sosial tersebut.

  • Pengalaman Pengguna

WordPress sepenuhnya dioptimalkan untuk berfungsi dengan baik di banyak perangkat, browser, dan sistem. Kabar baiknya, tema yang digunakan di WordPress juga sepenuhnya responsif pada tiap perangkat tersebut sehingga pengguna dari berbagai saluran dapat dengan mudah mengakses konten dan halaman situs.

  • Efisiensi Pembuatan Konten

Konten menjadi salah satu solusi ideal untuk menampilkan website kamu ke mesin pencari. Dengan rekam jejak WordPress yang telah berpengalaman di dunia blogging, membuat platform ini lebih ramah pengguna untuk content creators, mulai dari blogging, media, berita, dan banyak lagi.

Kamu juga bisa baca Rekomendasi 7 SEO Tools WordPress Terbaik ini untuk meningkatkan kualitas SEO website yang kamu kelola.

CMS yang Ramah Untuk Pemula

WordPress Merupakan CMS yang Ramah Untuk Pemula
WordPress menyediakan CMS yang bisa mudah dimengerti oleh pemula. (Source: WordPress)

WordPress memberdayakan jutaan situs di seluruh dunia. Tetapi apakah itu berarti setiap orang yang mengembangkan website dengan WordPress adalah developer terlatih dan ahli di bidangnya? Jawabannya adalah tidak!

Hal tersebut tergantung pada interface platform yang sederhana, opsi yang mudah dipahami, dan fungsionalitas yang ada di dasbornya. Jika mudah, tentu siapa saja dapat menggunakannya secara efektif dengan pengetahuan coding yang bahkan tidak punya sama sekali dan WordPress hadir untuk itu!

Menggunakan perangkat lunak baru terkadang menakutkan bagi pengguna pemula yang baru pertama kali membuat website, terlebih bagi kamu yang belum memiliki pengalaman dengan Content Management System  (CMS). Kabar baiknya, sangat mudah untuk membuat website dengan WordPress sekalipun kamu adalah pemula tidak butuh pengetahuan coding untuk membuat situs yang berfungsi sempurna. 

Baca Juga  Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress

Dasbor WordPress sangat intuitif dan mudah untuk digunakan bagi pemula di bidang website, baik dari bagian navigasi, menulis konten, menyesuaikan pengaturan, hingga instalasi tema dan plugin

Namun bagi kamu yang tidak pemula sekalipun, membuat website dengan WordPress tetap dapat menjadi pilihan terbaik, lho! Karena kamu sudah lebih dulu mempunyai pengetahuan mendalam terkait website, kamu bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk mengembangkan suatu situs yang baik dari berbagai aspek.

Mendukung Beragam Tipe Media

WordPress Mendukung Beragam Tipe Media
WordPress mendukung beragam tipe media gambar, dokumen, audio, dan video. (Source: Adobe Stock)

WordPress mendukung berbagai kategori media seperti gambar, dokumen, audio, dan video. Mulai dari jpg, .png, .gif .pdf, .doc, .pptx, .mp3, .m4a, .mp4, .mov, .wmv, avi, odt, .key, .ogg, hingga .3gp. 

Kamu bisa membaca daftar tipe media yang bisa digunakan di WordPress secara lengkap di sini

Namun perlu dicatat, WordPress memang mendukung berbagai tipe media, tetapi kamu harus mengikuti peraturan penggunaan media secara legal untuk tiap media yang digunakan seperti memberikan credit pada pemilik gambar. 

Integrasi Perangkat Lunak Lain dengan Mudah

WordPress Mendukung Integrasi Perangkat Lunak Lain dengan Mudah
Kemudahan integrasi WordPress dengan perangkat lain menjadi salah satu keunggulan platform ini. (Source: Adobe Stock)

Saat membangun website, mungkin setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Misalnya, membuat portofolio pekerjaan yang dapat diakses secara online, menghasilkan prospek bisnis, ataupun membagikan cerita khusus lainnya. Namun apapun tujuannya, kamu mungkin menggunakan beberapa aplikasi lain untuk mencapainya, seperti platform media sosial, email marketing, hingga aplikasi analitik.

WordPress sendiri adalah platform yang sangat populer sehingga banyak aplikasi online lainnya yang dapat terintegrasi untuk itu. Baik terhubung melalui API atau plugin, proses untuk menghubungkan alat-alat ini dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana.

Mendukung Mobile-Friendly

WordPress Mendukung Mobile-Friendly
WordPress ramah bagi pengguna mobile untuk mengaksesnya. (Source: Adobe Stock)

Setiap tahun, semakin banyak pengguna yang secara aktif mengunjungi website melalui gawai mereka. Tetapi, banyak situs masih belum dioptimalkan untuk rasio layar yang berbeda dan pemuatan yang cepat.

Untungnya, di antara beberapa fungsionalitas bawaan WordPress serta sebagian besar tema mereka, situs yang kamu kelola disana akan langsung dikemas dengan fitur seluler.

Dari desain situs hingga penskalaan gambar, selama kamu membuat website dengan WordPress yang memiliki tema responsif, sebagian besar fitur-fitur penting tersebut akan dilakukan secara langsung,  tidak diperlukan coding tambahan. Ini akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk mengakses situs kamu di semua perangkat serta akan menghasilkan pengalaman baik pada pengguna terlepas dari ukuran layar perangkat yang mereka gunakan.

Google juga memprioritaskan mobile-friendly untuk kriteria peringkat situs yang muncul di Search Engine Result Page (SERP). Jadi jika ingin situs kamu muncul di hasil penelusuran seluler, ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Sehingga, membuat website dengan WordPress dapat menjadi pilihan terbaik!

WordPress Memberikan Kontrol Penuh

WordPress Memberikan Kontrol Penuh
Pengguna memiliki kontrol penuh terhadap WordPress yang mereka kelola.

Berbeda dengan CMS lainnya, WordPress bersifat open source. Ini berarti, setiap pemilik situs memiliki kendali penuh atas konten mereka tanpa adanya batasan.

Platform CMS lain memiliki batasan yang tidak mengizinkan pemilik situs untuk memperbarui semua area website mereka. Mengapa ini menjadi masalah besar? Karena dengan CMS lain, pemilik situs hanya โ€˜menyewaโ€™ website tersebut. Jika berhenti membayar, mereka akan kehilangan kontrol serta kemampuan untuk memindahkannya ke situs lain.

Pemilik website juga tidak memiliki kemampuan untuk berbelanja platform hosting terbaik sesuai pilihan mereka. CMS tersebut dilengkapi dengan hosting bawaan dan mereka membatasi keseluruhan fungsionalitas coding untuk menyesuaikan situs yang dikelola.

Nah, sedangkan WordPress memberi akses penuh ke semua area situs si pemilik website.  Kamu pun tak perlu khawatir untuk kehilangan konten yang sudah dikembangkan.

WordPress Menawarkan Dukungan Tak Tertandingi

10 Fakta Menarik Membuat Website dengan WordPress di Exabytes Sangat Mudah - 2021
WordPress memberikan berbagai dukungan yang tersedia bagi tiap pengguna.

Walaupun dengan bantuan CMS  yang optimal seperti WordPress, membuat website masih merupakan pekerjaan besar. Terlebih jika kamu masih belum pernah melakukan ini sebelumnya.

Kabar baiknya, ada banyak bantuan yang tersedia di situs resmi WordPress serta di forum komunitas dan blog. WordPress memiliki komunitas yang besar dan berkembang di seluruh dunia. Kamu dapat dengan mudah menemukan bantuan jika memiliki kendala terkait WordPress yang kamu kelola dalam bentuk panduan, saran, atau bahkan bantuan langsung yang dapat mudah diterima.

Berikut ini beberapa dari banyak cara untuk mendapatkan bantuan pada situs WordPress-mu:

Membuat website dengan WordPress akan menjadi semakin mudah dengan bantuan yang banyak tersedia di internet saat kamu membutuhkannya.

Kesimpulan

WordPress telah ada selama lebih dari satu dekade. CMS open source ini telah menarik komunitas yang berkembang dari seluruh dunia. 

Ini hanyalah gambaran singkat tentang fakta menarik serta alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan membuat website dengan WordPress. Platform WordPress adalah pilihan terbaik untuk membangun blog atau website dan terus berkembang dalam menerapkan inovasi teknologi terbaru.

Nah, Exabytes Friends sudah tertarik untuk mulai membuat sebuah website? Kembangkan ide kamu bersama WordPress adalah pilihan yang tepat! Kemudahan dalam penggunaan platform ini dapat kamu coba dengan menggunakan WordPress Hosting terbaik dari Exabytes yang didukung teknologi Litespeed untuk website anti lambat dan 100% SSD lengkap dengan perlindungan Website Security360. Gratis domain dan SSL juga, lho!

Psstt, jangan lupa gunakan promo berkah Ramadhan untuk dapatkan cashback 30%. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan