Cara Mengganti Tema WordPress dengan Mudah [Terlengkap]

274
Cara mengganti tema wordpress
10 min read

Bagi siapa saja yang memiliki website WordPress, pastinya pernah berkeinginan untuk mengganti tema WordPress. WordPress memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam penggantian tema.

Untuk menggantinya, Anda hanya perlu beberapa langkah cara mengganti tema WordPress. Seperti apa? Yuk kita cari tahu di pembahasan berikut ini:

Perhatikan Ini Sebelum Mengganti Tema!

Meskipun cara mengganti tema WordPress hanya beberapa klik saja, tapi tetap ada beberapa langkah pencegahan yang harus Anda lakukan sebelum mengganti tema. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa hal-hal di bawah ini sebelum menerapkan cara mengganti tema WordPress.

Copy Beberapa Kode Tambahan di Tema Sebelumnya

Sebagian para pengguna WordPress seringkali menambahkan beberapa kode ke dalam tema mereka, tujuannya untuk bermacam-macam seperti mengaktifkan multisite atau yang lainnya. Pengguna biasanya kerap menambahkan kode tambahan di file function.php.

Perubahan-perubahan dengan menambahkan kode ini pada umumnya hanya dilakukan sekali, sehingga banyak pengguna yang mudah melupakannya. Jika Anda adalah salah satunya, maka sebelum mengganti tema pastikan terlebih dahulu kode tersebut sudah Anda salin.

Karena ketika Anda mengganti tema, kode tersebut nantinya harus Anda tambahkan kembali ke file function.php di tema yang baru.

Cek Kecepatan dam Fitur di Tema Baru

Hal yang perlu diperhatikan lainnya sebelum mengganti tema adalah memeriksa kecepatan tema yang baru terlebih dahulu dan memastikan fitur-fiturnya berjalan dengan baik. Sehingga Anda dapat dengan mudah mempertimbangkan perbedaan waktu dalam hal kecepatan dengan tema Anda sebelumnya.

Selain itu fitur-fitur yang Anda butuhkan seperti breadcrumbs, sosial media link, menu dan sub menu bar dan masih banyak yang lainnya, penting untuk Anda cek apakah berjalan dengan baik atau tidak. Tentu saja tidak mau dong, jika tema sudah diganti malah banyak fitur yang tidak jalan?

Selanjutnya kecepatan website yang merupakan salah satu faktor penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan juga meningkatkan kinerja SEO website. Anda bisa memeriksa kecepatan website dengan menggunakan alat pengujian kecepatan website.

Salin Semua Kode Pelacakan

Beberapa pengguna menambahkan kode pelacakan analytic langsung di tema websitenya. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan para pengguna WordPress adalah tidak menyalin semua kode pelacakan tersebut ketika ganti tema.

Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menyalin semua kode pelacakan, sehingga di kemudian hari jika Anda membutuhkannya bisa dengan mudah ditambahkan ke website setelah diganti ke tema baru.

Backup Data atau Pencadangan

File website harus dicadangkan terlebih dahulu ketika akan melakukan perubahan, terutama ketika Anda akan mengganti tema. Anda bisa menggunakan plugin backup WordPress terbaik untuk mencadangkan data website secara keseluruhan. Setelah melakukan backup,jangan lupa untuk download filenya ke komputer Anda.

Baca Juga  Pengertian WordPress Hosting Beserta Kelebihannya (Lengkap)

Backup data sangat penting ketika terjadi masalah yang serius, sehingga Anda bisa memulihkan situs website dengan mudah.

Memeriksa Sidebar

Mengapa perlu memeriksa sidebar? Terkadang ada beberapa pengguna yang sering menambahkan kode khusus ke widget di sidebar, pastikan kode khusus tersebut sudah Anda amankan. Sehingga nanti ketika sudah ganti tema baru, kode khusus tersebut bisa dipasang kembali.

Aktifkan Maintenance Page Mode

Ketika Anda melakukan beberapa perubahan di website, maka sangat penting untuk mengaktifkan maintenance page. Kenapa? Karena salah satu fungsinya untuk memberitahu pengunjung bahwa website Anda sedang ada perbaikan.

Anda bisa membaca artikel cara membuat maintenance page berikut sebagai referensi untuk memiliki halaman maintenance yang indah dan friendly.

Cara Mengganti Tema WordPress dengan Mudah

Ada beberapa cara mengganti tema WordPress yang akan dibahas pada artikel kali ini dan Anda bisa memilih salah satu yang menurut Anda lebih mudah.

Cara Mengganti Tema WordPress via Dashboard

Cara mengganti tema WordPress yang pertama adalah via dashboard WordPress, untuk menerapkannya pastikan untuk mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman WordPress.

Langkah 2: Masukkan username dan password dengan benar.

Langkah 2: Masukkan username dan password dengan benar.

Langkah 3: Setelah masuk ke halaman dashboard cari menu Appearance.

Setelah masuk ke halaman dashboard cari menu Appearance.

Langkah 4: Klik tema/theme dan halaman tema nantinya akan secara otomatis terbuka.

Klik tema/theme dan halaman tema nantinya akan secara otomatis terbuka.

Langkah 5: Kemudian untuk mengganti tema atau template WordPress, Anda hanya perlu klik menu Add New.

Kemudian untuk mengganti tema atau template WordPress, Anda hanya perlu klik menu Add New.

Langkah 6: Nanti akan masuk ke halaman kumpulan tema, di halaman tersebut Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kategori yang tersedia seperti kategori Featured, Popular dan Latest.

Nanti akan masuk ke halaman kumpulan tema, di halaman tersebut Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kategori yang tersedia seperti kategori Featured, Popular dan Latest.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa mencari tema lainnya melalui kolom pencarian yang sudah disediakan disana.

Langkah 7: Instal salah satu tema pilihan Anda, dalam demo ini kami memilih tema Twenty Twenty.

Langkah 8: Setelah berhasil Anda download dan instal tema pilihan Anda, selanjutnya cek terlebih dahulu dengan menggunakan menu Live Preview. Namun jika Anda lebih memilih untuk mengaktifkannya terlebih dahulu maka bisa klik menu Active.

Langkah 8: Setelah berhasil Anda download dan instal tema pilihan Anda, selanjutnya cek terlebih dahulu dengan menggunakan menu Live Preview. Namun jika Anda lebih memilih untuk mengaktifkannya terlebih dahulu maka bisa klik menu Active.

Selesai, Anda hanya memerlukan beberapa detik saja untuk mengganti tema dengan cara ini. Bagaimana mudah bukan? Tapi ada cara mengganti tema WordPress lainnya loh, cara ini memang agak sedikit merepotkan dibandingkan cara pertama tadi. Tapi tidak salah buat dipelajari ya!

Cara Mengganti Tema WordPress Secara Manual

Setelah Anda mempelajari cara mengganti tema WordPress via dashboard, tapi Anda juga bisa mencoba menggunakan cara mengganti tema WordPress secara manual.

Seperti apa?

Langkah 1: Login ke halaman dashboard terlebih dahulu.

Langkah 2: masukkan username dan password yang benar.

Langkah 3: Di halaman dashboard, klik menu Appearance dan klik theme/tema.

Di halaman dashboard, klik menu Appearance dan klik theme/tema.

Langkah 4: Nantinya halaman theme/tema akan terbuka dan klik Add New untuk menggantinya.

Nantinya halaman theme/tema akan terbuka dan klik Add New untuk menggantinya.

Langkah 5: Klik tombol Upload Tema.

Klik tombol Upload Tema.

Langkah 6: Klik menu choose file dan pilih tema yang sudah Anda download sebelumnya. File yang harus di upload adalah file dengan extensi berupa .zip.

Baca Juga  Website Tidak Bisa Diakses? Ini 15 Cara Mengatasinya!

Catatan: Cara ini biasanya digunakan bagi pengguna WordPress yang mengganti dengan tema yang tidak ada di direktori tema WordPress.

Langkah 7: Setelah proses upload selesai, jangan lupa klik menu install now.

Langkah 8: Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai, setelah selesai proses instalasi dilanjutkan dengan klik menu active dan tema tersebut akan otomatis terpasang di website.

Cara Mengganti Tema WordPress via Member Area Exabytes

Cara mengganti tema WordPress berikutnya adalah via member area Exabytes, kurang lebih caranya sama dengan cara mengganti tema WordPress secara manual di atas. Perbedaannya untuk cara ini tidak harus login ke halaman dashboard terlebih dahulu tapi melalui file manager yang ada di cPanel.

Perlu diketahui juga bahwa upload via cpanel ini harus menggunakan format tema dengan extensi .zip atau .tar.gz. Agar lebih jelas bagaimana tahapannya, perhatikan langkah-langkah berikut ya !

Langkah 1: Akses halaman member area Exabytes untuk login, masukkan email address dan password yang benar.

Langkah 2: Di halaman member area Exabytes, klik menu Layanan.

Di halaman member area Exabytes, klik menu Layanan.

Langkah 3: Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 5: Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 5: Cari menu files dan klik menu tersebut.

Cari menu files dan klik menu tersebut.

Langkah 6: Klik folder httpdocs.

Klik folder httpdocs.

Langkah 7: Cari folder wp-content dan klik folder tersebut.

Cari folder wp-content dan klik folder tersebut.

Langkah 8: Klik folder themes.

Klik folder themes.

Langkah 9: Klik tombol berbentuk plus dan klik upload file.

Klik tombol berbentuk plus dan klik upload file.

Langkah 10: Cari file tema yang akan di upload dan klik open.

Langkah 11: Setelah selesai di upload, ceklis file berextensi .zip tersebut dan klik tombol Archive dan klik extract file.

Setelah selesai di upload, ceklis file berextensi .zip tersebut dan klik tombol A
tema yang berhasil di upload
tandai untuk ekstrak
Tandai untuk ekstrak

Langkah 12: Setelah selesai proses ekstrak, masuk ke halaman dashboard WordPress dan klik menu Appearance > Theme.

Langkah 13: Klik active untuk mengaktifkan tema WordPress yang sudah di upload tersebut. Aka Anda sudah berhasil mengganti tema WordPress.

Ganti Tema WordPress Anda Sekarang Juga!

Kini saatnya Anda mengganti tema website dengan yang lebih user friendly dan lebih cepat dibanding tema WordPress sebelumnya!

Namun perlu dipahami, jangan asal ganti. Anda perlu memeriksa beberapa hal terkait kode khusus dan backup-an data website, sehingga ketika proses ganti tema telah dilakukan dan ada masalah yang membuat website Anda bermasalah, bisa dipulihkan dengan mudah.

Kami harap pembahasan ini bisa membantu proses instalasi dan penggantian tema baru di website WordPress Anda. Selain mengganti tema WordPress, mungkin Anda juga sudah saatnya untuk upgrade WordPress hosting Indonesia ke level berikutnya. Karena pastinya traffic Anda juga sudah meningkat, sehingga memerlukan space yang lebih besar.

Jangan lupa untuk subscribe blog Exabytes Indonesia agar Anda tidak ketinggalan informasi tentang digital marketing atau tutorial seputar WordPress seperti cara duplikat halaman WordPress atau mengaktifkan multisite di WordPress dan lain sebagainya.

Selamat mencoba cara di atas ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments