Mengenal Lebih Dekat VPS KVM

617
7 min read

Berbicara mengenai website, VPS pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mungkin banyak dari kamu yang telah menggunakan VPS sebagai penunjang untuk kestabilan dan memaksimalkan performa website dan server. Tapi pernah dengar nggak sih tentang VPS KVM?

Mungkin dari kamu ada yang sudah mengetahui VPS KVM atau malah ada yang belum. VPS jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi website kamu, lho! Nah, biar nggak salah pilih, berikut mimin akan berikan sedikit penjelasan mengenai apa itu VPS KVM, kelebihan serta kekurangan dari VPS ini.

So, nggak perlu berlama-lama lagi, kita langsung masuk ke penjelasannya yuk~

Apa Itu VPS KVM?

VPS KVM

Kepanjangan dari KVM tersendiri adalah Kernel Based Virtual Machine (KVM) yang merupakan sebuah teknologi virtualisasi yang dibangun di dalam Kernel Linux standar yang memungkinkannya untuk bertindak sebagai hypervisor. KVM merupakan teknologi virtualisasi full perangkat keras yang bisa berdiri sendiri. 

Dengan KVM, kamu bisa menjalankan kernel pada node root yang memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, dan lainnya. Itulah mengapa VPS KVM juga sering kali disebut sebagai semi dedicated server. 

Sistem Virtualisasi KVM memiliki performa yang lebih bagus dan tidak akan mengganggu VPS lain. Namun, jika ingin melakukan kustomisasi seperti RAM, HDD, dan lainnya maka VPS harus direstart terlebih dahulu. 

VPS KVM memiliki kernel tersendiri yang tidak bergantung pada host. Sehingga pengguna VPS jenis ini memiliki kendala penuh untuk memodifikasi sumber daya berdasarkan kebutuhan aplikasi mereka. Segala sumber daya seperti ruang disk, waktu CPU, dan jaringan IO akan dikirimkan dengan adil oleh hypervisor.

Kelebihan VPS KVM

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan penggunaan VPS, VPS KVM bisa menjadi pilihan yang menjadi solusi kamu nih, guys! Kalau sampai sini kamu belum yakin menggunakan VPS KVM, berikut mimin berikan beberapa kelebihan VPS jenis ini yang sangat bermanfaat untuk website kamu.

Semi Dedicated Server

Ilustrasi VPS

Salah satu kelebihan VPS KVM yaitu seperti semi dedicated server nih! Dimana sistem VPS jenis ini sudah berdiri sendiri. Sehingga sistem yang digunakan tidak akan mengganggu VPS lain. Bahkan pengguna VPS ini akan memiliki kontrol besar terkait server tersebut.

Baca Juga  6 Fitur Terbaik dari Panel Kontrol Plesk Onyx yang Perlu Kamu Tahu!

Cocok Untuk Website Yang Membutuhkan Resource Tinggi

Salah satu keberhasilan sebuah website adalah resource. Setuju nggak nih? Nah, kalau takut website kamu tidak berjalan maksimal atau sering mengalami error, maka VPS KVM bisa menjadi solusi yang menenangkan nih guys. Jenis VPS ini sangat cocok digunakan oleh website karena resource yang disediakan cukup besar.

Tersedia Untuk Berbagai Jenis Sistem Operasi

OS Linux untuk VPS KVM

VPS jenis ini memudahkan kamu ketika menjalankan sistem operasi. Hal ini dikarenakan VPS KVM mudah digunakan untuk berbagai OS. Beberapa sistem operasi yang bisa kamu pilih yaitu Linux, Windows, dan lainnya. 

Tidak Dibatasi Oleh Node

VPS KVM tidak dibatasi oleh node. Jika biasanya kamu melakukan pengaturan pada server namun tidak berhasil karena terhalang node, lain halnya dengan VPS KVM. VPS jenis ini dapat kamu kustomisasi sesuai keinginan tanpa dibatasi oleh node apapun. Sehingga segala pengaturan yang kamu buat sangat mungkin berhasil dilakukan.

Mendukung Pemakaian SWAP

Kelebihan berikutnya yang dimiliki VPS yang satu ini yaitu menggunakan SWAP atau Virtual Memory. SWAP merupakan sebuah space sementara (SSD maupun hard disk) yang dimanfaatkan sebagai RAM sementara. Sehingga ketika RAM sudah full, program didalamnya tetap dapat berjalan.

Biasanya Terdapat Remote VNC

Nah, biasanya VPS KVM sudah menggunakan Remote VNC guys. Para pengguna bisa melakukan kontrol dari jarak jauh selama terhubung dengan jaringan LAN. Remote VNC sangat berguna untuk pengguna yang memiliki kesibukan karena mereka bisa mengontrol server dari mana saja dan kapan saja.

Pengguna Bisa Memiliki RAM dan CPU Sendiri

Mengenal Lebih Dekat VPS KVM - 2021

Kelebihan selanjutnya yaitu pengguna VPS jenis ini bisa memiliki RAM dan CPU mereka sendiri, lho! Sehingga segala kegiatan tidak akan terganggu oleh user lain. Kamu juga bisa dengan mudah melakukan kustomisasi terhadap VPS. 

Lebih Efisien

Jenis virtualisasi KVM ini merupakan yang paling efisien, lho! Hal ini dikarenakan aktivitas VPS KVM tidak akan terganggu atau bahkan mengganggu VPS lainnya walaupun dalam hypervisor yang sama. Beban pekerjaan kamu akan lebih ringan deh karena resiko yang terjadi lebih rendah.

Cocok Untuk Website Dengan Trafik Tinggi

Mengenal Lebih Dekat VPS KVM - 2021

Siapa yang tidak ingin website nya memiliki banyak pengunjung? Tentunya ini merupakan impian semua pengelola website, bukan? Agar website kamu tetap maksimal, kamu bisa menggunakan VPS KVM nih, guys!

Dengan VPS ini, kamu nggak perlu khawatir lagi dengan meningkatnya jumlah pengunjung yang datang. Terutama bila terjadi trafik tinggi sewaktu-waktu. Selain bisa menampung trafik yang tinggi, performa pada website kamu juga akan lebih optimal dan stabil.

Baca Juga  10 Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Efektivitas Biaya

Meskipun biaya VPS lebih mahal dibandingkan shared hosting biasanya, tetapi itu sebanding dengan banyak kelebihan yang ditawarkan oleh VPS. Dan harganya pun juga tidak semahal bila menggunakan Dedicated Server. Jadi bisa dibilang di tengah-tengah gitu, Exabytes Friends.

Paket VPS masih lebih worth it karena didukung oleh perkembangan teknologi yang pesat dan juga menunjang banyak keuntungan untuk websitemu.

Kekurangan VPS KVM

Walaupun banyak kelebihannya, terdapat beberapa kekurangan dari VPS KVM. Kembali lagi ya, semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung dari kebutuhan website kamu juga, guys. Berikut beberapa kekurangan VPS KVM yang perlu kamu ketahui yakni:

Tidak Bisa Overselling

Overselling adalah kegiatan menjual resource user lain yang tidak terpakai, namun resource yang dijanjikan tersebut sebenarnya bersifat fiktif. Biasanya harga yang dipatok akan lebih murah dibandingkan harga normal.

Lalu, bagaimana jika tidak ada overselling? Maka tentunya paket yang ditawarkan untuk layanan ini tidak bisa lebih murah dari harga normal. Sehingga harga VPS KVM bisa lebih mahal.

Setup Yang Cukup Rumit

VPS KVM memiliki kekurangan yakni setup yang rumit

Penggunaan VPS yang satu ini memang lebih efisien karena tidak mengganggu VPS lainnya. Apalagi masing-masing pengguna bisa memiliki RAM dan CPU mereka masing-masing. Namun, kendala akan mulai terasa ketika melakukan setup nih guys. Pengguna VPS KVM mungkin akan merasa kesulitan untuk melakukan pengaturan VPS itu sendirian.

Tidak Ada Dukungan On Demand

Walaupun VPS KVM sangat membantu para pemilik website, namun VPS jenis ini tidak memiliki dukungan On Demand nih, guys! Jika kamu melakukan upgrade terbaru maka VPS harus di restart terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan upgrade tidak bisa dilakukan dalam keadaan mesin masih hidup.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai VPS KVM yang perlu kamu ketahui. Mungkin banyak nih yang jadi tertarik menggunakan VPS setelah membaca penjelasan di atas. Pastikan kamu memilih layanan VPS Linux terbaik yang sesuai dengan kebutuhan website kamu ya, guys. Sebelum itu, pahami lebih dalam terkait apa itu VPS KVM dan kelebihan serta kekurangannya agar tidak salah pilih dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jika kamu membutuhkan layanan VPS, Dedicated Server, Hosting hingga Domain, bisa mengunjungi laman Exabytes Indonesia yang siap menghadirkan solusi untuk kebutuhan websitemu.

Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan kamu tentang VPS KVM ya, guys! Sampai berjumpa di artikel selanjutnyaaa~

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak