Cara Menginstal WordPress Pada VPS Untuk Mempercepat Website

0
994

Pelajari cara menginstal WordPress pada VPS untuk mempercepat website Anda dengan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti dan efektif.

WordPress merupakan salah satu sistem pengelolaan platform content yang paling banyak digunakan saat ini. 

Menurut salah satu sumber mengatakan bahwa wordpress ini telah dipakai oleh hampir 50 persen website di dunia termasuk juga platform Content Management System (CMS).

Sebagai sistem content management, wordpress selalu melakukan pembaruan dari waktu ke waktu pada setiap platformnya, baik dari segi tampilan maupun fitur-fiturnya. 

Hampir setiap tahun akan muncul versi terbaru dari wordpress yang pastinya hadir lebih baik untuk mempermudah penggunaan.

Banyaknya para pengguna wordpress ini didorong oleh berbagai kelebihan yang disuguhkan, diantaranya seperti website yang dikelola dengan wordpress dinilai akan lebih ramah SEO. 

Selain itu, wordpress juga terkenal dengan biayanya yang cocok dikantong, artinya bisa digapai oleh banyak kalangan, termasuk bagi pemula.

WordPress juga memberikan banyak plugin pendukung serta pilihan tema yang beragam. Jadi, kegiatan mengatur dan membuat website akan jauh lebih mudah dan cepat dengan wordpress, oleh karena itu, tidak heran jika wordpress memiliki semakin banyak pengguna.

Lantas, Bagaimana cara menginstal wordpress?

menginstal wordpress pada vps

Nah, bagi Anda yang belum tau, untuk menginstal wordpress dengan lebih mudah dan aman, Anda bisa memakai server private virtual atau biasa dikenal juga dengan VPS

Server private virtual ini berperan sebagai sebuah sistem yang mengatur segala data beserta perangkatnya untuk mengoperasikan sebuah situs atau website.

Apa fungsi VPS?

Melihat dari kegunaannya, VPS biasa digunakan untuk merilis dan mengelola sebuah website atau situs. Tidak hanya seputar website, Anda juga bisa mengembangkan sebuah software baru dengan VPS atau memanfaatkan VPS sebagai penyimpanan cadangan untuk file data.

Langkah-langkah Install WordPress di VPS

Menginstal WordPress Pada VPS menggunakan LAMP

Cara Menginstal WordPress Pada VPS Untuk Mempercepat Website - 2024

Sebelum menginstal WordPress pada VPS dengan menggunakan LAMP, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui apa itu LAMP. 

LAMP merupakan kepanjangan dari Linux (operating System), Apache (web server), MySQL (basis data), dan PHP (istilah pemrograman). Kegunaan dari LAMP sendiri yaitu untuk mengoperasikan berbagai aplikasi di server VPS.

Install WordPress di Ubuntu 16.04 memakai LAMP 

menginstal wordpress pada vps

Langkah install WordPress di VPS Ubuntu 16.04 memakai LAMP pada dasarnya tidaklah sulit. Anda dapat memulainya dengan membuat basis data MySQL , menginstall ekstensi PHP, serta mengunduh file installer WordPress, terakhir yaitu melakukan konfigurasi VPS wordpress.

Install WordPress di VPS CentOS 7 memakai LAMP 

Cara Menginstal WordPress Pada VPS Untuk Mempercepat Website - 2024

Langkah untuk menginstall WordPress di CentOS 7 sedikit berbeda dengan langkah sebelumnya seperti pada Ubuntu 16.04. Anda tidak perlu melakukan pembuatan database MySQL , di VPS CentOS 7, Anda akan menggunakan basis data dari MariaDB.

Tetapi sebelumnya Anda perlu untuk melakukan pembaruan serta instal pada Apache, yang kemudian akan dilanjutkan dengan instal basis data MariaDB sekaligus membuat nama basedatanya. 

Setelah install basedata MariaDB, Anda bisa melakukan ekstensi PHP baru mengunduh file wordpress untuk selanjutnya melakukan konfigurasi awal pada wordpress.

Instal WordPress di VPS Debian 9 memakai LAMP

menginstal wordpress pada vps

Bagi Anda yang memakai OS Debian, ada tutorial tersendiri yang dapat Anda ikuti untuk melakukan instalasi wordpress. Disini Anda masih harus membuat basedata MariaDB serta menginstal ekstensi bahasa pemrograman atau PHP .

Urutan yang bisa Anda ikuti yaitu, pertama membuat basedata MariaDB. Berikutnya install File PHP untuk selanjutnya mengunduh Installer WordPress, serta melakukan Konfigurasi Awal pada WordPress Anda.

Menginstal WordPress Pada VPS menggunakan LEMP

LEMP merupakan kependekan dari Linux, Nginx, MariaDB, dan PHP. Seperti halnya LAMP, kegunaan LEMP yaitu untuk mempersiapkan area pengembangan website supaya dapat diinstall software lain, misalnya WordPress. 

Tetapi perbedaannya, di LEMP letak web server Apache didukung oleh web server yang juga terbaik yaitu Nginx.

Proses install WordPress menggunakan LEMP yang pertama bisa dilakukan apabila Anda memakai operation System Ubuntu 18.04. Pertama, Buat Basedata WordPress dengan MySQL. Selanjutnya Install File Ekstensi PHP, kemudian lakukan Konfigurasi Nginx pada Website Server. 

Jika sudah melakukan konfigurasi, Anda bisa mengunduh File WordPress kemudian menyusun Konfigurasi File WordPress. Yang terakhir Anda dapat membuka nama Domain untuk WordPress Anda.

Menginstal WordPress Pada VPS menggunakan Nginx

menginstal wordpress pada vps

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu perbarui dan Install Nginx dilanjutkan dengan Install dan buat basedata MySQL. 

Berikutnya, Install File Ekstensi PHP dan unduh File WordPress. Setelah terunduh, lakukan Konfigurasi Virtual Host pada Nginx baru Konfigurasi WordPress pada VPS.

Menginstal WordPress pada VPS CentOS 7 memakai Nginx

Cara Menginstal WordPress Pada VPS Untuk Mempercepat Website - 2024

Berikutnya, menginstal  WordPress di CentOS 7 memakai Nginx. Tidak sama dengan poin ketiga, sekarang Anda akan memakai basedata dari MariaDB.

Perbarui dan Install Nginx, selanjutnya install basedata MariaDB sekaligus Buat Nama Database. Install File PHP baru unduh File WordPress untuk dapat melakukan Konfigurasi Virtual Host pada Nginx serta Konfigurasi Awal pada WordPress.

Menginstal WordPress di VPS memakai EasyEngine

Cara Menginstal WordPress Pada VPS Untuk Mempercepat Website - 2024

EasyEngine merupakan Command Line Interface dalam bentuk tools yang dipakai hanya untuk web server pada Nginx. Salah satu kegunaan EasyEngine yaitu untuk menginstall WordPress dengan lebih mudah di VPS.

Langkahnya yang pertama yaitu dengan melakukan update pada server Anda. Selanjutnya lakukan install EasyEngine baru Anda bisa melakukan install WordPress dan Login sebagai Admin WordPress.

Menginstal WordPress Pada VPS memakai OpenLiteSpeed

OpenLiteSpeed ​​merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi web server yang banyak dipakai di pasaran. Jika Anda biasa menggunakan server web jenis LiteSpeed , OpenLiteSpeed ​​adalah versi non prabayar dari LiteSpeed.

Tetapi, sekalipun dapat dipakai tanpa biaya, kemampuan OpenLiteSpeed ​​tidak bisa diragukan. Anda dapat memanfaatkannya untuk menginstall WordPress supaya  dapat dipakai tanpa hambatan di VPS.

Penasaran dengan langkah instalasi WordPress melalui OpenLiteSpeed ​​di VPS Ubuntu? Berikut tutorialnya:

  1. Install basedata MySQL
  2. Konfigurasi basedata untuk WordPress
  3. Install Ekstensi PHP
  4. Unduh Installer WordPress
  5. Konfigurasi Direktori WordPress
  6. Konfigurasi OpenLiteSpeed

​​7. Akses WordPress pada website Browser

Lantas Bagaimana Tips and Trik untuk Mempercepat Proses Pada Website Anda?

Tipsnya yang pertama, bisa Anda Gunakan web hosting Indonesia yang Sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan WordPress hosting di Exabytes Indonesia yang sudah memiliki sertifikat ISO 27001, jadi terjamin keamanan dan kecepatannya.

Selain itu Anda juga dapat menyiasatinya dengan memilih jangkauan lokasi server yang paling dekat, karena jarak berbanding lurus dengan waktu.

Anda juga dapat memakai Content Delivery Network atau CDN, yaitu jaringan server yang tersebar secara geografis, dan bekerja sama mempersingkat proses memunculkan  website pada browser pemakainya.

Atau Anda bisa menyajikan website atau konten menggunakan HTTP/2. Jika tidak, Anda dapat mengoptimalkan instalasi theme, pilihlah tema yang ukurannya ringan dan sesuai dengan browser Anda.

Disamping itu, Anda harus bisa mengoptimalkan ukuran gambar serta file yang menjadi isi konten, supaya proses loading dapat lebih singkat. Selain ukuran gambar, pembaruan secara Rutin pada Core, Plugin, dan Tema juga ikut berpengaruh.

Beberapa tips lainnya yaitu Anda bisa menghapus plugin-plugin yang sekiranya tidak diperlukan untuk dapat memperingan kerja server. Serta lebih teliti dalam menyusun tampilan, baik dari segi layout maupun penulisan.

Nah, demikian itu langkah-langkah untuk Menginstal WordPress Pada VPS serta sedikit tips Untuk Mempercepat Website, semoga bisa membantu dan selamat mencoba.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments