Optimalkan WordPress Untuk SEO: Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Traffic Website

0
980

Bagi yang baru saja membuat website berbasis WordPress, sangat penting untuk mempelajari tips optimalkan WordPress untuk SEO. Sebab, dengan langkah tersebut akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh, salah satunya adalah meningkatkan traffic website.

Akan tetapi, bagi sebagian orang mungkin saja optimalisasi ini agak rumit dan repot untuk melakukannya. Nah, perlu diketahui bahwa WordPress merupakan platform SEO-friendly sehingga Anda bisa mencoba berbagai cara teknik SEO untuk mengoptimalkan kinerjanya, lho!

Namun, tenang saja karena pada artikel ini akan dijelaskan beberapa cara optimalkan WordPress untuk SEO yang mudah untuk dilakukan. Langsung saja, mari simak uraian yang ada di bawah ini!

Tips dan Trik Untuk Mengoptimalkan SEO WordPress

mitos seputar SEO tentang konten dan ranking di mesin pencari
Sumber: flickr

Buatlah Konten yang Berkualitas

Tips pertama optimalkan WordPress untuk SEO ialah membuat konten yang berkualitas. Usahakan untuk membuat konten yang relevan, mudah dipahami orang awam, mampu menjawab pertanyaan viewer, dan jangan lupa buat konten yang menarik.

Nah, tidak hanya mengandalkan kualitasnya saja, tetapi Anda juga harus membuat atau mengupdate konten dengan rutin. Tujuannya supaya para pengunjung dapat mencari informasi yang dibutuhkan sehingga mereka hanya perlu mengakses satu situs saja, yakni website Anda.

Perhatikan Pemilihan Keyword & Riset Keyword

penggunaan keyword dan mitos seputar SEO
Sumber: pixabay

Tips yang kedua, yaitu memperhatikan pemilihan dan riset keyword yang akan dipilih. Salah satu tujuan dari langkah ini adalah agar dapat menemukan istilah atau kata pencarian yang relevan dengan keyword yang ditulis para pengunjung di mesin pencarian atau search engine.

Jika riset keyword ini dilakukan dengan baik, maka konten situs Anda dapat lebih mudah terindeks mesin pencarian, layaknya Google, Bing, dan yang lainnya. Nah, bila butuh bantuan Anda bisa memanfaatkan keyword tools, seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest dan masih banyak lagi.

Buat Desain Website yang Bagus

optimalkan wordpress untuk seo

Tips optimalkan WordPress untuk SEO yang berikutnya adalah membuat desain web yang bagus untuk mencegah pengunjung agar tidak cepat bosan saat mengunjungi situs Anda. Pastikan buat website responsive dengan tampilan yang user-friendly.

Hal ini berguna supaya memudahkan pengguna dalam mengakses situs Anda melalui berbagai perangkat yang berbeda. Nah, menariknya WordPress telah menyediakan beragam tema yang mudah dikustomisasi sehingga memudahkan Anda dalam membuatnya.

Gunakan Plugins

Optimalkan WordPress Untuk SEO: Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024

Tips selanjutnya dalam upaya optimalkan WordPress untuk SEO agar lebih maksimal, yakni dengan memanfaatkan plugins. Dengan bantuan plugin tersebut bisa membantu memberikan informasi serta langkah-langkah yang diperlukan agar website lebih ramah SEO WordPress.

Tentunya, terdapat banyak cara salah satunya menggunakan plugin untuk meningkatkan performa website yang disediakan oleh WordPress sendiri, seperti halnya All in One, Yoast, dan lain sebagainya. Nah, ada pula plugins WordPress SEO friendly image untuk mengoptimalkan konten gambar di website Anda.

Buatlah XML Sitemap & Permalink

optimalkan wordpress untuk seo

Anda juga bisa membuat XML sitemap dan memasukkannya ke Google Webmaster Tools guna optimalkan WordPress untuk SEO. Hal ini akan mempermudah mesin pencarian dalam indexing atau mengindeks konten sebuah situs meski internal linking-nya acak-acakan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu membuat permalink untuk mendukung XML sitemap tersebut. Sesuai dengan saran Google, ada baiknya Anda buat permalink yang mengandung keyword dan buatlah sependek mungkin agar memaksimalkan kinerjanya.

Gunakan Bantuan Media Sosial 

cara menghasilkan uang dari HP dengan menjadi admin media sosial
Sumber: pixabay

Tips lain optimalkan WordPress untuk SEO adalah bisa memanfaatkan bantuan media sosial. Nah, walaupun cara yang satu ini sedikit berbeda dengan metode optimasi search engine, tetapi tips ini tetap akan berpengaruh pada upaya yang Anda lakukan, lho!

Selain itu, caranya juga sangat simple yakni Anda hanya perlu mempromosikan konten terbaru situs Anda via platform media sosial, seperti TikTok, Twitter, Facebook, Instagram, atau yang lainnya. 

Tingkatkan Kecepatan Website

Optimalkan WordPress Untuk SEO: Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Traffic Website - 2024
Website Loading Optimization, Page Speed and SEO. 3D Isometric Flat Vector Conceptual Illustration.

Salah satu indikator penting dalam upaya optimalkan WordPress untuk SEO adalah meningkatkan kecepatan akses website. Sudah pasti kalau para pengguna internet lebih suka dengan situs yang kecepatan aksesnya tinggi, sehingga berpotensi menaikkan ranking situs.

Dengan demikian, sangat penting untuk mengetahui tips-tips dalam mempercepat loading page website. Nah, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti memakai layanan hosting, maintenance, perbarui CMS, hingga optimalkan database dan caching website.

Nah, terdapat beberapa metrik yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis kecepatan loading page, di antaranya menggunakan FID dan LCP. 

FID atau First Input Delay merupakan jeda waktu sesaat sebelum pengunjung melakukan interaksi ke website. Sementara itu, LCP atau Largest Contentful Paint merupakan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten website.

Aktifkan Fitur Breadcrumb 

Breadcrumb

Tips optimalkan WordPress untuk SEO yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan breadcrumb pada postingan website Anda. Nah, jika Anda belum tahu apa itu, singkatnya breadcrumb merupakan link untuk menunjukkan informasi geografis dari pengunjung website.

Fitur breadcrumb ini dapat berguna dalam memudahkan proses navigasi halaman website terutama untuk website dengan jumlah konten yang banyak. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan halaman tertentu saat mengakses konten yang diinginkan.

Mengaktifkan fitur breadcrumb juga termasuk dalam salah satu strategi internal linking. Dengan fitur ini akan memudahkan search bot dalam memahami hubungan antar page website sehingga proses indexing menjadi lebih cepat.

Optimalkan SEO Konten Website

Tips lain optimalkan WordPress untuk SEO agar lebih maksimal adalah dengan mengoptimalkan SEO konten pada website Anda. Untuk memperoleh peringkat teratas dan mudah ditemukan pengunjung, maka Anda juga perlu optimalkan SEO konten dengan tepat. 

Lantas, bagaimanakah caranya? Nah, ada beberapa cara untuk memaksimalkan SEO konten website yang bisa Anda lakukan, seperti halnya riset keyword, buat artikel SEO friendly, buat heading yang menarik, tambahkan internal linking dan eksternal linking, serta konten gambar.

Menangkal Komentar Spam

Tips terakhir optimalkan WordPress untuk SEO, yakni mencegah komentar spam yang masuk ke website Anda. Biasanya, para pengirim komentar spam tersebut mencantumkan link ke situs lainnya yang dapat membuat pengunjung berpindah ke website orang lain.

Nah, harus Anda waspadai bahwa komentar spam itu bersifat manipulatif sehingga membawa dampak buruk apabila dibiarkan. Selain itu, komentar spam ini juga dapat membuat peringkat website Anda menurun.

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menangkal komentar spam tersebut, yaitu:

  • Bukalah dashboard situs WordPress Anda.
  • Kemudian, klik menu Settings dan pilih opsi “Discussion”.
  • Selanjutnya, beri centang di bagian kolom “Comment Must be Manually Approved”.
  • Terakhir, scroll ke bawah dan klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan.

Tentunya, Anda juga bisa mencegah komentar-komentar spam itu dengan cara memasang plugin antispam, di antaranya yaitu  Antispam Bee, Titan Antispam and Security, Akisnet, dan lain sebagainya.

Yuk Optimalkan WordPress untuk SEO Agar Bisa Mendatangkan Traffic Lebih Banyak

Nah, sudah tahu kan cara optimalkan WordPress untuk SEO seperti tips-tips di atas yang bisa Anda lakukan. Dengan beberapa tips dan trik di atas, bisa berguna dalam membantu Anda untuk meningkatkan peringkat serta traffic website Anda.

Namun, perlu Anda ingat bahwa optimasi SEO ini merupakan proses jangka panjang dan berkelanjutan yang harus Anda lakukan. Sehingga Anda harus terus belajar dan juga mengikuti tren-tren terbaru supaya konten website Anda relevan dengan yang dicari para pengguna. 

Oh iya, agar website Anda lebih optimal gunakan web hosting Indonesia yang cepat dan aman. Salah satu layanan Exabytes Indonesia yaitu WordPress hosting, bisa menjadi salah satu pilihan karena Exabytes Indonesia telah memiliki sertifikat ISO 27001.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments