Google Workspace Design: 10 Cara Terbaik Menggunakan

0
2398

Jika Exabytes Friends seorang desainer visual, Anda tahu ada banyak tugas tambahan yang harus diselesaikan, Google Workspace design dapat membantu Anda. Desainer dapat menggunakan aplikasi Google Workspace dalam berbagai cara untuk proyek design mereka.

Jika Anda seorang desainer visual yang mengerjakan proyek design untuk bisnis Anda atau seorang desainer grafis lepas yang ingin mengerjakan proyek baru, alat desain cukup untuk Anda.

Desain kerja sering menjadi bagian dari proyek dan Anda selalu berhubungan dengan klien. Anda juga harus menyimpan file dengan aman dan membaginya dengan orang lain untuk kolaborasi dan persetujuan. Anda dapat melakukan semua ini dengan mudah dengan alat Google Workspace.

10 Cara Terbaik Menggunakan Google Workspace Design Visual

Inilah beberapa cara terbaik untuk menggunakan Google Workspace untuk desain visual.

google workspace design

Buat Portofolio Online Untuk Menunjukkan Pekerjaan Anda

Jika Anda bekerja untuk klien, Anda harus memiliki portofolio pekerjaan sebelumnya untuk mengesankan mereka. Bahkan perusahaan yang melayani kebutuhan desain orang lain harus memiliki portofolio online contoh karya terbaik mereka.

Anda dapat membuat situs web Google Sites untuk memamerkan karya desain Anda, bersama dengan desain, template, dan pedoman branding yang sesuai untuk Anda. Setiap perubahan yang Anda buat pada file akan secara otomatis muncul di halaman web.

Portofolio seperti itu menyimpan semua pekerjaan Anda di satu tempat, jadi Anda tidak perlu mencari setiap desain yang Anda baut. Juga mudah untuk berbagi situs web dengan pelanggan potensial Anda.

Membuat Presentasi Yang Singkat

Presentasi adalah bagian penting dari mempresentasikan ide Anda kepada klien. Anda dapat hadir untuk memberi tahu, mereka tentang kemajuan pekerjaan atau menjelaskan strategi Anda sebelum memulai sebuah proyek.

Dengan Google Workspace, tidak perlu menggunakan aplikasi presentasi tambahan karena Anda sudah memiliki alat Google Slide. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah membuat presentasi yang berdampak dan menyampaikan pesan Anda dengan mudah dengan gambar, video, grafik, dan elemen kreatif lainnya.

Alat presentasi ini berbasis web, sehingga Anda dapat mengaksesnya dari perangkat yang berbeda untuk berbagi ide dan mendapatkan umpan balik.

Baca juga: Cara Membuat Google Workspace Dan Menggunakannya

Mendapatkan Masukkan Terkait Dengan Konsep Design

Kecuali Anda mendesain sendiri, umpan balik masih merupakan bagian penting dari proses. Baik Anda membutuhkan masukan dari pelanggan atau kolega, alat Google Workspace siap membantu.

Jika Anda ingin mengetahui pendapat rekan satu tim Anda tentang ide baru Anda, bagikan dengan komunitas Currents untuk memulai percakapan dengan mereka. Untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan Anda, Anda dapat meminta mereka untuk mengirim email. Untuk beberapa pelanggan, buat formulir dan minta mereka mengisinya dengan umpan balik.

Memantau, Memperbarui, dan Berkolaborasi

Jika Anda mencari aplikasi Google Workspace untuk menetapkan dan melacak pekerjaan, Anda harus menggunakan Spreadsheet. Sebagai pembuat konten, Anda dapat menetapkan tugas ke rekan satu tim dan mengunci sel sehingga orang lain tidak dapat mengeditnya.

Setelah menyelesaikan tugas, mereka dapat menandainya sebagai selesai di sel terbuka. Saat berbagi file di Drive atau Penyimpanan Bersama, Anda dapat memeriksa umpan aktivitas untuk melihat siapa yang mengedit atau mengomentarinya.

Mengatur dan Menyimpan File

Saat mengerjakan banyak proyek, pengorganisasian file adalah kunci efisiensi. Dengan cara ini Anda tidak perlu menghabiskan waktu mencari file yang tepat. Google Drive ada untuk menjaga file desain Anda terorganisir dan dikategorikan.

Anda dapat menyimpan semua pekerjaan yang Anda lakukan untuk klien dalam folder dan mewarnainya agar mudah diambil. Anda juga dapat mengurutkan tugas berdasarkan tahun atau topik.

Membagikan File Desain Yang Besar

Setiap desainer tahu bahwa file desain yang diubah ukurannya dapat memengaruhi kualitas, tetapi berbagi file desain yang besar dapat menjadi masalah bagi banyak orang. Hilangkan masalah ini dengan mudah dengan menggunakan Google Drive. Lupakan melampirkan file desain ke email Anda dan cukup bagikan tautan pemutar di email.

Penerima dapat mengklik link ini dan mengakses file ini. Anda dapat mengakses tautan Google Drive meskipun Anda tidak memiliki Google Workspace atau Akun Google.

Mengetahui Jadwal Rapat dan Tugas

Sebagai seorang desainer, Anda perlu melacak tenggat waktu untuk tugas Anda. Namun, Anda juga harus menghadiri pertemuan dengan klien atau manajer Anda. Jangan biarkan ini memengaruhi pekerjaan Anda, biarkan Google Kalender menanganinya untuk Anda.

https://www.youtube.com/watch?v=ui9iKmFfij4

Tambahkan semua tugas dan rapat penting ke kalender dan aktifkan notifikasi. Dengan cara ini, Anda tidak akan melewatkan rapat atau tenggat waktu. Juga, ketika seseorang akan menjadwalkan rapat tim, dia dapat memeriksa apakah semua anggota tidak bekerja.

Berkomunikasi Dengan Tim Walaupun Jarak Jauh

Semua pekerjaan desain kolaboratif membutuhkan komunikasi langsung dan transparan antara desainer yang terlibat. Anda dapat langsung mengobrol dengan tim Anda menggunakan fitur Obrolan. Alat ini sangat berguna ketika Anda tidak dapat berbicara.

Anda dapat menggunakan Google Meet untuk mengizinkan grup jarak jauh terhubung untuk rapat virtual. Fitur berbagi layar dari aplikasi rapat ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan kreasi Anda kepada rekan satu tim Anda.

https://youtu.be/fDav0_SJ588

Untuk kolaborasi waktu nyata di papan tulis digital, Google Jamboard adalah solusi sempurna. Anda juga dapat mencatat hasil rapat penting dengan Google Keep.

Komunikasi Yang Terdokumentasi Untuk Transparansi

Saat bekerja dengan klien, pastikan untuk merekam komunikasi Anda secara akurat untuk menghindari konflik atau perbedaan di masa mendatang. Setelah setiap konferensi audio atau video, luangkan beberapa menit untuk bertemu dan mendapatkan persetujuan pelanggan melalui email.

Jika Anda bekerja di Google Workspace, gunakan Gmail untuk pengalaman email yang efisien. Menggunakan Google Chat adalah cara lain untuk merekam komunikasi. Korespondensi tertulis berguna dalam semua situasi, sehingga Anda juga dapat menggunakannya untuk komunikasi internal.

Simpan File Anda Dengan Aman

Saat Anda berbagi file sensitif dengan pelanggan, Anda harus memastikan keamanan lengkap. Sebagai pengguna Google Workspace, Anda dapat memilih penyimpanan yang aman seperti Google Drive untuk menyimpan file desain Anda. Anda dapat menerapkan izin yang diperlukan untuk mencegah orang lain menyalin, mencetak, atau mengunduh file.

Anda juga dapat mengatur tanggal kedaluwarsa untuk izin file, sehingga pelanggan tidak dapat memeriksa file tersebut setelah akhir periode penawaran atau tenggat waktu proyek.

Google Workspace Design Dapat Membuat Lebih Mudah

Selain desain, seorang desainer visual memiliki banyak hal yang harus dilakukan sebagai bagian dari tim atau sebagai pekerja lepas. Alat Google Workspace yang kami sebutkan di sini akan membantu Anda dengan semua tugas tambahan ini.

Ada juga banyak alat desain grafis populer lainnya untuk pekerjaan desain yang mungkin Anda lihat.

Jika Anda ingin memulai Google Workspace, Exabytes kini menyediakan layanannya. Ada berbagai plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan juga Free Domain + Free Backup hingga 2 TB lho. Jika Anda memiliki pertanyaan, ada tim ahli Exabytes yang berdedikasi untuk memandu Anda juga, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Sekarang Anda dapat dengan mudah membuat, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan Google Workspace, kunjungi Exabytes Indonesia sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments