Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman]

0
2209

Blogger adalah salah satu platform blog yang saat ini masih banyak yang menggunakannya, hal itu dikarenakan platform yang satu ini mudah dalam penggunaannya. Ada banyak kelebihan blogger yang bisa Anda rasakan, salah satunya adanya fitur yang sangat user friendly untuk menambahkan konten.

Namun, sebagian pengguna ada yang kurang puas dengan beberapa fitur yang ada di blogger. Akhirnya mereka melakukan migrasi dari blogger ke WordPress. Kira-kira bagaimana cara migrasi dari blogger ke WordPress? Yuk kita cari tahu melalui pembahasan berikut:

Kenapa Migrasi ke WordPress?

Tapi sekarang pertanyaannya, mengapa migrasinya ke WordPress tidak ke platform CMS lainnya? Jawabannya sederhana, karena WordPress dapat memberikan Anda akses secara penuh terhadap website Anda.

Kontrol Penuh

Di WordPress juga Anda bisa dengan bebas menambahkan fitur yang diperlukan untuk pengembangan dan juga monetisasi website Anda. Oh iya, perlu Anda ketahui bahwa WordPress ada dua jenis ya dan pada pembahasan cara migrasi dari blogger ke WordPress ini menggunakan jenis WordPress.org bukan WordPresss.com.

WordPress.org adalah salah satu dari dua jenis plaform WordPress yang sampai saat ini masih populer di dunia. Kami juga sudah memposting tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, silahkan Anda bisa pelajari ya.

Mengelola Lebih Mudah

Pada dasarnya, WordPress menawarkan banyak kemudahan dan juga kenyamanan ketika Anda mengelola website di bagian halaman dashboard admin yang sudah disediakan. Saking mudahnya, seseorang yang tidak memiliki dasar web developer bisa membuat website dengan sangat profesional.

Dukungan Plugin

Dengan WordPress Anda bisa dengan mudah menambahkan fitur tambahan dengan dukungan plugin dan ini adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan pihak WordPress kepada penggunanya.

Misalnya Anda ingin menambahkan fitur belanja, ebook dan lain sebagainya. Anda tidak perlu melakukan koding, hanya cukup instal beberapa plugin saja dan website sudah siap digunakan dengn fitur tambahan tersebut.

Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress Tanpa Mengganggu Trafik Google

Apakah ada cara migrasi dari blogger ke WordPress tanpa mengganggu trafik Google? Jawabannya tentu saja ada, jika tidak ada justru malah akan merugikan pengguna. Kami akan merangkum cara migrasi dari blogger ke WordPress tanpa mengganggu trafik dari Google.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Daftar ke salah satu layanan web hosting Indonesia.
  2. Ekspor data dari Blogger.
  3. Import data Blogger ke WordPress.
  4. Setting Permalink.
  5. Setting Redirection.

Yuk kita perhatikan penjelasannya di bawah ini!

Daftar ke salah satu layanan Web Hosting Indonesia

Ketika Anda melakukan migrasi dari Blogger ke WordPress, Anda akan memerlukan domain dan juga web hosting. Domain nantinya digunakan untuk alamat website Anda yang akan digunakan untuk akses ke website.

Hosting web adalah tempat Anda menyimpan file website WordPress dan kedua hal tersebut harus Anda miliki sebelumnya. Kami merekomendasikan Anda menggunakan salah satu layanan yaitu WordPress hosting.

Layanan WordPress hosting tersebut didedikasikan hanya untuk situs WordPress. Efisiensi yang lebih optimal dengan lebih sedikit situs yang dihosting dalam satu platform. Setelah Anda berhasil mendaftar untuk hosting WordPress dan menambahkan domain di dalamnya, langkah berikutnya adalah melakukan instalasi WordPress di akun hosting.

Jika Anda mendaftar WordPress hosting di Exabytes Indonesia, maka WordPress bisa Anda install dengan sangat mudah. Karena di Exabytes, kami menyediakan Website Builder bernama Softaculous, melalui tools tersebut Anda bisa dengan mudah install WordPress.

Jika kesulitan, tenang technical support kami siap membantu Anda kapanpun. Baik, setelah Anda berhasil instal WordPress, kita akan lanjutkan ke pembahasan teknikal cara migrasi dari Blogger ke WordPress.

Ekspor Data Blogger

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengekspor data blog di Blogger, caranya bagaimana? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman dashboard Blogger.

Langkah 2: Setelah masuk ke halaman dashboard, klik menu Pengaturan > Kelola Blog.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Langkah 3: Cari menu bertuliskan Cadangkan Konten lokasinya berada di bawah Impor Konten.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Langkah 4: Setelah muncul tampilan popup yang menunjukkan apa saja yang ada dalam cadangan blogger tersebut, selanjutnya klik tombol “Download”.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Nantinya secara otomatis, konten blog Anda akan di download ke komputer dalam bentuk file XML. Setelah proses download selesai, kita lanjutkan ke pembahasan cara mengimpor konten Blogger ke WordPress.

Import data Blogger ke WordPress

Agar bisa mengimpor data Blogger ke WordPress, Anda terlebih dahulu harus masuk ke area admin WordPress dan setelah berhasil login, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Langkah 1: Di halaman dashboard WordPress klik Tools > Import.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Langkah 2: Nantinya akan muncul halaman impor, sekarang lanjutkan dengan klik Instal Sekarang. Karena kita akan migrasi dari Blogger ke WordPress, klik Install now yang berada di bawah Blogger.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Secara otomatis, WordPress akan mendownload dan juga menginstall plugin Blogger Importir.

Langkah 3: Setelah Anda selesai melakukan instalasi, sekarang klik “Jalankan Importir”.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Langkah 4: Di halaman impor Blogger, nantinya WordPress akan meminta Anda untuk upload file XML yang sudah kita persiapkan di langkah ekspor data Blogger. Caranya cukup klik pilih file dan upload file XML.

cara migrasi dari blogger ke wordpress

Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai dilakukan, biasanya jika file yang Anda upload terlalu besar, kemungkinan akan memunculkan pesan bahwa ukuran file terlalu besar. Agar bisa berhasil upload, Anda perlu meningkatkan batas maksimum upload, Anda bisa minta bantuan technical support kami untuk mengetahui bagaimana caranya.

Setelah berhasil dipindahkan, sekarang saatnya untuk memastikan pengunjung website tidak hilang hanya karena sudah berpindah ke WordPress. Maka dari itu, kita harus melakukan pengaturan pada permalink dan melakukan redirection, bagaimana caranya? Kita cari tahu melalui pembahasan berikutnya.

Setting Permalink

Setelah berhasil menerapkan cara migrasi dari Blogger ke WordPress, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan permalink di WordPress. Tujuannya agar Anda tidak kehilangan index dan trafik dari Google.

Langkah 1: Agar bisa melakukan pengaturan permalink, klik menu Settings > Permalinks > pilih Custom Structure.

Langkah 2: Selanjutnya tambahkan kode di bawah dan klik Save.

/%year%/%monthnum%/%postname%.html

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Selesai, sekarang kita akan melakukan redirection ya di pembahasan selanjutnya.

Setting Redirection

Melakukan pengaturan redirection juga tidak kalah pening, tujuannya agar website Anda tidak kehilangan trafik dari Google setelah migrasi dari Blogger ke WordPress. Caranya sangat mudah ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Download, instal dan aktifkan plugin Blogger to WordPress Redirection. Lengkapnya Anda bisa cek postingan kami tentang cara instal plugin di WordPress.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Langkah 2: Setelah instalasi selesai dilakukan, masuk ke Tools > Blogger to WordPress Redirection dan Klik Start Configuration.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Langkah 3: Nantinya, plugin akan mendeteksi URL blog Anda dan kita lanjutkan dengan klik tombol Get Code untuk mendapatkan kode redirection.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Langkah 4: Setelah Anda berhasil mendapatkan kode tersebut, salin kode tersebut untuk Anda masukkan nantinya ke blogger.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Langkah 5: Kembali login ke halaman admin Blogger dan klik menu Thema > scroll dan klik logo drop down di samping tombolsesuaikan > Lalu klik Edit HTML.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024
Menu drop down
Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024
Edit HTML

Langkah 6: Nantinya akan muncul tampilan editor HTML, hapus semua kode yang ada di dalamnya dan ganti dengan kode yang baru saja Anda dapatkan dari plugin Blogger to WordPress Redirection.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Langkah 7: Setelah berhasil, masuk ke halaman admin WordPress kembali dan masuk ke halaman plugin Blogger WordPress Redirection dan klik Verify Configuration.

Panduan Cara Migrasi Dari Blogger ke WordPress [Mudah & Aman] - 2024

Berhasil, sekarang Blogger Anda sudah berpindah ke website WordPress!

Setelah Migrasi dari Blogger ke WordPress, Apa yang Harus Dilakukan?

Sekarang Anda telah berhasil memindahkan semua konten blog Blogger ke WordPress, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Karena memang, WordPress mudah untuk digunakan. Akan tetapi, terkadang Anda akan membutuhkan informasi lebih atau bantuan dalam mengelola WordPress.

Oleh karena itu yang harus Anda lakukan setelah migrasi dari Blogger ke WordPress adalah jangan berhenti belajar tentang WordPress. Karena platform CMS ini selalu berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan teknologi website.

Maka dari itu, disinilah Exabytes Blog hadir untuk Anda. Exabyes Blog adalah blog yang membahas tentang dunia WordPress dari mulai tips & trik, tutorial WordPress dan lain sebagainya.

Kami harap melalui artikel ini bisa membantu Anda yang sedang kebingungan bagaimana cara migrasi dari Blogger ke WordPress tanpa mempengaruhi trafik blog di Google.

Oh iya, barangkali Anda juga ingin membaca tentang macam-macam plugin migrasi WordPress untuk tambahan pengetahuan seputar WordPress dan kami juga telah membahas tentang plugin backup WordPress terbaik, karena Anda harus memiliki cadangan backup file website.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan untuk share ke orang – orang terdekat Anda dan Anda juga bisa menemukan kami di Instagram dan Facebook.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments