Mengenal Theme WordPress: Pilih Yang Tepat Untuk Membuat Website Lebih Menarik

0
1028

Pelajari lebih mengenal theme WordPress dan temukan cara memilih tema terbaik yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan situs web Anda.

Salah satu unsur yang sangat penting dalam membangun sebuah website berbasis WordPress adalah pemilihan tema yang akan digunakan. Bukan hanya sekedar memilih tampilannya saja yang bagus, namun juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lainnya.

Umumnya, para pengguna WordPress pemula tak jarang kebingungan saat memilih theme untuk website mereka. Nah, perlu diketahui bahwa sering mengganti theme WordPress justru tidak direkomendasikan karena bisa berdampak terhadap SEO WordPress.

Panduan Memilih Theme WordPress

mengenal theme wordpress

Memang, WordPress sendiri menyediakan begitu banyak pilihan template yang bebas digunakan para penggunanya. Baik itu pilihan theme WordPress gratis maupun premium atau berbayar, banyaknya theme tersebut kadang bisa membuat pusing saat memilihnya.

Apakah Anda termasuk dalam salah satu orang yang kebingungan untuk menentukan pilihan theme WordPress? Nah, agar memudahkan Anda dalam memilihnya simaklah terlebih dahulu uraian mengenai panduan memilih theme WordPress berikut!

Pilih Tampilan 

Langkah yang paling awal adalah menentukan tampilan theme yang paling menarik. Tujuannya supaya membuat para visitor betah untuk datang dan berlama-lama di website yang Anda miliki.

Jangan lupa pastikan pula bahwa theme WordPress yang Anda pilih cocok dengan niche website. Sebab, setiap pilihan theme biasanya telah disesuaikan dengan niche masing-masing.

Sesuaikan Harga 

Langkah yang kedua ialah melihat harga theme yang Anda pilih. Nah, apabila Anda ingin theme yang gratis maka pilihannya akan tersedia di menu dashboard “Appearance” dan pilih menu “Themes” tersebut.

Namun, bagi Anda yang ingin membeli theme berbayar bisa mencari theme WordPress versi premium. Tentu, ada banyak sekali perbedaan antara theme WordPress yang versi premium dengan versi gratisan.

Tentukan Niche

Langkah berikutnya adalah menentukan niche dari website Anda. Apabila website Anda memiliki konten yang beragam, ada baiknya menggunakan Magazine Theme. Akan tetapi, jika isi konten kebanyakan foto lebih bagus lagi menggunakan Gallery Theme.

Nah, hindari memilih theme yang terlanjur suka namun akhirnya memaksakan menggunakan theme yang tak sesuai dengan niche website. Sebab, setiap niche dari theme yang tersedia mempunyai desain serta navigasi berbeda-beda sesuai kebutuhannya.

Pastikan Responsive & Mobile Friendly

Pastikan memilih theme yang responsive dan mobile friendly karena Google menentukan peringkat website berdasarkan hal tersebut. Jika peringkat website Anda makin di bawah maka kunjungan visitor ke website Anda akan semakin sedikit.

Terlebih saat ini akses melalui perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet lebih mendominasi dibandingkan menggunakan komputer atau laptop.

Perhatikan Fitur-Fitur Website 

Tentunya, makin banyak fitur yang digunakan oleh theme maka loading website akan menjadi lebih lama daripada yang fiturnya sedikit. Oleh sebab itu, pintar-pintarlah dalam memilih developer theme dengan fitur-fitur menarik namun tidak mempengaruhi kecepatan loading-nya.

Pastikan loading theme yang dipilih memperoleh skor “A” lantaran kecepatan theme dapat berpengaruh pada kenyamanan user atau visitor.

Pilih yang SEO Friendly

Perlu diketahui bahwa WordPress merupakan CMS terbaik yang SEO Friendly. Namun, Anda bisa mengeceknya lagi terutama pada theme yang dipilih apakah benar-benar SEO Friendly atau bukan.

Terdapat beberapa hal yang menentukan sebuah theme SEO Friendly atau tidak. Mulai dari heading, coding HTML, meta tag, CSS, hingga standar yang lainnya.

Keamanan Theme

Mempertibangkan keamanan theme WordPress yang dipilih juga tak luput dari perhatian. Terlebih, jika Anda memilih theme gratisan karena jika terdapat kesalahan coding theme dapat dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meretas website Anda.

Hindari memilih theme nulled atau bajakan karena sangat rentan dengan serangan malware atau virus. Oleh karena itu, jika memiliki budget lebih pilihlah theme versi premium yang menjamin keamanannya.

Dukungan atau Support

Langkah yang terakhir adalah memilih theme yang memiliki support atau dukungan dari developernya. Jangan lupa untuk mengecek kapan terakhir kali developer memberikan update theme. 

Di sisi lain, jika suatu waktu Anda mengalami kendala pada theme yang Anda gunakan, tidak perlu khawatir karena adanya dukungan atau support dari developer theme tersebut. Sehingga Anda bisa mengkonsultasikan masalah Anda pada developer tersebut.

Nah, itulah panduan memilih theme WordPress. Meski terlihat sepele, namun kenyataanya beberapa hal tersebut harus Anda perhatikan kala memilih theme WordPress agar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Theme WordPress Terbaru 2023

Setelah Anda mengetahui panduan dalam memilih theme WordPress, kini saatnya mengetahui rekomendasi pilihan theme WordPress terbaru tahun 2023. Nah, berikut adalah kumpulan theme yang dapat Anda jadikan referensi, di antaranya yaitu:

Shapely

Shapely

Shapely memiliki tampilan desain pixel yang sempurna dan berfitur lengkap serta tersedia fitur kustomisasi yang mudah bagi penggunanya. Selain itu, terdapat banyak pilihan widget untuk home page yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Menariknya, theme WordPress ini bisa berjalan cukup baik di beberapa jenis plugin gratis. Nah, Shapely sangat cocok bila digunakan pada website untuk keperluan seperti perusahaan, portfolio, landing page, hingga website e-commerce. 

Newspaper X

Newspaper X

Jika website Anda adalah tipe magazine atau majalah online, maka sangat cocok menggunakan theme Newspaper X. Theme ini berbasis Bootstrap yang sengaja dibangun dengan fitur-fitur untuk memudahkan pengguna saat melakukan kustomisasi.

Bahkan, terdapat slot untuk pemasangan iklan sehingga Anda tak perlu lagi install plugin tambahan. Newspaper X kompatibel dengan jenis-jenis plugin yang meliputi teknologi, fashion, otomotif, gaya hidup, hingga makanan. 

Mia Ittalloni

Mia Ittalloni

Nah, jika Anda memiliki usaha kuliner yang dipasarkan secara online, sangat cocok menggunakan theme Mia Ittalloni ini. Selain itu, proses instalasi theme ini juga sangat mudah dipraktekkan.

Supaya lebih memudahkan para pelanggan, Anda bisa menambahkan informasi spesifik pada bar website. Seperti halnya nomor telepon, jam operasional, alamat, hingga kanal media sosial usaha Anda.

Parallax One

Bagi Anda yang mencari theme WordPress dengan efek yang menarik bisa mencoba menggunakan theme Parallax One. Bahkan, theme ini juga telah dilengkapi dengan fitur responsive mobile-friendly, lho!

Selain itu, terdapat beberapa modul yang bisa memudahkan Anda dalam mengedit dan memasukkan konten-konten website Anda. Dengan theme ini memungkinkan Anda untuk membuat halaman dengan efek parallax yang halus.

Sydney

Theme WordPress ini ditujukan bagi jenis website perusahaan maupun freelancer. Terdapat beragam pilihan settings dengan opsi Google Font, upload logo, dan masih banyak lagi, lho! Selain itu, memiliki slider penuh di halaman utamanya untuk menampilkan banner. 

Terdapat pula menu bar di bagian atas halaman sehingga dapat selalu dilihat para visitor website Anda. Menariknya lagi, dengan theme ini Anda juga bisa menambahkan background parallax supaya website nampak lebih menarik dan estetik.

Pilih Theme WordPress Terbaik Sesuai Kebutuhan untuk Membangun Website Anda

Anda sudah siap memilih theme WordPress yang tepat untuk website Anda? Pastikan memilih theme WordPress terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Dan jangan lupa juga untuk mendukung kehadiran online Anda dengan layanan WordPress hosting dan domain yang terpercaya. 

Exabytes Indonesia adalah pilihan terbaik, dengan sertifikat ISO 27001 yang menjamin keamanan data Anda.

Dapatkan sekarang layanan WordPress hosting dan domain dari Exabytes Indonesia, dan jadikan website Anda lebih handal dan aman. Bergabunglah dengan ribuan pelanggan yang telah mempercayakan layanan mereka kepada Exabytes Indonesia.

Kunjungi situs web kami di www.exabytes.co.id sekarang juga, dan temukan solusi hosting dan domain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk membangun website yang sukses dengan dukungan Exabytes Indonesia, mitra terbaik untuk kehadiran online Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments