13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu

117
Tips Meningkatkan User Experience di Website
10 min read

Dalam dunia digital, website merupakan alat paling efektif dalam melakukan kegiatan pemasaran. Tentunya akan lebih efektif jika kita mengelolanya dengan benar. Sebuah website pasti ditujukan untuk pelanggan, bukan? Maka dari itu, salah satu faktor penting keberhasilan sebuah website yaitu pengalaman pengguna atau User Experience.

Pengalaman mengesankan yang dihasilkan setelah berkunjung ke sebuah website akan selalu diingat oleh pengunjung. Pelanggan tidak sungkan untuk berkunjung kembali, merekomendasikan website tersebut ke orang lain atau bahkan menaruh kesetiaan mereka kepada perusahaan dengan website yang baik. Tentunya hal ini akan berdampak pada meningkatnya engagement dan konversi pada website lho. 

Maka dari itu, banyak website yang berusaha sebaik mungkin meningkatkan User Experience pada website mereka. Sebelum membahas lebih jauh, kamu tau nggak sih apa sih User Experience itu? Dan apa saja tips untuk meningkatkan User Experience di website? Yuk simak artikel dibawah!

Apa Itu User Experience?

Pengertian User Experience

Singkatnya, User Experience adalah pengalaman yang pengguna dapatkan ketika berkunjung ke sebuah website. User Experience atau biasa disingkat UX sering kali disebut sebagai pengalaman pengguna.

User Experience ditentukan dari beberapa hal seperti seberapa mudah pengguna mendapatkan apa yang mereka inginkan, kemudahan menu, desain yang friendly, dan lainnya. Website dengan User Experience yang baik memiliki desain dan fitur yang simple yang memudahkan pengunjung mendapatkan apa yang mereka cari.

Sebaliknya, jika User Experience pada website kamu buruk, maka pengunjung akan kesulitan menemukan tujuan yang mereka cari. Mereka akan kesulitan dalam mengoperasikan fitur atau menu yang ada pada website.

Tips Ampuh Meningkatkan User Experience

Sudah saatnya website kamu lebih unggul dibandingkan kompetitor, nih. Pastikan User Experience pada website kamu tinggi ya guys! Tentunya hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya engagement dan konversi.

Berikut mimin berikan tips ampuh meningkatkan User Experience atau UX pada website kamu:

Home Page yang Menarik

Tips meningkatkan user experience : membuat homepage yang menarik

Penampilan merupakan hal pertama yang selalu dilrik orang, bukan? Termasuk dengan Home Page. Home Page merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung. Ini berarti Home Page menjadi penentu seseorang akan melanjutkan penelusuran atau tidaknya, lho! Maka dari itu, Home Page harus dibuat simple dan semenarik mungkin. 

Hindari memasukkan terlalu banyak konten atau informasi pada halaman Home Page. Siapa yang mau melanjutkan penelusuran jika pada halaman awal sudah disajikan teks yang memusingkan?

Cantumkan informasi terpenting pada bagian atas Home Page. Masukkan logo beserta nama perusahaan. Mencantumkan beberapa informasi terkait perusahaan akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan percaya dengan website kamu. Banyak orang memilih tampilan yang minimalist dan simple sebagai halaman Home Page, mungkin kamu bisa mencoba mengikutinya.

Manfaatkan White Space

White Space

Pernahkah kamu melihat ruang kosong di sekitar konten atau tulisan pada website? Maka kamu sudah mengetahui apa itu white space. White space atau yang sering disebut dengan negative space adalah ruang kosong yang terletak disekitar konten atau tulisan pada website. Ruang ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam melihat konten yang ada pada website.

Bayangkan jika kamu mengunjungi website dengan konten yang cukup banyak tanpa adanya celah antara konten satu dengan yang lain. Pasti malas melihatnya, kan? Nah, itulah manfaat penggunaan white space pada website kamu. 

Baca Juga  12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Selain memberikan kenyamanan pada penglihatan, objek yang terdapat disekitar white space bisa mendapatkan fokus pengguna yang lebih banyak, lho. Teks atau informasi akan lebih tersorot oleh pengguna. Namun, pastikan ukuran white space pada website kamu ideal. Jangan terlalu besar maupun terlalu kecil.

Kecepatan Loading Website yang Baik

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Siapa yang tidak setuju bahwa website yang lemot sangat menjengkelkan? Untuk meningkatkan User Experience pada website, pastikan website kamu dimuat dalam waktu yang cepat. 

Seorang pengguna membutuhkan waktu 3 sampai 5 detik saja sebelum memutuskan meninggalkan website yang sedang dimuat, lho! Lebih dari itu, maka User Experience website kamu dianggap buruk dan berakhir dengan pengunjung yang meninggalkan website.

Ada beberapa cara untuk membuat website kamu dimuat dengan cepat. Misalnya memasukkan gambar dengan size yang kecil, menggunakan layanan hosting yang berkualitas, server yang mampu menampung data website, dan lainnya.

Call to Action yang Mencolok

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Penggunaan Call to Action sangat efektif jika kamu ingin menghasilkan konversi pada website. CTA dapat digunakan untuk mengarahkan pengguna terkait apa saja yang bisa mereka lakukan pada website, memudahkan navigasi pada website, dan menemukan apa yang mereka cari.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat CTA misalnya penggunaan warna, kata, dan tata letaknya. Gunakan warna yang kontras dengan background agar menarik fokus pelanggan. Pelajari psikologi warna agar warna yang dipilih sesuai dengan tujuan CTA itu sendiri.

Buatlah kata-kata pada CTA yang merangsang pengunjung untuk bertindak. Pastikan letak CTA berada di posisi strategis misalnya di bagian atas website agar langsung terlihat oleh pengunjung yang datang.

Gunakan Bulleted List Untuk Poin Penting

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Apakah website kamu banyak memuat informasi berbentuk text, seperti artikel contohnya? Untuk meningkatkan user experience pada website tersebut, kamu perlu menggunakan bulleted list.

Dari banyaknya informasi pada website, kamu bisa mengemasnya menjadi mudah untuk pembaca memahami informasi penting didalamnya. Salah satunya dengan menggunakan bulleted list pada poin-poin penting. Bulleted list dapat membuat struktur artikel lebih rapi dan mudah dipahami.

Cantumkan gambar pada setiap poinnya untuk membuat pembaca semakin paham akan materi yang disampaikan. Dengan banyaknya ikon unik yang beredar, pilihlah ikon yang menarik dan sesuai dengan isi poin yang kamu jelaskan.

Tambahkan Gambar dan Video

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Mengunggah video maupun gambar pada website bisa memberikan pengalaman baik pada pengunjung, lho. Misalnya ketika kamu menjual sebuah produk, unggahlah gambar atau video mengenai detail, kegunaan, varian, manfaat, dan lainnya. Dengan ini, pengunjung akan lebih mengetahui tentang produk dan minat beli pelanggan meningkat.

Selain itu, penggunaan gambar atau video dapat membuat website tidak membosankan dan terlihat lebih menarik. Gambar dan video bisa menjadi pendukung dalam menjelaskan produk atau konten yang kamu buat agar mudah dipahami. 

Penulisan Heading Yang Benar

Judul pada website harus dibuat menarik baik dari segi desain maupun penulisan. Calon pelanggan tentu akan berharap judul sesuai dengan apa yang mereka cari. Jika judul yang kamu buat tidak sesuai dengan isi, tentu akan mengecewakan pengguna yang berkunjung.

Buatlah judul yang mengandung kata kunci agar menarik pengunjung lebih banyak. Gunakan judul yang relatable dengan kehidupan pengguna. Pastikan judul yang kamu buat sesuai dengan standar SEO dari Google sehingga website kamu dapat berada pada peringkat atas mesin pencarian. Tentu saja tips ini nggak hanya untuk meningkatkan user experience tapi juga mempengaruhi SEO lho.

Tetap Konsisten

Tips selanjutnya untuk meningkatkan user experience yaitu konsistensi. Konten yang kamu buat, desain, halaman, produk, font, struktur, dan lainnya harus tetap sama. Jika saat berpindah halaman tampilan sangat kontras dengan halaman sebelumnya, pengunjung akan bingung apakah masih berada di website yang sama atau tidak.

Baca Juga  773 Juta Email dan 21 Juta Password Telah Diretas Segera Update Password!

Pastikan pula kamu selalu up to date dalam mengunggah konten atau informasi. Jika website kamu saja jarang melakukan update, pelanggan pasti akan takut untuk menaruh kepercayaan dan beralih ke website lain yang lebih aktif.

Hindari Broken Link

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Pastikan tautan yang kamu cantumkan bisa dibuka. Pengguna yang mengklik tautan pasti berharap mendapatkan sesuatu yang mereka harapkan. Broken link akan membuat mereka kecewa dan berpikir dua kali untuk melanjutkan penelusuran pada website kamu.

Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, pastikan terlebih dahulu tautan tersebut berfungsi dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan tools yang tersedia untuk mengidentifikasi broken link yang mungkin terjadi seperti Google Webmasters.

Website yang Mobile Friendly

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Pernahkah kamu berkunjung ke sebuah website, lalu tampilannya berubah pada setiap perangkat yang kamu gunakan? Nah, itulah yang dinamakan website mobile friendly. Website mobile friendly adalah website yang tampilannya dirancang responsif untuk perangkat mobile seperti tablet, smartphone, iPad, dan lainnya. 

Untuk meningkatkan user experience kepada pengguna, kamu perlu menggunakan website mobile friendly. Apalagi saat ini, mayoritas trafik website diakses melalui perangkat mobile. 

Tampilan website yang belum mobile friendly akan menyusahkan mereka karena layout yang tidak responsif. Pengunjung harus zoom in dan zoom out pada setiap halaman. Bukannya mendapatkan pengalaman menyenangkan, mereka malah kecewa dan memilih pergi dari website kamu. Nggak mau dong website kamu ditinggalkan begitu saja?

Search Box Untuk Memudahkan Pencarian

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Tips lainnya untuk meningkatkan user experience adalah dengan memiliki search box di website. Ketika seseorang berkunjung ke website, mereka pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicari. Bagaimana jika konten website kamu terlalu banyak? Tentu pengunjung akan kesulitan menemukan apa yang mereka cari. Dan berakhir dengan kekecewaan pelanggan.

Maka dari itu, banyak sekali website yang menyediakan search box untuk memudahkan pengunjung mencari berdasarkan keyword yang mereka input. Semakin mudah mereka menemukan hal yang mereka cari, maka User Experience pada website kamu semakin tinggi.

Cantumkan Kontak yang Bisa Dihubungi

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Pengunjung mungkin memiliki beberapa hambatan atau pertanyaan ketika melakukan penelusuran pada website. Kamu bisa mencantumkan beberapa informasi seperti alamat, nomor telepon, email, atau media sosial yang bisa dihubungi oleh pelanggan.

Dengan mencantumkan informasi seperti ini, kepercayaan pelanggan akan lebih besar terhadap website kamu. Semakin mudah akses untuk terhubung dengan kamu, maka semakin tinggi minat beli pengunjung, lho. Tips ini bisa meningkatkan user experience agar pengunjung bisa berkomunikasi dengan mudah denganmu.

Opsi Check Out yang Mudah

13 Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu - 2021

Check Out merupakan proses terakhir yang dilakukan calon pelanggan. Jika proses check out rumit, bisa jadi pelanggan malah membatalkan transaksi dan berpindah ke website lain yang lebih mudah! Proses check out yang mudah akan membuat pengunjung merasa senang dan berpotensi kembali untuk melakukan transaksi lainnya.

Pada website bisnis terutama e-commerce, pastikan opsi check out dirancang dengan matang. Buatlah fitur keranjang belanja yang menyajikan jumlah barang apa saja yang dibeli atau bahkan total belanjaan mereka. Setelah itu, pastikan kamu menyediakan beberapa metode pembayaran yang dapat mereka pilih dengan mudah.

Nah, diatas sudah tersedia beberapa tips ampuh dari mimin yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan user experience pada website kamu nih, guys. Pengalaman pelanggan yang baik akan berdampak pada loyalitas, engagement, bahkan konversi website lho.

Semoga beberapa tips di atas mampu membantu kamu untuk menyediakan website terbaik kepada pelanggan setia kamu, ya! Selamat mencoba~

See you di artikel selanjutnya, Exabytes Friends!

Credit: Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak